Sabtu, 26 November 2011

7 Tips Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Agar Cepat Diapprove

Apply Credit Card
Kartu kredit adalah satu diantara sekian banyak alat pembayaran yang dipakai untuk pembayaran e-commerce di internet. Semua tak bisa menyangkal pentingnya alat pembayaran kartu kredit ini untuk bertransaksi online. Kalau Anda seorang buyer terlebih seorang pebisnis online, contoh seperti saya yang buka Jasa Internet Buying Agen di internet, punya kartu kredit adalah syarat wajib. Karena kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling banyak dipakai dan paling populer digunakan sebagai alat pembayaran toko online (seller) di internet.

Dari hasil investigasi saya ke beberapa teman yang tak punya kartu kredit, alasan yang paling banyak selain karena belum butuh adalah karena sulitnya untuk mengurus aplikasi kartu kredit ke bank. Seperti kita tahu syarat untuk punya akun PayPal yang verified (bisa dipakai belanja/berjualan) memang dibutuhkan kartu kredit VISA/Master untuk memverifikasinya. Kalau pakai kartu debit belum semua bank bisa diterima oleh PayPal.

Yang mengalami kesulitan mengurus kartu kredit umumnya adalah teman yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, atau belum punya pekerjaan tetap. Kedua, para pekerja freelance atau bukan pekerja kantoran. Sehingga, banyak yang memilih pakai VCC (Virtual Credit Card) ketimbang pakai kartu kredit sungguhan. Saya menjumpai banyak teman yang untuk verifikasi ke PayPal yang seharusnya pakai kartu kredit, berhubung karena kesulitan mengurusnya maka sebagian besar lebih memilih praktisnya, pakai VCC.

Saya bukannya merekomendasi jelek pakai VCC. Tapi menurut saya tanggung kalau hanya punya VCC. Kenapa tak langsung saja ngurus kartu kredit sekalian. Dan yang kedua, VCC itu punya banyak kelemahan serta sangat ribet jalurnya kalau misalnya akun PayPal Anda tiba-tiba di-limit aksesnya oleh PayPal. Contoh seperti kasus saya kemarin. Baca “Terkena Musibah PayPal Limited Access”. Juga, Anda punya ketergantungan yang tinggi dan perlu menghubungi pihak pembuat kartu VCC-nya secara reguler untuk perpanjangan masa berlaku kartunya, maupun bila sewaktu-waktu Anda ada masalah.

Sebetulnya apa yang membuat orang kesulitan mengurus kartu kredit? Apa karena tidak tahu caranya? Atau sudah frustasi karena sering ditolak?

Jika jawaban salah satu atau kedua pertanyaan di atas adalah iya, berarti Anda perlu baca tips saya ini. Saya akan berbagi tips kepada Anda bagaimana cara mengurus aplikasi kartu kredit agar cepat diapprove oleh pihak bank. Silahkan pakai tips-tips yang saya berikan berikut ini sebelum Anda mengajukan aplikasi kartu kredit ke bank.

1. Pilih bank yang kelas dua

Yang saya maksud bank kelas dua adalah, maaf saya tak bisa sebutkan nama-nama banknya, tapi intinya bukan bank dari deretan bank papan atas seperti bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI. Bank papan atas ini kebanyakan sangat selektif dalam menerima calon nasabah kartu kreditnya. Kenapa? Karena mereka bank besar, yang jelas tidak mencari kuantitas nasabah tapi kualitas nasabah yang minim resiko kredit macet yang dicari. Contoh yang lain, bank asing juga termasuk yang punya seleksi ketat dalam menerima calon nasabahnya. Maka, agar mudah untuk mengurus aplikasi kartu kreditnya, untuk tahap pertama kali mengurus kartu kredit usahakan menghindari bank-bank ini kalau Anda ingin cepat diapprove.

2. Pilih bank yang sama dimana tempat Anda menyimpan uang di bank

Jika Anda termasuk orang yang berprofesi bukan karyawan tetap, bukan PNS/ABRI, atau bukan kalangan eksekutif profesional, bank sangat ketat dalam memberikan approval kepada Anda. Kenapa bisa begitu? Karena tidak ada pihak atau korporasi yang memberikan jaminan kepada Anda sehingga bank kebanyakan menolak permohonan aplikasi Anda. Tak peduli misalnya Ada seorang freelance berpenghasilan besar sampai ribuan dolar per bulan melebihi karyawan sekalipun tetap saja akan ditolak. Tak percaya? Saya punya teman yang berbisnis online penghasilannya besar jauh melebihi gaji saya sebagai chief engineer. Sampai sekarang teman saya ini masih kesulitan mengurus kartu kredit. Permohonan dia yang terakhir ke bank BCA sampai sekarang ditolak, tak ada kabar beritanya.

Tapi Anda tak perlu berkecil hati, bukan berarti tidak ada celah buat mensiasatinya agar pihak bank melirik aplikasi permohonan Anda. Tunjukkan kalau Anda adalah nasabah bank itu dimana tempat Anda menyimpan uang. Bank biasanya akan mempertimbangkan untuk mengapprove permohonan kartu kreditnya kalau pemohon adalah nasabahnya sendiri. Terlebih Anda nasabah giro atau yang punya deposito besar disana. Ingat tulisan saya sebelumnya di tulisan ini. Baca “Penagih Hutang Gaya Baru Dari BNI”, bank sangat segan dengan orang yang nyimpan banyak duit di banknya.

