Sabtu, 16 Juli 2011

Cara Melihat Follower Yang Unfollow Anda Di Twitter

Seiring dengan mindset saya yang telah berubah dalam memandang pertemanan di Twitter, yaitu saya memperlakukan Twitter seperti berteman di Facebook, baca "Memfacebookkan Twitter dan Mentwitterkan Facebook", ternyata ada satu resiko pekerjaan yang tidak bisa saya hindari lagi. Yaitu saya harus rajin-rajin memantau jumlah follower saya setiap saat. Terutama para follower saya yang sudah saya follow balik di Twitter.

Mengapa begitu? Karena dari sekian orang yang saya follow balik ternyata ada saja beberapa yang nakal. Tiba-tiba nakal mengunfollow saya. Saya tidak mempermasalahkan kalau yang unfollow saya itu karena dia tidak saya follow. Tapi bagi saya menjadi masalah kalau yang unfollow itu ternyata sudah saya follow. Tentunya saya rugi dong! Tepatnya, ndak rugi, ding wong ndak jualan saya. :D Yang lebih tepat, ya kalau dianya tak mau berteman lagi dengan saya, lha ngapain juga saya mesti repot-repot mendengar ocehannya di Twitter. Benar?

Lalu bagaimana cara melihat atau mengecek para follower yang sudah unfollow kita? Cara yang paling umum, ya tinggal dicek satu-satu di list follower Anda. Tetapi, tentu saja cara ini tak praktis karena amat merepotkan. Bayangkan kalau follower Anda sudah di atas seribu, apa ndak pusing Anda memelototi satu persatu follower Anda?

Nah, kali ini saya akan sharing kepada Anda salah satu tool gratis di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk memantau secara berkala siapa-siapa saja follower Anda yang sudah mengunfollow Anda di Twitter tanpa perlu repot. Nama toolnya adalah Qwitter.

Bagaimana cara menggunakan Qwitter? Sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi situs Qwitter. Di situsnya nanti ada form semacam Option-Page. Lihat gambar yang saya lingkari merah di bawah:

Qwitter

Anda isikan saja nama user id Twitter Anda beserta alamat email Anda. Lalu klik tombol merah Join Qwitter! Nanti secara otomatis Qwitter akan mengirim link konfirmasi ke alamat email Anda. Selanjutnya, Anda klik linknya. Setelah itu Qwitter secara berkala akan melaporkan kepada Anda lewat email setiap kali ada follower Anda yang unfollow Anda.

Contoh email pemberitahuannya silahkan Anda bisa lihat di bawah ini.


From: Qwitter <noreply@useqwitter.com>
Date: Tue, 12 Jul 2011 06:03:46 -0700
To: <jokostt@live.com>
Subject: Your latest Twitter Qwitters!






Hi jokostt,
Since we last spoke 2 user(s) stopped following you on Twitter;


We will continue to keep an eye out, and let you know the next time someone flies the coop.

Sad about losing a follower? Check out Qwitter Therapy; we're always in session!

Finally, thank you to all who have sent in those great suggestion emails. If you have any ideas why not let us know, we won't qwit you too! Drop us a line at support@useqwitter.com.

All the best,
Your friends at Qwitter

Get more Twitter followers - Visit Twitter Counter to learn how!








Get more Twitter followers with Twitter Counter




Okey, selamat mencoba. Jika Anda ada tool gratis lainnya yang bagus, silahkan sharing dan menginformasikannya ke saya melalui kolom komentar, terima kasih.


Bookmark and Share

34 komentar:

  1. pake tuitwit ad menu extrany kok Mas. Jadi bisa tahu, siapa yg g followback kita. Tp g bs ngecek org yg ud follow trus unfollow sih... Ehehehe...

    BalasHapus
  2. Belum berencana make ini, Pak Joko. Soalnya saya follow siapapun yang ingin saya dengar, bukan karena azas balas budi, eh..azas balas follow..

    BalasHapus
  3. honeylizious:
    Selamat sudah dapat Pertamax.

    Kalau yang begitu rata-rata semua bisa. Tapi kelemahannya mesti kita sendiri yang cek satu-satu. Nah, kalau pakai Qwitter ini beda. Aplikasi Qwitter yang mengecek dan melaporkannya secara otomatis.

    Vicky Laurentina:
    Kalau Mbak Vicky begitu berarti bagus, Mbak. Saya pun ada beberapa orang yang saya follow karena ingin dengar kicauannya di Twitter. Tak terlalu berharap dia follow balik saya. Tetapi diluar itu saya juga ada orang yang saya follow karena murni pertemanan. Orang yang begini yang kadang suka tiba-tiba unfollow saya padahal saya sudah follback ke dia.

