Sabtu, 04 Februari 2012

Bikin Hotspot Biaya Murah Pakai Speedy

Setelah awal bulan Januari 2012 kemarin saya pernah cerita di blog ini kalau di rumah saya, saya mulai berlangganan paket internet Speedy maka di awal bulan Februari ini saya mencoba bikin Hotspot (WiFi) dengan biaya murah memanfaatkan jaringan internet Speedy.

Karena saya cukup puas dengan kecepatan Speedy di rumah saya, baca hasil pengetesan kecepatannya di sini “Pakai Speedy Internet Saya Ngebut dan Stabil”. Nah, tentu akan kurang berfungsi secara maksimal bila langganan internet Speedy saya hanya bisa dinikmati oleh satu komputer saja.

Lalu timbul lah ide untuk membuat sebuah Hotspot agar semua perangkat komputer dan gadget ber-Wifi yang ada di rumah bisa online semuanya secara bersamaan menggunakan internet rumah. Ya, karena modem bawaan dari Telkom Speedy hanya standar saja berupa modem ADSL biasa tanpa ada fasilitas WiFi-nya.

Setelah sempat googling kesana-kemari, salah satunya sempat mencari-cari ke toko online Amazon buat mencari modem ADSL yang bisa sekaligus sebagai Router WiFi maka pilihan saya jatuhkan pada modem ADSL merk ClearAccess AG10W ADSL2+ Gateway WiFi Hotspot with 4 Port HUB – White. Kenapa modem ini? Karena harganya murah sekali jika saya bandingkan dengan modem ADSL sejenis. Dan kelebihan lainnya ClearAcces fiturnya bisa All-In-One. Yaitu bisa sebagai modem ADSL, Router WiFi sekaligus bisa buat HUB juga. Port HUB-nya pun lumayan ada 4 port sehingga bisa dipakai untuk membuat jaringan LAN mini di rumah.

Modem ADSL+WiFi ClearAccess
Modem ADSL+WiFi ClearAccess



Anda tahu harga modem ClearAccess berapa? Saya mendapatkan harga modem ClearAccess dengan fitur selengkap itu cuma Rp 99.900 saja. Dan belinya tak harus Membeli ke Luar Negeri. Tapi cukup di toko online lokal Jakarta Notebook yang berada di Jakarta.

Karena modem ClearAccess tidak menyediakan CD Driver untuk installnya maka awalnya sempat bingung juga saya bagaimana cara menginstallnya. Untung lah di tokonya Jakarta Notebook menyediakan panduan setting untuk menggunakan modem ini. Saya mendownloadnya di sini.

Berikut saya tulis dan susun ulang panduan cara setting modem ADSL ClearAcces. Sebelum melakukan setting, pastikan modem sudah menyala dan kabel UTP ready terpasang antara modem ke komputer. Langkah-langkah cara mensettingnya sebagai berikut:

  1. Buka browser Firefox, Chrome, Opera, atau Internet Explorer.
  2. Ketikkan angka default IP di address bar browser: 192.168.1.1 dan tekan Enter
  3. Klik Manage Gateway (Advanced)
  4. Masukkan default username: admin
  5. Masukkan default password: admin.

Cara Setting PPPoE

  1. Pilih Advanced Setup

  2. Cara Setting Modem ClearAccess_1
  3. Klik WAN
  4. Klik Add

  5. Cara Setting Modem ClearAccess_2
  6. Kemudian isi VPI: 8
  7. Lalu isi VCI: 81
  8. Service Category: UBR Without PCR
  9. Centang Enable Quality of Service
  10. Klik Next

  11. Cara Setting Modem ClearAccess_3
  12. Connection Type: PPPoE dan Encapsulation Mode: LLC/SNAP-BRIDGING
  13. Klik Next

  14. Cara Setting Modem ClearAccess_4
  15. Isi Username: 14**********@telkom.net (Diisi sesui nomor Speedy Anda dan diakhiri dengan @telkom.net)
  16. Isi Password: XWNY****** (Diisi sesuai password yang diberikan dari Telkom)
  17. Klik Next

  18. Cara Setting Modem ClearAccess_5
  19. Enable Wan Service dicentang
  20. Service Name dibiarkan sesuai default
  21. Klik Next

  22. Cara Setting Modem ClearAccess_6
  23. Klik Save kemudian Save and Reboot Router.

  24. Cara Setting Modem ClearAccess_7

Cara Setting Konfigurasi Wireless (WiFi)

Sebelum menjajal WiFi-nya saya sempat cek jangkauan WiFi ClearAccess ternyata lumayan jauh sampai ke rumah tetangga sehingga saya menambahkan security. Saya lalu mengaktifkan Network Authentication buat memproteksinya agar tidak mudah diakses orang lain. Modem ClearAcces memberikan beberapa pilihan Network Authentication.

Berikut setting yang telah saya lakukan untuk memproteksi jaringan wirelessnya:
  1. Masuk ke menu Wireless - Basic.
  2. Centang pada kotak Enable Wireless.
  3. Isi kotak SSID dengan nama sesuai yang Anda inginkan.