3. Usahakan cash flow keuangan di rekening Anda selama tiga bulan terakhir saldo dan lalu-lintasnya besar

Yang tips ini nyambung dengan tips nomor dua. Kalau Anda pekerja freelance atau pebisnis (enterpreneur), umumnya bank akan meminta rekening koran tiga bulan terakhir yang memuat data-data finansial Anda. Jadi, saat Anda hendak mengurus kartu kredit usahakan lalu-lintas (cash flow) keuangan Anda besar. Paling tidak di tiga bulan terakhir. Bank biasanya akan melihat ini untuk melihat kemampuan keuangan Anda sebagai bahan pertimbangan.

4. Cari referensi dari pemegang kartu kredit (card holder)

Bank penerbit kartu kredit tidak jarang sering melakukan promosi member get member (MGM) kepada para nasabah kartu kreditnya. Nah, jangan sia-siakan jika ada kesempatan semacam ini untuk ikut apply jika ada teman yang menawari Anda. Bank umumnya akan mempertimbangkan kalau pemohon kartu kreditnya ada yang merekomendasikannya. Bank menganggap Anda direferensikan oleh pemegang kartu lain maka layak dan jadi pertimbangan bank untuk mendapatkan kartu kredit.

5. Apply penawaran kartu kredit di mal

Kalau Anda sering berpergian ke mal tak jarang menemui marketing bank tertentu yang menawarkan aplikasi kartu kredit. Tidak ada salahnya Anda mencoba menerima tawaran semacam ini. Karena bank memberikan banyak kemudahan dan syarat yang tidak ribet. Biasanya bank hanya meminta foto copy KTP saja sudah cukup. Karena cukup mudah syaratnya maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

6. Uruslah kartu kredit di kota dimana Anda tinggal sama seperti KTP Anda

Tidak semua ditolaknya permohonan aplikasi kartu kredit karena alasan finansial. Tak jarang penolakan karena masalah domisili juga jadi bahan pertimbangan bank. Bank biasanya langsung menolak permohonan aplikasi kalau alamat rumah (KTP) calon pemohon kartu kreditnya berasal dari luar kota. Karena bank tentu tak mau ambil resiko besar jika sampai terjadi kredit macet terus kesulitan mencari alamat nasabahnya karena jauh. Jadi, menguruslah kartu kredit di kota tempat tinggal Anda. Jangan di kota perantauan dengan pakai alamat kost atau kontrakan Anda.

7. Pasang telpon (PSTN) di rumah dan kantor Anda

Tips ketujuh ini juga tak kalah penting. Bank sebelum menyetujui permohonan aplikasi Anda biasanya dia akan crosscheck dengan menelpon ke rumah dan kantor Anda. Jika rumah dan kantor Anda ada telponnya dan mudah dihubungi, ini sangat membantu pihak bank untuk memutuskan menyetujui permohonan Anda. Kenapa harus telpon rumah (PSTN)? Karena nomor PSTN umumnya pasca bayar yang terdaftar jelas siapa pemiliknya di Telkom. Jadi lebih trust dibanding telpon seluler yang kebanyakan adalah nomor prabayar. Survey permohonan aplikasi (kartu) kredit, pihak bank akan cek via telpon lebih dulu ke alamat yang ada di data aplikasinya. Jika rumah dan kantor Anda sulit dihubungi maka bank tanpa pikir lebih panjang lagi akan langsung menolak permohonan aplikasi kartu kredit Anda.

Demikian beberapa sharing tips dari saya cara untuk mengurus kartu kredit. Semoga bermanfaat. Jika Anda ada pertanyaan jangan segan untuk bertanya dalam kolom komentar, terima kasih.


Bookmark and Share

89 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya mas...
    sementara belum dibutuhkan, tapi suatau saat pasti butuh ya mas
    he..he..he...

    BalasHapus
  2. saya beberapa kali dikejar-kejar sales cc, tapi karena saya belum merasa butuh ya, saya belum pernah mencoba apply.

    dari trik trik di atas agaknya yang tidak mudah adalah memasang telpon rumah. la di rumah tidak ada jaringan telpon kabel :)

    besok kalau mau belanja online, saya nitip sama pak joko saja, hehe

    BalasHapus
  3. Batik Harley:
    Kalau nanti segmentasi market batiknya sudah Go Internasional kartu kredit dan PayPal harus segera diurus, Mas.

    Jarwadi:
    Memang dunia ini serba dibolak-balik, ya Mas? :D Yang tak butuh malah diuber-uber terus oleh marketing kartu kredit. Tapi yang butuh malah kesulitan karena ditolak terus aplikasinya.

    Ya, kalau sekali kita sudah teuji sangat baik reputasi/ track recordnya di bank, pihak bank akan ngantri beri pinjaman ke kita. Di kantor saya malah ada tawaran bikin kartu kredit bank CIMB Niaga gratis iuran tahunan seumur hidup. Kartunya sudah jenis Platinum.

