Jumat, 21 Mei 2010

AXIS, Operator Yang Aneh?

AXISDasar operator aneh. Itulah sebutan yang paling tepat yang bisa saya sematkan buat AXIS. Salah satu operator seluler penyedia layanan telekomunikasi seluler yang ada di negara kita. Bagaimana tidak? Kalau para operator lainnya, kecuali Telkom dan Telkom Flexi, rata-rata menggratiskan panggilan ke operator, tidak demikian halnya dengan AXIS. Anda akan dikenakan charge biaya Rp 300 per panggilan setiap kali Anda melakukan panggilan pengaduan ke Customer Service AXIS.

Bagi Anda yang banyak duit mungkin saja akan berkata: Halah, apalah arti duit Rp 300 kalau setelah melakukan panggilan pengaduan ke Customer Service terus masalah Anda menjadi selesai?

Saya jawab: Betul sekali, kalau saja begitu. Tapi prakteknya tidak. Saya sudah keluar pulsa bahkan mengikuti saran dari Customer Service untuk datang ke Galeri AXIS tapi hasilnya tetap nihil. Masalah saya tak kunjung selesai. Sekedar ditelpon menanyakan atau menindaklanjuti pengaduan saya saja tidak. Padahal hari ini sudah memasuki hari ke-5 sejak pengaduan saya pada hari Senin, 17 Mei 2010 lalu ke Galeri AXIS Yogyakarta.

Itu yang saya sebut aneh. Aneh yang pertama. Dan masih ada aneh yang kedua, yang ini adalah pokok dari permasalahan saya. Apa itu? ISP (Internet Service Provider) AXIS memblokir situs Blogger com sehingga ini sangat merugikan saya karena saya jadi tidak bisa login ke akun Google saya atau masuk ke Dashboard blog ini. Termasuk kalau mau berkomentar pada blog-blog engine blogspot. Karena modem internet AXIS saya tak mau meload situs Blogger com.

Dan aneh yang ketiga, Customer Service atau pihak AXIS-nya juga tak tahu atau tak bisa memberi penjelasan kepada saya penyebabnya apa, mengapa modem AXIS saya bisa dipakai akses internet, browsing ke banyak halaman web tapi kecuali satu halaman web saja. Yaitu situs Blogger com. Ini sungguh aneh.

Saya bukan ahli jaringan tapi saya bukan orang yang buta sama sekali tentang knowledge jaringan internet. Saya berani nulis ini karena saya sudah memastikan tidak ada yang salah pada setting modem AXIS saya, juga setting pada laptop saya karena sewaktu simcard modem saya ganti dengan simcard lain, yaitu pakai Flash punya Telkomsel, tidak ada masalah dengan koneksi internet saya. Semua berjalan normal-normal saja.

Pertanyaan saya: Apakah diantara Anda ada yang menggunakan modem internet pakai ISP operator AXIS dan mengalami trouble sama seperti yang saya alami? Atau jika kebetulan Anda seorang ahli jaringan kira-kira tahu penyebabnya apa, ya? Mengapa ISP AXIS tak bisa mengakses Blogger com? Apakah gateway internet AXIS ke Blogger com memang diblokir oleh Google? Atau sebaliknya, AXIS yang memfilter Blogger com di gateway servernya? Saya tak tahu, mungkin Anda bisa memberi jawaban buat saya?




Bookmark and Share

17 komentar:

  1. Kok bisa aneh gitu ya, masak cuma blogger aja yang ga bisa, tapi memang beberapa hari ini beberapa temen juga cerita bahkan saya sendiri juga mengalami akses blogger pada jam tertentu ga bisa diakses, bahkan buka google atau produk google, seperti gmail, adsense ga bisa, padahal buka situs lain bisa, dulu sih pas buka adsense, ada pesan pada jam sekian ada maintenance ... ga tau mantenance adsense atau produk google... ,, Udah coba smart belum mas ??? selama 5 bulan pemakaian ini, mungkin hanya ada 2-3 hari saya gagal jaringan.. yuukk sukses ya ...

    BalasHapus
  2. Pak Joko, sebenarnya saya dulu pernah menelepon customer service-nya T-sel dan juga menyedot pulsa. Lumayan tuh, saya sampek keilangan Rp 80-ribuan gara-gara curhat lama sama petugasnya. Ketika saya mengobrol itu dengan temannya pacar saya yang kebetulan operator customer service-nya T-sel, dia sangat terkejut kenapa ada pulsa saya yang tersedot. Padahal mestinya ngadu ke customer service online itu tidak dikenakan biaya.

