twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 31 Agustus 2010

Antara Bandwidth Limit Exceeded dan J.CO Donuts

J.CO DonutsPernakah Anda menemui kata-kata di bawah ini saat mengakses sebuah halaman website di internet?

Bandwidth Limit Exceeded
The server is temporarily unable to service your request due to the site owner reaching his/her bandwidth limit. Please try again later

Lantas apa hubungan kata-kata di atas dengan J.CO Donuts? Berikut penjelasannya.

Sama seperti posting saya kemarin tentang Blog Hilang, kata-kata ini juga mengandung sebuah pesan. Artinya halaman website/ blog yang sedang kita kunjungi sudah over limit kuota bandwidth hostingnya sehingga tidak bisa diakses untuk sementara waktu.

Kalau Anda menjumpai kata-kata seperti itu dalam mengakses sebuah blog mungkin masih wajar, apalagi itu sebuah blog pribadi yang tidak ada muatan kepentingan komersial di dalamnya, yang tentu saja minim dengan dana sponsor. Contoh blognya kawan saya Mas Adi di rismaka.net kemarin sewaktu saya akses juga muncul kata-kata seperti itu. Sekali lagi, itu sangat wajar. Karena menyewa hosting dengan fasilitas unlimited bandwidth memang prakteknya tak murah. Pertanyaan saya bagaimana kalau itu terjadi pada sebuah website korporasi besar sekelas J.CO Donuts? Masihkah wajar?

Lengkap sudah kekecewaan saya pada J.CO Donuts hari ini. Kenapa pasalnya? Bagaimana tidak, kemarin hari Sabtu, 28 Agustus 2010 saya telah dikecewakan oleh pelayanan J.CO Malioboro Mall Yogyakarta akibat menolak transaksi penukaran rewards point saya dengan alasan katanya point saya habis, alias tak mencukupi. Padahal, saya coba hubungi bank penerbit kartu kredit saya setelah itu, ternyata jumlah poin rewards saya masih ada. Bahkan lebih dari cukup kalau hanya untuk redempoint dengan tiga lusin donut.

Kemarin saya sudah meluangkan waktu untuk complain lewat telpon kemudian saya susul dengan kirim email pengaduan ke management J.CO tapi sampai dengan hari ini belum ada satu pun pihak yang mengontak saya yang mewakili management J.CO coba menanggapi complain saya.

Akh, mengapa saya jadi bandingin J.CO dengan perusahaan tempat saya bekerja yang sangat care dan cepat dalam merespon complain semacam ini. Saya harus bisa memaklumi mungkin kelas perusahaan J.CO tak sebesar dan seenak donutnya. Buktinya, sewa hosting website saja masih yang murah dan kelas ecek-ecek begitu.

Catatan: Terima kasih Anda sudah membaca keluhan saya yang tidak penting ini.

Sumber Foto: Citibank


Bookmark and Share

Sabtu, 28 Agustus 2010

Blog Menghilang, Ada Apa?

Blog hilangApakah Anda pernah mengakses sebuah blog kemudian menemukan kata-kata ini saat URL-nya Anda akses di browser Anda?

"Blog yang Anda cari tidak ditemukan."

Terus terang saya beberapa kali menemukan blog yang awalnya ada tapi kemudian tiba-tiba menghilang begitu saja. Beberapa waktu yang lalu saya sempat punya sahabat blogger dari Finlandia. Dia beberapa kali berkunjung ke blog ini dan meninggalkan pesan di Guest Book saya. Saya pun juga demikian, beberapa kali berkunjung ke blognya dia. Namun sayang, kini blognya telah menghilang. Saya sudah tidak bisa mengaksesnya lagi.

Dan saya juga punya satu teman lagi seorang blogger dari Jakarta, Mas Haryanto namanya, yang dulu pernah saya mintain tolong buat mengedit template blog ini. Tiba-tiba blognya juga menghilang alias tidak bisa ditemukan lagi. Tapi anehnya judul posting blognya masih muncul di homepage Google Reader saya. Aneh, bukan?

Daftar pertanyaan yang muncul di benak saya:

  1. Apa kira-kira dia sudah berhenti ngeblog dan mendelete blognya? Jika ini yang menjadi alasannya kenapa tak ada kata-kata atau Salam Perpisahan? Atau, blognya tetap dibiarkan saja seperti umumnya narablog yang berhenti ngeblog dengan ditinggalkan begitu saja?
  2. Apa mungkin dibanned oleh Google karena blognya melanggar TOS (Term of Service) Google? Jika benar dibanned apa ya kira-kira yang menjadi penyebabnya?
  3. Apa jangan-jangan blognya terkena Sensor atau filter yang sekarang lagi marak dilakukan oleh ISP (Internet Service Provider) di negara kita? Setahu saya blognya, baik teman saya yang di Finlandia itu maupun di blognya Mas Haryanto, keduanya tak mempunyai content porno di blognya.
  4. Atau apakah kira-kira ada penyebab lain?


Entahlah! Sebagai sesama pengguna engine blog blogspot juga, saya sedih sekaligus kuatir, tentu pertanyaan yang nomor 2 itu yang menjadi ketakutan saya juga. Kalau sampai blog ini benar-benar dibanned bisa celaka saya!

Beginilah tidak enaknya kalau punya blog gratisan yang masih menumpang hosting ke pihak lain. Kita harus tunduk dengan segala aturan layanan mereka, yang kadang bisa seenak mereka sendiri dalam membanned blog.

Hem, semoga kejadian ini, blog dibanned, tak pernah terjadi di blog Anda dan blog saya.


Sumber Foto: Corbis



Bookmark and Share

Kamis, 19 Agustus 2010

Mengapa Baru Sekarang Kau Ributkan BlackBerry?

BlackBerryMembaca Kolom Telematika di detik com berjudul: BlackBerry, Spionase, dan Penguasaan Informasi, yang ditulis kemarin, hari Rabu, 18 Agustus 2010 oleh Rudy M. Harahap, saya jadi teringat dengan salah satu artikel kontroversial saya tentang BlackBerry. Yaitu artikel yang berjudul: 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka BlackBerry. Artikel ini saya tulis pada pertengahan Oktober 2009 lalu. Saya tulis saat BlackBerry kala itu memang lagi banyak digandrungi semua orang, terutama dari kalangan para penggila gadget. Dan karena saking kontroversialnya tidak sedikit komentar kontra datang dari orang-orang yang tidak setuju dengan opini saya tersebut.
 
Salah satu point di nomor 7. Rahasia Penting pada artikel 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka BlackBerry tersebut, saya tak menyangka setelah hampir satu tahun berlalu, kini baru banyak diributkan semua orang. Alasan mengapa diributkan? Karena katanya ini menyangkut keamanan dan kerahasian penting data user yang juga berpotensi membahayakan keamanan sebuah negara.
 
Berikut saya kutip petikan point alasannya:



7. Rahasia Penting
Dengan memakai push email seperti dari layanan Blackberry, Ini juga berlaku pada semua layanan push email vendor lainnya, tanpa dihindari ada pihak ketiga selain pihak kedua penyedia layanan email Anda tentu saja, punya hak akses dan bisa membaca dan mengetahui rahasia penting pada isi email Anda, selain Anda sendiri. Bayangkan account Paypal Anda tahu-tahu dibobol hanya gara-gara passwordnya dibaca atau dicuri oknum orang dari RIM yang tidak bertanggung jawab misalnya. Atau bisa aja data Anda meski sudah dienskripsi lalu lintas datanya oleh RIM tiba-tiba para cracker membajak datanya. Ini tentu saja berbahaya, terlebih Anda adalah orang penting seperti Presiden Obama misalnya.



Point tersebut sempat mendapat sanggahan komentar dari pengunjung yang mengatakan katanya ketakutan saya terlalu berlebihan. Dan saya pun waktu itu memberi penjelasan pemahaman seperti ini menanggapi komentar kontra tersebut:



7. Bukan masalah ketakutan, Mas, hanya warning agar waspada. Kebetulan disamping saya sebagai karyawan, disela-sela kegiatan saya sehari-hari saya juga seorang pelaku bisnis online di internet (Internet Marketer) dan punya account di Paypal juga yang menampung semua penghasilan saya dari internet. Sampai sekarang, alhamdulillah aman-aman saja meskipun menggunakan push email. Maksud saya hanya memberikan pemahaman saja barangkali ada yang kurang memahami bagaimana alur data atau sistem kerja email pada layanan push email. Karena di internet tidak ada satu pun pihak yang bisa menjamin data kita bisa 100% secure, aman. Kalau kita jeli kata-kata ini banyak dicantumkan di Disclaimer sebelum kita mengaktifkan sebuah layanan.

Nah, pada kasus push email, kita tahu bahwa pada saat kita create email baru pada BB atau push email lainnya, suka atau tidak suka, kita sebenarnya sudah memberikan kuasa penuh kepada pihak ketiga untuk mengakses email kita lewat username dan password email yang sudah kita berikan. Dan username dan password ini akan selalu direcord di server push emailnya sana sesuai data yang kita berikan saat create push email pertama kali. Untuk sekedar ngetest apakah benar direcord, silahkan ubah password email anda dengan login ke server emailnya langsung, jangan lewat BB. Setelah itu BB akan mengalami error dan tidak bisa ngepush emailnya lagi, selama anda tidak memperbaruhi password email bersangkutan pada BB anda. Jadi maksud saya yang tidak aman dan patut diwaspadai adalah ini, selain juga muatan isi emailnya yang dipush. Mungkin analoginya sedikit mirip dengan akses internet pakai Proxy kalau di PC, jejak kita akan direcord oleh server Proxy. Dan Proxy bisa dibuka oleh adminnya. Sekedar perbandingan pada push email gratisan seperti Seven fasilitas PIN message ini juga ada.Jadi tidak hanya BB, satu-satunya yang bisa seperti ini.



Ya, BlackBerry memang eksklusif. Eksklusif karena tak tersentuh pajak, Baca Antara BlackBerry, Penjajahan Terbalik dan Penjajajan Terselubung, juga tak tersentuh hukum karena bebas melintasi batas wilayah sebuah negara, yang tentu saja ini sangat berbahaya bagi keamanan dan rahasia penting sebuah negara. Bayangkan, seperti saat ini banyak pejabat negara kita yang menggunakan BlackBerry. Banyak diantara mereka yang melakukan komunikasi tentang rahasia negara lewat BBM dan email di BlackBerry. Bukankah lalu lintas datanya tanpa sadar diketahui oleh pihak ketiga di Kanada, yaitu Research In Motion (RIM)? Apakah ini tidak berbahaya dan mengancam kerahasiaan sebuah negara?

Kesimpulannya: Mengapa Baru Sekarang Kau Ributkan BlackBerry? Apakah sebegitu terlenanya kita selama ini akibat tersihir oleh BlackBerry sehingga sampai-sampai tidak menyadari dengan potensi bahaya besar yang membahayakan keamanan negara ini? Akh, ngomong apa saya. Negara kita memang tak sehebat Singapura yang begitu melek IT. Bukankah lebih baik sadar sekarang meski sedikit terlambat daripada tidak sadar sama sekali dengan menunggu martabat kita diinjak-injak dulu oleh bangsa lain baru kita sadar seperti kasus dengan Malaysia baru-baru ini.

Sumber Foto: Barack-Obama



Bookmark and Share

Selasa, 17 Agustus 2010

Antara BlackBerry, Penjajahan Terbalik dan Penjajahan Terselubung

independence daySaya pernah membaca artikel menarik di sebuah majalah komputer PC Media. Sebuah artikel yang memberikan istilah tentang Penjajahan Terbalik. Dulu, tulis dalam artikel tersebut, selama 350 tahun kita sudah dijajah negara barat. Kini, posisinya terbalik. Indonesia seperti menjajah negara barat kalau bicara bajak membajak software. Ya, bagaimana tidak. Software-software komputer banyak diciptakan oleh mereka, orang barat. Tapi kita dengan seenaknya atau bebas memakai dan membajaknya tanpa membayar. Apa ini tidak seperti bentuk Penjajahan Terbalik?

Hari ini, Selasa 17 Agustus 2010 negara kita sudah ber-HUT atas kemerdekaannya yang ke-65. Sudah banyak bentuk-bentuk kemudahan yang bisa kita nikmati sebagai warga negara yang merdeka. Dan rasanya Anda pun tentu turut bisa merasakan beberapa kemudahan itu sebagai warga negara merdeka, bukan?

Namun, banyak pihak di sisi lain berpendapat katanya kita ini masih belum merdeka seutuhnya. Karena masih maraknya ketimpangan dan ketidakadilan yang ada di negara ini. Akh, saya tak mau membahas dosa-dosa warisan pemerintahan negeri ini yang faktanya memang masih banyak yang belum terselesaikan. Cukup mereka-mereka saja lah. Saya tak mau ikut-ikutan.

Masih terkait dengan tulisan saya yang lalu, "Apakah Cinta Itu Porno?" Kemarin saya membahas tentang pemblokiran content porno di internet yang berimbas pada leletnya akses internet. Berakibat pada terblokirnya beberapa situs yang sebetulnya sama sekali tak ada kaitannya dengan content porno. Nah, kali ini saya ingin sharing kembali tentang sebuah fakta yang mengejutkan tentang BlackBerry dalam kaitannya dengan sebuah, lagi-lagi Penjajahan Terselubung negara lain terhadap negara kita.

Berikut keempat fakta yang perlu Anda tahu tentang kesaktian BlackBerry di Indonesia:

  1. Berbeda dengan koneksi internet dari desktop yang sudah difilter lewat ISP (Internet Service Provider), untuk BlackBerry masih bisa bebas mengakses situs manapun di seluruh dunia, tak terkecuali situs content porno sampai dengan hari ini.
  2. Pemerintah sampai dengan hari ini seperti tak punya kuasa menekan BlackBerry seperti halnya Amerika Serikat yang telah berhasil menekan RIM agar membangun server atau data center-nya di sini. Kita bahkan juga kalah dengan Arab Saudi yang sudah berhasil memaksa Research In Motion untuk menempatkan servernya di Arab Saudi.
  3. Research In Motion vendor BlackBerry sampai sekarang ini tidak dikenakan pajak terhadap biaya berlangganan BIS (BlackBerry Internet Service). Contoh, saat ini pelanggan membayar biaya BIS sebesar Rp 150.000. Operator dapat profit $5. Operator dikenakan pajak terhadap setiap $5 yang diterima, dan RIM terima bersih $10 tanpa kena pajak.
  4. Layanan BIS BlackBerry tak berijin dan tak legal karena sampai dengan hari ini RIM belum pernah ijin ISP di Indonesia. Dan lagi-lagi pemerintah seperti menutup mata dan tak sanggup memaksa BlackBerry seperti halnya Uni Emirat Arab dan India. 

Itulah faktanya yang terjadi. Bukankah itu seperti bentuk Penjajahan Terselubung negara lain terhadap negara kita? Apakah saya salah kalau menyimpulkannya demikian?

Akh, sebagai warga negara yang baik, seharusnya saya tak patut terus menerus menghujat pemerintah akibat ketidakberdayaan atau kekurangannya ini. Saya sebagai warga negara hanya bisa berdoa semoga pemerintah terus berbenah di usia negeri ini yang sudah semakin tua.



Bookmark and Share

Minggu, 15 Agustus 2010

Apakah Cinta Itu Porno?

Pemblokiran situs pornoApakah Anda termasuk yang sudah mendengar kabar tentang pemblokiran situs porno di negara kita? Bagaimana kalau menurut pendapat Anda? Kalau saya boleh beropini, sebetulnya niatnya baik. Ada baiknya kita patut turut mendukungnya, karena ini demi kebaikan kita bersama.