    Boleh, Mas. Kapan-kapan saya tunggu order pembeliannya. :)

    BalasHapus
  4. Hallo mas Joko, saya dah coba Bank BCA, cashflow baik, malah saya suruh tahan saja dana untuk jaminan Kartu Kridit, tau tidak alasan Bank menolak applikasi CC saya ? Katanya belum pernah punya kartu kridit dan gak punya pekerjaan hahahahah, padahal biar ngaya je punya CC. Tapi biarlah tanpa CC nda papa. Nice Share

    BalasHapus
  5. sayang ga punya kartu kredit nih huhuhuhuhu melasnyo

    BalasHapus
  6. Lintang Hamidjoyo:
    Alasan dan penolakan klise itu, Mas. Lha, tujuan mengurus kartu kredit, kan biar punya. Kalau tidak di-acc berarti yo ora nduwe-duwe, toh. Aneh BCA kuwi! Tapi masalah domisili sesuai KTP itu juga penting, Mas. Apalagi kalau bukan karyawan karena tidak ada pihak (corporate) yang menjamin atau memberi referensi. Lha, wong buka rekening aja gitu perlakuaannya apalagi apply kartu kredit. Jadi sebaiknya diurus aja lewat daerah asal KTP Mas Lintang.

    Fonega:
    Hari gini belum punya kartu kredit apa kata dunia? He..He... Tapi kalau memang belum memerlukannya kenapa tidak, Mbak. Karena eman uangnya buat bayar iuran tahunan percuma. Kecuali, kalau ada yang nawari kartu kredit gratis iuran tahunan seumur hidup boleh lah diambil, Mbak Fonega

    BalasHapus
  7. saya aja masih gunain CC punya istri saya... hohoho

    BalasHapus
  8. Nurul Imam:
    Kalau untuk keperluan transaksi online tak masalah pakai punya istri, Mas. Asal jangan transaksi yang offline. :)

    BalasHapus
  9. kartu kredit sekarang diobral kok pak, para marketingnya juga siap menggoreng dokumen biar bisa diapprove, target marketingnya khan juga banyakkk sekali se3tiap bulannya, kartu kredit pertama saya pak, sudah saya miliki saat baru kerja tiga bulan, marketing bank nya sudah pinter pinter kok pak.... :D

    BalasHapus
  10. Tapi sampai saat ini saya benar - benar blm butuh pak :-D

    BalasHapus
  11. Sriyono Semarang:
    Untuk orang kantoran seperti kita apply kartu kredit memang bukan masalah lagi. Sangat gampang. Tapi masih belum mudah buat yang belum berpengalaman apply kredit ke bank atau buat orang yang tidak kerja kantoran. Betul, Mas? :)

    Pendapat Mas Sriyono benar. Kalau saya mau flashback ke tahun awal 2000-an waktu pertama kali saya apply kartu kredit tak semudah seperti sekarang ini. Dulu bank masih pilih-pilih, sok jaim. Sekarang, diobral bahkan malah banyak yang nolak-nolak. :D

    Bang Said:
    Nah, kan Bang Said termasuk orang yang tidak butuh itu :D

    BalasHapus
  12. Klo offline berabe donk pak ? ckckck

    BalasHapus
  13. Saya sampai sekarang tidak tertarik menggunakan kartu kredit. Masalahnya perlu ataukah sekadar ikut-ikutan saja.

    Kartu kredit cenderung mendorong pemiliknya untuk royal karena merasa seolah memiliki banyak uang, padahal cuma utang. Harus bijak dan penuh perhitungan karena jika sudah terjerat kartu kredit akan sulit untuk lepas.

    BalasHapus
  14. Nurul Imam:
    Kalau offline asal belanjanya bareng sama istri ya gak berabe, Mas. Kan waktu mau tanda tangan isti Mas Imam yang menandatangani faktur EDC-nya. He2...

    Jeprie:
    Betul, Mas harus bijak dan penuh perhitungan dalam menggunakan kartu kredit. Bagi saya saat ini punya kartu kredit adalah aset yang bisa dimanfaatkan buat modal usaha. Sama seperti kita diberi pinjaman bank tapi tanpa bunga. Ini tentu lebih menguntungkan daripada ambil kredit ke bank yang tiap bulan harus bayar bunga. Selanjutnya bagaimana caranya agar untung, ya tinggal bagaimana pinter-pinternya kita memutar cash flow keuangannya supaya tidak terjerat bahkan sampai merugi.

    BalasHapus
  15. Kalau didaerah saya malah pihak bank yang datang menawarkan untuk menggunakan kartu kredit bro :-)

    BalasHapus
  16. Nanti kalau saya perlu kartu kredit, saya minta bantuan Pak Joko saja, tapi gantinya saya debit saja via ATM ya Pak :D.

    BalasHapus
  17. Iya mas, hehehe,....
    pasti akan balek ke postingan ini, kalo mau apply kartu kredit hehe...

    BalasHapus
  18. bro eser:
    Saat ini bank sudah semakin agresif, Bro. Karena profit bisnis kartu kredit sangat menggiurkan buat bank. Saya tahu karena perusahaan di kantor saya adalah salah satu merchant dari kartu kredit (bank). Tiap bulan gede sekali potongan feenya yang harus dibayarkan ke bank.

    Cahya:
    Beneran ini, Mas Cahya mau ngurus kartu kredit? Siap, Mas kapan pun kalau Mas Cahya butuh bantuan saya, saya siap membantu. :)

    Batik Harley:
    Nah, gitu, Mas Didik. Harus Go Internasional. Mudah, kok ngurus kartu kredit.

    BalasHapus
  19. pantesan, ngambil dari BCA gak pernah lolos. memang ketat banget.

    BalasHapus
  20. Yah pak..saya udh apply, sudah d confirm by phone jg sudah survey datang k rumah dan kantor..tp belum jg saya dapetin itu CC..hhhmmmm sudah mau jalan 2 bulan belum ada kabar pak...

    BalasHapus
  21. Mukhtar Komarudin:
    BCA memang ketat sekali, Pak. Maklum bank besar jadi sangat selektif dalam memilih nasabahnya..

    Creck3rmovie:
    Kalau sudah dua bulan kemungkinan tidak di-acc. Tapi untuk pastinya biasanya nanti bank akan kirim surat penolakannya. Apa semua tips saya diatas sudah dipraktekkan, Mas? Kira-kira kurang di apanya?

    BalasHapus
  22. Belm idem sama kartu kredit.. maen lokal skarang pak joko hehe

    BalasHapus
  23. ada-akbar.com:
    Gitu, ya Mas Akbar? Main lokal maupun Go Internasional sama aja, Mas. Lokal pun kalau ramai pasarnya, ya menarik juga. Malah gak perlu pusing mikirin kurs, pajak bea masuk segala macam :-)

    BalasHapus
  24. Saya pengen bgt bikin kartu kredit krn byk keprluan yg membutuhkan pk cc,terutama modal usaha,tp saya bukan karyawan,ktnya gak bakalan diapprove:( gmana solusinya mas? bisa bantu gak? thanx

    BalasHapus
  25. Penulis Kaligrafi:
    Solusinya? Kan saya sudah memberikan 7 Tipsnya, Mas. Coba saja praktekkan tips-tips saya di atas.

    BalasHapus
  26. apa benar apply kartu sampe disurvey ke rmh pak? soalnya kata teman saya cm disurvey by phone saja.

    BalasHapus
  27. Agus:
    Tidak, Mas Agus. Bank kebanyakan hanya survey melalui telpon saja ke nomor-nomor yang jadi pereferensi pemohon. Belum sampai mendatangi ke rumah nasabah.

    BalasHapus
  28. bisa bantu bikin cc pak?

    BalasHapus
  29. Agus:
    Wah, saya bukan orang bank, Mas. Jadi maaf tak bisa bantu.

    BalasHapus
  30. Saya bisa apply/bantu buat kartunya klw ada yg berminat hubungi saya:08568858531

    terima kasih

    BalasHapus
  31. kalo ngga punya telp rumah susah jg ya, aku udah brp kali apply kok gagal terus :

    BalasHapus
  32. tgl 17 kmaren saya di tawarin cc bca, ga tau mpe skrng ga ada kbr... Klo mo tau tuh app di proses mpe mana gmana yah caranya..
    Lg bth bwt paypal jg soalnya
    *saya ga ada no rumah, tp saya pakai pasca halo

    BalasHapus
  33. misiani 19-3-2012
    sy sdh mngjkan kertu kredit bank mega dan sdh dpt dihbgi pihak bnk mega dnpsr,ktnya hrs nunggu tlfon dr jkrta dulu,kira"bs gk ya sgr di aprove?

    BalasHapus
  34. rinawan:
    Kalau ingin tahu bisa langsung telpon ke Halo BCA atau ke banknya langsung, Mas tanya ke CSO yang bagian kartu kredit. Biasanya 2 mingguan prosesnya. Berdasarkan pengalaman saya bank BCA cukup ketat (selektif) dalam hal memilih nasabahnya.

    Misiani:
    Sudah ada 2 minggu belum pengajuan aplikasinya? Rata-rata bank memproses aplikasi selama 2 minggu. Kalau ke-7 tips saya ini sudah Anda lakukan InsyaAlloh pasti diacc ooleh bank.

    BalasHapus
  35. Artikel diatas sedikit banyak memberikan gambaran kepada saya dalam hal pengajuan kartu kredit, tengkiu adimin atas artikel nya ini bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  36. Saya sempat ditawarkan CC BCA sama marketing sewaktu meminta pergantian kartu ATM saya yang hilang di KCP.. saya berpenghasilan cukup lumayan (kategori menengah, karyawan kantor), namun sayangnya saya berasal dari daerah dan hanya kost di sini (Jakarta)..
    kok, beberapa hari kemudian, saya mendapatkan SMS dari BCA yang mengatakan bahwa pengajuan CC saya kok ditolak yah.. tanpa adanya alasan kenapa pengajuan saya tidak di approve.. :(

    apa alasannya karena saya berasal dari daerah dan hanya kost di Jakarta?.. cepe deh.. menurut pak Joko gimana pendapatnya?.. gimana yah agar pengajuan saya bisa di approve ama BCA..

    BalasHapus
  37. Agus:
    Analisa saya alasan penolakannya bisa jadi karena faktor domisili luar kota tersebut. Jadi saran saya coba urus di kota dimana Anda tinggal sesuai KTP Anda. Atau kedua, bisa minta referensi dari kantor sebagai penjamin. Ketiga, cari bank lain yang minor selain bank BCA. Karena BCA terkenal selektif dan ketat dalam menerima apply kartu kredit.

