Selasa, 06 Oktober 2009

Sudahkah anda memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk hal yang berguna?

Manfaat Facebook dan TwitterFacebook dan Twitter saat ini memang amat populer dan sangat digandrungi semua orang. Kepopulerannya yang fenomenal sempat memunculkan pro dan kontra akan kehadiran kedua situs social networking ini.

Belum usai beberapa waktu yang lalu kalangan ulama Jatim menfatwakan haram pada Facebook, kini giliran China memblok akses situs Facebook dan Twitter untuk semua warga negaranya. Dan baru- baru ini juga Pemkot Surabaya melarang pegawainya mengakses Facebook pada saat jam kantor.

Sebagai masyarakat teknologi (Mastel), saya yang sering dibantu segala urusannya oleh teknologi, saya kurang sependapat jika teknologi disalahkan dan dijadikan kambing hitam dalam hal ini. Mengapa? Karena teknologi sifatnya netral. Mau dibuat putih ya putih, mau dibuat hitam ya hitam tergantung kitanya mau diapakan teknologi tersebut.

Kalau Facebook dan Twitter hanya dibuat bergunjing, mengolok-olok orang, menghujat dan mencaci maki orang lain, atau melakukan hal-hal negatif lainnya, tentu kita sama-sama setuju, ini adalah sisi pemanfaatan teknologi yang salah dan sebaiknya dihindari.

Tetapi sebaliknya, jika Facebook dan Twitter dibuat untuk hal-hal yang positif, seperti mempromosikan toko atau bisnis anda, mempromosikan blog, membangun network, mencari teman, saling sharing dan berdiskusi, saling memberi informasi yang berguna, tentu semua orang tidak akan menolak manfaat positif seperti ini.

Berikut ini adalah beberapa sharing tips yang bisa anda praktekkan untuk menggunakan Facebook dan Twitter buat mendukung kegiatan anda:

1. Menggunakan Facebook dan Twitter untuk mentweet atau membroadcast promo marketing perusahaan kepada para follower lewat update pada status Twitter anda.

2. Mempopulerkan blog atau web bisnis online dengan mengirimkan linknya ke Facebook dan Twitter.

3. Membangun jaringan atau network lebih luas dengan mengumpulkan banyak teman atau pelanggan untuk prospek dimasa akan datang.

Demikian kurang lebih beberapa manfaat Facebook dan Twitter yang bisa anda eksplore untuk mendukung kegiatan anda. Nah, sekarang saya ingin bertanya, sudahkah anda memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk hal-hal yang berguna?



Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar