Selasa, 29 November 2011

Benarkah Pagerank Google Berpengaruh Significant Terhadap SERPs dan Trafik?

Hari Selasa (8/11/2011) tiga pekan yang lalu Google baru saja melakukan update pagerank. Seperti biasa kalau Google melakukan update selalu diwarnai dengan suka cita sebab ada beberapa blog yang naik peringkat. Dan juga, kekecewaan karena ada beberapa blog yang malah turun pageranknya. Contohnya blog ini. Dari awalnya PR 3 tiba-tiba oleh Google dilorot menjadi turun satu peringkat balik ke PR 2.

Seperti kita ketahui bersama bagi yang masih melihat pagerank itu sebagai acuan dan dianggap penting maka momen update pagerank ini selalu ditunggu-tunggu oleh beberapa blogger. Mitos yang beredar selama ini dalam SEO adalah semakin tinggi pagerank sebuah situs/blog maka semakin baik pula peringkat blognya di SERPs mesin pencari Google.

Pertanyaan saya benarkah pagerank sangat berpengaruh terhadap SERPs? Benarkah pagerank sangat berpengaruh terhadap trafik?

Pertanyaan-pertanyaan di atas yang akan saya coba bahas kali ini. Saya akan bahas setidaknya dari kacamata blog saya (diptara.com). Benarkah demikian?

Berikut saya berikan data statistik blog saya sebelum dan sesudah update pagerank di bulan Oktober - November 2011. Saya ambil dari data Google Analytic.

Data_Google_Analytics_Before_Update_Pagerank
Data Google Analytics Sebelum Update Pagerank


Data_Google_Analytics_After_Update_Pagerank
Data Google Analytics Setelah Update Pagerank


Kesimpulan yang saya ambil kalau membaca data perbandingan statistik antara sebelum dan sesudah Google update pagerank ternyata update pagerank Google samasekali tidak berpengaruh significant terhadap SERPs dan trafik, khususnya di blog saya. Meski pagerank saya turun tapi faktanya trafik tetap stabil bahkan kecenderungan malah sedikit naik. Sebelum update pagerank rata-rata visitor harian 689 visit/day. Sementara setelah upadate pagerank, PR turun rata-rata visitor harian blog naik menjadi 711 visit/day.

Terakhir, pendapat dalam kesimpulan saya di atas bukan justifikasi bahwa itu berlaku terhadap semua blog, sama seperti blog ini. Tidak. Namun fakta ini bisa menjadi penjawab untuk mematahkan mitos itu bahwa masih banyak faktor lain selain hanya mempermasalahkan PR sebagai satu-satunya yang mempengaruhi SERPs dan trafik. Apa faktor tersebut? Biarlah itu tetap menjadi misteri Tuhan dan Google. Kita cukup menebak-nebaknya saja. :D


Bookmark and Share

23 komentar:

  1. Menurut saya, Pagerank hanya berdasarkan artikel2 yang ada di blog tersebut mas, mau setinggi apapun pagerank blog tersebut, tapi orang jarang mengetik di Search Engine, nothing kayaknya yaah...

    BalasHapus
  2. saya juga heran dengan blog wordpress teman saya yang ber PR 4, padahal trafiknya rata-rata kurang dari 50/hari.

    memang sih blog wordpress.com teman saya itu punya beberapa backlink dari web yg ber pr 6 :)

    BalasHapus
  3. Kalau lalu lintas data ke sebuah situs, saya rasa lebih pada sumber lalu lintasnya. Kalau banyak konten yang diindeks oleh mesin pencari, maka ya semakin banyak yang datang, tidak begitu berhubungan dengan page rank, lagi pula kalau indeks-nya cukup banyak, tidak mungkin kan PR-nya nol besar :D.

    BalasHapus
  4. Kalau OL shop tidak mengharapkan PR Mas terpeting traffic visitornya-nya tinggi?
    Masih berencana buat blog by sub domain, ditunggu ya kehadiranku di dunia blogsphere.

    BalasHapus
  5. kalau saya juga merasa pagerank tidak mempengaruhi traffic (malah mungkin sama sekali ngga ada hubungannya)...
    Waktu update pagerank lalu, blog saya yang kunjungannya kadang sampai 1k justru ngga mendapatkan PR,sedangkan blog yang kunjungannya dibawah 100 justru mendapatkan PR.. Untuk traffic setelah mendapat PR sama dengan apa yang dikatakan oleh bro Joko

    BalasHapus
  6. MisterXWebz/Batik Harley:
    Mengalir kayak air ya, Mas Didik. Jarang mengetik maksudnya masuk di list pencarian/ SERPs Google terus diklik pengunjung, ya? Iya benar sekali, Mas. :)

    Jarwadi:
    Nah, itu kasusnya. PR tinggi hanya karena dapat backlink berkualitas, bukan karena contentnya.