  4. Cara Setting Modem ClearAccess_8
  5. Masuk ke menu Wireless - Security
  6. Network Authentication bisa Anda pilih WPA-PSK
  7. WPA Pre-Shared Key-nya saya isi dengan 8 digit password
  8. Untuk WPA Encryption pilih AES
  9. Kemudian Save/Apply.

Cara Setting Modem ClearAccess_9

Untuk trial percobaan pertama kali WiFi-nya saya test untuk mengaktifkan update software Tablet PlayBook BlackBerry saya. Dan hasilnya kerja modem ClearAccess sangat memuaskan. File sebesar 356 MB sukses terunduh kira-kira dalam 2 jam tanpa terputus.

Gimana, Anda ingin mencoba? Tidak terlalu sulit bukan cara setting modemnya? Jadi jika di rumah Anda sudah berlangganan Speedy dan kebetulan modemnya masih modem standar bawaan dari Telkom Speedy yang tanpa dilengkapi WiFi, silahkan ganti saja modemnya pakai modem ClearAccess ini. Oke, selamat mencoba.

Link Referensi:
  • http://jakartanotebook.com/download/ag10w.pdf
  • http://telkomspeedy.com/setting-modem-speedy
  • http://asepjaelani.blogspot.com/2012/01/clearaccess-ag10w-adsl2-gateway-wifi.html



Bookmark and Share

106 komentar:

  1. Saya juga sering menyarankan, kalau memang bisa pakai Speedy yang premium, sekalian saja disulap jadi router WiFi, pasti akan lebih bagus untuk keluarga :).

    Btw, saya juga pernah belanja di Jakarta Notebook, mereka cepat sekali dalam menanggapi konsumen.

    BalasHapus
  2. 356MB 2 jam masih lelet kuwi Pak, saya pakai IM2 file 1,2 GB didownload cuman 45 menit....

    BalasHapus
  3. Pak, biaya Speedy Wifi-nya sendiri berapa?

    BalasHapus
  4. Cahya:
    Pernah belanja di Jakarta Notebook juga, ya Mas Cahya? Iya, service mereka sangat bagus dan cepat. Saya kemarin transaksi checkout hari Sabtu malam langsung diproses. Senin siangnya barang sudah sampai di rumah saya di Jogja.

    Toro:
    Iya, Pak. Ada sedikit perbedaan speednya antara konek via WiFi dan lewat kabel UTP secara langsung. Kalau via kabel UTP (LAN) lebih cepat. Mungkin nanti perlu saya upgrade lagi paket Speedynya. Karena saya cuma berlangganan Paket Socialia Rp 99 ribu/bulan yang speednya hanya 384 kbps.

    Vicky Laurentina:
    Biaya beli modem ADSL+Router WiFi Rp 99.900. Ditambah ongkos kirim JNE dari Jakarta ke Jogja Rp 15 ribu. Itu saja biayanya, Mbak Vicky.

    BalasHapus
  5. Wah lancar jaya ya pak ?
    speedy di jogja?
    jadi pengen ganti neh.. saya pake smart pake 150rb skarang

    BalasHapus
  6. mas, bisa minta tolong ga,,saya udah beli modem ini, tapi setingnya ga bisa2, padahal saya dah yakin 100% setingannya sama dg artikel ini,,,kecuali username sama passwrd speedy..yang saya merasa janggal adalah, pada saat masuk settingan modem, (192.168.1.1) modem selalu "please wait terus menerus, dan saya tunggu kurang lebih 30 menit masih please wait terus, dan tidak OK , seperti screen shoot yg pertama di artikel ini. kira2 apakah yg terjadi dngan modem saya mas??? saya punya 2 modem yg 1 nya TP-LINK saya tes dengan modem TP-LINK tidak ada masalah, dan bisa browsing, hanya dengan modem ClearAccess AG10W ini yang tdk mau browsing, mohon bantuannya mas,,modem juga sudah saya reset tetep ga mau juga,,

    BalasHapus
  7. Weh pak joko dah enak area rumah sudah bisa dipenuhi aliran listrik wifi :D Kemana2 bisa konek dengan gadget kesayanganya hehehe

    BalasHapus
  8. akbaralatas:
    Alhamdulillah di rumah saya lancar, Mas Akbar. Kalau ingin ganti harus observasi daerahnya dulu, Mas. Karena Speedy untuk lokasi tertentu katanya ada yang lelet juga.

    okyrasta:
    Tulisan "Please wait" itu akan muncul dan tidak akan berubah menjadi "OK" selama konfigurasi setting modemnya belum benar. Jadi langsung klik saja Manage Gateway (advanced) tidak usah menunggu OK dulu.

    Saya ingin tahu apakah setting parameter VPI sudah benar diisi 8 dan VCI: 81? Karena kalau sesuai panduan dari ClearAccess angkanya diisi angka 0 dan 35. Saya merubah jadi 8 dan 81 karena waktu cek ke website Telkom ternyata yang benar bukan itu angkanya.