Kalau Anda adalah para orang tua yang sudah punya anak yang mulai beranjak dewasa, bagaimana jadinya kalau tiba-tiba tahu anak Anda yang belum saatnya melihat tontonan khusus dewasa tiba-tiba melihat tayangan porno tersebut di internet? Bagaimana jadinya? Makanya, kita patut mendukung itikad baik ini demi masa depan generasi muda kita.

Tapi yang membuat saya tidak habis pikir dalam realisasinya mengapa KOMINFO blokirnya sangat ngawur. Beberapa layanan internet yang tidak ada unsur pornonya pun ikut juga diblock. Dari mulai iklan di Detik, Kompas, Adsense, sampai layanan blogger seperti blogspot dan picasa sulit sekali diakses. Dan parahnya, situs yang tidak ada unsur pornonya pun dihantam kromo ikutan diblokir semua. Jangan-jangan tulisan ini pun akan diblokir pula karena mengandung kata kunci porno di dalamnya. Bah!

Sudah seminggu ini koneksi internet saya pun ikut terkena getahnya. Menjadi sangat lemot akibat filtering atau blokir memblokir ini. Padahal, saya menggunakan Flash Telkomsel yang terkenal jaringannya paling kuat dan luas seantero nusantara. Dan akses internet saya juga dari kawasan Malioboro Jogja yang hampir sinyal semua operator kuat dan kenceng di lokasi saya dikarenakan sudah sinyal HSDPA. Saya sampai bolak-balik ganti modem dari Telkomsel ke AXIS sekedar memastikan apakah ada yang salah dengan jaringan saya, seperti keluhan saya pada AXIS pada bulan Mei lalu.

Topik blokir memblokir internet ini sampai dengan tulisan ini saya tulis masih cukup ramai diperbincangkan kawan-kawan saya di milis Telematika. Berikut salah satu petikan email dari salah seorang kawan yang mengeluh karena situs yang sering dikunjunginya tiba-tiba diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) akibat instruksi pemblokiran yang diwajibkan oleh KOMINFO.



Re: [Telematika] Re: It's blocked
From: as <as@jmn.net.id>
To: Telematika@yahoogroups.com

Pokoknya yang mengandung Love dihajar habiis.. :-)

On Sat, 2010-08-14 at 10:49 +0000, irf1n wrote:
> Oh... i'm touched. Dan semoga para teknisi yg ngeblok situs http://www.lovepoemsandquotes.com/ juga tersentuh utk segera memperbaiki ya hehe. Klo ga males tar malam nilpon CS nya telkomsel minta disampain ke bagian teknis utk dibuka aksesnya. Btw situsnya klo diakses tertulis:
>
> ACCESS IS DENIED DUE TO SECURITY POLICY ENFORCEMENT
>
> ada hubungannya ma SECURITY ya? SECURITY moral kah? wkwkwk lebay
>
>
>
>
> --- In Telematika@yahoogroups.com, as <as@...> wrote:
> >
> > On Sat, 2010-08-14 at 09:45 +0000, irf1n wrote:
> > > napa kok http://www.lovepoemsandquotes.com/ diblok oh operatorku (Telkomsel) ???
> > >
> > >
> >
> >
> > Love is a mirror
> > it sees and reflects back...
> >
> > It even has the ability
> > to show you sides of yourself
> > that you never knew existed...
> >
> > And if love is true
> > every side is your best side.
> >
> > - ZaMar Mbatha -
> >
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> Yahoo! Groups Links


Apa iya hanya gara-gara memuat kata "Love" URL-nya dianggap sebagai situs porno terus diblokir? Pertanyaan saya: Apakah Cinta Itu Porno? He...He....

Sumber Foto: website-blocker


Bookmark and Share

Rabu, 11 Agustus 2010

Jika Terpaksa Menipu, Menipulah Dengan Cara Kreatif dan Cerdas

SOSMungkin Anda sudah terlalu bosan menerima SMS yang mengaku-ngaku dari operator yang mengabarkan Anda mendapatkan hadiah uang tunai atau mobil. Tapi tunggu dulu, rasanya para pelakunya tak pernah bosan-bosannya mencoba menipu dengan modus usang seperti itu. Memang, semakin murahnya tarif SMS sekarang ini, dampak negatifnya adalah membuat orang-orang tertentu mencoba keberuntungannya dengan coba-coba menipu lewat SMS.

Dan kemarin dalam sehari saya terima dua SMS. Yang satu mengaku dari Telkomsel mengabarkan kalau saya dapat hadiah mobil Suzuki APV. Sementara ponsel saya yang satunya lain lagi, sebuah SMS lagi-lagi, tapi yang ini mungkin benar atau tak menipu, mengaku katanya dari bank asing yang cukup terkenal menawarkan sebuah kredit cukup menggiurkan karena tanpa agunan.

Masih terkait dengan maraknya pengiriman SMS itu, pada hari Minggu, 8 Agustus 2010 lalu ponsel istri saya juga menerima SMS dari nomor 087842322963. Sebuah nomor yang juga tak dikenal. Saya jadi tersenyum geli sewaktu istri saya menyuruh saya membacanya. Meskipun kabar yang disampaikan sebuah kabar sedih tapi tak urung tetap saja saya tak bisa menahan tawa saya karena saking lucu dan konyolnya. Kenapa? Karena SMS-nya mengabarkan tentang permintaan tolong konyol, yaitu minta bantuan isi pulsa karena ada seorang teman yang katanya lagi sakit dan membutuhkan pertolongan.

Berikut bunyi dari pesan singkat dalam SMS-nya:


"Sy YANTI, mnt tlg krmkn pulsa ke No. 085294176959 Brpa aja buat hub keluarga tmn sy,yg kecelakaan di tengah hutan, kondisinya sangat kritis, sblmnya trima kasih."


Mungkin daftar pertanyaan di bawah ini bisa jadi penegasnya apakah ini minta tolong sungguhan, ataukah memang hanya sekedar menipu:
  • Jika benar butuh pertolongan mengapa tak minta dikirimi bantuan Tim SAR saja, kenapa malah minta pulsa?
  • Mengapa orang yang mengaku Yanti tersebut tak langsung SMS saja ke keluarganya agar dihubungi saja?
  • Atau apa karena keluarga korban tak punya ponsel dan hanya punya telpon rumah saja sehingga tak bisa terima SMS?
  • Jika jawaban terkait pertanyaan di atas adalah "Ya", jaman sekarang bukankah agak aneh kalau ada sebuah keluarga punya telpon rumah (PSTN) tapi tak satu pun ada yang punya ponsel di rumahnya. Betul tidak?

Gimana kalau menurut pendapat Anda? Apa Anda tidak ketawa juga membaca SMS-nya? Atau jangan-jangan saya yang terlalu berburuk sangka?

Hem, sama seperti tulisan saya tentang spammer bernama Rina Indria dulu, jika Anda terpaksa menipu, menipulah dengan cara-cara yang lebih kreatif dan cerdas. Oh, mungkin cara di atas termasuk kreatif karena berbeda dengan cara-cara menipu umumnya. Tapi sayangnya, kreatif yang seperti ini masih kurang cerdas untuk menipu orang bodoh seperti saya.

Sumber Foto: SOS



Bookmark and Share

Sabtu, 07 Agustus 2010

3 Cara Melindungi Artikel Blog Anda Dari Copas

Semakin menjamurnya blog dan banyaknya informasi yang tersedia di internet membuat kita hampir tak ada informasi satu pun yang tidak bisa ditemukan di internet. Karena semua informasi tersebut sangat melimpah tersedia di internet. Tentu fakta ini bagi blogger atau pencari informasi di internet membuat jadi mudah untuk mencari bahan tulisan buat artikel, paper atau keperluan karya tulis lainnya, tak terkecuali untuk dimuat kembali di internet sebagai posting di blog. Namun sayangnya, atmosfir ini membuat orang-orang tertentu menjadi malas berkreatifitas dan lebih senang mencopas artikel orang lain daripada berpikir dengan membuat artikel sendiri.

