Minggu, 13 Mei 2012

Inilah Tips Rahasia Memenangkan Lelang di eBay

Artikel ini masih sequel dari beberapa artikel saya sebelumnya yang pernah mengulas topik yang sama tentang Lelang di eBay. Baca artikel saya sebelumnya, “6 Tips Memenangkan Lelang di eBay” kalau Anda belum pernah membacanya. Karena artikel ini masih berkaitan erat dengan tips sebelumnya.

Nah, kali ini saya akan berbagi kembali sebuah tips rahasia bagaimana cara curang cerdik agar bisa memenangkan lelang di eBay. Rahasia? Ya, cara yang sudah saya uji berkali-kali ampuh buat memenangkan lelang di eBay. Karena kebetulan saya sering dimintai klien Jasa Pembelian Online untuk bidding lelang di eBay jadi saya sudah mempraktekkan tips ini berkali-kali dan hampir selalu bisa memenangkan lelang di eBay.

Bagaimana tipsnya? Di eBay seperti kita ketahui bersama kalau barang yang dijual pakai sistem lelang (bid), bukan yang Buy it Now maka siapa yang berani memberikan bidding tertinggi maka dia lah yang akan menang dan berhak untuk membeli barangnya. Dan untuk memenangkan lelang dibutuhkan strategi dan tips-tips khusus agar bisa menang dalam pertarungan bidding. Bagi yang kurang berpengalaman mengikuti lelang akan sulit untuk bisa memenangkan lelang. Terlebih barang dan harga yang dilelang cukup menarik pasti bidder (peserta) akan membludak saling jor-joran memberikan bidding terbaiknya.

Sebelum saya memberikan tips rahasia ini saya akan memberikan satu contoh bukti kalau saya pernah memenangkan lelang di eBay. Contoh lainnya pernah saya publish juga di sini. Silahkan lihat screnshootnya di bawah ini.

Menang Lelang eBay

Sekarang apa rahasianya agar bisa memenangkan lelang di eBay?

Caranya dengan memberikan bidding paling tinggi di eBay melebihi bidding wajar peserta lelang lain dan harga barangnya di pasaran. Lakukan bidding di 6-10 detik di menit akhir menjelang penutupan lelangnya. Dengan cara ini otomatis Anda lah penawar tertinggi yang tentu punya peluang paling tinggi untuk bisa memenangkan lelang di eBay.

Apakah nanti tidak kemahalan harganya kalau harganya terlalu tinggi? Tidak. Anda tidak usah kawatir bidding Anda kemahalen meskipun bidding Anda cukup tinggi karena eBay tetap akan mereduze, mengecilkan lagi harganya sesuai harga current bid-nya, bukan harga bidding dari Anda. Dan umumnya hanya selisih $1 USD diatas harga penawar (bidder) tertinggi di bawah Anda. Jadi Anda tidak perlu kawatir akan kemahalan.

Sebagai ilustrasi, ini salah satu contoh saja, saya berhasil memenangkan lelang tas klien saya di eBay. Saya memberikan bidding paling tinggi sebesar $60 USD. Karena penawar tertinggi kedua maksimal biddingnya hanya $52.58 USD maka secara otomatis saya lah yang keluar sebagai pemenang. Dan Anda tahu harga akhir yang harus saya bayar bukan $60 USD-nya tapi nilai current bid-nya sebesar $53.58 USD yang hanya selisih $1 USD dari penawar tertinggi di bawah saya.

Current Bid eBay

Invoice Payment eBay

Kesimpulannya, di eBay harga yang harus dibayar bukan harga dari kita sebagai bidder tapi harga current bid-nya. Sementara rata-rata peserta lelang umumnya tetap ngebid masih dalam batas harga wajar sehingga nilai harga currert bid-nya tetap dalam harga beda tipis dari bidding penawar tertinggi. Jadi, kalau sudah tahu rahasia ini jangan ragu-ragi lagi dalam ngebid. Tembak saja dengan harga tinggi supaya Anda yang keluar sebagai pemenang.

Sekarang Anda sudah tahu rahasianya, kan supaya bisa memang lelang di eBay?

Bookmark and Share

16 komentar:

  1. Sangat tepat jika bidnya dilakukan pada detik -detik terakhir agarb tidak memberikan peluang pada bidder yang lain.Sepertinya masih ada strategy basicnya dalam urusan pelelangan, yaitu bahwa harga tertinggi adalah pemenangnya. Yang penting tau harga pasaran juga kali ya Pak.. Its oke asal barang yang kita beli memang kita sukai. artinya walaupun mahal asal kita suka ya kita beli, bukankah kesenangan itu mahal kan,gimana Pak Joko.

    BalasHapus
  2. Ini adalah tips yang jitu agar bisa membawa pulang barang yang diinginkan entah mau dipakai sendiri maupun untuk trading, terpenting margin keuntungannya sudah kelihatan dan kalau saya istilahkan beli untung dijualpun pasti menguntungkan. Bila dipake sendiri karena harga dianggap pas hati juga puas.