    Terus coba cek lagi usernamenya jangan sampai salah dan tidak ada @telkom.net dibelakangnya. Dan password kalau punya saya pakai huruf kapital semua kombinasi angka.

    eko susilo:
    Iya, Mas Eko biar sekeluarga bisa beinternet ria semuanya di rumah. Karena kalau tidak gitu rebutan pasti sama anak-anak dan istri di rumah. :)

    BalasHapus
  9. saya sudah benar semua mas,,kecuali @telkom.net....saya coba dlu yah mas,,,selama ini saya masukan usernamenya pake @telkom.net....

    ya Allah mudah2an bisa,,,tolong bantu doa mas...hehehehe..nanti saya kabarin....

    BalasHapus
  10. Sip Pak Joko, ini menjawab rasa penasaran saya :D

    Sudah lama sebenarnya mau pakai Wi-Fi Speedy, tapi berhubung malas cari2 info jadinya belum kesampaian. Untung ada artikel ini :D

    BalasHapus
  11. aduh mas,,,,tetep ga mau konek mas....semua yang mas Joko kasih udah saya terapkan 100%, tapi kenyataannya ga mau konek juga,,kenapa yah mas???? kalo dari kabel saya rasa ga mungkin,,,coz saya pake 2 modem dengan 1 kabel yang sama,,dan modem yang lama bisa konek dan browsing.

    saya sudah memasukkan username speedy saya tanpa @telkom.net dan saya juga sudah memasukkan passwrd speedy, VCI/VPI sudah benar, tetap ga mau konek juga!

    plis mas joko carikan solusi, saya beli modem juga dlam keadaan baru (segel)

    BalasHapus
  12. wah, kebetulan saya pake speedy juga mas, kapan2 mau coba juga.., makasih untuk infonya

    BalasHapus
  13. okyrasta:
    Aneh, ya Mas kok masih belum bisa juga. Jika semua parameter sudah dipastikan benar tapi tidak bisa, ya bawa aja modemnya ke Telkom biar dicek sama disettingkan Telkom. Nanti akan ketahuan yang masalah ada dimananya. Karena untuk VPI dan VCI-nya ada yang bilang masing-masing kota berbeda parameternya. Saya tidak tahu apa kota tempat tinggal Mas Oky berbeda dengan kota saya.

    Oh, ya satu pertanyaan saya lagi untuk IP Address LAN komputernya diisi apa tidak, Mas? Karena pakai IP dinamis jadi biarkan saja kosong tanpa pakai IP Address.

    Darin:
    Ya, Mas Darin kalau nanti jadi pasang Speedy dan ada yang perlu ditanyakan kontak saya saja mungkin saya bisa bantu. Di bawah artikel saya, saya sudah beri link referensi. Silahkan dibaca kalau ingin tahu lebih detilnya lagi.

    arkhananta:
    Silahkan dicoba, Mas kalau Speedynya di rumah masih belum ada WiFi-nya

    BalasHapus
  14. sudah, mas Joko, semua parameter dan ip di PC juga sudah saya masukkan, IP saya static jadi pengaturan di PC

    IP Address : 192.168.1.2
    Subnet Mask : 255.255.255.0
    Default Gateway : 192.168.1.1

    Tekhnisi speedy juga sudah saya panggil kerumah, dan coba setting,,tetep ga bisa juga,,,trus modem saya di bawa sama org speedy tsb u/ di cek di kantornya, dan katanya bisa konek, nah pas dibawa kerumah saya lagi keadaannya sebaliknya, dia bingung apalagi saya.....T_T

    saya tlp ke 147 tidak ada gangguan dr jaringan saya, dan saya bilang memang tdk ada, karena saya ada modem yg TP-LINK yg bisa konek dengan lancar, ClearAccess AG10W operator 147 tdk bisa memandu saya u/ setting via tlp, dia juga agak kebingungan pas dengar nama ClearAccess, saya bilang memang modem baru, mbak..

    singkat cerita operator menanyakan CD drivernya, saya bilang ga ada mbak,,,ujung2nya suruh bawa ke tokonya,,,,saya juga beli dari jakarta notebook, mas...kalo ke tokonya sangat jauh, saya di cikarang bekasi,,,:((

    BalasHapus
  15. okyrasta:
    Kalau kasusnya seperti itu saya juga bingung, Mas. Berarti modem dan jaringan tidak masalah sebab ditest di Telkom bisa. Kemungkinan berarti dari komputernya ada beberapa parameter yang tidak mau conecting.

    Jadi pakai IP Statics. Apa mungkin dari itu, Mas penyebabnya? Maksud saya IP Addressnya bentrok antara setting yang TP-Link dan ClearAccess di komputernya. Ini baru dugaan saya tapi kurang tahu juga saya apakah ini yang menjadi penyebabnya.

    BalasHapus
  16. saya juga di kos pake speedy sudah hampir mau 2 tahun, dan sdh djdkan rtr wifi, alhamdulillah jarang error kecuali telat bayar.hehe

    BalasHapus
  17. wahhh seandainya saja baca ini lebih awal pak
    saya terlanjur beli yg TPLink sharga 200n :p

    BalasHapus
  18. haduh saya juga bingung mas,,,kalo bentrok kayaknya engga deh,,saya ngetesnya di 2 laptop yg berbeda, dan blom pernah ada settingan apapun..(modem TP-LINK saya gunakan di PC)

    oke deh mas,,kayaknya saya musti meluncur ke tokonya... T_T

    makasih yah mas atas bantuannya...salam wat semua yah mas... ;)

    saya tunggu artikel2 mas Joko yang lain yah..hehehe..

    wassalam...

    BalasHapus
  19. wes kadong kebuka, tak kira postingan mirip speedy yang lalu,... eh,.. label yg ini malah....
    yo wes lha,... terus terang cuma ninggalin link :D

    BalasHapus
  20. Urang Kampoeng:
    Sudah 2 tahun? Cukup lama juga. Yang telat mbayarnya ini nanti boleh ditiru, Mas. He2..

    bimaSakti:
    Kemarin saya juga hampir beli D-Link harga Rp 300 ribu di Ramai Mall, Mas. Untung gak jadi. Dan akhirnya nemu modem murah ClearAccess ini.

    okyrasta:
    Sama-sama, Mas Oky. Semoga segera ketemu penyakitnya ada dimana. Maaf, saya tidak bisa bantu troble shooting-nya

    Kaget:
    Postingan ini masih sequel dari postingan yang sebelumnya, Mas. :)

    BalasHapus
  21. harganya menggiurkan sekali pak joko, sudah ditest stabilitasnya. misalnya untuk melayani sekian-sekian client wi fi :)

    tapi harga itu tetap menarik sekali lho pak :)

    BalasHapus
  22. Seandainya rumah saya dekat sama sampean pak, tentunya aku akan numpang gratis terus :D
    Saya sendiri sampai sekarang belum berminat dengan speedy. Mungkin sam seperti sampean, saya sangat apriori dengan speedy. Kedua sampai sekarang di daerah saya belum terjangkau telepon kabel. Jadinya ngenet meskipun dari rumah cukup pakai paket yang termurah dari ISP yang termurah namun hasil masih sesuai dengan kebutuhan saya pribadi.

    Walah mengarah menjadi pengusaha besar nih waroeng. Semoga semakin eksis dan bukan hanya menjadikesenangan sesaat. Aku sendiri gak bisa mnyumbang tulisan lha di blog ku sendiri saja jarang update :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  23. ok makasih mas, tutorialnya saya jadiin referensi nih buat bikin hotspot..

    BalasHapus
  24. Andai ibu Kos bisa kayak Gini,, tentu aku bisa enak bisa online. Karena di daerah kos sinyal gak nyampe Hsdpa jadi pake wifi dari speedy mungkin solusinya bisa internt nyaman :)

    BalasHapus
  25. Jarwadi:
    Saya sudah test WiFi-nyadi rumah untuk online buat 1 komputer laptop, 1 tablet PC PlayBook dan 1 ponsel. Dan hasilnya sinyal cukup stabil, Mas. Hanya secara kecepatan ada perbedaan antara yang langsung pakai kabel UTP (LAN) dengan yang WiFi. Lebih cepat dan lebih stabil yang pakai kabel UTP. Kalau yang WiFi agak sedikit lambat.

    Sugeng:
    Boleh, Mas Sugeng kalau mau numpang di rumah saya. :D

    Ya, Mas Sugeng sukses buat warungnya. Kalau ngeblog sesempatnya saja, Mas. Sama, saya juga lagi kerepotan bagi waktu ini, Mas.

    usaha sukses:
    Sama-sama, terima kasih kembali.

    Gaptek:
    Tinggal bilang saja, kan Mas Farid ke Ibu kostnya. Atau boleh patungan join sama teman-teman kost yang lain buat pasang Hotspot.

    BalasHapus
  26. Salam kenal sebelumnya Mas.
    Makasih tutorialnya Mas. Ikut nyimak aja dulu.
    Salam

    BalasHapus
  27. halo ms bro,, thanks infonya,,, wah semua jd bisa internetan d rumah nih ... :)

    BalasHapus
  28. Dhicomp:
    Sama-sama, Mas. Salam kenal juga.

    lintang:
    Iya, jadinya bisa berinternet ria secara bersama-sama di rumah sekarang. :)

    BalasHapus
  29. Saya sudah beli modemnya pak. Merknya sama dan dari tempat yang sama pula. Tinggal nunggu kirimannya ke rumah.

    Nanti kalau ada masalah saya tanya ke sini ya.


    Terima kasih informasinya pak.

    BalasHapus
  30. di kantor Hani kadang pake wifi, kalo lelet tak colokin kabel internetannya :D

    BalasHapus
  31. ternyata murah juga ya, mas. cuma sayangnya saya belum pakai speedy. mungkin nanti ah. bookmark dulu :)

    BalasHapus
  32. Jeprie:
    Sama-sama, Mas Jeprie. Siap, kalau nanti ada yang perlu ditanyakan silahkan kontak saya. :)

    Honeylizious:
    WiFi kadang-kadang begitu bisa lelet atau menghilang. Jadi paling bagus, ya dicolokin kabel UTP-nya.

    Andi Sakab:
    Iya, murah, Mas. Saya juga seperti nemu dapat modem ClearAccess ini karena rata-rata modem sejenis seperti ini harganya di atas Rp 200 ribuan

    BalasHapus
  33. Sudah bisa pak. Terima kasih tutorialnya.

