twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 21 November 2008

Memanfaatkan Google Untuk Menulis Dalam Berbagai Bahasa

transleter


Masih terkait dengan tulisan saya terdahulu,baca Menulis itu Gampang dalam kaitannya dengan tulis menulis dan internet. Memang benar dengan adanya internet menjadikan segala sesuatunya menjadi mudah, tanpa batas, tanpa dibatasi ruang, dibatasi waktu dan jarak.

Sebenarnya hanya satu yang membatasi di internet. Nah, lho apa itu? Bahasa. Kalau kita buat tulisan di Blog dengan tulisan berbahasa inggris tentunya banyak kelebihan karena semua orang di benua manapun di dunia bisa membaca dan mengerti isi tulisan kita. Tapi dalam tanda kutip tentunya yang paham bahasa inggris.

Lalu bagaimana caranya kalau orang tidak mengerti bahasa inggris tapi ingin membaca dan memahami tulisan yang ditulis dalam bahasa internasional tersebut. Atau malah sebaliknya kita pintar menulis tapi ingin menuliskannya kedalam bahasa inggris. Jawabnya mudah pakai tool transletter aja.

Ada banyak macam transletter berbasis software aplikasi semacam Transtool, TranslatorXP, Smart Transtalor dll maupun translator berbasis web yang bisa melakukan penerjemahan lewat portal webnya di internet.

Saya bukan mau promosi jualan transletter, lho. He…. He… maupun mempromosikan web tertentu untuk keperluan affiliasi dalam tulisan ini. Kalau Anda tertarik saya sarankan coba pakai Google translate. Anda bisa mengunjungi websitenya disini http://translate.google.com/translate_t#

Kelebihan Google Translate dibanding yang lainnya antara lain bisa menterjemahkan kedalam multi bahasa. Dan yang lebih hebat lagi halaman web di internet bisa kita sulap secara online ke tampilan bahasa yang kita kehendaki.

Caranya…? Anda tinggal masukkan URL website sumbernya pada menu Translate a Web Page didalam halaman Google translate kemudian pilih arah terjemahannya ke bahasa apa, terus klik translate dan sim…..salabin dalam sekian detik Google akan merubah tampilan website yang kita kehendaki kedalam bahasa yang kita tuju, persis sama tidak ada beda dengan tampilan web aslinya. Yang beda hanya bahasa dalam tulisan websitenya aja.

Menarik dan mudah bukan…! Selamat mencoba!


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar