Senin, 26 Januari 2009

Menjual Rugi Untuk Mendapatkan Untung

“Menjual rugi untuk mendapatkan untung.” Apa bisa? Apa mungkin? Mungkin itu pertanyaan di benak anda saat membaca judul posting ini. He….He… Maaf bukan disengaja kalau judulnya sedikit memancing tapi ini benar-benar real, lho.

Di dunia bisnis offline maupun online strategi marketing seperti ini (menjual rugi) sebenarnya sudah sangat populer dilakukan para marketer dan retailer seperti dept store, mini market atau supermarket besar sekelas hypermarket seperti Carrefour dan Hypermart. Dan faktanya, terbukti sangat ampuh dalam menaikkan omzet penjualan. Bahkan tidak kalah ampuhnya dengan strategi marketing affiliasi yang banyak digunakan oleh pemasar online di internet.

Untuk meningkatkan traffic pengunjung atau customer, seringkali perusahaan retail melakukan promosi besar-besaran dengan menjual barang-barang promo tanpa margin alias jual rugi. Tujuannya, pertama agar orang tertarik datang dan membeli. Kedua imbasnya, sudah barang tentu barang komplemen lainnya dengan price normal akan ikut terbeli juga pada akhirnya.

Contoh di dunia bisnis online, seorang internet marketer tak jarang memberikan sesuatu yang menjadi buah pemikirannya yang dikerjakan selama berbulan-bulan seperti e-book atau software ciptaannya secara gratis di internet, yang seandainya ia mau jual akan laku tapi itu tidak dilakukannya. Mengapa? Karena ada sesuatu yang lebih berharga yang mau ia jual dan harapkan dibalik pemberian gratis itu. Dan alhasil tak jarang berbuah sukses. “Menjual rugi untuk mendapatkan untung” itu alasan tepatnya.

Nah, apapun profesi anda, terlebih jika anda adalah seorang marketer, mungkin pemasar bisnis online di internet, tentu tidak ada salahnya mencoba teknik marketing ini. “Menjual rugi untuk mendapatkan untung.”

Sekian dulu posting saya kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang mau berkomentar atau bermaksud menambahakan saya persilahkan.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar