Rabu, 30 Desember 2009

Tips Memilih AC Hemat Energi

AC hemat energiMindset hemat energi, yang selama ini Anda pakai, yang memandang watt saja sebagai satu-satunya acuan atau alat ukur yang menentukan sebuah peralatan listrik dikatakan hemat energi atau tidak, perlu dirubah dengan membuat ratio perbandingan dari output capacity dibanding input power consumption-nya. Demikian saya pernah menulis dalam posting 5 Pemahaman Watt Yang Keliru. Silahkan Anda baca dulu artikel tersebut bagi yang belum baca.

Masih terkait dengan postingan saya tersebut, kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memilih AC yang hemat energi. Mengapa perlu saya memberikan tips ini kepada Anda? Karena semakin banyaknya merk AC yang ditawarkan produsen di pasaran, dengan berbagai harga, variasi model dan feature yang menarik, tentunya ini menuntut Anda untuk pintar dan jeli memilih mana AC yang benar-benar tepat dan bisa memuaskan Anda sebagai konsumen. Dan yang terpenting adalah tetap hemat energi.

Mumpung momennya sekarang lagi digalakkan hemat energi karena kondisi pasokan listrik PLN mengalami defisit sehingga menyebabkan pemadaman bergilir dimana-mana, maka segala usaha, meski kecil, untuk melakukan penghematan energi listrik sangat berarti di negeri ini. Kalau bukan Anda yang peduli siapa lagi.

Saya telah melakukan survey terhadap beberapa merk AC terkenal yang ada di pasaran. Silahkan Anda lihat komparasi beberapa merk AC sesuai tabel berikut ini. Klik pada gambar jika Anda ingin memperbesar tampilan tabelnya.

tips hemat energi

Berikut saya berikan tips memilih AC yang hemat energi:

Ratio output dibanding input

AC bisa dikatakan hemat energi adalah AC yang mempunyai output cooling capacity (Btu/h) dibanding power consumption (Watt) angkanya paling besar. Artinya, semakin tinggi rationya berarti AC semakin hemat dan efisien.

Pada contoh diatas maka AC merk Panasonic type Alowa ½ PK lah yang terbukti paling hemat energi dan efisien, baik secara besaran konsumsi energinya (watt) maupun besaran arus daya listrik (ampere) yang dibutuhkan. Urutan kedua disusul oleh AC LG Neo Plasma.

Dan kalau pada kelas AC yang berkapasitas 1 PK, AC LG menduduki peringkat pertama sebagai AC yang paling hemat energi. Baru kemudian disusul beberapa merk lain, berturut-turut seperti: Daikin, Sharp dan TCL.

TCL, AC ini adalah produk buatan dari Cina. Saya lihat banyak juga rumah-rumah, perkantoran, ruang-ruang mesin ATM yang menggunakan AC merk ini. TCL ini secara harga memang murah, sebagaimana ciri rata-rata produk Cina pada umumnya. Namun ternyata AC TCL ini justru yang paling boros atau tidak efisien diantara merk-merk AC lainnya.Silahkan bandingkan AC TCL kapasitas 1 PK ternyata cooling capacitynya tidak jauh beda dengan merk Panasonic yang kapasitasnya cuma ¾ PK, bukan?

Sesuaikan capacity dengan kebutuhan

Sebelum membeli AC Anda harus tahu berapa luas ruangan yang akan didinginkan oleh AC. Dan rasio untuk mengukur kebutuhan ideal sebuah ruangan adalah sekitar 600 BTU/jam/m2, dengan catatan tinggi ceiling standart (kurang dari 3 meter). Contoh, jika luas ruangan kamar Anda misalnya ukuran 3 X 3 = 9 m2 maka kebutuhan AC-nya adalah sekitar 9 X 600 = 5.400 BTU/h atau 1.58 kW ( 1 kW = 3.412,14 BTU/h) atau setara dengan ½ PK.

Mengapa rasio kebutuhan dan kapasitas ini juga perlu diperhatikan? Karena kalau unit AC terlalu besar misalnya malah akan menyebabkan mubazir dan pemborosan energi karena AC malah lebih sering mati hidup terus menerus dengan frekuensi cukup tinggi. Sebaliknya, jika kapasitas AC terlalu kecil dari kebutuhan luas ruangan yang didinginkan akan menyebabkan AC kerjanya super ekstra dan tidak pernah mati atau cooling down.

Pilih AC dengan refrigerant yang ramah lingkungan

Pilihlah AC dengan refrigerant yang ramah lingkungan, seperti refrigerant dari jenis hidrokarbon. Jangan menggunakan AC dari refrigerant jenis freon. Karena refigerant dari hidrokarbon selain ramah lingkungan dan sangat mendukung pencegahan terhadap pemanasan global, juga terbukti lebih hemat energi sekitar 20% s/d 30% dibanding AC dengan refrigerant freon.

Demikian sedikit tips dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada tambahan, pertanyaan atau komentar silahkan Anda tambahkan di kolom komentar, terima kasih.



Bookmark and Share

166 komentar:

  1. Pertamaxxxx
    hehehe
    hemmm
    pas bgt dengan tema saya..go green
    penggunaan energi yang berlebihan berdampak pada penggnaan bahan bakar fosil yang meningkat pula. tidak dipungkiri kan kalo di Indonesia kita masih banyak menggunakan pembangakit listrik tenaga batubara.

    BalasHapus
  2. selama ini hanya fokus ke harga, tidak terlalu berpkir tentang yang lain. dengan artikel ini jadi tahu, bahwa ada hal lain yang harus dipertimbangkan kecuali harga. terima kasih ya mas.

    Cari Uang Di Internet

    BalasHapus
  3. Alfaro Lamablawa, Go Green! Benar, kenapa kita tidak mulai mengalihkan pemanfaatan energi surya aja, yang melimpah di negara kita, yang tidak berdampak pada Global Warming?

    Sampai saat ini rata2 orang masih melihat dari aspek harganya yang murah, bukan pertimbangan2 yang seperti saya paparkan diatas.

    BalasHapus
  4. kalau tinggalnya dipengunungan gak usah pake ac deh

    BalasHapus
  5. Mantab infonya gan.

    nitip link blog.
    http://cvselatsunda.blogspot.com

    BalasHapus
  6. lebih hemat lagi kalo gak usah pake ac..... hehehe

    BalasHapus
  7. nice tips, kebetulan saya juga mau beli ac untukkamar tidur.

    BalasHapus
  8. artikel menarik dan bermanfaat,hemat energi hemat biaya,tapi jenis ac nya apa yah.? split,portable,cooler saya ngk terlalu jelas...

    BalasHapus
  9. primakencana:
    Yang saya contohkan disini adalah jenis AC Split. Namun prinsip untuk melihat AC hemat energi apa tidak tetap berlaku pada semua jenis AC.

    BalasHapus
  10. Namanya juga produk cina, produk motornya kurang diminatin tetapi pesawatnya malah di beli, akhirnya nyungsep. Apakah AC yang baik itu harus hemat energi.? Apakah merk AC yang di survei sama tehknologinya.? Contoh beda type motor beda pula teknologi juga speednya,

    BalasHapus
  11. mistyfan:
    Saya coba jawab pertanyaan Anda.

    #Apakah AC yang baik itu harus hemat energi? Jawab saya, baik dari sisi apa dulu, Mas. Karena ini tergantung tujuannya dulu. Tapi secara umum teknologi AC yang baik pasti memperhatikan sisi ini. Harus hemat energi. Percuma, kan AC bagus tapi kalau boros listrik. Betul?

    #AC yang saya survey ini dari jenis split semua. Secara teknologi hampir sama. Saya coba melihatnya dari sisi konsumen aja, Mas. Dari sisi konsumsi daya dan energi atau cooling capacitynya. Masalah motornya (kompresor) jenis apa (screw, rotary, centrifugal dll) itu sisi terlalu teknis. Konsumen rasanya tak perlu sampai lihat sedetil ini kecuali Anda dan saya yang memang pekerjaan di bidang ini. HeHe

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas tips nya pak ... emang hemat energi bagi saya pribadi nyaman di kantong ... :)

    BalasHapus
  13. Pak, merk & jenis AC yang dah pake refrigerant Hidrokarbon di Indo (Jabodetabek) apa saja yach?

    BalasHapus
  14. Imam:
    Sama-sama, Pak Imam. Terima kasih sudah mampir. :)

    supriman:
    Wah, saya sudah lama tidak mengikuti perkembangan merk AC terbaru, Mas. Tapi secara prinsip umumnya AC yang masih pakai freon bisa diretrofit (diganti) ke hidrokarbon, Mas

    BalasHapus
  15. mas..maaf yg dimaksud hemat energi disini itu kira2 per PK/jam itu berkisar berapa rupiah..????mohon penjelsannya.....(abu ibrahim) makasih.

    BalasHapus
  16. Budaya hemat energi harus di aplikasikan di semua peralatan elektronik kita, termasuk ac. Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  17. Saya bingung dengan tarif listrik yaitu menghitung biaya TDL dari pemakaian listrik AC . Bisa tolong dibantu mengitung biaya TDL perhari untuk AC yg terhemat listriknya , seperti AC merk Panasonic Alowa atau LG hercules yg 1/2 pk aja .

    Makasih . Imam

    BalasHapus
  18. Mas Imam:
    Saya coba jawab, ya pertanyaan Mas Imam.