    BalasHapus
  3. pengen ikutan ebay pak tp blm pny cc..
    kan katanya harus pake cc ntuk daftar dl kan ya

    BalasHapus
  4. ooo gitu ya gan...
    kirain sesuai harga yang kita sebutin

    BalasHapus
  5. Tonykoes:
    Iya, Mas demi kesenangan urusan duit nomor dua. Tak jarang saya pun nemui klien yang rela merogoh kocek dari uang ratusan sampai ribuan dolar buat beli barang dari luar negeri. Salah satunya di eBay.

    Shafira:
    Kebetulan saya seringnya mem-biddingkan punya klien, Mbak. Tapi kalau ada yang menarik barangnya saya juga kadang-kadang tak bid untuk saya beli.

    Tomi:
    Ya, Mas. Harus punya CC dan PayPal. Karena eBay hanya menerima pembayaran dari PayPal saja.

    Rawins:
    Iya, Mas. Awalnya saya pikir juga begitu. Setelah sering menang lelang jadinya saya baru nyadar kalau yang dibayar current bidnya.

    BalasHapus
  6. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas sharing artikelnya Pak.

    BTW, artikel ini masih berlaku ya, Pak? bahwa misalnya Current Bid di $120, pada detik terakhir saya masukkan bid $200 dan akhirnya menang lelang, maka harga yang harus saya bayar hanya $120 + 1$ dan bukannya $200? Ada barang yang "saya incar" dan kebetulan besok sekitar jam 13 WIB waktu terakhirnya. trims

    BalasHapus
  7. A2N:
    Masih berlaku sampai sekarang. Intinya kita hanya membayar sesuai winning bid. Dan winning bid ini diambil dari current bid pada saat ending lelangnya, bukan diambil dari bidding tertinggi kita.

    BalasHapus
  8. Siang Pak Joko, saya mau tanya, kalau ada org yg jual satu barang yang sama (misal barang A), tp dia pasang 2 versi penjualan yg berbeda (satu dengan sistem bid, satunya dengan sistem buy now). Itu nantinya mana yang akan berhak mendapat barangnya ya pak? Tks.

    BalasHapus
  9. MB Tech:
    Yang berhak membeli ya yang Buy Now, Mas. Karena begitu item dibeli maka lelangnya akan otomatis berakhir (ended). Saya sudah pernah alami yang seperti ini. Di tengah-tengah lelang masih belum berakhir tahu-tahu ended. Karena item sudah dibeli orang

    BalasHapus
  10. Apabila yang "Buy Now" tidak ada yang beli, maka yg diprioritaskan adalah bidding tertinggi ya pak? Lalu maksud nya (Nov 15, 2013 01:06:58 PST) itu PST jam apa ya pak? Selain itu jika misalkan sudah memenangkan bid, apa kita perlu contact sellernya dulu pak? thanks pak Joko

    BalasHapus
  11. Kalau yang bid adalah kloningan seller, yang mempunyai max bid harga normal barang tsb bagaimana?
    Percuma saja kita ikut bid yang mengharap harga lebih murah, akhirnya memenangkan bidding dgn harga beli normal, atau bahkan lebih mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan seperti itu memang selalu Ada. Tapi orang Amerika sportifitasnya beda dengan orang Indonesia yang suka main curang dan ngakal2i seperti itu. Kedua, jika seller melakukan kloningan, ya dia yang rugi sendiri. Barang laku tapi dia gak dapat duit malah harus bayar fee ke eBay/PayPal atas lelangnya. Karena saat memang lelang maka siapapun yang menang harus membayar. Berarti seller harus membayar penjualan barang dia sendiri dan membayar fee untuk listing dan bayar fee penjualan atas barangnya juga kepada eBay. Apa iya seller mau repot seperti itu?

      Hapus
  12. Ada ide supaya bisa menang bidding di Line dan Qoo10 ? Terima kasih Pak Joko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah ikut bid di kedua web tersebut, Mbak. Jadi belum ada pengalaman. Tapi seharusnya sistemnya tak jauh beda dengan eBay

      Hapus
  13. Sore pak joko
    Saya mau tanya jika saya menang lelang di ebay tapi tidak jadi saya beli bagaimana..??
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kasusnya sama seperti Anda nawar barang di pasar kemudian penjualnya mau terus Anda gak jadi beli. Kira2 marah tidak penjualnya kalau dibegitukan? Di eBay sama juga. Kalau menang lelang ya harus komit membelinya. Kalau tidak maka akun eBay Anda akan mendapatkan kredit negatif. Imbasnya bisa aja sewaktu2 akun disuspend atau ditutup sepihak oleh eBay karena Anda dianggap buyer main2

      Hapus