Rabu, 25 November 2009

Getah Kepopuleran

Populer
Sebuah kepopuleran memang harus dibayar mahal terkadang. Karena keterkenalan kadang selalu berimbas dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. Artikel saya di-copas (copy paste) oleh banyak blogger lain. Ya, setelah kemarin saya posting menyampaikan berita keberhasilan saya, posting 10 Fakta Tentang PLN Yang Harus Anda Tahu telah nangkring di 10 besar atau Top 10 Lintas Berita dan membuat ribuan banjir pengunjung ke blog saya, sekarang saya ingin menyampaikan berita sebaliknya. Kabar buruk.

Sebuah kepopuleran ternyata tetap punya sisi lain yang tidak kita harapkan. Suka atau tidak suka. Dan saya sudah mengalaminya sekarang. Tanpa sengaja jejak Feedjit memberitahu saya ada link dari blog lain mengarah ke blog saya. Rupanya itu dari link salah satu postingan saya yang dicopas dalam blog lain. Kemudian saya memanfaatkan Copyscape dan Google untuk melacak blog yang memuat posting saya tersebut. Dan hasilnya, saya menemukan setidaknya ada 8 blog yang telah men-copas artikel saya.

Berikut saya informasikan 8 blog yang sudah men-copas artikel saya. Sebagian ada yang mencantumkan sumbernya, sebagian masih menanam linknya yang sudah saya buat, sebagian tidak. Sebagian lagi malah sumber dan linknya benar-benar dihilangkan dan diakui sebagai postingan dia sendiri. Dan celakanya, tak satu pun diantaranya ada yang basa-basi minta ijin kepada saya untuk mempublikasikannya ulang.

Dan berikut adalah nama-nama kedelapan blog beserta linknya yang sudah men-copas artikel saya:

1. Anasmapalasta's Blog. http://anasmapalasta.wordpress.com/2009/11/24/10-fakta-tentang-pln-yang-perlu-anda-tahu.

2. Syiar-Islam. http://syiar-islam.com/?p=639.

3. Blogger University. http://arema-arshavin.blogspot.com/2009/11/10-fakta-tentang-pln-yang-perlu-anda.html.

4. Nemoto. http://blog-artikel-menarik.blogspot.com/2009/11/10-fakta-tentang-pln-yang-perlu-anda.html.

5. Muka Aneh. http://muka-aneh.blogspot.com/2009/11/10-fakta-tentang-pln-yang-harus-anda.html.

6. Woamu. http://woamu.blogspot.com/2009/11/10-fakta-tentang-pln-yang-perlu-anda.html.

7. Kikil Forum. http://74.125.153.132/search?q=cache:GV2j-EMHNzEJ:www.kikil.org/forum/Thread-kehebatan-bangun-pagi%3Faction%3Dnextoldest+10+fakta+tentang+pln&cd=8&hl=en&ct=clnk.

8. Forum Kami. http://www.forumkami.com/forum/facebook/25992-9-kriteria-teman-yang-pantas-diremove-di-facebook.html


Nah, itulah blog-blog yang sudah men-copas artikel saya. Kepada anda yang merasa blognya saya sebutkan diatas, mohon maaf, saya mohon dengan sangat untuk mau mencantumkan link sumbernya ke blog ini serta tidak memodifikasi dan membuang link-link yang sudah saya tanam di dalam postingnya. Tolong hargai hasil karya orang lain. Seandainya anda tahu betapa saya menulis posting 10 Fakta Tentang PLN Yang Harus Anda Tahu tersebut adalah tidak mudah. Memang saya hanya butuh sekitar beberapa jam untuk merenung berpikir, satu jaman untuk menulisnya, tapi proses untuk bisa menulis tulisan tersebut betapa tidaklah mudah karena harus melalui perjalanan panjang pengalaman belajar sebagai seorang Engineering, profesi saya, selama belasan tahun. Sementara anda dengan tanpa dosa begitu enaknya men-copas dan membuatnya sebagai postingan untuk cari duit di internet.

Terakhir pesan dari saya: Kebiasaan men-copas justru akan merugikan diri anda sendiri karena bisa mematikan daya kreatif anda. Jadi sebaiknya anda hindari. Ayo! Mari kita ramaikan dunia blogosphere dengan menghormati karya orang lain dan tidak memplagiat karya blogger lain.


Bookmark and Share

9 komentar:

  1. wew..
    benar2 copas mas...
    ck..ck..ck...
    btw artikelnya masih bisa di copas mas..
    klik kanan emg gk bisa,tpi bisa kalo pake ctrl-c
    hmm...
    artikelnya bagus sih mas, makanya bnyk yg copas...
    hehe...

    BalasHapus
  2. Wah, saya mencantumkan umpan blog Pak Joko di blog saya tanpa izin. Gimana menurut sampeyan? Saya cuma bisa manut saja. Maklum, masih belajar.

    BTW, gimana kalo isian komentarnya dikasih nama & URL?

    BalasHapus
  3. copas memang mematikan kreatifitas. makanya sebisa mungkin saya gak mau copas, mending lama gak nulis, tapi sekali nulis itu emang pemikiran kita. Kalo dapat inspirasi dari tulisan orang sih saya sering mas, tapi copas..? no way, saya punya style sendiri. dan saya menghargai orang yang sudah meluangkan waktunya untuk menulis dari hati, bukan artikel orang..
    tetap semangat menulis mas.. :D

    BalasHapus
  4. He...He... Ctrl-C sama dengan yang di image itu, Mas Phuad tapi yang sering dipakai dan paling populer adalah klik kanan. Dan saya da beri Alertnya, kalau tetap ndablek ya monggo aja.

    Nggak pa-pa, Mas Mardies. Silahkan aja kalau seperti itu tidak masalah.

    Terima kasih Mas lilliperry, sudah mampir dan memberikan semangat saya. Saya juga sependapat dengan anda, mending break update posting dulu daripada copas kalau nggak ada ide.

    BalasHapus
  5. Setuju.. Kalo mau copas ijin dulu, n yg penting harus cantumin sumber.. buku ja da Daftar Pustakanya kok..

    Sory doble post..

    BalasHapus
  6. kunjungan pagi hari ke ranah halaman maya sahabat, untuk menyapa dan mencari info baru serta bisa berharap untuk semoga semua sahabat selalu bahagia dan dalam lindungan Allah SWT

    ruanghati.com

    BalasHapus
  7. Nice postinmg sob, thanks ya sob atas pengetahuannya,
    salam sukses selalu sobat!!!

    BalasHapus
  8. I like browsing your website for the reason that you can constantly get us fresh and cool stuff, I feel that I should at least say a thank you for your hard work.

    - Henry

    BalasHapus
  9. laporin aja bos ke simbah google, seharusnya kalo copy paste full tetep dikasih sumbernya donk :), oya coba di review tulisan saya bos yang inspirasinya saya ambil dari artikel bos, tlng di review kalau ada kesalahan penulisan, thx

    BalasHapus