    Saya ambil contoh AC 1/2 PK merk Panasonic Alowa 320 Watt (0.32 KW). Misal perhari AC nyala selama selama 8 jam dan golongan tarif rumah Mas Imam pakai daya R1/1300 VA dengan tarif Rp 790/KWH maka perhitungannnya sebagai berikut:

    0.32 KW X 8 jam X 790 KWH = Rp 2022 perhari.

    Demikian, semoga jawaban saya bisa membantu. :)

    BalasHapus
  19. ac lg saya neo plasma 1pk kok sering sedih dan meneteskan air mata ya?

    bagaimana memperbaiki dan apa sih sebabnya?

    thanks

    BalasHapus
  20. ito:
    Kalau AC yang sering keluar air menetes biasanya ada dua kemungkinan. Pertama, kondisi filter dan evaporatornya kotor. Kedua, drain pembuangan air dari indoor ACnya tidak lancar atau tersumbat sehingga air yang seharusnya keluar lewat saluran drain menetes dari bodinya. Demikian, semoga bisa membantu.

    Eh, alamat URL, Mas Ito mirip sekali dengan blog ini. Jangan2 kita masih bersaudara. :)

    BalasHapus
  21. Mhon bntuannya mas, lg ngincer2 ac nih, bajet 2,5an lah. Kmren naksir samsung (serinya lupa) 1/2 pk, kata salesnya hnya ac samsung yg punya adapter (ato apaaa..gitu) jd kl listrik naik turun dy punya penyeimbangnya (yg merk lain ktnya ga punya). Kl g ada itunya nanti mesinnya bs trbakar kalo listrik sring mati ato naik turun.. Betul gak sih mas? Sbrapa pnting alat ini bagi sbuah ac?
    Lalu ktnya smsung yg ini posisi standby hny memakan 0,8 watt (kl g slh) smntara merk lain rata2 memakan 8 watt.. Mknya dy jd lbih hemat..btul gak sih mas? Mohon bntuan

    acnya 1/2 pk, ukurn kmr 3x3, 390 watt, daya listrik rumah 900wtt
    trimakasih sebelumnya..Mhon bntuannya mas, lg ngincer2 ac nih, bajet 2,5an lah. Kmren naksir samsung (serinya lupa) 1/2 pk, kata salesnya hnya ac samsung yg punya adapter (ato apaaa..gitu) jd kl listrik naik turun dy punya penyeimbangnya (yg merk lain ktnya ga punya). Kl g ada itunya nanti mesinnya bs trbakar kalo listrik sring mati ato naik turun.. Betul gak sih mas? Sbrapa pnting alat ini bagi sbuah ac?
    Lalu ktnya smsung yg ini posisi standby hny memakan 0,8 watt (kl g slh) smntara merk lain rata2 memakan 8 watt.. Mknya dy jd lbih hemat..btul gak sih mas? Mohon bntuan

    acnya 1/2 pk, ukurn kmr 3x3, 390 watt, daya listrik rumah 900wtt
    trimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  22. Mamataya aja:
    Mungkin itu inverter kali maksudnya. Kalau itu hampir semua merek AC yang terbaru sudah ada.

    Sebetulnya yang jadi acuan lebih tepat berapa tenaga yang dihasilkan saat ACnya jalan dibanding konsumsi listriknya. Semakin tinggi rationya semakin baik. Coba tanya ke penjualnya berapa cooling kapasitas yang dihasilkan. Kalau 1/2 PK sudah diatas 5000 Btuh dan dayanya dibawah 320 Watt berarti hemat itu ACnya.

    Demikian, semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  23. Cek juga yuk apakah kita sudah hemat energi atau belum.

    BalasHapus
  24. bisa juga nich,,
    bikin hemat listrik,,
    ga perlu mikir2 dana tambahan lainnya,,
    siiip

    BalasHapus
  25. Informasi yang sangat menarik tentang AC. Terima kasih ya. Salam kenal!!!

    BalasHapus
  26. Mau tanya Pak Joko....

    Saya punya satu ruang kamar 4 x 4.
    Saya tertarik dengan produk LG Hercules Mini yang dayanya 260 watt itu, gimana menurut pendapat Bapak?

    Juga bagaimana perbandingan LG Hercules Mini vs Panasonic Alowa 0.5 di atas?

    Terimakasih

    BalasHapus
  27. puguhsp:
    Kalau mengacu dari Wattnya AC LG Hercules Mini yang hanya 260 W tentu lebih rendah dari AC Panasonic Alowa yang konsumsi wattnya sebesar 320 W. Sekarang tinggal membandingkan cooling capacitynya berapa, Mas antara LG Hercules dengan Panasonic Alowa. Jika sama-sama outputnya 5000 Btu/h maka LG Hercules yang menang dan layak dipilih.

    BalasHapus
  28. Benar kalo dihitung Pak LG Hercules mini dgn BTU 4500 dan Watt 260 maka capacity-nya adalah 17.307, jadi lebih besar LG daripada Panasonic diatas.

    Lalu mengenai start up awal Pak, Peak Ampere-nya tinggi ndak ya? (dari kedua AC tsb)

    Makasih

    BalasHapus
  29. Pak.., saya punya ac LG HERCULES MINI dan AC Panasonic Standard Series, tp yg Panasonic kog kadang angin Indoor yg sebelah kiri tdk mengeluarkan angin tp yg sebelah kanan mengeluarkan angin ???
    itu kenapa ya pak?

    BalasHapus
  30. Puguhsp:
    Untuk starting bisa dilihat di spesifikasinya, Mas. Karena LG lebih rendah wattnya ada kemungkinan amperenya juga lebih kecil.

    Itu pemasangannya untuk kamar 4 X 4, ya Mas? Saran saya kalau bisa cari yang 1/2 PK capacity 5000 Btu/h atau AC 3/4 PK. Kalau LG Hercules Mini karena hanya 4500 Btu/h (kurang) malah takutnya akan boros AC-nya, Mas. Karena kompressor AC akan cenderung hidup terus, jarang untuk cooling down karena beban ruangan yang didinginkan terlalu tinggi buat kompresor sekecil itu.

    Ade Rizki D.p:
    Kemungkinan fan blower indoornya rusak bisa, Mas. Atau kalau tidak mungkin filternya kotor sehingga flownya terganggu. Kapan terakhir kali diservice AC-nya, Mas? Usahakan AC Split diservice (cuci) Indoor dan outdoornya 3-4 bulan sekali. Dan saringan filter udara di indoor bisa 2 minggu sekali dicuci bersihkan sendiri, Mas.

    BalasHapus
  31. Oh...,, terima kasih atas balasannya. Tapi yg AC LG HERCULES MINI anginnya lebih sedikit, saya lihat memang Btu.nya hanya 4.500. Tapi watt.nya lebih rendah, tp kalau panel indoornya saya buka, anginnya malah menjadi sangat kencang, kalau Btu.nya hanya 4.500 dengan watt 260, apakah itu sama saja dengan AC yang Btu.nya 5.000 dengan watt 375 apakah sama saja..? ..?
    Sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  32. Pak, kenapa ya, kadang AC kalau akan dihidupin AC bisa merespon, tp AC tidak bekerja, sudah bersuara tiit.., tp AC tidak bekerja,tapi harus di pencet remotnya 2 kali atau lebih,itu problemnya kenapa ya Pak..???
    Terima kasih..,

    BalasHapus
  33. Ade Rizki D.p:
    #Kalau panel indoor dibuka anginnya kenceng bisa jadi memang flownya kesumbat itu, Mas. Secara PK mungkin sama 1/2-nya tapi secara cooling capacity beda. Yang 5000 Btu/h tentu lebih besar cakupan daya dinginnya daripada yang 4500 Btu/h namun konpensasinya dg Watt yang lebih tinggi.

    #Memang kadangkala seperti itu, Mas. Saya juga sering mengalaminya di AC kantor saya. Harus dua kali atau dipencet agak ditahan baru mau jalan. kemungkinan bateraynya yang sudah melemah juga bisa.

    BalasHapus
  34. pak.., mau tanya lagi.., kalau AC LG HERCULES MINI punya saya kadang kalau AC.nya dihidupin mengeluarkan suara yang mendengung, bahkan mendengenungnya dari kamar sampai ruang tamu.., itu masalahnya kenapa ya pak..?
    Terima kasih..,,, :D

    BalasHapus
  35. permisi pak.saya mau tanya.kenapa ya ac saya sharp sayonara 5 1/2PK,pada indornya kadang bunyi(kletek..kletek) klo pada temratur 26/27 bunyi sekali kira2 jangka 50detik/1menit.tapi klo di set pada temratur 20 gak bunyi.mohon pencerahannya pak.terimakasih.

    BalasHapus
  36. Suara mendengung biasanya karena 2 sebab. Coba cek di body atau covernya barangkali ada yang kurang kencang nutup atau bautnya. Kedua, pada beberapa AC memang suara kompresor ada yang sedikit kasar saat starting dihidupkan pertama kali sehingga suaranyanya bisa mendengung. Kalau AC-nya Panasonic bisa disetel pada opsi quiet (senyap) supaya tidak berisik. Saya kurang tahu kalau merek lain.

    Kalau setting AC di suhu 26/27 derajat Celcius ada kemungkinan kompresor sering mati hidup karena suhunya cepat tercapai temperaturnya sehingga menimbulkan bunyi saat starting kompresornya setiap kali start. Ini dugaan saya. Untuk lebih akuratnya, ya perlu pengecekan ke unitnya.

    BalasHapus
  37. OK pak joko terima kasih atas penjelasannya di atas.nanti saya coba di cek lagi pada unit indornya.

