Sabtu, 14 November 2009

Cara Sukses Menjadi 10 Besar di Mesin Pencari Google

Resensi saya tentang buku Negeri 5 Menara tak disangka sudah mencapai impresion tinggi (untuk ukuran blog saya) dalam waktu singkat, dibaca oleh beberapa netter yang sedang mencari informasi atau resensi tentang buku fenomenal tersebut, membayang-bayangi posting artikel saya tentang BlackBerry yang berjudul 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka BlackBerry yang sampai dengan hari ini masih tetap nangkring menjadi popular post blog ini.

Kalau anda mengetikkan kata kunci Resensi Novel Negeri 5 Menara di Google maka salah satu website atau blog yang dilisting Google di 10 besar hasil pencariannya salah satunya adalah Diptara blog, blog saya. Dan blog ini sukses nangkring diurutan no 4 dari 15.200 website atau blog yang mengandung kata kunci Negeri 5 Menara yang sama di internet. Blog saya berhasil nangkring dibawah website toko buku Gramedia tapi sukses mengalahkan website Negeri 5 Menara sendiri, sama beberapa website yang memuat resensi buku tersebut seperti goodreads, yang juga sangat populer di kalangan para pecinta buku, posisinya berturut-turut muncul di urutan no 5 dan no 7.

Berikut saya copi hasil print screenya. Silahkan klik gambarnya kalau ingin memperbesar.

10 Besar Google

Saya menulis posting ini bukan bermaksud untuk menyombongkan diri karena bisa sukses mencapai prestasi semacam ini. Saya belum apa-apa , bukan master SEO, meskipun tidak buta sama sekali tentang apa itu SEO, sehingga belum pantas untuk dibanggakan, terlebih kalau anda adalah seorang master SEO (search engine optimization) beneran pasti akan tersenyum membaca ini. Satu ilmu satu guru dilarang saling mengganggu, ya! He…He….

Saya hanya ingin share bahwa untuk berhasil nangkring di 10 besar hasil pencarian Google adalah tidak sulit. Dengan menulis secara alamiah pun tanpa menerapkan SEO pasti suatu saat bisa sukses nangkring di 10 besar pencarian Google, mengalahkan beberapa website atau blog besar lain yang tentu saja jauh lebih populer dari blog kita di internet. Dan saya sudah membuktikannya. Makanya tidak perlu, maaf sampai menerapkan berbagai cara kotor seperti menerapkan cara Black Hat SEO untuk nembak keywordnya agar bisa sukses muncul di 10 besar pencarian Google.

Saya jelaskan sekali lagi, jujur saya menulis artikel Negeri 5 Menara, sebuah trilogi idealis atau komersial, secara alamiah aja. Pengulangan keyword Negeri 5 Menara yang menjadi kata kuncinya juga saya tulis secara alamiah sesuai konteks kalimatnya dalam setiap paragrafnya. Dan lucunya, saya sampai dengan hari ini malah belum baca buku tersebut. Saya hanya mengulas sedikit dalam artikel tersebut tentang masalah trilogi penulisan buku, membandingkannya dengan trilogi film dan mengulas sedikit dengan memperbandingkannya sama buku trilogi Laskar Pelangi Andrea Hirata yang kebetulan sudah sukses lebih dulu di pasaran.

Satu pertanyaan saya di akhir posting ini. Bukankah tujuan akhir dari siapa yang akan mengkonsumsi tulisan kita di blog adalah manusia? Bukan mesin pencari seperti Google, kan? Jadi kesimpulannya, kekuatan isi dari artikelnya adalah yang penting dan jangan dianggap remeh, juga ikut berperan besar, berpengaruh untuk mendatangkan traffic pengunjung ke blog kita. Dan saya rasa seorang pakar SEO pun tidak akan menyangkal fakta ini.




Bookmark and Share

9 komentar:

  1. hwahaha,,
    Top deh mas..
    Dulu postingku ttg tips menmbh kecepatan internetku juga begitu mas..
    bahkan pernah nangkring di urutan pertama..
    sayngny sekarang bergnti domain dan hilang lah sudah..
    haha..
    Btw sukses mas ya :D

    BalasHapus
  2. Ternyata memang mudah untuk nangkring di 10 besar pencarian Google. Tapi ya itu yang sulit adalah mempertahankannya. He...He...

    BalasHapus
  3. Wah, saya bukan Master SEO kalau tanya ginian. Gak tahu sebenarnya ada pengaruhnya apa tidak. Tapi menurutku, sih seharusnya berpengaruh.

    Berdasarkan pengalamanku, kadang Google dalam melisting pencariannya mengarah tidak hanya ke satu posting aja dengan tema relevan, tetapi kadang juga beberapa posting sekaligus yang terrange berdasarkan tag dan archieve bulan.

    BalasHapus
  4. Jadi kecanduan thd blog ini.. habisnya keren sihh!
    Bener banget bro... Tulisan yg alamiah akan membuat orang yg tadinya dari SE jadi langsung ke blog kita krn mendapati bahwa isi blog benar2 bermanfaat.

    Menulis bukan untuk Laba-laba SE tapi untuk manusia

    BalasHapus
  5. Ternyata anda juga sependapat dengan saya bahwa menulis bukan untuk Laba-laba SE aja tapi untuk manusia sebagai tujuan akhirnya.

    Tapi saya juga tidak memungkiri bahwa usaha dengan menerapkan teknik SEO juga bisa berperan besar untuk menggiring orang datang ke blog kita.

    Jadi kesimpulannya, buatlah artikel yang disenangi oleh dua-duanya. Yaitu SE dan manusia sekaligus.

    BalasHapus
  6. Betul sekali mas.. saya setuju !!!
    hanya menambahkan: setahu saya Google sangat menyukai content pendidikan, sehingga artikel2 yang mendidik akan lebih diprioritaskan dalam hasil pencarian... terbukti dalam artikel2 di blog saya yang sekilas seperti topik membosankan, tapi ternyata rating pencariannya lebih bagius dibandingkan dengan artikel abal2nyaa.... thx dah berbagi..

    BalasHapus
  7. Terima kasih. Ternyata kita sependapat. Blog anda juga saya lihat sangat menarik. Saya lihat banyak artikelnya yang sangat bermanfaat buat orang lain.

    BalasHapus
  8. artikelnya bagus,trima kasih

    BalasHapus