    BalasHapus
  38. tapi jika BCA terkenal selektif dan ketat, mengapa teman saya yang berpenghasilan < Rp. 1.xxx.xxx atau lebih tepatnya Rp. 5xx.xxx s/d Rp. 6xx.xxx sebagai penjaga kantin kok malah di-approve pengajuan CC BCA nya.. jujur saya bingung juga loh pak..

    kira-kira kapan yah pak saya harus mengajukan CC BCA kembali, karena baru 3 minggu saya mendapatkan SMS bahwa pengajuan saya ditolak..
    Tq..

    BalasHapus
  39. Kmaren tgl 17042012 saya buka rek.BCA,"tpaksa" buka cz suami sudah lama pake,jadi enak transfer'y,lalu CS'y mNawarkan pake CC silver,agak takut pny cc cs'y sampe ngrayu2 mw d buatin,kata cs'y dl emg susah bkin cc BCA hrus liat saldo tp skarang mudah,hnya punya krja tetap jg sdh ckup,pokok'y serba mudah deh kl pke cc,smpe cs yg lain jg ikut rayu,akir'e luluh jg deh kena rayuan dr kanan-kiri,penjamin'q jg om yg pake cc BCA limit 11juta (dia dulu nunggu 3bln, bru jadi,kBetulan hny wiraswasta) cs bilang suruh 3minggu bru jadi,tapi sampe mw 4minggu blm jadi2,sama suami sruh tanya,pas tadi aq tanya k cs'y via phone,cs blg emg blom jadi trus aq d tanya "sdh dpt sms dr BCA blom?" aq jwb blom,trus kta cs'y brti "msih d proses,tunggu aj"
    waah,pikir q knapa lama y?apa d liat trnsaksi/saldo q,pdhl kta'y g pake liat yg pnting pny kerjaan tetap,
    Alhamdulillah,sy emg PNS mskipun bru golongan 2,blm ada 1bln tp transaksi d BCA emang cukup sring mskipun saldo'y tarik-ulur g tetap,sring d pke transfer blanja online,jg tarik tunai lwt indomart klo dpt uang blanja anak dr suami yg krja d bali,sBetul'y lbh banyak duit suami drpd sy,tp cz suami freelence jd sm cs'y g d ksih bkin cc,
    kira2 knapa y pak,pdhal kta pak joko proses'y 2 minggu,trus kt cs'y 3minggu jadi,tpi sampe skrang kok blm jdi2,malah bikin pnasaran ini,pdahal awal'y ogah bikin cc cz takut g bs bayar,hehe

    BalasHapus
  40. Kmaren tgl 17042012 saya buka rek.BCA,"tpaksa" buka cz suami sudah lama pake,jadi enak transfer'y,lalu CS'y mNawarkan pake CC silver,agak takut pny cc cs'y sampe ngrayu2 mw d buatin,kata cs'y dl emg susah bkin cc BCA hrus liat saldo tp skarang mudah,hnya punya krja tetap jg sdh ckup,pokok'y serba mudah deh kl pke cc,smpe cs yg lain jg ikut rayu,akir'e luluh jg deh kena rayuan dr kanan-kiri,penjamin'q jg om yg pake cc BCA limit 11juta (dia dulu nunggu 3bln, bru jadi,kBetulan hny wiraswasta) cs bilang suruh 3minggu bru jadi,tapi sampe mw 4minggu blm jadi2,sama suami sruh tanya,pas tadi aq tanya k cs'y via phone,cs blg emg blom jadi trus aq d tanya "sdh dpt sms dr BCA blom?" aq jwb blom,trus kta cs'y brti "msih d proses,tunggu aj"
    waah,pikir q knapa lama y?apa d liat trnsaksi/saldo q,pdhl kta'y g pake liat yg pnting pny kerjaan tetap,
    Alhamdulillah,sy emg PNS mskipun bru golongan 2,blm ada 1bln tp transaksi d BCA emang cukup sring mskipun saldo'y tarik-ulur g tetap,sring d pke transfer blanja online,jg tarik tunai lwt indomart klo dpt uang blanja anak dr suami yg krja d bali,sBetul'y lbh banyak duit suami drpd sy,tp cz suami freelence jd sm cs'y g d ksih bkin cc,
    kira2 knapa y pak,pdhal kta pak joko proses'y 2 minggu,trus kt cs'y 3minggu jadi,tpi sampe skrang kok blm jdi2,malah bikin pnasaran ini,pdahal awal'y ogah bikin cc cz takut g bs bayar,hehe

    BalasHapus
  41. Agus:
    Biasanya boleh mengajukan kembali setelah 6 bulan, Mas.

    Anonim:
    Wah, saya juga tidak bisa jawab karena saya bukan orang BCA. Banyak faktor yang jadi pertimbangan bank untuk meng-acc apply kartu kredit nasabah dan ini hanya bank yang tahu. Kalau sudah lebih 3 minggu tidak ada kabar ada kemungkinan memang ditolak permohonannya.

    BalasHapus
  42. mas joko, saya baca2 katanya bisa ngacuin cc sistem deposit? syaratnya KTP ama rekening?
    kalo gak salah di bca butuh deposit 3 juta?
    Di CIMB juga katanya bisa tapi saya gak tau pastinya?
    apakah benar demikian? adakah referensi dan detail yang mas joko ketahui?
    Pekerjaan dan penghasilan saya gak tetap.
    Saya butuh cc cuman buat verifikasi paypal mengganti vcc yang sekarang...
    thanks

    BalasHapus
  43. arf:
    Iya, benar Mas. Itu pakai jaminan namanya. Jadi kita apply kartu kredit dengan cara setor tabungan lebih dulu senilai limit kartu kreditnya yang kemudian tabungannya akan ditahan pihak bank sebagai jaminan kartu kreditnya. Ini jalan termudah untuk mengurus kartu kredit.

    BalasHapus
  44. saya daftar cc gak pernah ditolak, dan saya gak punya telp rumah.....lebih baik daftar lewat marketing dan ceritakan apa adanya tentang kondisi kita, nanti semua masalah akan di atasi oleh marketingnya....jangan lupa marketingnya kasih fee.....pasti beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs bantu ga aku mau dong bikin cc yg mba blng ini....mungkin mba punya orang marketingnya.... thanks alot

      Hapus
  45. mas joko thank's atas sharenya, cukup bermanfaat mas.

    BalasHapus
  46. jaman sekarang bikin cc gampang bgt cuman photo copy ktp aja 10 hari jadi dech tuh cc penggalaman di bantu sales cc

    BalasHapus
  47. makasih mas joko tips nya.bsa bwt msukan.biasa nya dimna sih ada marketing nwarin CC itu?kok saya gk prnah nglyat sprti itu yh?di bank jga gk prnah dTwarin?

    BalasHapus
  48. misi om kalo ada yg minat bikin CC bank mega hub. 08998859617,...
    tq..

    BalasHapus
  49. Trima kasih Pak .... atas Infonya.

    Saya bingung dalam mengajukan aplikasa CC. selelu yang di tanya udah punya CC belum. padahal saya mengajukan aplikasi ini karena belum pnya CC. Mohon petunjuk dan bantuannya.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  50. Pak joko saya mau membuat kartu kredit CIMB Niaga tetapi saya masih bingung karna banyaknya keluhan para nasabah yang merasa ditipu..
    Tapi saya juga ga punya telepon rumah sehingga saya bingung akan diapprove atau tidak oleh CIMB Niaga.
    Mohon dijawab pak, makasih :)

    BalasHapus
  51. Ditipu maksudnya seperti apa? Kalau gak ada telpon rumah pakai aja referensi dari kantor. Itu juga bisa jadi pertimbangan.

    BalasHapus
  52. Sebetulnya saya butuh cc tapi bagaimana ngajuinya ya apa ada yang bisa bantu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau bikin kredit card, kita harus berpenghasilan berapa tiap bulannya?
      Tolong dijawab, terima kasih.

      Hapus
  53. yang mau buat cc silahkan contack saya di ym/email
    denli_muamalat@yahoo.com

    BalasHapus
  54. kalo saya malah bingung nih,punya kerjaan tetap di perusahaan tambang malah belum di approve,kalo gaji diatas rata2lah dan selain itu ada penghasilan diluar gaji kira2 apa yang salah ya...jadi penasaran

    BalasHapus
  55. Beberapa kali Aplikasi saya ditolak gara-gara kantor saya di luar negeri. Padahal cukup besar resiko keluyuran di luar negeri tanpa kartu kredit.

    Memang belum ada kantor perwakilan di Indo. Bingung pakai cara apalagi.

    BalasHapus
  56. pak Joko..saya punya 2 cc, BNI dan ANZ, ketika sya mengajukan kenaikan limit BNI cc dr biru ke gold alhamdullilah diapproved, tpi ketika sya coba kenaikan limit tuk ANZ cc ditolak, apa krena saya jarang transaksi menggunakan ANZ cc ?

    BalasHapus
  57. Pak joko saya mau buat kartu kredit tanpa rekening koran bisa tidak? Saya kerja kantoran.

    BalasHapus
  58. Gaji saya 2.3 juta bisa buat kartu kredit tidak?

    BalasHapus
  59. David Sing:
    Silahkan apply saja pakai referensi dari kantor Anda.

    BalasHapus
  60. bagus om artikelnya, penting memang tapi harus hati-hati dalam penggunaan

    BalasHapus
  61. Berminat kartu kredit bca bisa hub saya zaka 0881 233 5954 atau add pin BB 3223 aac4 untuk area jabodetabek data bisa di jemput :)

    BalasHapus
  62. Kalau untuk urus permohonan kartu kredit ke BNI kira2 tips spaya bisa di approve gimana mas ??
    Thankq

    BalasHapus
  63. wah bagus ni tips nya
    makasi ya gan :)

    BalasHapus
  64. Pak mau tanya, CC saya sudah di setujuai di BNI syariah, nahh sesuai Informasi di BNI Regulernya itu tidak di ACC, tapi kok barusan ada yang mau survey ke kantor saya ya? kira kira kalau di survey, apa aja yang di tanyakan? terimakasih

    BalasHapus
  65. Mantap artikelnya gan :)

    BalasHapus
  66. Saya sebagai PNS aja susah mas daftar CC, pas saya nanya bisa ga bikin CC di bank mandiri karyawannya pada cuek, akhirnya nyerah.