    Cahya:
    Pernyataan Mas Cahya sudah terjawab oleh komentar Bro Eser di bawah. Ternyata ada juga, lho yang trafiknya besar, sampai 1000 per hari malah PR-nya nol besar. :D

    Tapi, saya setuju dengan Mas Cahya secara umum tidak mungkin blog punya trafik tinggi tapi PR nol besar tak berkorelasi positif dengan PR-nya.

    Shafira:
    He2... Iya benar tak butuh PR tinggi. Buat apa? Yang terpenting trafiknya. Kecuali kalau mau jualan link. Tapi toko online Mbak Shafira jualan baju, kan, bukan link? :D

    bro eser:
    Terima kasih, Bro. Contoh di blog Bro Eser menguatkan opini saya di artikel ini bahwa PR gak terlalu pengaruh significant terhadap trafik. Mantab blognya, Bro sudah 1000 visitornya. :)

    BalasHapus
  7. Betul pak, Pagerank tidak terlalu berpengaruh terhadap SERPs. Faktor vital bagi SERPs adalah backlink yang berkualitas.

    BalasHapus
  8. Kalau saya lebih berpandangan sedikit benar adanya jika PR kita tinggi begitu publish akan langsung nongol di SE dan beberapa hari berikutnya utk memperkuat saja di posisi tertentu.

    Memang tidak bisa di samakan satu blog dg blog lain dlm hal SEO, jika menerapka yg sama persis pun hasilnya akan berbeda karena tergantung minat pembaca dan saingan posting kita di SE.

    Jadi utk saya pelajari aja keslahan pada blog sendiri :) (just opinion).

    BalasHapus
  9. om onny:
    Gitu, ya Mas Onny. Makanya saya lihat Mas Onny bisnis SEO dengan menjual backlink. He2...

    eko susilo:
    Saya pernah punya pengalaman di blog ini, Mas. Sudah beberapa kali. Maaf saya lupa di artikel apa. Publish artikel di blog dan hanya dalam hitungan beberapa menit langsung di-index Google. Saya tahu karena lagi mantau pengunjung secara real time via Feedjit. Ada pengunjung dari kata kunci yang tidak saya duga datang dari Google. Padahal waktu itu PR blog saya masih PR 1 apa PR 2 gitu. Saya lupa.

    Dari sini saya menyimpulkan PR memang berpengaruh terhadap cepat tidaknya sebuah situs di-index. Kedua, umur blog juga turut berpengaruh dalam hal cepat tidaknya blog diindex dan muncul di SERPs. Ketiga, seberapa banyak blog saingan yang memuat kata kunci yang sama.

    BalasHapus
  10. Kalo pengalaman saya lain, blog saya yang masih ber-PR nol (blog yang berbahasa linggis loh) juga cepat terindeks artikelnya. Mungkin setelah artikel diterbitkan dalam waktu 5 menit jika saya mengetiikan judul artikel di mesin pencari akan langsung terindeks. Mungkin benar jika umur blog mempengaruhi, juga saya kira peringkat alexa juga ikut berpengaruh.

    BalasHapus
  11. Bog Teknik IT:
    Terima kasih, Mas untuk tambahan sharing pengalamannya. Iya, setahu saya memang begitu, umur situs juga berpengaruh di SERPs. Semakin tua umur sebuah situs semakin diperhitungkan oleh Google.

    BalasHapus
  12. Makasih infonya, moga memberi manfaat

    BalasHapus
  13. usefull info gan..thanks

    BalasHapus
  14. Bisa dijadikan pijakan untuk maju! Thanks dan salam kenal gan :-)

    BalasHapus
  15. Banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapatkan dari situs Anda, terutama yang saya baca saat ini tentang pagerank, sepertinya saya harus banyak belajar, terima kasih dan salam persahabatan.

    BalasHapus
  16. alhamdulillah, web saya satu bulan langsung PR 4 . koq bisa ya...cepet banget gitu loh, percaya ga percaya deh...:)
    PemalangOnline

    BalasHapus
  17. Pemalangonline.com:
    Selamat, Mas sudah dapat hadiah PR 4. Tinggal mempertahankannya yang perlu usaha juga. Bertahan itu malah lebih sulit biasanya.

    BalasHapus
  18. wah, jadi PR itu berpengaruh yah,, gimana ya biar cepet pr 2

    BalasHapus
  19. Thanx 4 share-nya sob..Tapi yang terpenting supaya grafik page blog kita naik terus ya harus diimbangi juga dengan postingan-postingan yang bermutu..

    BalasHapus
  20. tadi saya membaca sebuah postingan yang isinya kalau PR sudah tidka dipergunakan lagi dalam algoritma google untuk menentukan posisi di halaman hasil google dan setelah baca postingan anda ini saya jadi teryakinkan
    sukses selalu buat anda

    BalasHapus
  21. Kalo menurut saya ada faktor link , jadi dengan banyaknya link berkualitas pada web kita berpengaruh juga...
    sekedar pengalaman pribadi aja,,,

    BalasHapus