    BalasHapus
  34. wah, bisa dijadikan lahan bisnis juga pak. hehe. :D

    BalasHapus
  35. Btw .. gratis lho pak ..kalo pesen wifi dari speedy. .
    tinggal omg paket wifi ..ga nambah biaya lagi,saya juga pake speedy skarang,stabil banget buat kerja.

    BalasHapus
  36. Jeprie:
    Sama-sama, Mas Jeprie. Selamat ber-WiFi ria di rumah. :)

    Hanif:
    Ya, Mas. dijual ke tetangga-tetangga, ya? He2...

    Akbaralatas:
    Katanya kalau minta tukar yang modem model ber-Wifi juga bisa, Mas. Tapi harus nambah biaya ke Telkom. Karena beda harga modemnya.

    BalasHapus
  37. Salam Kenal yah Mas Joko, kebetulan saya bekerja di bidang jasa pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia,dengan sistem borongan,jadi kalau ada yang mau impor barang dan tidak memiliki dokumen dan ijin, kami bisa bantu dengan memakai dokumen dan ijin dari kami ( UNDERNAME . SERVIS kami melayani dari seluruh Dunia.

    BalasHapus
  38. mas joko, untuk coverage wifinya berapa meter mas ?

    BalasHapus
  39. didit:
    Saya pernah test sampai ke rumah tetangga sekitar 30 meteran masih jangkau, Mas WiFi-nya.

    BalasHapus
  40. sori mas, mau nanya, saya pake internet fastnet dr first media. lalu saya beli router clearaccess ini dan saya ikutin settingan yang cara konfigurasi wireless.. kermarin pas pertama kali udah sempet bisa tuh pake untuk konek internet via wi-fi. tp sekarang kok gak bisa lagi yah? mau konek ke networknya aja gak bisa.
    kan pilih networknya fia airport(wifi), lalu ditanya kode passnya kan, saya udah tulis passnya(bener kok passnya) lalu tetep gak konek sm wifinya.. kenapa yah itu?

    BalasHapus
  41. sekarang sudah bisa, saya coba riset routernya ke factory setting lalu saya ulang lg.. dan bisa browsing sekarang, tp kalo dari iphone saya kok tetep gak bisa yah? bisa konek ke wifinya, tp gak bisa browse internet, saya coba ke 192.168.1.1 lewat iphone bisa, tp web lain tidak bisa. kenapa yah itu?

    BalasHapus
  42. dan sekarang setiap laptop di sleep(ditutup)dan dinyalakan kembali (dibuka lagi) internetnya kembali tidak bisa digunakan. router clearaccessnya harus di power off-on lagi baru kembali bisa digunakan

    BalasHapus
  43. terima kasih banyak mas joko..modem saya sudah bisa konek...sukses buat mas joko...

    BalasHapus
  44. Anonim:
    Kalau melihat pakai komputer bisa tapi lewat iPhone tidak bisa ada kemungkinan settingnya yang di iPhone yang belum benar atau tidak kompatibel model koneksi wirelessnya. Coba ganti model setting WiFinya. CleareAccess kadang-kadang gitu butuh direset. Tapi tidak sering sih kalau punya saya di rumah.

    didit:
    Sama-sama Mas Didit. Sukses juga buat Anda. :)

    BalasHapus
  45. Saya baru beli modem plus ini dgn akses internet pake speedy. Awalnya sih baik2 saja. Setelah satu minggu pemakaian, led power-nya nyala mati setiap (kurang lebih) 2 menit-an..dan tak bisa konek wifi maupun internet. Kira kira apa penyebabnya dan solusinya bagaimanana ya pak Joko...? Selama ini modem wifi nya konek langsung ke listrik dinding. Saya coba ganti colokkan ke UPS. Sama masalahnya.

    BalasHapus
  46. mas kalau settingnya dari modem speddy bawaan dihubungkan dengan kabel lan ke clear access nya bisa kan ? tinggal setting wirlessnya gmana ?

    BalasHapus
  47. Ammadis:
    Kalau seperti itu kemungkinan power supply atau adaptor modemnya yang rusak atau cacat produksi. Tukarkan saja mumpung masih ada garansinya.

    Anonim:
    Seharusnya bisa. Karena ClearAccess selain berfungsi sebagai modem ADSL juga berfungsi sebahai router dan hub. Jadi modem ADSL-nya tetap pakai punya bawaan Telkom dan ClearAccessnya dipakai sebagai router dan hub saja. Namun saran saya mubazir/pemborosan kalau double-double gitu. Mending salah satunya diistirahatkan jangan dipakai.

    BalasHapus
  48. saya coba clear accsess sebagai router dan hub ga bisa ? apa ada setingan lg, trus saya coba sebahgai modem asdl menurut petunjuk pa joko ga bisa juga gmana ya pak ?

    BalasHapus
  49. Gitu, ya? saya belum pernah coba memparalelkan dengan modem ADSL lain. Khusus yang buat modem ADSL kalau langkah-langkah semua di atas sudah benar semua dilakukan masih tetap belum bisa aneh juga.

