Senin, 23 November 2009

Lintas Berita, Tempat Berita Yang Unik dan Menarik

Lintas Berita

Kecepatan website berita seperti detik com, Kompas com, okezone, metrotvnews, Liputan 6, dll dalam menyajikan berita sungguh sangat tidak diragukan lagi. Siapapun tidak akan meragukan kualitas beritanya yang disajikan sangat aktual dan terpercaya. Aktual, karena hampir tiap menit selalu update terus berita terbarunya. Jika anda barangkali bertanya adakah website serupa yang bisa menandingi keberadaan website berita tersebut? Saya jawab tentu saja ada. Dan kini website ini lagi menggurita karena banyak digandrungi orang. Apa saja website tersebut? Pertama, adalah website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang sekarang lagi populer di negara kita. Kedua, adalah website social bookmarking semacam Lintas Berita.

Apa hebatnya kedua website tersebut sehingga bisa menyamai deretan website-website berita terbaik seperti detik com tadi? Kalau Facebook dan Twitter mungkin sudah banyak orang yang tahu. Tapi kalau Lintas Berita, jangan-jangan namanya pun anda baru dengar sekarang? He…He….

Facebook, Twitter, dan Lintas Berita adalah salah satu dari sekian banyak contoh website model sharing content, ciri khas generasi Web 2.0, generasi internet saat ini. Apa ciri-ciri dari website generasi model Web 2.0? Yaitu cirinya adalah audien atau pembaca website bisa sekaligus sebagai pengisi contentnya. Bukan website statis generasi Web 1.0 yang semua content dibuat oleh pembuat websitenya tanpa ada ruang gerak kontribusi dari pembacanya.

Saya akan ambil contoh saja di Facebook misalnya, pada saat ada berita baru yang heboh maka kawan-kawan kita akan berperilaku bak wartawan akan menginformasikan beritanya dalam update statusnya. Ini terkadang, bahkan kalau boleh saya bilang malah lebih sering dan lebih cepat dari update berita yang ada di detik com. Jadi website seperti Facebook dan Twitter kedepan bisa saja menjadi pesaing berat dari website berita yang ada sekarang, sama seperti keberadaan Facebook dan Twitter sekarang yang mulai bisa mengalahkan dominasi search engine sebagai satu-satunya sumber dalam memberikan referensi informasi yang bisa dipercaya. Mengapa? Karena sumbernya dari teman-teman kita sendiri, yang tentu saja lebih bisa dipercaya. Baca Trust!

Sekarang saya akan bahas Lintas Berita. Mengapa website ini masuk dalam jajaran website yang bisa disejajarkan dengan website berita tadi? Bahkan malah lebih unik dan menarik dalam menyajikan beritanya. Lintas Berita adalah media informasi terlengkap dan terdepan karena berisi kompilasi informasi dari berbagai sumber situs-situs yang sudah ada. Mulai dari sumber yang paling terkenal hingga sumber yang belum pernah anda kenal sama sekali. Berbagai informasi terbaik yang disajikan merupakan hasil voting dan posting dari para pembaca. Di Lintas Berita pembaca yang akan menentukan informasi media mana yang bernilai dan anda juga bisa memberikan pendapat ataupun berdebat secara obyektif dan bebas. Lintas Berita akan mengubah cara anda untuk mendapatkan informasi secara online.

Sajian informasi di Lintas Berita adalah kiriman dari semua pembaca. Saat informasi terkirim, para pembaca akan menilai dan mereka akan memberi point ataupun komentar bila mereka suka. Jika informasi yang dikirimkan pembaca mendapat point (voting) yang cukup banyak, maka informasi akan secara otomatis pindah di halaman depan (terpilih), salah satunya bisa menjadi Top 10 yang akan langsung dilihat oleh pembaca lainnya.

Tidak hanya itu, kelebihan Lintas Berita juga adalah komunitas untuk berbagi dan menemukan, disana disediakan forum untuk berdiskusi secara bebas seputar topik yang ada. Untuk memudahkan berinteraksi dan proses berbagi, Lintas Berita menyediakan fasilitas-fasilitas bantuan (tools, widget, bilang teman). Selain itu, sebagai salah satu “social bookmarking” Lintas Berita juga berperan besar dalam mempopulerkan situs-situs yang kurang terkenal tetapi mempunyai informasi-informasi unik dan menarik yang diminati. Di Lintas Berita, pembaca akan selalu menemukan hal-hal yang unik dan menarik, lain daripada yang lain, yang tidak diberitakan secara umum.

Kalau anda pernah nonton berita di Metro TV, Lintas Berita sedikit mirip dengan itu. Andalah yang menentukan berita mana yang patut untuk dilihat dan dibaca. Gimana kira-kira anda tertarik dengan model penyajian berita dari Lintas Berita ini? Kalau ya silahkan anda segera melongok kesana. Klik lewat disini. Dan next dalam posting selanjutnya, saya akan sharing pengalaman saya memanfaatkan website Lintas Berita ini dalam mendongkrak kepopuleran blog saya.



Bookmark and Share

7 komentar:

  1. Setuju mas... Lintas berita juga bisa jadi ajang promosi blog

    tukar link yuuk www.akhpuji.blogspot.com

    BalasHapus
  2. makasih banyak atas informasi yang bermanfaat ini sobat,

    salam sukses selalu sob!!!!

    BalasHapus
  3. Linknya sudah terpasang, Sob.
    Silahkan dilihat di sidebar. Thanks

    BalasHapus
  4. owh baru tau aku kalo lintas berita buat ajang promo blog to ya? selama ini lintas berita ku baca buat nambah knowledge ku, hehehehhe...

    BalasHapus
  5. Ya, saya sendiri juga baru tahu sekarang, gara-gara salah satu pengunjung blog ini mensubmit salah satu posting saya kesana.
    Dan hasilnya sungguh luar biasa. Impression blog ini naik drastis.

    Tapi kalau dipikir-pikir Lintas Berita juga berguna sekali buat non Blogger yang butuh informasi unik dan menarik karena beritanya sudah divoting pengunjung, mana-mana yang layak dan perlu untuk dibaca. Daripada pakai Google kita harus milah-milah sendiri.

    BalasHapus
  6. Salam Pagi,

    Mentari telah muncul dan senyum, semoga indah hidupmu hari ini. Selamat berkarya dan tersenyumlah.
    Karena kita masih diijinkan bersapa di hari ini.

    Keep Smile

    BalasHapus
  7. betul, pak joko.
    dengan ikut berpartisipasi dengan mengirim artikel yang kita tulis akan membuat traffic seakin meningkat dan tentunya blog kita menjadi lebih terkenal..

    di tunggu posting yang baru pak.

    BalasHapus