Tanpa berniat untuk menyombongkan diri, sekedar sebagai bukti saja kepada Anda, bahkan saya sudah tak ingat lagi sudah berapa banyak artikel saya yang dimuat di blog ini telah dicopas diam-diam oleh blogger lain. Baik yang mau mencantumkan sumbernya, maupun yang tanpa rasa pekewuh (sungkan) kepada saya dengan mengklaim diri sebagai miliknya. Baca Getah Kepopuleran.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis di blog ini tentang Cara Elegan Mencopas Artikel Orang Lain. Kalau Anda tertarik ingin menerapkan cara-cara mencopas yang elegan, saya persilahkan Anda membaca artikel tersebut.

Dan untuk kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana mencegah artikel kita agar tak mudah dicopas oleh orang lain di internet. Cara-cara ini memang tak bisa menjamin seratus persen aman, namun setidaknya bisa sedikit menghambat tindakan plagiat yang akan dilakukan oleh orang lain terhadap artikel di blog Anda.

Berikut adalah 3 Cara Melindungi Artikel Blog Anda Dari Copas:

1. Memasang javascript di halaman blog agar tulisan tidak bisa disorot atau di-highlight sehingga ini sedikit menyulitkan apabila ada orang yang hendak mencopas tulisan Anda. Cara ini dulu saya dapatkan dari sahabat blogger saya, Mas Gardino. Kalau Anda tertarik pakai cara ini, silahkan Anda copy script yang ada di bawah ini dan pasang di sidebar blog Anda:


<script type="text/javascript">
function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
disableSelection(document.body)
disableSelection(document.getElementById("mydiv"))
//Sample usages
//Disable text selection on entire body
// //Disable text selection on element with id="mydiv"

</script>

<body oncontextmenu="return false;">
<body document.onselectstart="return false">


2. Berikan sisipan kata, kalimat, atau link sebanyak mungkin yang sifatnya personal dan hanya Anda sendiri yang tahu sehingga orang lain akan menjadi repot untuk mencopasnya karena akan disibukkan oleh banyaknya edit terhadap artikel Anda. Kedua, sesuatu yang personal tersebut gunanya, jika suatu saat artikel Anda dicopas orang lain dan orang tersebut mengklaim sebagai karyanya maka Anda bisa gunakan pertanyaan rahasia Anda dengan mengacu pada kata personal tersebut kepada si pencopas artikel Anda.

3. Melakukan setting di dashboard blog Anda agar duplikat content dari artikel Anda yang dicopas oleh orang lain tak bisa muncul di SERP (Search Engine Result Page) Google. Cara ini akan membuat hanya artikel di blog Anda, satu-satunya yang bisa muncul. Ini tentu saja akan merugikan si pencopas karena artikelnya tak bisa mendatangkan pengunjung dari search engine kecuali hanya artikel di blog Anda saja yang tetap diindex oleh Google.

Caranya, cari kode berikut di setting template widget di dashboard blog Anda. Lalu sisipkan kode HTML yang berwarnah merah persis seperti contoh dibawah ini.


<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<link expr:href='data:post.url' rel='canonical'/>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>


Jika Anda bukan pengguna blog blogspot dan tertarik pakai cara yang ketiga ini, kalau ingin tahu cara settingnya lebih lanjut, silahkan baca tutorialnya selengkapnya di blog sahabat saya Blog Buat Blogger.

Pesan saya di akhir tulisan ini. Kebiasaan copas hanya akan mematikan kreatifitas. Hindarilah! Karena pada akhirnya orang yang gemar mencopas akan rugi sendiri sebab copas membuat daya cipta dan kreatifitas pelan-pelan akan mati. Mudah-mudahan tulisan semacam ini kelak sudah tidak diperlukan lagi.

Sumber foto: COPY & PASTE TSHIRT


Bookmark and Share

Selasa, 03 Agustus 2010

Pantaskah Tulisan di Blog Disebut Sampah?

Blog Sampah

Banyak cara blogger dalam menyebut diskripsi content dari blognya dengan berbagai macam nama dan istilah. Dari yang umum menyebut tulisan di blognya sebagai artikel, tak mau menyebut sebagai artikel, menyebut tulisannya hanya sebagai pelepasan katarsis bloggernya, sebagai pelampiasan unek-unek atau curhat dari bloggernya, sampai ada yang menyebut isi blognya, maaf hanya sebagai tempat sampahan dari bloggernya saja.