    Coba dicek lagi barangkali masih ada yang salah di settingnya. Atau coba cek setting di modem bawaan Telkom. Lihat parameter VPI dan VCI-nya berapa. Karena saya baca-baca ada yang bilang katanya masing-masing daerah beda-beda. Misal beda tinggal samakan aja settingnya dengan yang modem punya Telkom.

    BalasHapus
  50. modem ADSL merk ClearAccess AG10W ADSL2+ Gateway WiFi Hotspot with 4 Port HUB – White
    support DDNS gak mas? kalo support, supplier DDNS apa aja?
    makasih

    BalasHapus
  51. Fredy:
    Maaf, Mas saya kurang tahu kalau masalah itu. Coba baca di detil spesifikasinya aja

    BalasHapus
  52. mas mau nanya kalau ReseT modem ini pernah???
    saya mau coba nge-reset.. dari beberapa cara yang saya lakukan di bawah ini ga ada satupun yang berhasil, diantaranya :

    1. Menekan tombol reset slama 30 detik, lalu modem dimatikan
    2. Menekan tombol reset slama 30 detik, lalu power dicabut
    3. Mematikan modem lalu, klik tombol reset, lalu hidupkan modem

    saya sampai pusing, dibuatnya...

    BalasHapus
  53. Saya pernah reset pakai push button yang di belakangnya. Kebetulan tidak ada masalah. Mungkin modem Anda yang rusak kalau kasusnya seperti itu.

    BalasHapus
  54. oh iya mas.. ternyata..
    trik resetnya dengan cara modem dimatikan terlebih dahulu..lalu tekan tombol reset,
    trus dihidupin bersamaan dengan ditekan tombol resetnya sampai lampu indikatornya stabil..

    BalasHapus
  55. Mas Joko klo di print screen diatas network status "OK" sedangkan yg saya connecting terus .. telp 147 sampe 2 kali udha di cek jaringan ga ada masalah , kenapa ya bingung saya :(

    BalasHapus
  56. Johannes Resano:
    Kemungkinan masih ada yang salah di setting pada parameternya, Mas. Coba cek lagi settingnya termasuk username Speedy dan passwordnya.

    BalasHapus
  57. knapa saya paasng clearacces AG10W kok nggak bisa cuma sampai isi usename dan paswordkoknggakjalan lagi apa masalah ya kok nggakbisaconectlagi sampai berjam2 klo saya ganti modem lain bisa apa harus di hapussettinganspeedylama ya tolong yang tau shering infonya terima kasih

    BalasHapus
  58. knapa saya paasng clearacces AG10W kok nggak bisa cuma sampai isi usename dan paswordkoknggakjalan lagi apa masalah ya kok nggakbisaconectlagi sampai berjam2 klo saya ganti modem lain bisa apa harus di hapussettinganspeedylama ya tolong yang tau shering infonya terima kasih

    BalasHapus
  59. mas joko, clearacces sudah disetting benar, ipad sudah membaca wifinya, sudah join network..
    tapi chrome di comp tidak bisa browsing, ipad yg connect wifi juga tidak.bisa browsing...
    apa yang harus saya betulkan?
    trims.

    BalasHapus
  60. norroikhan:
    Settingan speedy lama hanya melekat di modem ADSL yang lama, buka di ClearAccessnya jadi ada kemungkinan masih ada yang salah di setting modemnya.


    jonycjr:
    Sepertinya itu baru WiFinya aja yang sudah bisa jalan tapi jaringan internet ke Speedynya belum konek, Mas. Jadi mesti dicek lagi apa benar sudah berhasil conect ke Internet. Coba cek lagi setting di parameternya apa sudah benar semua. Kalau sudah benar Network status saat masuk ke setting ClearAccess akan muncul OK.

    BalasHapus
  61. mau tanya mas joko kalo saya mau pake speedy dan memakai wifi harus punya jaringan telpon kabel ya mas..

    BalasHapus
  62. mau tanya mas joko kalo saya mau pake speedy dan memakai wifi harus punya jaringan telpon kabel ya mas..

    BalasHapus
  63. mas, wifi clearaccess sudah terbaca, ipad sudah join network tetapi tidak bisa berfungsi wifinya, tidak bisa browsing, loading terus, setting apa yang masih salah...?
    saya sudah coba pakai xperia connect wifinya ketemu, tapi sama juga, tidak bisa browsing, loading saja.

    chrome yg di computer sudah bisa browsing.

    BalasHapus
  64. ass.
    mas joko mau tanya nih. pake aplikasi apa agar tiap client klo mo akses hotspot kita, password yg dimasukin beda-beda ditiap clientnya? seperti di hotel?

    BalasHapus
  65. seneng banget mampir di blog yang satu ini, q kira mahal langganan internet per bulannya . heheheh

    BalasHapus
  66. jgn pada percaya dengan testimoni mereka diatas.
    speedy skrg sdh memberikan modem tp-link TDw8151N fitur sama dengan clearacces,tp yg terpenting KONFIGURASI DIMENGERTI SEJUTA UMAT.
    terimakasih.

    BalasHapus
  67. adie88:
    Iya harus, Mas. Tapi kalau mau langganan Speedy otomatis sudah sekalian pasang kabel line telponnya, sudah satu paket.

    jonycjr:
    Kalau chrome yang di komputer sudah bisa akses internet pakai WiFinya itu berarti tinggal kendala di setting wirelessnya. Kemungkinan iPad dan HP-nya yang tidak bisa membaca WiFinya. Coba Anda ganti setting Network Authentication dari WPA-PSK ke opsi yang lain.

    Karkata:
    Saya belum coba kalau masing-masing user disetting punya password sendiri-sendiri. Tapi di ClearAccess ada menunya kalau mau dibuat begitu. Jadi yang password default WiFinya jangan dishare.

    tuyul:
    Mahal dan tidak relatif, Mas. Tinggal masalah kebutuhannya seperti apa.

    Anonim:
    Maksudnya testimoni yang mana, ya?

    BalasHapus
  68. kalo paket internetnya wifi speedy 1 bulan harganya berapa ya pak?

    BalasHapus
  69. Kevin Aidyn:
    Kalau paket Speedy saya ini per bulan Rp 180-an ribu include abonemen telponnya.

    BalasHapus
  70. Mohon pencerahan nich mas joko bila modem ini dijadikan Bridge bukan PPoe settingnya bagaimana?

    BalasHapus
  71. kalau boleh tahu produk ini buatan negara mana ya?

    BalasHapus
  72. kenapa ya?wifinya kadang2 bisa hilang gak kedetect...

    BalasHapus
  73. Ketika saya mengalami kecelakaan laptop saya rusak pada bagian LCD kemudian saya belikan monitor dan saya coba install connectify untuk jaringan hotspot dengan menggunakan provider smartfren bisa buat beberapa gadget lumayan juga jadinya laptop berubah menjadi PC hotspot

    BalasHapus
  74. ARYAWARNA:
    Maksudnya gimana, Mas? Mau dijadikan semacam Hub gitu? Kalau produknya buatan China, Mas

    Arie:
    Saya juga kadang-kadang alami yang seperti itu. Reset atau matikan aja sebentar WiFi-nya kemudian nyalakan lagi. Biasanya sudah bisa On kembali.

    BalasHapus
  75. maaf pak mau nanya beberapa hal, maklum gaptek
    1.apa bedanya modem ini dan tp li*k dr segi kualitas?
    2. kl pake modem sejenis ini bisa ga kita milih kapan internet mau di share (wi fi on) dan kapan hanya untuk 1 kompi (wi fi off tp inetnya via kabel hanya untuk 1 kompi) krn katanya kl pk wi fi speednya lbh kecil ya walau hanya digunakan untuk 1kompi?

    BalasHapus
  76. pada saat menggunakan modem ini sebagai hotspot., apakah kompi saya harus selalu dalam keadaan ON ???

    BalasHapus
  77. Santi:
    1. Dari segi kualitas hampir sama.
    2. Modem ini tidak ada fitur seperti itu.

    Herman Lieghonk:
    Maksudnya membutuhkan komputer harus On untuk menghidupkan hotspot? Tidak, Pak. Modem ini bisa berdiri sendiri tanpa bantuan komputer.

    BalasHapus
  78. saya pengen juga bisa membuat hotspot
    terima kasih, ulasannya sangat membantu

    BalasHapus
  79. mas joko boleh minta nomer hp nya? oh ya mas skrg speedy perbulan yg 99rb masih ada gk ya... saya mau pasang nie mas tp saya blm ada telp rumah apakah bisa pasang internet tanpa telp rumah??

    BalasHapus
  80. roy.wiedzw:
    Nomor HP saya ada di halaman Contact blog ini. Kalau masalah Paket Socialia 99 ribu masih ada apa tidak saya juga kurang tahu, Mas. Bisa ditanyakan ke PT Telkom kota setempat. Tidak ada telpon rumah tak masalah, Mas nanti pasang Speedy otomatis akan ada penarikan kabel Telkom ke rumah Anda. Dengan catatan jaringan Telkom harus sudah ada sampai di komplek perumahan Anda.

    BalasHapus
  81. mas joko saya baru beli modem yg sama dgn anda di jaknot :D hehee pelayanan cpt mantapp bintang 6 deh buat jaknot...udh bs setting modemnya...skrg yg mau saya tnykan biasanya kalo tab2 yg udh dibuka dibrowser trus diclose semua berikutnya mau buka lg kan msh ada ,,,sejak pake modem ini kok pas buka firefox tabnyaa hilang semua gak ke simpan gitu ?? ada solusi mas?? thanks kalo mau bantu heeeehheeeee

    BalasHapus
  82. vivaS1:
    Wah, kok aneh setahu saya history browser tidak ada hubungannya dengan setting modemnya. Coba kalau pakai browser lain misal Chrome dan Opera gimana apakah sama juga?

    BalasHapus
  83. mas joko nie org dalam PT telkom bukan, ane mw pasang yg perbulan 99rb aj mas, trs penarikan kabel wifi speedy di kenakan biaya brp mas?? ntr low ane tau hrganya bisa nabung dlu, hahaaa
    oh ya jogja mas daerah mn, ane sleman jg mas...