    BalasHapus
  38. Tapi, apakah berpengaruh antara letak Indoor atau Outdoor saling membelakangi dalam satu tembok, tapi kalau Outdoor dan Indoor dipasang dalam tembok yang berbeda, apakah bisa tidak mendengung ? Karena teman saya pernah mempunyai AC juga mendengung sampai tidak bisa tidur, tapi saat outdoornya dipindah dalam tembok yang berbeda, malah tidak mendengung ?
    Apakah berpengaruh dengan 1 tembok Indoor dan outdoor ?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  39. Tapi, apakah berpengaruh antara letak Indoor atau Outdoor saling membelakangi dalam satu tembok, tapi kalau Outdoor dan Indoor dipasang dalam tembok yang berbeda, apakah bisa tidak mendengung ? Karena teman saya pernah mempunyai AC juga mendengung sampai tidak bisa tidur, tapi saat outdoornya dipindah dalam tembok yang berbeda, malah tidak mendengung ?
    Apakah berpengaruh dengan 1 tembok Indoor dan outdoor ?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  40. Anonim:
    Letak outdoor terhadap indoor jelas sangat berpengaruh. Jika dipasang dalam satu tembok. Satu di dalam ruangan dan satunya di tembok luar, kelemahannya adalah getaran kompresor terdengar sampai ke indoor karena dekat, juga karena getaran suara bising kompresor dan fan kondensor bisa merambat lewat pipa refrigerant.

    Tapi keuntungannya kalau letak indoor dan outdoor dekat adalah kerja kompresor ringan sehingga listriknya lebih hemat ketimbang letaknya saling berjauhan sampai beberapa meter menyebabkan listrik sedikit boros dan umur kompresor lebih pendek karena kerjanya berat.

    BalasHapus
  41. Aduh Pak.., saya jadi bingung.., AC.nya mau dipindah namun tidak bising, tapi tagihan listriknya nanti banyak karena kerja kompresor jauh.., kalau AC.nya tidak dipindah, AC.nya malah mendengung, tapi tagihan listriknya sedikit..,, mau pilih yang mana ya..? Dipindah atau tidak.., saya butuh saran Pak..,Rencananya AC saya mau dipindah..,
    Terima kasih..

    BalasHapus
  42. He2... Tidak ada pilihan yang mengenakkan. Masing-masing pilihan punya konsekuensi. Kalau mau ambil jalan tengah ya dipindah tapi usahakan jangan terlalu jauh letak antara indoor dan outdoor. Asal masih berjarak kurang dari 6 meter masih dalam batas toleransi, kok. Asal jangan lebih dari itu karena kerja kompresor akan berat. Kecuali kalau unit AC-nya besar diatas 5 PK keatas tak terlalu berpengaruh significant.

    BalasHapus
  43. Numpang tanya pak Joko... Kalo posisi antara indoor dan outdoor yang bagus gmnana ya?(sejajar tingginya atau bagaimana) atau tidak ada pengaruhnya?

    BalasHapus
  44. mantab postingannya gan.
    saya berencana untuk pasang AC untuk ukuran 3 x 3 m2. berarti pake 1/2 pk dah cukup ya gan?
    kalo listrik masih 900 watt kuat tidak?

    BalasHapus
  45. Thomas:
    Posisi yang terbaik adalah ketinggian indoor sedikit lebih tinggi dari outdoor. Ini untuk mencegah agar olie kompresor di outdoor tidak naik sampai ke evaporator di indoor, Pak. Dan jaraknya kalau bisa jangan terlalu jauh antara indoor dan outdoor agar kerja kompresor maksimal dan efisien tidak boros listrik.

    Mainan Anak:
    Ya, pakai 1/2 PK sudah cukup kalau tinggi plafond normal, bukan model ekspose. Kalau dayanya hanya 900 VA itu cukup mepet. Idealnya, sih 1300 VA. Tapi kalau misal dipertahankan tetap pakai daya 900 VA bisa saja asal diatur penyalaannya. Jangan berbarengan dengan perlatan lain yang butuh watt besar.

    BalasHapus
  46. Apa kabar, Pak Joko?! Saat ini saya lg bingung memilih ac yg paling baik utk kamar tidur saya dan anak2. Saya sudah banyak tanya kemana2 soal pemakaian listrik dan juga soal penempatan indoor dan outdoor nya. Spt bapak bilang, jarak antara indoor dan outdoor sebaiknya jangan terlalu berjauhan.. tp kemarin saya dikasih tau penjualnya, pemakaian pipa dari indoor ke outdoornya itu harus min. 3,5meter. Apabila indoor dan outdoornya mau dipasang saling bertolak belakangpun, pipa tetap harus min 3,5m itu. Jadi, digulungpun tdk apa2. Apa benar begitu pak?
    O ya, kamar kami itu 3x4m dengan tinggi plafond 3,5m... baiknya pakai yg brp Pk ya? 3/4Pk yg low watt cukup kan,pak? tks banyak atas bantuannya, ya.

    BalasHapus
  47. Iya, itu benar. Kalau jarak terlalu pendek sekali antara indoor dan outdoor iya itu kurang bagus juga karena kompresi kompresornya terlalu cepat dan pendek waktu masuk ke evaporator indoornya. Jadi boleh diberi spelling dengan digulung pipanya secukupnya di outdoor.

    Ruangan segitu sudah cukup kalau mau pakai AC yang kapasitas 3/4 PK.

    BalasHapus
  48. Satu lagi, pak Joko... kalau misalkan kamar yg 3x4 dengan plafond 3,5 m itu di kasih ac low watt yg 1/2 Pk, sebenernya masih boleh nggak pak? Soalnya rumah saya listriknya 2200w, sementara kamarnya 3 dengan ukuran yg sama semua. Kalau semuanya pakai 3/4 Pk, takutnya listriknya gak kuat atau nggak cukup.. gimana tuh, Pak Joko? Tks banyak, ya...

    BalasHapus
  49. Kalau pakai AC yang 1/2 PK masih bisa untuk ruangan segitu. Coba silahkan cari AC yang 1/2 PK tapi cooling capacitynya sudah berkapasitas 5000 Btu/h.

    BalasHapus
  50. mas ,, mau tanya klo ruangan sy 4x4m dng tinggi 3,5m bagusnya pakai ac yg mn ya ...

    BalasHapus
  51. rat ieh:
    Cari saja AC yang cooling capacitynya minimal 5000 Btu/h dan daya listriknya rendah, Mbak. Itu sudah cukup buat ruangan tidur segitu. Tentang mereknya yang mana, ini masalah selera, sih. Kalau saya pribadi lebih senang yang merk-merk dari Jepang ketimbang dari Korea kalau AC.

    BalasHapus
  52. penjelasannya bagus banget, kebetulan lagi cari ac untuk kamar 3*3 sangat membantu

    BalasHapus
  53. Pak Joko, saya sedang mencari AC 1/2 PK untuk kamar 3*3 rata2 AC bilang daya adalah 350W

    nah apakah 350 Watt itu hanya di awal (saat mendinginkan kamar) namun saat suhu sudah tercapai watt nya menjadi turun? atau 350W akan terkuras selama AC di nyalakan?

    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  54. Maliq:
    AC itu beban listriknya dinamis, Pak. Tidak statis seperti lampu. 350 Watt itu besar konsumsi daya listriknya saat kompressornya jalan (bekerja). Saat colling down atau suhu tercapai maka kompressor akan mati sehingga tinggal fan saja yang hidup. Otomatis konsumsi Watt-nya akan turun lebih rendah dari angka itu.

    BalasHapus
  55. Bapak, saya rencana pasang AC..kamar 1 dan kamar 2 berdekatan hanya pisah dinding..kamar 1 akan saya pasang AC sementara dinding antara km 1 dan km 2 rencana saya kasih exshust fan...jadi km 2 juga kena AC..bagaimana menurut bapak ruang kamar saya 3x2,75m..dinginkan dan hematkan saya pakai AC 1/2 PK..sebelumnya trims atas pencerahannya

    BalasHapus
  56. slamet:
    Kalau seperti itu artinya AC 1/2 PK buat mendinginkan dua kamar, Pak? Jadi kalau hanya pakai yang kapasitas 1/2 PK kurang. Sebaiknya pakai yang 1 PK atau 3/4 PK. Dan terkait pemasangan exhaust fan antar dinding bisa, Pak. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi udaranya harus ada returnnya supaya balance antara tekanan udara kamar 1 dan 2. Jika tidak udara dalam kamar 1 akan vakum dan menyedot udara dari luar kamar yang bisa menyebabkan malah tidak dingin ruangan kamarnya.

    BalasHapus
  57. sangat2 membantu nih Mas joko... trima kasih sekali... saya jugak mau ambil nih ac buat kmr tdr 3x4, kalo merk/brand apa yach menurut pengalaman mas joko yang kualitas materialnya kuat... maturnuwon yo mas...

    salam anak medan... :)

    BalasHapus
  58. Kalau sesuai pengalaman saya selama ini pakai AC Split, baik di kantor maupun di rumah, merk Panasonic (dulu National) yang paling rekomended. Saya sudah brand minded dengan merk ini selama bertahun-tahun.

    BalasHapus
  59. Kebetulan ngomongin masalah merk, sejak National berubah jadi Panasonic, kualitasnya beda. Kebetulan saya pake produk National lama 1pk, sampai sekarang masih joss memang.
    Terakhir saya disarankan pake merk Sharp, yang bukan inverter, dengan asumsi inverter lebih mahal perawatannya.

    Saya ada pertanyaan, rencana ada penambahan AC dirumah. Posisinya dikamar depan. Namun saya tidak ingin menempatkan outdoor (kompressor) didepan rumah dengan alasan estetika. Jika tarik pipa ke belakang butuh 12-15 meteran. Apakah disarankan? Terimakasih, salam kenal. Wibi

    BalasHapus
  60. Wibi:
    Terkait pertanyaan Anda saya bisa jawab kalau AC dengan kapasitas kecil di bawah 5 PK tidak disarankan jarak antara indoor dan outdoor jauh lebih dari 6 Meter. Kalau dipaksakan bisa tapi efeknya adalah kerja kompresor jadi berat sehingga tentu berpengaruh terhadap performance kerjanya dan lifetimenya. Juga listriknya menjadi boros karena kerja kompresor menjadi sangat berat. Jadi memang tidak ada pilihan selain meletakkan berdekatan. Solusinya outdoor bisa ditaruh di atas plafond atas kamar mandi misalnya jika tinggi ceiling atas plafond rumah Anda cukup lega. Namun ini agak merepotkan waktu maintenance servicenya.