    BalasHapus
  4. Wah, saya mungkin banyak yang datang dan pergi seperti itu, tapi sudahlah, malas ngurusi, sudah besar kok, biarkan saja mereka dengan pendiriannya masing-masing (meski plin-plan) :D.

    BalasHapus
  5. saya punya twitter waktu awal punya blog biar bisa nanya2. sekarang buat nulis perasaan saya di blog, tiap update, muncul di blog. ma kasih ya tipsnya... follower saya gak nyampe 20, hehehe...

    BalasHapus
  6. Cahya:
    Datang dan pergi silih berganti. Biasanya yang suka begitu itu karena mengharap difollow balik. Berhubung tidak difollow jadi unfollow. Orang plin-plan. Ha Ha Ha... Bisa aja, Mas Cahya.

    Ami:
    Sama-sama, Mbak Ami. Nanti lama-lama juga nambah sendiri jumlah followernya seiring dengan kepopuleran blognya Mbak Ami

    BalasHapus
  7. Saya enggak terlalu memperhatikan mr unfollower, nambahin pekerjaan soalnya, hehheee

    BalasHapus
  8. giewahyudi:
    Kalau suatu saat saya tiba-tiba unfollow Mas Gie apa juga tidak memperhatikan dan tetap setia memfollow saya, Mas? HeHeHe

    BalasHapus
  9. iya si mesti cek sih.. Ehehe..

    Tapi jarang juga digunakan.

    BalasHapus
  10. Saya khawatirnya malah sakit hati bila orang yang saya sayangi unfollow saya, hehehe

    Account saya sudah sering di follow dan unfollow, ya ngga apa2 mereka unfoll saya, kalau memang informasi di tweet saya tidak relevan dengan informasi yang merekan inginkan :)

    BalasHapus
  11. waduh..
    saya baru tahu ini ..
    mantap banget pak joko ,
    soalnya yang saya ikuti ada 2001
    yang ikut saya hanya 1472

    haha
    banyak banget kan ? yang ga ikut..
    kurang ajar.. emang ane anaknya die ape ye? uda bukan anakanya,ane mention juga ga digagas. .
    hahaah
    oke ane coba pak .. langsung tkp

    BalasHapus
  12. Yang paling simpel, follow aja @unfollowr mas. Ntar kalau ada yang unfollow, kita bakal terima DM siapa-siapa yang unfollow.

    Dulu saya termasuk yg rajin ngecek siapa yang unfollow. Tapi lama-lama males juga. Disamping itu saya juga tidak asal follow orang.

    Follower may come and go, but i always tweet what i want. hahaha

    BalasHapus
  13. Saya ngga begitu peduli dengan follower, ngetwet ya cuma sekedar cari informasi :D

    BalasHapus
  14. honeylizious:
    Karena ribet kalau cek satu-satu.

    jarwadi:
    Saya yang sudah pernah punya pengalaman kesal, Mas. Punya teman blogger sudah lumayan kenal di blogosphere. Sudah saling follow di Twitter kemudian tahu-tahu dia unfollow saya. Saya pun gak kesuwen langsung unfollow juga. Lha dia memutuskan pertemanan.

    ada-akbar.com:
    Wah, pantesan, Mas Akbar followernya meningkat tajam karena ribuan yang difollow. He...He...

    Nah, mesti hati-hati, Mas sering dilihat followernya karena kalau da memfollow massal gitu biasanya bisa mreteli satu-satu followernya. Silahkan diaktifkan Qwitternya biar tahu siapa-siapa yang unfollow.

    arief maulana:
    Kalau seperti Mas Arief yang followernya da ribuan pasti enak. Kalau pun ada yang unfollow biasanya follower baru juga banyak. Jadi tetap stabil jumlah followernya. Malah kecenderungan bisa nambah terus.

    Terima kasih info tambahannya, Mas. Saya coba follow ke @unfollowr.

    Kaget:
    Kalau nggak peduli apa tidak ada ambisi buat naikin jumlah follower, Mas? Siapa tahu bisa mencicipi gurihnya tweet campaign IBN.

    BalasHapus
  15. kira2 klo aku unfollow, bakal di unfollow juga gak ya? :)

    BalasHapus
  16. Mas Joko: tapi hani si yg penting adalah mention dibalas dulu. Apa gunanya kita difollowback nyatanya mention kita dicuekin. Paling beruntung dibalas di DM. Lain cerita kalau mention g dbalas krn org yg dmention itu g ol. Gpp lah latereply...
    Yg penting sekarang Hani followny orang2 luar biasa yg bukan artis, bukan orang biasa tp sok ngartis.alas dulu. Apa gunanya kita difollowback nyatanya mention kita dicuekin. Paling beruntung dibalas di DM. Lain cerita kalau mention g dbalas krn org yg dmention itu g ol. Gpp lah latereply...
    Yg penting sekarang Hani followny orang2 luar biasa yg bukan artis, bukan orang biasa tp sok ngartis.

    BalasHapus
  17. bagus nih bisa mengecek unfollow twitter kita.

    BalasHapus
  18. hirany:
    Jangan toh, Mbak Nat. Apa salah dan dosaku, kok mau diunfollow. He2...

    honeylizious:
    Kalau aku ya dua2nya. Kalau bisa. Ya saling follow dan mau berbalas mention, terlebih kalau kita sudah saling kenal dan akrab. Dengan begitu artinya, kan saling perhatian sesama teman. Pengecualian, betul kalau dia artis atau tokoh terkenal mungkin tak terlalu berharap.

    Gift:
    Silahkan dicoba. Thanks da mampir

    BalasHapus
  19. Saya jarang ngecek siapa yang unfollow saya, sejarang saya ngecek siapa yang follow saya. Meski kalau follow ada notofikasinya, tak jarang orang yang saya kenalpun memakai nama akun yang aneh-aneh sehingga saya nggak tahu.

    Sehingga saya sering difollow, lantas kemudian diunfollow karena kelamaan nggak folbek, hahahahha....

    BalasHapus
  20. isnuansa:
    Kalau followernya sudah banyak seperti Mbak Nunik wajar gak perhatian karena pasti tiap hari banyak yang follow dan unfollow.

    Kayaknya saya pernah dulu yang nunggu lama gak difolbek, jadinya saya unfollow. He2...

    BalasHapus
  21. Wah sudah diunfollow saya, huhuhuuu :))))

    BalasHapus
  22. Makasih Pak Joko.. Ini Informasi yang bermanfaat buat saya.. Ini sangat bagus untuk menjaga ratio following/friend/fans di account twitter kita.. Tapi sementara saya ini saya tidak terlalu risau tentang ratio tersebut.. Maklum ocehan saya tidak nyaring :D hehehe

    BalasHapus
  23. teman twitter ku bnyk yang sok pengen eksis.. awalnya ngefollow.. tapi kelamaan malah unfollow,, biar diliat bnyk followers tapi sedikit followingnya.. menjijikkan..

    BalasHapus
  24. Untuk sekarang belum ada ambisi Mas. Mungkin nanti, sekarang lagi dibebani dunia nyata :P

    BalasHapus
  25. giewahyudi:
    Bisa aja, Mas Gie. Sapa yang unfollow? :D

    tonykoes:
    Sama-sama, Mas Tony. Eh, kayaknya kita belum konek di Twitter, ya? Boleh, Mas berteman juga di Twitter. Masalah nyaring dan tidak itu tidak penting. Yang terpenting, kan pertemanannya, Mas. Bukan begitu?

    Jeanot Nahasan:
    Gitu, ya Mas? Kalau saya biasanya yang saya unfollow itu karena cuek orangnya. Beberapa kali dimention tidak respond. Pengecualian kalau dia artis atau publik figur. Saya memang follow karena ingin dengar tweetnya.

    Kaget:
    Berarti saya ini yang kayaknya ambisi pingin nambah follower. Tapi saya tetap konsisten dengan cara-cara alami aja, Mas untuk nambah followernya.

    BalasHapus
  26. boleh juga tuh gan... twit aku yuukk twit jg kok.. :) @sayfulcob

    BalasHapus
  27. kalau cm buat main2 g ap lah twiter

    BalasHapus
  28. ini merugikan twitter kita nggak??

    BalasHapus
  29. Tidak. Justru membantu. Saya pakai Qwitter ini aman-aman saja akun Twitter saya.

    BalasHapus
  30. Ternyata selain Manageflitter ada juga situs penyedia Unfollow yg laen..

    Makasih gan Infonya..

    BalasHapus
  31. Angelica:
    Oh, saya malah baru tahu juga kalau ada yang lain seperti Manageflitter. Terima kasih, ya atas tambahannya.

    BalasHapus
  32. Thanks gan.. ane copas ya artikelnya di blog ane..
    www.bpncyber.co.cc

    BalasHapus
  33. Nice share gan . . . folow back y6ah coz aku dah folow blog agan . http://haztak21.blogspot.com/

    BalasHapus