    BalasHapus
  84. mas saya mau tanya, saya beli router ini jg di jaknot, tapi koneksi saya mengunakan first media, saya search dari google untuk sharing first media router harus bisa men clone mac address, apakah router clearaccess ini bisa clone mac addres kalau bisa bagaimana yah cara setting nya bisa diberikan tutorial nya mas?
    thx

    BalasHapus
  85. assalamualaikum mas joko ini hotspotnya bisa d pakein billing gak?

    BalasHapus
  86. roy.wiedzw:
    Maaf, Mas saya bukan orang Telkom. Kemarin pengalaman waktu pasang Speedy saya kena biaya pasang Rp 265.000 di bulan Januari 2012. Alamat saya ada di blog ini. Saya di Kalasan, Mas.

    Benny:
    Jawaban sudah saya balas via email.

    BalasHapus
  87. terus mas pke biaya yg mana mas perbulan'a, tuh Rp265.000 udh sama AP blm mas, penarikan kabel jg ya.. saya mau pke mas tp yg perbulan 100rb masih ada gk ya,, oh ya mas Rp265.000 udh trmasuk 1bln blm mas??

    BalasHapus
  88. Thanks atas sharenya mas.. ijin copas ya... oh ya dah sy follow.. followback please

    BalasHapus
  89. sangat beruntung sekali bisa menemukan artikel ini. saya berniat mau ganti dengan modem wifi.
    nanti klo ada trouble pd saat setting, sy tanya2 ke njenengan ya mas. makasih sebelumnya

    BalasHapus
  90. wah boleh juga ni router nya
    makasi pak ud berbagi pengalaman dengan router tersebut :)

    BalasHapus
  91. saya beli ini dan baru dikeluarkan dari kardusnya..setingan sma tp masalahnya sama spt pak okyrasta." please waitnya lama bener dan kalo diklik manage gateway dia berhenti.bagaimana dan apanya pak kira2..?

    BalasHapus
  92. Saya juga mengalami saat SETTING...lodingnya sangat lama...
    dan sampai saat ini belum saya coba lagi...
    Kalo ada yang sudah sukses mohon di share di sini

    BalasHapus
  93. wah sepertinya menarik, saya blum pakai speedy sih, belum tahu apa di rumah jairngannya bagus atau tidak!

    BalasHapus
  94. Dah naik harganya ya?

    BalasHapus
  95. Untuk kasus yang menimpah arizka dan danang, coba cek setting di Network Setting komputer Anda apakah IP Addressnya terisi. Seharusnya IP Address kosong. Saya kebetulan baru saja beli lagi modem ini dan melakukan setting. Kasusnya sama seperti Anda. Loadingnya lama waktu set up awal. Setelah IP Addreess saya nolkan baru mau. Silahkan dicoba.

    BalasHapus
  96. Modem wireless bawaan speedy yang saya miliki seringkali merah lampu internet nya yang artinya putus hubungan ke internet. Tapi itu gak tau dari modem nya atau kabel telp nya, karena kabel tersebut pernah di ganti karena banyak putus oleh bennag layangan.

    BalasHapus
  97. Maaf mas, harga ClearAccess ini sudah tidak 99rb lagi tapi Rp 169rb

    BalasHapus
  98. 356 mb jam?...... kelamaan itu sangat lemot, pake paket brapa spidolnya. ditempat saya menggunakan speedy 1 mbps unlimited dibagi 8 kompi. saat unduh 642mb hanya membutuhkan waktu ± 20 menit.

    BalasHapus
  99. assalamualaikum

    pak, kalau ingin memutuskan koneksi adsl di clear access ini gimana ya caranya? selain cabut kabel telepon atau restart modem? kalau di modem aztech kan ada tuh fasilitas untuk reconnect adsl.

    di clear access saya tidak bisa menemukan menu disconnect / reconnect adsl.

    trims.

    BalasHapus
  100. Mas Joko saya mau tanya.... sebelumnya saya pakai speedy dengan free wireless TP-Link TD-W8951ND. sekaramg saya ganti pakai First Media hanya diberi medem nya saja. pertanyaan nya , apakah bisa wireless dari speedy saya gunakan di First Media ?...Trimakasih

    BalasHapus
  101. Saya belum pernah menggunakan First Media. Jika tipe koneksinya seperti ADSL-nya Speedy ya harusnya tak masalah (bisa). Tinggal setting modemnya saja yang diubah. Karena parameter dan user sama passwordnya antara Speedy dan First Media berbeda.

    BalasHapus
  102. pak, untuk biaya pemasangan modem speedy itu sendiri pertama kali berapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya pasang baru tergantung promo Telkom dan masing-masing daerah, Mas. Untuk lebih jelasnya bisa langsung kontak 147 Telkom. Untuk Modem Wifi jika pasang baru disediakan gratis oleh Telkom. Termasuk kalau ada penggantian karena kerusakan semua sekarang ditanggung Telkom biayanya

      Hapus
  103. Pak, sy mau pasang jaringan internet hotspot, tapi di daerah saya ga ada jaringan telkom. Gimana dong?

    BalasHapus