    BalasHapus
  61. Hallo Mas Joko,
    Rumah saya (1300 VA) ada 2 kamar berdampingan (ukuran 3*2,5) dengan AC 1PK terpasang pada dinding tengah antara kedua kamar tsb. Hampir 8 tahun tidak ada masalah, setingan AC 23 derajat sudah cukup mendinginkan kedua kamar. Tapi sudah satu bulan ini, listrik sering jepret saat AC sudah nyala sekitar 2 jam. Dan saya baru perhatikan jika outdoor unit nyala, breaker dalam rumah sering bunyi "cetek2". Sudah pernah ganti kapasitor di outdoor unit tapi penyakit kadang2 masih muncul. Kira2 penyebab nya apa ya? Kalau misal saya ganti AC yg 3/4 PK apakah mencukupi kebutuhan kedua kamar?

    Terimakasih,
    Jo

    BalasHapus
  62. heatpump:
    Kalau umur AC atau kompresor sudah 8 tahun saya menduga performance kompresornya sudah menurun, Pak. Dan ampere kompresornya pasti naik tinggi dari normalnya. Umumnya kompresor lama pasti begitu gejalanya sebelum rusak. Jadi ngetripnya MCB bisa saya duga karena itu sebabnya. Saat kompresor di outdoor start butuh power listrik besar melebihi normalnya sehingga trip MCB-nya.

    Saran saya ganti kompresornya atau unitnya saja sekalian karena kalau mempertahankan AC yang seperti itu hanya boros di listrik tapi output kinerjanya tak maksimal. 2 kamar dengan total 15 M2 kebutuhannya sekitar 9000 BTU/h jadi kalau pakai 3/4 PK terlalu kecil. Tetap pakai 1 PK, Pak namun cari AC yang hemat energi supaya hemat listriknya.

    BalasHapus
  63. Terimakasih atas respon nya Mas Joko.
    Bisa kasih saran merk AC yg handal dan hemat energi (atau type nya apa)
    Jika kurang berkenan menyebutkan merk, mohon info nya japri saja ke : datuk77@yahoo.com

    Terimakasih banyak ...
    -Jo-

    BalasHapus
  64. Tulisannya sangat menarik pak. Saya jg mo tanya, saya pernah membaca bahwa untuk ruangan yang menghadap langsung matahari perlu ac dengan BTU yang tinggi, kira-kira utk ruangan ukuran 3,5 x 4 meter dg plafond 3,5 meter, menghadap matahari/ dindingnya kena sinar matahari, dibutuhkan AC dg minimal BTU berapa ya pak? trims
    (Nano)

    BalasHapus
  65. Heat Pump:
    Jawaban sudah saya email, ya Pak.

    Nano:
    Iya, benar Mas. Ruangan yang berhadapan langsung dengan sinar Matahari memang butuh energi pendinginan yang lebih besar. Karena ada beban panas berlebih yang harus didinginkan oleh AC-nya akibat dindingnya panas melebihi normalnya. Cara menghitung kebutuhan AC adalah luas ruangan (M2) dikali 600. Jadi (3.5 X 4) X 600 = 8400 Btu/h atau sekitar 1 PK.

    BalasHapus
  66. Tadinya saya bingung mau membeli AC apa, tapi setelah baca postingan ini saya jadi tau spesifikasi AC bagaiamana yang cocok untuk ruangan kamar saya.

    Makasih Mas Joko Sutarto, tulisannya sangat bermanfaat banget.

    BalasHapus
  67. Joe Verdy Firdy26 April 2012 16.59

    terimakasih atas infonya mas joko..dari posting diatas saya jadi mengerti tipe AC yang akan saya beli

    sangat bermanfaat informasinya

    BalasHapus
  68. Hallo Mas Joko.

    Saya mau tanya, sebenarnya ada standardnya ga sih untuk hitungan 1 PK = x BTU/h ? atau 1/2 PK = x BTU/h ?
    saya memerlukan data ini agar ke depannya bisa menghitung sendiri dan menyesuaikan ukuran kamar dengan kebutuhan AC nya.

    Terus, tolong rekomendasikan merek AC untuk 1/2 PK (selain Panasonic dan LG, serta boleh tau ga kenapa lebih suka merek Jepang), 3/4 PK dan 1 PK ya Mas. bisa email ke alvareza.nx@gmail.com.

    Atas perhatian dan jawaban2nya saya ucapkan terima kasih ya.

    Alva

    BalasHapus
  69. Alva:
    Standarnya 1 PK = 10.000 Btu/h. Namun ini hanya berlaku pada unit-unit AC besar. Kalau AC kecil di bawah 5 PK umumnya kurang dari standar itu, di bawah 10.000 Btu/h per PK-nya.

    Saya merekomendasikan merk Jepang salah satunya Panasonic karena berdasarkan pengalaman memakai saja, Mas. AC Jepang secara umum lebih unggul dari AC merk Korea.

    BalasHapus
  70. pak Joko ,saya mau tanya, saya mau beli ac 1/2 pk, bingung mau pilih panasonic alowa atau ac toshiba, bagaimana menurut bapak? makasih dulu ya atas sarannya

    BalasHapus
  71. Saya kebetulan belum ada pengalaman menggunakan AC Toshiba. Namun keduanya merk Jepang yang sudah terkenal kualitas produknya jadi bisa pilih salah satu dari keduanya. Tinggal bandingkan saja spesifikasinya mana yang terbaik silahkan pilih.

    BalasHapus
  72. Bagusan mana ya?

    Samsung AS05ESPN split 1/2 PK 320w
    BTU 5000

    atau

    AC LG Hercules 260 Watt kapasitas 1/2PK
    LG S-05LPBX-R2 Split
    BTU 4500

    atau yang apa ya

    BalasHapus
  73. kliksolo:
    Kalau pertimbangan memilihnya dari aspek hemat energinya maka saran saya silahkan pilih Samsung kalau luas ruangan lebih dari 9 M2. Tapi kalau luas ruangan kurang dari 9 M2 bisa pilih LG.

    BalasHapus
  74. Pak, saya mau tanya, jika outdoor ac kotor apakah indoor ac akan berpengaruh..?? Mungkin indoor bisa cepet rusak atau bagaimana...??

    BalasHapus
  75. Jelas ada pengaruhnya. Kalau outdooor AC kotor maka proses kondensasi pembuangan panas di condensor outdoor akan terhambat sehingga kerja kompresor bisa tambah berat, kadang bisa overload atau trip kalau sudah kotor sekali sehingga menyebabkan proses pendinginan suhu di indoor tidak maksimal, indoornya gak dingin karena kompresor tak mau hidup, hanya jalan blower saja.

    BalasHapus
  76. assalamuaikum Wr. Wb.

    mohon bantuannya bapak joko,

    kebetulan saya sedang mengerjakan ac standing floor 3 pk. permasalahannya, di displaynya tertulis U4.
    setelah saya cek menurut panduannya "sistem transmisi indoornya yng troubel, kira2 apa ya pak? travo nya, atau saya ganti aja modulnya...
    mohon bantuannya....



    wassalam..

    BalasHapus
  77. maaf pak...sy mw tnya...kl daya 900 watt...sedangkan AC sy LG Inverter 3/4pk,kira2 kuat ga ya???sdgkan sy jg pakai kulkas 2 pintu...mhn infonya...trm kasih

    BalasHapus
  78. Githa_taruna:
    Wah, susah kalau tanpa melihat unitnya, Mas. Boleh saya tahu sistem transmisi yang trouble itu apa sistem refigerant-nya. Atau jalur kontrol intrument listriknya, Mas?

    Anonim:
    Kalau daya 900 VA mepet jika pasang AC 3/4 PK. Paling tidak minimal 1300 VA baru ideal.

    BalasHapus
  79. Selamat Pagi Pak,
    saya ada rencana utk memasang ac di kamar tidur utama ukuran 6 x 4 tinggi 3.4 m mohon saran menggunakan ac berapa PK dan merk apa awet dan hemat listrik, trima kasih

    BalasHapus
  80. Kebutuhan AC adalah 600 BTU/h per M2. Luas ruangan segitu kebutuhannya adalah 6 X 4 X 600 = 14.400 BTU/h. Ini setara dengan AC kapasitas 1.5 PK.

    BalasHapus
  81. mas joko salam kenal.
    saya mo tanya kulkas panasonic alowa 1 pintu saya kok suaranya lumayan bising yah... beberapa menit sekali sih.... tapi sering... apalagi kl malam kerasa bgt suaranya ganggu tidur... kenapa tu yah...???
    request dari temen nih mas. dia pake kulkas toshiba yang dl bgt thn 90an.... ga dingin tp lampunya nyala... kenapa yah... makasih pencerahannya...

    BalasHapus
  82. Malam Pak Joko.
    Kbetulan gi cari2 AC.searching tips dr google nemu artikel ini. Thx.bantu bgt. Saya baca artikel lain dr pak Joko (mengenai watt).itu bgs bgt.
    Kebetulan ad beberapa pertanyaan. listrik rumah saya 1300. utk 1300 kira2 kuat brp watt tuk konsumsi?
    kbetulan mo pasang AC tuk kamar 3x6m maka= 3x6x600= 10800. didalam kamar, ad kamar mandi luas 2.5X2m. Kira2 gmn? 1pk atau cukup dg 3/4?

    BalasHapus
  83. saya dhito. mohon maaf. terimakasih sebelum ny.

    BalasHapus
  84. LKP Prima Sejati:
    Suara bising bisa jadi karena saat kompresor start ada body atau consdensor di belakang kulkasnya yang ikut bergetar. Coba dicek, Pak. Kedua, atau memang kompresornya yang yang sudah kasar runningnya waktu hidup. Kalau penyebabnya kompresor yang sudah kasar ya tidak ada alternatif lain selain ganti kompresornya.

    Kalau lampu kulkas tidak ada hubungannya, Pak dengan dingin tidaknya kulkas, Pak. Kalau seperti itu kemungkinannya kompresornya yang rusak atau thermostatnya rusak tidak jalan juga bisa sehingga kompresor kulkas tak mau hidup.


    Dhito:
    Luas ruangan segitu idealnya pakai AC 1 PK, Pak. Dan kalau dayanya 1300 VA agak mepet jika pasang AC sebesar itu. Idealnya harus naik daya ke 10 ampere (2300 VA). Kalau ingin bertahan di daya segitu bisa namun syaratnya saat AC menyala beban listrik yang lain yang berdaya besar semacam setrika, rice cooker, pemanas air dll harus off supaya tidak trip.

    BalasHapus
  85. Mf mas sy mau tanya ni sy skrg memakai ac merk LG Plasma yg berkapasitas 9000 Btu/hr 1 pk yg sy hidupkan hanya d waktu mlm ke pagi saja..krn sy dengar dri teman listriknya boros..jd sy berniat utk mgganti ke merk Sharp Plasma Inverter atau Samsung Inverter yg katanya lebih hemat biaya listrik..
    apa benar itu Mas ??
    terima kasih utk jawabannya..
    Maaf kalo ada penulisan yg slh...^_^
    kalo bisa d kirim balasan ke email sy saja :
    rizal.libra@gmail.com
    Trims..

    BalasHapus
  86. ass pak joko mohon dbantu ya..sy ingin pasang 1 ac untuk 2 kmr..kmr 1 luas 3,5 x 3 dan kmr 2 2,75 x 2,75..bgs nya pk ac yg brp PK ya?..trm ksh bnyk mas..nama sy rian di jonggol..

    BalasHapus
  87. Pak, saya mau tanya. Saya punya AC LG Hercules Mini, dulu waktu lihat iklannya konsumsi listrik hanya 260 watt, setelah saya beli, ternyata kapasitas pendinginannya hanya 4500 Btu/h, Padahal umumnya kn 5000 Btu/h dengan watt agak besar.,
    Apakah itu percuma saja..?? Karena ac Hercules Mini mempunyai kapasitas 4500 Btu/h dgn watt 260.
    Pengalaman saya waktu dihidupkan dinginnya lama banget Pak..,
    Sebelumnya terima kasih..,,
    Dari Ade Rizki_

    BalasHapus
  88. Free Style:
    Benar, Mas kalau AC yang sudah teknologi inverter itu lebih hemat energi.

    Anonim:
    Pasang 1/2 PK di masing-masing kamar sudah cukup.

    BalasHapus
  89. Pak Joko, saya mau tanya
    Saya punya AC LG Hercules Mini. dulu saya lihat iklannya hanya mengkonsumsi daya 260 W. Waktu saya cek, ternyata AC itu mempunyai kapasitas hanya 4500 Btu/h. Padahal umummnya mempunyai kapasitas 5000 Btu/h dgn watt lumayan besar. Apakah itu percuma saja antara watt minim dgn kapasitas kecil dan watt lumayan besar dgn kapasitas tinggi..??
    Mohon bantuannya pak..,
    So'alnya waktu saya beli, pendinginan AC LG Hercues Mini lama banget Pak..,,
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih sebelummnya.

    BalasHapus
  90. Selamat Pagi Pak Joko,,saya Mau tanya

    Dirumah saya pakai AC Merk Sanyo,, 1/2 Pk, saya selau rutin untuk service 2 bln or 3 bln sekali untuk membersihkan, tapi kenapa AC tersebut selalu tidak dingin yanh pak, pd hal kamar saya ukurannya 3x3m=9m, sy pernh tanyakan ke tkng servicenya, katanya rotor (roda) pembuang acnya sudah rusak, Pak joko ada masukan ke saya untuk masalah ini pak, mohon pencerahannya,,, makasih !!

    BalasHapus
  91. pak Joko, mohon dibantu saya mau beli ac n baru melihat iklan AC Polytron PAC-13NK Logicool DC Inverter Series, disitu ditulis Konsumsi Power: 300 - 1250 Watt, Kapasitas Pendingin: 11200 Btu/h, apakah ac ini hemat energi? apa yg dimaksud dgn konsumsi power 300 -1250w, dan kapasitas pendinginan sebesar itu apa benar?
    terimakasih pak joko

    BalasHapus
  92. Anonim:
    Pembelian AC selain melihat konsumsi daya (Watt) juga harus melihat kapasitas pendinginan AC-nya seberapa besar. Jika kapasitas AC terlalu kecil dibanding beban luas ruang yang didinginkan akhirnya akan terjadi seperti itu. Kalau untuk kamar 3 X 3 harusnya pakai AC 1/2 PK dengan kapasitas 5000 BTU/h. Nah, ruangan Anda berapa luasnya dan tinggi plafond berapa?

    Evan:
    Maksudnya rotor untuk blower di indoornya, Pak? Tinggal direpair atau ganti saja part yang rusak tersebut.

    Anonim:
    Kalau melihat teknologi AC-nya sudah pakai inverter ini jenis AC hemat energi. Benar.

    BalasHapus
  93. Terima Kasih atas jawabannya untuk AC LG Hercules Mini pak.., luas kamar saya 6,5 meter2 dgn tinggi plafond 3 meter.., apakah itu mencukupi jika dipasang AC dgn 4500 Btu/h..??

    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  94. Sudah cukup kalau ruangan dengan luas segitu.

    BalasHapus
  95. pak joko mau tanya...
    setelah bc2 artikel bpk, kyknya pilihan beli ac jatuh k panasonic alowa...tp barusan tmn sy blg pilih samsung yg inverter saja, karena kompresornya lbh awet. soalnya kebanyakan permasalah ac terletak pada kompresornya...

    mohon penjelasannya
    mksh ^^

    BalasHapus
  96. Begini, Pak. Kalau bicara teknologinya memang benar, inverter lebih baik dari yang Alowa. Lebih hemat energi tapi juga lebih mahal harganya.

    Namun kalau kita benchmark secara keseluruhan kualitas merk-merk AC Korea (Samsung dan LG) masih di bawah merk AC Jepang seperti Panasonic, Daikin dll. Sekarang pilihan tinggal terserah Anda yang milih.

    BalasHapus
  97. pak, kamar saya ukurannya 3x4 dg tinggi 3m,daya listrik 900, ac apa yg paling cocok dg ukuran kamar dan daya listrik segitu, tentunya yg hemat energi dan dan rencana saya mau beli ac window, atau saran dari bapak apakah ac window atau ac split?

    BalasHapus
  98. Sore Pak Joko, AC saya merk LG Hercueles Mini 260 Watt, outdoor sering mengeluarkan bunyi bergetar dan mendengung. Setelah saya panggil tukang servis katanya kompresor dibagian outdoor tidak mempunyai peredam. Setelah outdoor dibuka memang tidak ada peredam di sekeliling kompresor.

    Apakah itu benar pak..??
    Terima Kasih

    Dari Ade, Kudus

    BalasHapus
  99. mlm pak joko,apakah benar AC tipe low wattage proses pendingingan awal lebih lama dibanding tipe inverter maupun konvensional?
    sy rencana mau beli 1/2 pk merk panasonic yg rekomend yg seri apa ya pak?

    BalasHapus
  100. Malam pak joko, saya ingin tanya, skrng saya pakai ac toshiba 1/2pk 320 watt dengan luas kamar saya 3x3 dan tinggi 3 meter. Saya sudah gunakan ac ini selama hampir 3 thn, nah kemaren saya pergi selama 5 hari dan pas kembali kermh saya menyalakan ac tetapi kompressor luar bru menyala setelah 2menitan dan pas saya lihat kompresor luar, ada dua pipa yg satu agak kecil terjadi bunga es dkt kompresor selama 2 menit pas kompresor menyala dan yg pipa besar tidak dingin pas saya sentuh. Tetapi ruangan kamar dingin dalam waktu kurang lebih 15mnt dan saya cek pipa lg semua kondisi normal pipa kecil tidak membeku hanya berembun dan yg besar juga berembun tetapi tdk terlalu dingin( saya pernah tanya teknisi ac memang begitu klo utk ac 1/2pk pipa bsr tidak terlalu dingin, apakah ini benar) dan apakah ac toshiba saya msh bisa dibilang normal kerjanya. Dulu sewaktu bru beli, jendela kamar saya sampai berembun klo pagi2 skrng sudah jarang hanya pada saat habis hujan bru pagi2 jendela berembun. Dan saya selalu pasang ac di 20derajat sampai 22derajat

    Nah saya sekarang berencana mau beli ac baru dan pk lebih besar menjadi 3/4pk, dan saya mao ganti yg inverter supaya lebih irit listrik. Pilihan saya jatuh pada daikin atau sharp krn hanya 2 pilihan ini yg memiliki ac 3/4pk dgn inverter? Kira2 saya ambil yg mana ya bagusnya?

    Atau apakah saya lebih baik ambil panasonic yg 3/4pk standar? Berhubung panasonic tdk ada 3/4pk inverter. Terima kasih sebelumnya

    Anton

    BalasHapus
  101. merk samsung belum dimasukan dalam perbandingan pak.. terima kasih

    BalasHapus
  102. sore pk. Joko, slm kenal.. sy mau tanya..
    Apakah menurut pk. Joko AC split merk SUPER COOL itu terbilang boros listrik ? kebetulan dirumah ada 3 unit AC split merk SUPER COOL (ada yg 2 pk, 1 pk, dan 3/4 pk). Mnrt pk. Joko, AC yg sprti apa yg sekiranya cocok utk mengganti ke-3 unit AC split merk SUPER COOL yg kami miliki ini ?