Khusus beberapa sebutan yang terakhir, kalau saya menilai ada dua alasan mengapa banyak blogger bersikap seperti itu. Alasan pertama, karena bloggernya berusaha menunjukkan atau bersikap rendah hati dengan tak mau meninggikan diri dan tulisannya sebagai sesuatu yang layak dihargai sangat tinggi oleh orang lain. Alasan kedua, sebuah bentuk disclaimer bloggernya secara diam-diam, yang ingin berkilah dari tuntutan pihak lain jika ternyata artikel yang telah dimuat blognya ternyata tidak tepat atau ada yang salah di dalam artikelnya.

Terlepas apa pun itu alasannya, sah-sah saja kalau menurut pendapat saya kalau ada blogger menamai content di blognya demikian. Kalau saya tak terlalu ambil pusing dengan nama atau istilah-istilah di atas. Jika saya memposisikan sebagai pengunjung blog, saya bersikap, selama isi blog itu memberi nilai tambah buat pengunjung blog seperti saya, why not saya terima isinya, apa pun itu namanya? Mau disebut informasi sampah atau apa pun, itu tak menjadi soal buat saya. Karena, selama ini dalam membaca bukankah sebaiknya menerapkan teknik Membaca Analitis & Sintopikal. Artinya, jika informasi itu sesuatu yang penting dan perlu dikaji lebih dalam, selayaknya Anda melakukan compare dengan banyak sumber yang lain, atau tidak terfokus hanya pada satu sumber referensi saja.

Nah, kalau saya memposisikan diri sebagai blogger, saya hanya bisa bilang menulis ngawur pun justru bagi saya malah sulit apalagi membuat sebuah rekayasa atau kebohongan besar. Kalau nulis ngawur dan berbohong sekali dua kali mungkin masih mudah. Tapi bagaimana kalau melakukannya sampai berkali-kali dalam blog yang jumlahnya bisa mencapai ratusan artikel? Apakah itu tetap mudah? Bukankah faktanya kalau kita berbohong butuh energi lebih besar daripada berkata jujur?

Itulah mengapa saya tak mahir menulis cerita fiksi dan lebih menyukai menulis artikel. Mengapa? Karena dalam tulisan fiksi ada dua hal sekaligus: Kebohongan dan fakta sekaligus. Cerita fiksi memang sebuah kebohongan karena bukan fakta tapi ceritanya adalah sesuatu yang riel, yang artinya sebuah fakta yang ada di alam imajinasi penulisnya. Dan fakta di alam imajinasi ini biasanya selalu digali dan diadaptasi dari sesuatu yang nyata dari pengalaman dan pergumulan hidup penulisnya. Tidak lahir ujug-ujug dari langit begitu saja dari imajinasi penulis. Jadi untuk membuat cerita fiksi, bagi saya pribadi justru lebih sulit ketimbang menulis artikel. Entah bagaimana dengan Anda.

Jadi kesimpulannya, mau disebut apa pun content di sebuah blog, saya rasa sebuah tulisan di blog tetap lahir dari sebuah proses kreatif, yang diawali dari proses menggali ide, Membaca Kreatif, bergumul dengan pengalaman hidup penulisnya dan kemudian menuangkan gagasan-gagasan tersebut ke dalam bentuk sebuah tulisan. Bukankah proses seperti ini patut kita hargai dan seharusnya tak boleh disebut sesuatu yang remeh? Pantaskah produk yang dihasilkan dari proses kreatif seperti itu layak disebut bukan sebagai apa-apa apalagi direndahkan hanya sebagai sampah? Kecuali, maaf kalau tulisan di blog Anda memang hanya dihasilkan dari reflek menulis saja tanpa berpikir apa-apa maka saya sependapat tulisan Anda layak disebut bukan apa-apa, bukan sebuah artikel dan sangat pantas disebut sampah.

Ada yang tidak sependapat dengan saya?



Bookmark and Share