    BalasHapus
  67. saya berencana mau membuat kartu kredit dan mengalami kesulitan dalam pengajuannya
    terima kasih atas tips2nya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  68. Saya analis kartu kredit di salah satu bank (confidential), membaca blog anda mungkin sedikit menggelitik, ada beberapa poin yang benar tapi ada beberapa poin juga yang tidak berpengaruh sama sekali dalam proses scoring pengajuan kartu kredit.. Sebenarnya tiap bank punya masing-masing kebijakan dalam memutuskan layak atau tidaknya calon cardholder untuk menjadi cardholder. Tapi dari segi umum, analisa kartu kredit mengambil dari 2 parameter, kemampuan dan karakter. Jika anda mampu secara finasial, pekerjaan bagus, income mencukupi, dan track record di perbankan bagus(rating dan bi checking) tiada alasan buat bank untuk menolak anda..

    BalasHapus
  69. Pengusaha wajib punya cc.krn tujuan cc buat sy bukan utk konsumtif melainkan buat jd salah satu daya ungkit bisnis.recomended milikilah cc sbyak mungkin.minimal 7 bank penerbit.lbh bgus pnya 13

    BalasHapus
  70. Sewaktu saya masih bekerja, saya pernah mengajukan untuk membuat kartu kredit BCA. Setalah mengajukan kartu kredit, saya sengaja untuk meminimalisir pengeluaran (agar pada akhirnya bisa diterima). Akan tetapi, pada akhirnya, ditolak juga. Padahal saldo direkening saya bertambah dibanding saat pertama kali pengajuan kartu kredit. Entah kenapa BCA bisa menolak, padahal gaji saya perbulan sudah mencukupi.
    Yah, lain cerita, saat ini saya bekerja sebagai freelancer, apakah bisa untuk mengajukan kartu kredit?

    BalasHapus
  71. #4. Cari referensi dari pemegang kartu kredit (card holder)
    dulu saya pernah ditawari teman kantornya teman saya kartu kredit mandiri, saya apply (isi formulir) Desember 2012 sampai hari ini (April 2013) belum ada info kelanjutanya... kemungkinan ditolak yaa? hahaha

    #5. Apply penawaran kartu kredit di mal
    kalau yg seperti ini saya malah sengaja menghindari pak, entah penawaran kartu kredit, tv kabel dll. Karena (menurut saya) kalau ditempat umum biasanya yg diterangkan tidak mendetail. Yg di jelaskan seputar keuntungan dan hal positif saja. Menurut saya lhoo..

    sekalian mau tanya pak, menurut pengalaman anda kartu kredit mana yang lebih recommended BRI, Mandiri, BCA atau bank lain?
    nuwun :)

    BalasHapus
  72. xxx:
    Freelancer agak susah kecuali kalau ada pihak yang mereferensi.

    Bimakuru:
    Kemungkinan besar ditolak itu, Mas karena proses kartu kredit sekitar 2-3 minggu.

    Salah satu kartu kredit saya malah dapat di Amplas, Mas. Saya ditawari marketingnya pas di mal dan saya ambil kemudian diacc.

    Ketiga bank ini bank besar semua. sebaiknya cari di luar bank ini kalau baru pertama kali apply.

    BalasHapus
  73. Kang Wahid Baru sadar pentingnya kartu kredit untuk bisnis online begitu besar. Sekarang masih dalam pengurusan dan sudah menunggu sekitar tingga minggu sekarang 23/7/2013. Kapan di approve ya.. mudah-mudahan berhasil. amin

    BalasHapus
  74. betul apa yg dibilang moderator, lebih simpel lewat sales marketing bca. ane bisa bantu utk yg mau apply daerah JABODETABEK. ane sales cc bca. contact aja ke 0877 70 6000 50 atau mampir ke thread ane (http://www.kaskus.co.id/thread/52f44afc3fcb170a0a8b468d) mohon ijin share link ya momod, thx pak joko

    BalasHapus
  75. Mohon info nya pak joko..
    Saya seorang karyawan, dan saya ingin apply CC di beberapa bank.
    Namun krna sy dapat info dari tmen dan beberapa marketing, harus punya fixline telpon rumah & Kerabat tidak serumah saya jd takut d reject.
    Tp telfon kantor saya fixline dan direct langsung ke saya.
    Bagaimana menurut bapak? Apakah ada solusinya..
    Mohon sangat bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya fixline (Telpon Telkom) menjadi nilai tambah untuk menambah kepercayaan bank, Mas. Jika tidak ada telpon rumah, telpon kantor juga tidak apa-apa. Yang penting saat disurvey, biasanya bank akan survey lewat telpon, mudah dihubungi. Jadi saat apply jangan lupa memberitahu pihak HRD dan keluarga tidak serumah yang menjadi referensi.

      Hapus
  76. mau mengajukan CC BRI susah gak mas ya,soal nya saya nasabah bank BRI,seluruh tabungan saya di bank BRI semua

    BalasHapus
  77. Lumayan bagus dan lumayan masuk akal juga nich...terutama masalah saldo tabungan...heee..
    Meskipun sy sdh punya 2 CC dari bca n bri tp sewaktu saya mau mengajukan lg di mandiri n niaga ternyata di tolak...mungkin karena saldo saya di bank tersebut kurang banyak yach...makanya ga di acc...hee!