    BalasHapus
  103. sore pk. joko, sy arya, slm kenal.. sy mau ty..
    melanjutkan crita tgl 23-jan- 2013 jm 17:27 WIB..
    kmr 1. (tinggi kmr 2.5 - 3 m, luas kamar 6x5, saat ini pakai ac split SUPERCOOL 2 pk),
    kmr 2. (tinggi kmr 4 - 4.5 m, luas kamar 5x3, saat ini pakai ac split SUPERCOOL 1 pk),
    kmr 3. (tinggi kmr 3.5 m, luas kamar 3x3, saat ini pakai ac split SUPERCOOL 3/4 pk)..

    mnrt pk. Joko, kira-kira AC split merk & tipe yg sperti apa yg cocok utk ketiga AC tersebut ? hemat listrik, efektif-efisien dan ramah lingkungan..
    trima kasih..

    BalasHapus
  104. trims infonya mas..
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  105. Salam Blogger,, makasih infonya mas,, sukses selalu :)

    BalasHapus
  106. Kalau AC kantor yang dipakai 26 hari kerja, 8.5 jam kerja baiknya service berkalanya berapa bulan sekali ya bos?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  107. Mesin Sidik Jari:
    Kalau kantor sebaiknya sebulan sekali, Pak.

    BalasHapus
  108. Assallamu'alaikum suhu Joko,

    Butuh pencerahan ni om.

    Ane pake daikin inverter, RKD35GVM (1,5pk). Sekarang statusnya ngga maksimal dinginnya + Sering mati idup sendiri.

    Kronologis :
    1 bulan lalu ane pasang tu ac, trus ane tinggal (pasangnya di tempat orang).
    Kemarin lusa orangnya nelpon, katanya tu ac yg keluar angin doang selama 4 hari, trus die matiin deh tu ac..

    Pas ane dateng ternyata freon abis.

    Ane betulin bocornya, isi freon lagi. Nah, hasilnya ac ngga dingin lag kaya sebelumnya, trus sering mati idup (durasi lebih kurang 8 menit idup trus mati sekitar 11 menitan)

    Masukan dari sohib, katanya masuk angin and kudu di vacum. Nah ane ngga punya alat vacumnye. Ada alternative lain ngga untuk kuras anginnya? (Kalo emang bener masuk angin).

    Mohon masukan , saran dan kritiknya ya suhu Joko.

    Wassallam,
    Rony

    BalasHapus
  109. Sinyo Rony:
    Alternatif lain selain divacum ya digejros pakai refrigerantnya sendiri, Mas. Caranya diisi refigerant sambil disisi lain pentilnya dibuka sampai refigerant keluar. Nanti angin atau udaranya akan ikut keluar terdorong oleh gas refigerantnya. Cuma cara ini akan membuang sebagian gas refrigerantnya jadi saran saya yang paling ideal ya tetap divacum dan setelah benar2 kosong baru diisi kembali gas refrigerantnya.

    BalasHapus
  110. siapa pak, mau tanya niy pak joko, saat ini saya udah pakai ac panasonic alowa yg 1/2 pk, rencana sy mau nambah 1 ac lagi dgn merek yg sama dikamar yg laen, tapi listrik dirumah sy hanya 900 watt bisa ga ya?

    BalasHapus
  111. sori pak, salah ketik pak (siapa pak) maksudnya siang pak...

    BalasHapus
  112. Kalau listrik cuma 900 Watt, ya tidak kuat kalau pasang 2 unit AC karena listrik rumah harus dipakai bersamaan dengan lampu dan peralatan yang lain kecuali kalau Anda bisa mengatur penyalaannya secara bergiliran ketika menghidupkan AC.

    Silahkan naik daya ke 1300 Watt dulu (idealnya) baru bisa pasang 2 unit AC.

    BalasHapus
  113. Om Joko..
    Kalo rumah dgn daya terpasang 880 watt, ada kulkas, mesin cuci, dan air mancur taman 10 watt, bisa gak pake AC, terus yang pas merek apa dan ukuran pk nya, kamar 3x3
    Makasih atas jawabnnya

    BalasHapus
  114. Kalau rumah dengan daya segitu mepet jika pasang AC. Bisa pasang AC 1/2 PK untuk kamar seluas 9 M2 namun saat AC nyala semua peralatan listrik yang Wattnya tinggi seperti (Dispenser, Setrika, Mesin cuci, Rice Cooker, Micro wave dll) harus diatur dalam kondisi mati atau tidak nyala berbarengan. Kalau nyala bersamaan akan trip (overload) listriknya

    BalasHapus
  115. Pak saya baru beli AC samsung 1/2 pk 320watt dengan ukuran kamar 3x3. Tetapi dari awal membeli saya merasa tidak cukup dingin pdhl sudah suhunya 16. Apakah ukuran kamarnya butuh watt yg lebih tinggi atau memang ada kesalahan dari pemasangan ac nya ya pak? Mohon sarannya

    BalasHapus
  116. selamat malam pak joko.saya minta saran nich. saya rencana mau beli 1 buah AC untuk dipakai oleh 2 kamar. ukuran masing-masing kamar 2.5 X 2.5 M2,jarak antara kamar dipisahkan oleh kamar mandi, jadi rencananya saya mau membuat pipa dari aluminium foil unk penghubung kedua kamar tsbt. pertanyaannya :1.apakah cara tsbt efektif?klw efektif AC jenis dan type apa yg cocok.
    2.apakah perlu penambahan exaust fan agar udara dingin dari kamar 1 bisa pindah ke kamar 2 dengan cepat.terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  117. terimakasih info pencerahannya mas.
    jadi nambah deh ilmu ttg ac, kebetulan baru mau pasang, hehe :D

    BalasHapus
  118. keren bangat cara nya boleh tu ditiru

    BalasHapus
  119. Siang pak joko, yang mau sy tanyakan kamar sy uk.3x6 dgn tinggi plafond 4m, jika sy pakai AC LG hercules mini yang 3/4 pk cukup gak ya? Utk listrik 1300w. Mohon pencerahannya. Makasi

    BalasHapus
  120. Pagi pak joko, saya mau tanya.. rencananya saya mau beli ac untuk ukuran kamar L 2,5m x P 5m x T 2,5m posisi kamar terkena sinar matahari dan tidak tertutup rapat (jendela kamar masih menggunakan kaca nako).

    Pilihan saya jatuh pada :
    1. Hercules Mini 1Pk 590watt
    2. Panasonic XC7PKJ 3/4Pk 530watt
    3. Sharp A7MEY 3/4Pk 595watt
    4. Sharp AP7NSY 3/4Pk 595watt

    listrik dirumah 1300watt, apakah pilihan saya sudah tepat atau ada recomended type/merk lainya?
    Sebenarnya saya lebih tertarik pd Hercules Mini 1Pk (hal tersebut karna hercules mini hanya ada 1/2 - 1 - 1,5Pk) untuk btu saya blm begitu paham. Tolong bantu untuk memberi masukannya pak. Dikamar di isi 3 orang (saya, istri dan bayi).

    BalasHapus
  121. Pagi pak joko, saya mau tanya.. rencananya saya mau beli ac untuk ukuran kamar L 2,5m x P 5m x T 2,5m posisi kamar terkena sinar matahari dan tidak tertutup rapat (jendela kamar masih menggunakan kaca nako).

    Pilihan saya jatuh pada :
    1. Hercules Mini 1Pk 590watt
    2. Panasonic XC7PKJ 3/4Pk 530watt
    3. Sharp A7MEY 3/4Pk 595watt
    4. Sharp AP7NSY 3/4Pk 595watt

    listrik dirumah 1300watt, apakah pilihan saya sudah tepat atau ada recomended type/merk lainya?
    Sebenarnya saya lebih tertarik pd Hercules Mini 1Pk (hal tersebut karna hercules mini hanya ada 1/2 - 1 - 1,5Pk) untuk btu saya blm begitu paham. Tolong bantu untuk memberi masukannya pak. Dikamar di isi 3 orang (saya, istri dan bayi).

    BalasHapus
  122. Malam Pak Joko, salam kenal..
    Mau nanya saya rencana mau pasang AC utk kamar tidur uk 3.5x4.5x3 (m), dari perhitungan luas kamar dibutuhkan AC 1 PK, tapi karena daya listrik rumah 1300W oleh tukang AC disarankan pasang AC merk Daikin 3/4PK (menurut dia dinginnya sama dgn AC 1 PK merk lain). Klo tnyta kurang dingin dia akan mengganti outdoornya dgn yang 1 PK (indoor tetap 3/4) spy lebih dingin. Mohon saran Bapak, apa saya tetap mengikuti saran tukang AC tsb? Mengenai alternatif utk mengganti outdoor dgn yg 1PK bgmn Pak, apa tidak berbahaya (resiko korslet, dll).
    Mohon pencerahannya Pak, terima kasih banyak sebelumnya..
    Suhando

    BalasHapus
  123. Franky Permana:
    Luas ruangan 3 X 6 = 18 M2. Ini kebutuhan idealnya adalah 18 X 600 Btuh/M2 = 10.800 Btuh. Ini membutuhkan AC dengan kapasitas 1 PK idealnya. Kalau daya 1300 VA minim jika pakai AC 3/4 atau 1 PK. Idealnya pakai daya 2200 VA.

    Bos Rode:
    Luas ruangan 2.5 X 5 = 12.5 M2 apabila beban kamar tidak ada komputer atau yang lainnya, ini kebutuhan idealnya adalah 12.5 X 600 Btuh/M2 = 7.500 Btuh. Ini membutuhkan AC dengan kapasitas 3/4 PK idealnya. Coba cek cooling capacity AC Hercules Mini dan Panasonic, Pak. Bandingkan dengan Watt-nya. Mana rationya yang lebih hemat dan harga juga bisa jadi pertimbangan bapak. Kalau pertimbangan kapasitas saja sebetulnya yang Panasonic sudah cukup mengingat plafond tidak terlalu tinggi dan buat kamar tidur yang cenderung bebannya rendah.

    Suhando:
    Betul, Pak. Ruangan segitu 15.75 M2 idealnya pakai AC 1 PK. Kalau mau pakai yang 3/4 bisa sesuai saran tukang AC-nya tapi cari AC yang cooling capacitynya tinggi. Dan ideal daya di rumah bapak seharusnya pakai yang 2200 VA. Bisa mengajukan naik daya ke PLN. Mumpung lagi ada promo naik daya gratis. Kalau untuk saran tukang AC tersebut yang mengganti outdoor dengan yang 1 PK dan indoor tetap 3/4 PK saya kurang sependapat karena AC antara 1 PK dan 3/4 beda secara teknis jadi idealnya kapasitas antara indoor dan outdoor harus sama.

    BalasHapus
  124. Terima kasih banyak masukannya Pak..
    Mau nyambung sedikit Pak, klo indoor 3/4 outdoor 1PK kira2 apa yang terjadi (korslet, indoor dan/atau outdoor jadi lebih cepat rusak, dll)? apa benar memang bisa membuat jadi lebih dingin atau malah jadi kurang dingin? makasi sekali lagi Pak..
    suhando

    BalasHapus
  125. Kalau bapak tetap ingin seperti yang disarankan tukang AC-nya tidak masalah, Pak. Dengan catatan, yang terpenting tukang AC-nya mengerti dan ahli masalah pendingin. Untuk penggantian outdoornya sendiri perlu ditanyakan apa kompresornya saja atau lengkap 1 outdoor diganti semua dan outdoor existingnya terus mereka beli dengan tukar tambah atau harus seperti beli baru lagi. Ini yang harus jelas bapak tanyakan juga. Masalah setelah diganti jadi dingin apa tidak ya seharusnya tambah dingin karena kapasitasnya lebih besar kompresornya jadi output cooling capcitynya tentu lebih besar dari yang 3/4 PK

    BalasHapus
  126. Maaf pak saya mau tanya , saya mau beli ac untuk kamar luasnya 15 M2 tinggi plafon 2,5 m daya listik di rumah 900 VA. Kalo saya pake ac sharp AP5HHL 330 watt,1/2 Pk gimana pak apa kuat daya listrik di rumah saya ? Apa tidak njeglek ato padam. Apa bapak punya saran merk lain yang dayanya untuk rumah 900 watt.

    BalasHapus
  127. Terima kasih masukannya pak..

    BalasHapus
  128. Ummu Ais:
    Kalau luas ruangan 15 M2 itu kebutuhan AC-nya sekitar 900 Btuh. Ini butuh AC 1 PK. Kalau 1/2 PK tidak mencover buat ruangan segitu luas. Kalau daya 900 VA ya sudah cukup buat AC 1/2 PK namun harus mengatur jam nyalanya. Saat AC hidup (kompressor jalan) tidak bareng dengan peralatan listrik daya tinggi seperti microwave, rice cooker, seterika dll pasti bisa njeglek (trip) MCB-nya

    BalasHapus
  129. Salam kenal Pak Joko,
    Saya berniat membeli ac untuk kamar tidur saya nih pak karena sebentar lg saya mempunyai baby, ukuran kamar 5 x 3,5 m, daya listrik 2.200 VA. Tinggi atap 3 m tetapi blm di plafond (atap rumah menggunakan spandek tanpa pelapis anti panas).Yang ingin saya tanyakan apakah ac tersebut mampu mendinginkan ruangan kamar saya jika cuaca siang hari yg panas terik? Dan brp pk kebutuhan ac yg terpasang?
    Mohon pencerahannya pak, terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  130. Salam kenal Pak Joko,
    Saya berniat membeli ac untuk kamar tidur saya nih pak karena sebentar lg saya mempunyai baby, ukuran kamar 5 x 3,5 m, daya listrik 2.200 VA. Tinggi atap 3 m tetapi blm di plafond (atap rumah menggunakan spandek tanpa pelapis anti panas).Yang ingin saya tanyakan apakah ac tersebut mampu mendinginkan ruangan kamar saya jika cuaca siang hari yg panas terik? Dan brp pk kebutuhan ac yg terpasang?
    Mohon pencerahannya pak, terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  131. Kalau luas ruangan segitu kebutuhannya (5 X 3.5 X 600 Btuh/M2) = 10.500 Btuh. Ini setara dengan 1 PK kapasitas AC-nya. Kalau kondisi atap ekspose dan tanpa pelindung panas bisa membuat kerja kompresor jadi berat karena beban yang didinginkan besar.

    BalasHapus
  132. mantap bos infonya terima kasih banyak

    BalasHapus
  133. Pak Joko, saya ingin beli AC 1/2pk untuk ruangan 3x3.
    Kira2 utk merk bagus (handal) mana pak Panasonic Alowa, Sharp, LG ?
    Kemudian untuk letak outdoor mending pilih mana ya pak?
    a. Jarak antara outdoor - indoor 5m, tp posisi outdoor lebih rendah
    b. Jarak antara outdoor - indoor 2m, tp posisi outdoor di atas plafon
    Matursuwun...

    BalasHapus
  134. Humada MDP :
    Kalau saya pribadi prefer milih Panasonic, Mas. Untuk masalah jarak outdoor bisa saya jelaskan sbb: Semakin jauh jarak outdoor dengan indoor berarti kerja kompresor semakin berat. Artinya, kerugiaannya adalah AC jadi boros listrik karena kerja kompresor berat. Namun untuk jarak 5 meter masih masuk toleransi kalau kapasitas 1/2 PK.

    Kalau di plafon kelemahannya maintenancenya susah. Contoh seperti mau service jadi repot karena mesti naik plafon. Kedua, plafon sirkulasi udaranya tertutup. Kurang maksimal buat pendinginan outdoornya kecuali kalau ruang plafond tinggi dan sirkulasi udaranya baik tidak masalah.

    BalasHapus
  135. Wah mantap penjelasanya.. :)
    Oh iya maaf maksud saya yg plafon itu kebetulan dicor (dak) pak, jadi outdoornya diletakkan di atas cor gitu jadi ttp diruangan terbuka.
    Jadi lebih pilih mana pak peletakan outdoor nya, mending di atas dak atau di dpn rumah dg jarak 5m itu tadi?
    Mungkin kalau 5m itu lebih boros berarti ya pemakaian listriknya.

    BalasHapus
  136. Kalau jaraknya jauh lebih dekat di roof dak (atap) sebaiknya di atap, Mas. Hemat listrik karena kerja kompresornya ringan. Lifetime kompresor bisa umur panjang. Selain itu alasan estetika juga. Kalau di depan rumah bisa mengganggu fasad atau tampak muka rumah

    BalasHapus
  137. hehe bener juga ya pak.
    Ok sippp terimakasih atas saranya.
    Penjelasanya bagus mantap pak Joko..
    Maturnuwun.. :)

    BalasHapus
  138. Pak Joko ini memang baik hati ya, masih mau menjawab 1 per 1 meskipun terkadang berulang-ulang pertanyaannya. :). Sy pny kamar kembar masing-masing 3 x 2.5m, mau coba pasang
    1. DAIKIN inverter 1/2 pk FTK15
    2. PANASONIC CS-XC5QKJ 1/2 PK Alowa+ECONAVI 2
    keduanya ac dr penjajah, mohon reviewnya dari sisi :
    - performance (kualitas dan kecepatan dingin)
    - hemat (penggunaan listrik)
    - awet
    - servis dan perawatan

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali Anda tidak berikan data detil spesifikasi teknis dari kedua AC tersebut jadi saya belum bisa simpulkan mana yang terbaik. Namun secara umum kalau kita benchmark merk Daikin kelasnya masih lebih unggul dibanding Panasonic secara keseluruhan.

      Hapus
  139. pak joko,saya menggunakan AC 1Pk...luas ruangan saya 3x2.5 m2...kalo pagi pasti lantai saya basah,pdhal suhu ac sy 24C..kipasnya jg sy buat plg kecil.kira2 penyebabnya apa ya pak??terimaksh sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat luas ruangan cuma segitu dengan kapasitas AC yang lumayan besar dugaan saya AC over capacity, Pak. Coba bapak cek saat AC dihidupkan apakah kompresor di outdoor jalan terus? Harusnya kompresor hanya nyala sebentar kemudian cooling down (mati) lagi karena suhunya langsung tercapai.

      Hapus
  140. Pak Joko, seharusnya saya baca tulisan bapak ini sebelum membeli ac di tahun 2010 yll.
    Jadi pak, Februari 2010 saya membeli AC Polytron 1/2 PK yang ada Tukulnya. Dinginnya lama, n kalo udah dingin, dingin banget.
    AC juga sudah bongkar pasang 3 kali karena pindah kontrakan.
    Maret 2014 kemaren, AC benar2 panas, ternyata katanya karena ada yang bocor. Setelah diisi ulang, ac kembali dingin sekitar 3 minggu. Setelah itu ac mati sendiri bbrp menit setelah dinyalakan. Setelah beberapa kali hidup mati, akhirnya mati beneran. Tidak bisa dinyalakan sama sekali.
    Jika dilakukan penggantian kompresor, apakah ac akan berlaku baik lagi, Pak?
    Karena tukang service yang kemaren udah gak mau mperbaiki lagi. Katanya lebih baik ganti unit. Gimana menurut Bapak?
    Terimakasih atas kesediaan bapak menjawab, tetap sehat ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompresor adalah komponen yang paling pokok pada sebuah unit AC, Pak. Untuk unit AC kecil di bawah 5 PK jika terjadi kerusakan, saran saya betul, lebih baik ganti unit atau beli AC baru karena harga kompresor bisa 75% dari harga unit AC-nya yang baru.