    BalasHapus
  3. @k'vicky: yaaahhhhhh orang dipake pacaraaaannn :)) :)) :))

    @mas joko: mgkn ada settingan ah tapi nggak yah.... tp kan mas joko udh bilang ga ada yg salah dengan settingan..
    kmgnkan terakhir cuma satu, mgkn Axiz sentimen sama blogger.com *halah*

    jadi ini alesan mengapa sampeyan se-lama ini baru posting lagi??

    untung saya pake speedy..
    yg katanya speed that you can trust..
    :D

    selamat menikmati deh mas

    BalasHapus
  4. MisterXWebz: Sebenarnya keanehan ini sudah saya alami sejak 2 bulan yang lalu. Hanya dulu kadang bisa, kadang nggak. Khusus Mei ini benar2 tak bisa dipakai akses ke blogger.com sama sekali.

    Sebelum pakai AXIS, dulu saya pakai SMART sama Flash. Untuk Flash tetap saya pakai sampai sekarang. Kalau SMART sudah tidak saya pakai lagi karena sinyalnya lemah di rumah saya.

    Vicky Laurentina: Saya bukan bermaksud hendak membela Telkomsel, Mbak Vicky. Sepanjang 8 tahun saya menggunakan Kartu Halo, saya selalu cek billing saya setiap terima. Saya tak pernah ditagih untuk panggilan ke operator (Dial 111) karena memang free.

    Hem, aneh juga kasus yang menimpah Mbak Vicky ini. Apakah Telkomsel memang sedang error ya sistem billingnya? Tapi call-nya dipastikan benar dial ke 116, ya?

    Lisha Boneth: Bukan ini penyebabnya, Lis. Karena 3 hari kemarin saya memang sibuk banget, lagi roadshow keliling kota-kota di Jateng. He....He....

    Jadi bukan ini, ya alasannya nggak update blog. Wah, gitu ya kalau sudah rajin update terus gantian saya yang dioprak-oprak. Hi2

    BalasHapus
  5. @Sist Lisha iya tuh ... apalagi postingan pake bersambung, bwt orang penasaran ajah ... xixixixixixi...

    BalasHapus
  6. Hmff... masalahnya sama dengan aku.
    dari pada pusiiiiiingggg. hehehe.. tak buang kartunya ganti yg lain. ;)

    BalasHapus
  7. Itu jurus pamungkas yang akan saya pilih juga nanti jika tak ada solusinya. Toh, pihak AXIS juga tak ada itikad baik untuk memberikan solusi kepada saya.

    BalasHapus
  8. ya saya juga mengalami hal yang sama dengan axis, saya tidak bisa membuka gmail dan blogger.com, apakah sudah ada solusinya? jika belum ada saya siap untuk mengganti kartu axis saya dengan operator lain...

    BalasHapus
  9. dajunz:
    Tempo hari saya sempat kirim email pengaduan ke AXIS. Ditanggapi dan katanya akan dicari penyebabnya karena apa. Sempat beberapa hari kembali normal namun setelah itu balik lagi sampai sekarang tidak bisa mengakses layanan Google.

    BalasHapus
  10. wah sepertinya banyak juga yang senasib seperti Anda..
    lalu alamat email buat pengaduan ke axis apa ya alamatnya?

    BalasHapus
  11. Coba email saja ke alamat ini cs@axisworld.co.id atau kunjungi websitenya ke sini http://www.axisworld.co.id/contacts

    BalasHapus
  12. menurut saya 3 juga mahal untuk biaya telpon ke operatornya.. dan lebih mahal dari axis.

    BalasHapus
  13. punyaku sih gag segitunya. tp ini nih yg bikin sebel. waktu nulis comment disini, ni provider tau2 disconnect untuk kesekian kalinya. sialan, tiap abis registrasi kok malah mati2. kudu di reload tiap 2 menit. plg sebel kalo komen banyak tau2 disconnect lg. mau nulis nyampe brapa kali coba? hhh... kafir

    BalasHapus
  14. AXIS emank operator paling jelek, sering internetan aja ga bisa2. bener2 cacat AXIS.

    BalasHapus
  15. Nggak juga koq,nyatanya saya udah lama make AXIS sampe skrng ga da masalah tuh...

    BalasHapus
  16. Betul 1000000% kata bro joko axis memang operator yang aneh,saya mengunakan modem axis juga , dulu sih performa perfect sekarang slowwwww.......pernah ngadu ke axis tapi nasib saya sama ga di tindak lanjuti saya benar2 kecewa 10000000000000% sama layanan axis.AXIS bukan solusi di saat kritis I HATE SLOW......

    BalasHapus
  17. saya juga gak ngerti tentang tarip pengaduan 300/telepon dari AXIS itu maksudnya gimana? soalnya pada kenyataannya pls saya habis hanya dipakai telepon 1X ke CS Axix yang katanya Rp300/tlphn kalau Rp300/menit ya mungkin saja

    BalasHapus