    BalasHapus
  78. info yg menarik, sebenarnya dari dulu kurangtertarik dengan CC, tapi akhir2 belakangan ini jadi berminat untuk membuatnya, terutama setelah ada kebutuhan dana untuk penambahan modal. apalagi saya baru tau kalau CC dapat juga digunakan untuk jaminan KTA, aplikasi saya sempat ditolak waktu mengajukan aplikasi di BCA meskipun rekening saya disana. . sebelumnya saya ambil kredit menggunakan CC punya teman dan selalu lancar tapi lama2 kurang enak juga kalau terus pinjam CC punya dia.. mohon bantuannya adakah solusi membuat CC yg pasti diterima aplikasinya? terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Anda minta yang pasti diterima, hanya ada satu cara mesti lewat referensi orang dalam dari bank. Isya Alloh pasti diterima. Dulu awal mula saya punya kartu kredit tahun 2001 memakai cara seperti itu untuk apply kartu kredit

      Hapus
  79. Pak Joko, sebelumnya mohon maaf bila saya curhat terlalu panjang :D
    Alkisah.. hehehehe dulu saya sempat mempunyai CC dari Bank M**A yang dikeluarkan di domisili asli saya Kota Pahlawan berlambang Hiu dan Buaya.
    Memang dulu saya mempunyai tunggakan yang pada akhirnya baru bisa saya lunasi pada Desember 2013 dan karena saya pikir belum perlu dan takut kredit macet lagi akhirnya kartu saya tutup (maklum dulu saya bekerja hanya sebagai marketing yang ditakdirkan berpindah2 perusahaan, ditendang dikeluarkan tanpa sebab jelas, mungkin karena wajah saya bukan marketing banget :D )
    Akhirnya setelah saya dapat pekerjaan di perantauan tanah borneo yang menurut saya menjanjikan dan bukan status nomaden seperti dulu lagi akhirnya saya beranikan aplikasi lagi dan karena bujuk rayu saya, bebarengan itu ada 6 orang teman kantor saya mengajukan aplikasi juga. sebagai catatan saya mengajukan aplikasi di Bank M**A juga (saya pikir saat itu jelas data masih tersimpan di database Bank dan mungkin tidak ribet untuk mengajukan aplikasi lagi).
    Jawaban yang saya dapat ternyata membuat dongkol. Aplikasi teman2 saya disetujui kecuali saya. Kata marketing pun (melalui teman saya yang berinisiatif menanyakan nasib aplikasi saya saat si Mbak Marketing menelpon teman saya untuk mengabarkan berita gembira bahwa aplikasinya disetujui) bahwa aplikasi saya ditolak karena belum setahun CC saya yang lama ditutup, mustinya minimal setahun dan sempat dibilang bahwa mungkin ada peluang bulan Agustus ini bisa diajukan lagi (6 Bulan setelah kartu ditutup) dan saya mulai kehilangan harapan karena sampai saat ini tidak ada kepastian dan juga sejak saat itu si Mbak Marketing nya tidak mengangkat bila saya telepon dan tidak menjawab sms saya. Padahal saya hanya menginginkan solusi dan penjelasan saja, tidak untuk memaksanya meng ACC kartu saya (bapak bisa bayangkan bagaimana perasaan saya, dongkol dan merasa seperti ditabrak lari :D masih untung saya pernah bekerja sbg marketing jadi bisa berusaha mengerti alasan dia melakukan hal tersebut dan saya tidak sampai mengutuk si Marketing tersebut meski awalnya sempat mengumpat jg :D )
    Semoga curhat saya ini bisa mendapat penjelasan dan juga mungkin Pak Joko atau yang lain ada yang bisa membantu solusi dan bantuan, saya sangat berterimakasih
    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah pernah coba apply pakai bank lain, Mas? Karena bisa jadi benar sebab kartu yang lama baru saja ditutup. Dan diluar itu boleh dijelaskan waktu pernah nunggak itu maksudanya nyicil tidak bayar penuh atau sampai nunggak telat gak bayar tagihan, Mas? Jika pernah nunggak gak bayar maka saya kawatir ini jadi alasan penolakannya

      Hapus
    2. awalnya sih membayar pembayaran minimal pak namun pada akhirnya nunggak tidak bayar.. sementara untuk CC bank lain bbrp kali saya sudah mencoba tetapi tidak pernah dihubungi sama sekali, gugur sebelum berperang sepertinya :D

      Hapus
    3. Kalau Anda pernah menunggak itu menjadi catatan negatif di perbankan, Mas. Karena data nasabah ngelink atau dimonitor BI maka semua bank kemungkinan akan menolak aplikasi Anda.

      Hapus
  80. jadi sepertinya sudah tidak mungkin disetujui lagi y pak kalau begitu, meski lewat bank lain?karena kemarin waktu saya lunasi tagihannya, saya dapat surat bermaterai dari pihak bank menerangkan bahwa saya sudah bebas dari segala tunggakan

    BalasHapus
  81. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Trik Agar Komentar di Setujui di Blog Orang
    Thanks.

    BalasHapus