      Hapus
  141. Salam mass mohon jawab...

    Saya mau pasang AC tetapi voltase sy dr PLN rendah banget 140 voltase, idealnya kan 220 voltase, apakah harus memakai STABILIZER???...
    sbg pengatur voltase lebih ideal dan ac lebih awet...

    by. wanda...

    BalasHapus
  142. Tegangan 140 V itu terlalu rendah. Kalau ingin memaksa pasang AC, betul harus pakai stabilizer namun kapasitasnya harus besar karena AC amperenya tinggi di atas 3 Ampere

    BalasHapus
  143. Mas joko sya mau tanya, sya mau beli ac ney utk ukuran kamar 3x3 listrik 900 watt kalau yg 1/2 pk udah pas dgn btu 5000 kan tp yg mau ane tnya merek ac apa yg paling mas joko rekomendasikan ke saya utk kapasitas 1/2 pk menurut produk AC 1/2 pk merek terkini mas. Mohon kirim ke email mas nama produknya ke almalik_optimis@yahoo.co.id dan kalau bs ada acuan beberapa merk utk perbandingan di contoh ac tersebut mas yg pada akhirnya mas rekomendasikan yg terbaik diantaranya. Terimakasih mas joko semoga ilmu mas jadi bermanfaat utk orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban sudah saya kirim via email dan sudah saya jelaskan juga by phone siang tadi. Terima kasih

      Hapus
  144. Mas Joko sy tanya bagaimana perbandingan adanya AC dan exhouse-fan di ruangan smoking area , contohnya seperti di ruangan karaoke. Shg ruang tetap dingin dan asap rokok tetap bs dikeluarkan. trm kasih Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruangan ber-AC seharusnya tidak diperbolehkan ada asap rokok di dalamnya. Jika kondisinya seperti itu maka pemasangan exhoust menjadi solusi. Namun kerugiannya adalah udara di ruangan akan vacum saat exhoust menyedot asap rokok. Sebagai gantinya udara luar bersuhu lebih tinggi akan masuk ke dalam ruangan ber-AC. Ini tentu saja mengakibatkan kerja AC menjadi berat karena suhu ruangan tidak akan pernah tercapai atau AC tidak pernah mengalami cooling down. Jadi idealnya harus dipisahkan. Ruang karaoke khusus smoking dengan fasililtas exhoust dan ruangan karaoke ber-AC yang non smoking

      Hapus
    2. Selamat siang Pak,
      Mohon bantuan penjelasannya, saya sdh terlanjur memasang AC Hercules mini 260watt utk kamar uk. 5x2,2 tinggi 3 meter dgn listrik di rumah 900va. Pemakaian tiap hari rata-rata 1 jam saat siang hari dan saat tidur malam, saya set stengah jam pd awal tidur (jam 21.00), dan tengah malam ketika terbangun karna gerah saya nyalakan+timer stengah jam saja, kmdn biasanya jam 02.00 saya nyalakan lagi stengah jam paK, krna kalo AC menyala terus, saya merasa kedinginan dan susah tidur pak. Selalu saya set pada suhu 24/25. Di dalam kamar ada saya, suami dan anak. Sebelum memasang AC tagihan listrik hanya 75ribu, knapa setelah pake AC, listrik saya jd naik drastis 200ribu /bulan pak, mengingat hanya pemakaian skitar 2,5 jam per hari, dan jarak nyala-mati AC pun tdk terlalu dekat?
      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas info dr Bapak.

      Hapus
    3. Kalau melihat data pemakaian AC yang Anda berikan, saya hitung penambahan AC hanya menyumbang lebih kurang 20 KWH setiap bulannya. Ada yang janggal kalau biaya listriknya bisa naik segitu besar sampai lebih dua kali lipat. Silahkan pastikan record meternya apa sudah sesuai dengan di tagihan rekening. Dan pastikan penambahan KWH-nya berapa naiknya antara sebelum dan sesudah pasang AC. Karena seringkali tagihan tidak sesuai dengan angka di meter KWH disebabkan petugasnya tidak mencatat sesuai aktual angka di meternya. Bisa karena petugas PLNnya yang keliru mencatat atau rumah Anda tertutup pagar sehingga petugas tidak bisa masuk ke rumah Anda sehingga main kira2.

      Hapus
  145. Om joko saya mohon bantuannya,saya berencana membeli ac dengan ukuran kamar 3x3,listrik rumah 2200.
    Dimana terdapat 5 kamar (3 kamar termasuk saya memiliki rencana yang sama untuk beli ac),4 laptop(2 sering nyala /24 jam nonstop),1 pc (sering nyala /24 jam nonstop)1 kulkas,dan 4 tv.
    Jadi disini saya mau minta tolong diberi arahan memilih ac dengan type dan jenis seperti apa yang sebaiknya saya akan saya gunakan agar sesuai dengan listrik rumah dengan biaya seminim mungkin.
    Mohon bantuannya Om Joko terima kasih

    BalasHapus
  146. Kalau ruangan dengan luas 9 M2 pakai AC 1/2 PK dengan kapasitas 5000 BTUH sudah cukup, Mas. Maaf saya kurang mengikuti model AC terkini tapi setahu saya merk2 seperti Panasonic, Sharp dan LG sudah ngeluakan model2 yang hemat energi. Anda bisa pilih diantaranya. Daya 2200 masih cukup kalau pasang AC 3 unit 1/2 PK-an.

    BalasHapus
  147. dear mas Joko
    misal dengan spesifikasi ac sbb:
    1. watt 660 BTU 10.000 1pk
    2. watt 770 BTU 8900 1pk
    lebih cepat mana dalam hal mendinginkan ruangan ukuran 16m2.
    karena semakin lama tingkat pendinginan semakin boros penggunaan listrik
    dan apakah benar unit outdoor ac lowwatt lebih berisik dibanding yang standar

    terima kasih


    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya. Patokan untuk melihat AC dari cooling capacitynya, Mas. Bukan dari satuan konsumsi dayanya. Jadi yang lebih cepat mendinginkan, ya yang nomor 1 karena BTU-nya lebih besar. Semakin besar BTU-nya semakin cepat sebuah AC mendinginkan temperatur sebuah ruangan. Pertanyaan Anda yang kedua tidak ada hubungannya, Mas.

      Hapus
  148. terima kamih Mas, sudah mau berbagi ilmunya

    BalasHapus
  149. Mohon sarannya, Pak Joko...
    Untuk kamar (1 orang) menghadap Barat/Timur, luas 4.5x3.5m (tinggi plafon 3.5-4m).
    Daya listrik 1300VA, sementara ini untuk: kulkas, mesin cuci, setrika. Apakah lebih efektif jika menggunakan AC 3/4 PK atau 1 PK?
    Terima kasih banyak atas waktu dan advisnya, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ruangan segitu kebutuhannya adalah 9450 BTU/h ini idealnya pakai AC yang kapasitas 1 PK. Kalau pakai 3/4 kerja kompresor agak berat karena kapasitasnya kurang besar.

      Hapus
  150. Mohon penjelasanya. Luas kamar tidur saya 16m2 dengan tinggi 3m. Rencana pemakaian Ac hanya malam hari saja (10jam). Jika saya ingin memakai Ac panasonic low watt 1/2pk apakah cukup? dan berapa watt yang dihasilkan jika melihat kondisi tersebut. Terima kasih

    BalasHapus
  151. Luas ruangan segitu cukup besar. Tidak cukup kalau hanya pasang 1/2 PK. Paling tidak pasang AC dengan kapasitas minimal 1 PK, Mas. 1 PK sekitar 746 Watt kapasitasnya

    BalasHapus
  152. pak mau Tanya ruangan kamar tamu sy 3 x 8 x 4 (L x P x T ), ac brapa PK yg cocok dan merek apa yg irit daya n kualitas bagus. mohon dibantu sy lagi bungung, krn bnyak promosi ac. Trima kasih bantuannya pak.

    BalasHapus
  153. mas joko, saya bener2 seneng info dari mas untuk saya yg awam masalah AC

    kamar saya kira2 3x3 tinggi plafon kira2 2.5, listrik saya 1300 pertanyaanya

    1. AC 1/2 PK apakah Ok dengan luas tersebut ?
    2. kalo saya pemakaian mungkin kira2 3 kali sehari degan durasi 2-4 jam /hari cocoknya low watt atau inverter ?
    3. merek panasonic yang cocok untuk saya type apa mas ?
    many thanks for your brilian answer

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sudah cukup.
      2. Jika dana bukan menjadi masalah maka inverter yang jadi pilihan karena lebih baik teknologinya dibanding yang Low Watt.
      3. Kalau type ini masalah selera, Mas. Sebab tiap2 type ada keunggulan dengan fitur sendiri2. Kalau saya di tulisan ini lebih menekannkan ke sisi hemat energinya.

      Hapus
  154. Dear mas joko,

    jika berkenan , email ke saya (ericksky01@yahoo.com) merk dan type 1/2 pk yang menurut mas sesuai dengan luas 3x3 tinggi plafon kira2 2.5, listrik saya 1300.
    budget saya 2,7 s/d 3.7 juta.
    dari kemarin saya bingung sekali karna banyak sekali pilihan, namun minimal merk tersebut kriteria saya awet mesinnya,tidak karatan dan bocor,udara dingin pas,dan mudah mudahan jika memang type inverter akan hemat dalam penggunaan listrik.
    sebab biaya listrik saya saat ini kira2 350 rb/bulan (jetpum,kulkas 2).
    mudah mudahan mas joko kasih pencerahan buat saya karna akhir bulan ini saya mau beli. merk yg saya pengen seh antara daikin,panasonic,mitsubishi. tentunya sesuai dengan budget saya 2,7 s/d 3,7 jt.
    email ke saya ya mas..rekomendasi anda saya tunggu
    keep posting mas many thanks from me.

    BalasHapus