Minggu, 18 Desember 2011

6 Tips Memenangkan Lelang di eBay

eBay_Christmas
Artikel ini sebetulnya adalah penyempurnaan artikel saya sebelumnya yang berjudul sama, “Tips Memenangkan Lelang di eBay”. Tapi karena ada yang perlu saya tambahkan maka untuk kali ini saya coba daur ulang dan sempurnakan lagi, siapa tahu ini berguna buat Anda yang ingin mencoba keberuntungannya agar bisa memenangkan lelang di eBay.

Sebelum saya sharing tips saya, saya akan tunjukkan dulu kepada Anda bukti kalau saya sudah pernah memenangkan lelang di eBay. Tidak lucu, kan kalau saya beri tips kepada Anda tapi saya tidak bisa menunjukan buktinya? :D Bukti yang pertama, saya pernah memenangkan lelang BlackBerry PlayBook 16 GB dengan harga cukup murah $232.50 USD di eBay. Dan bukti yang kedua, beberapa kali saya juga pernah memenangkan lelang pembelian sepatu milik klien Jasa Pembelian Online saya.

Menang Lelang Playbook

Menang Lelang Playbook di eBay


Hem, sebetulnya apa, sih rahasianya untuk bisa memenangkan lelang barang di eBay? Sulit kah untuk bisa memenangkan lelang di eBay? Tidak sulit, kok. Setidaknya, ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah pernah berkali-kali ikut lelang dan menang di eBay. Ada 6 tips yang bisa Anda praktekkan agar bisa memenangkan lelang di eBay. Apa saja tipsnya? Berikut ini tips-tipsnya:

1. Koneksi internet harus cepat dan stabil

Syarat wajib yang pertama, koneksi internet Anda harus cepat dan stabil. Seberapa cepat? Tidak harus cepat sekali, sekitar 500 kbps saja sudah cukup. Yang terpenting stabil tidak naik turun, dan tidak mudah putus koneksinya. Ini penting, karena saat bidding jangan sampai ganguan internet, semisal tiba-tiba disconnect menghalangi proses lelangnya, terlebih di detik-detik terakhir yang sangat menentukan.

2. Perhatikan waktu berakhir lelang

Jika Anda berada di Indonesia dan lawan bidder Anda misalnya orang USA maka waktu lelang yang peluang menangnya tinggi adalah lelang yang berakhir sekitar pukul 11.00 s/d 17.00 Wib siang hari di Indonesia. Karena jam segini di USA sana lagi enak-enaknya tidur. He2… Seperti kita tahu selisih perbedaan waktu antara Indonesia dengan benua Amerika sekitar 12 jam. Kita di belahan timur lebih dulu melihat Matahari atau +7 jam dari GMT dibanding negara Amerika yang waktunya -5 s/d -8 jam dari GMT karena berada di belahan bumi bagian barat.

3. Pilih lelang dengan peserta terbatas

Jika Anda ingin peluang menangnya semakin tinggi, ini masih nyambung dengan tips nomor 2. Pilihlah penawaran lelang yang dibatasi untuk peserta atau bidder dari negara USA saja. Jangan pilih yang worldwide yang sangat ketat persaingannya karena bisa diikuti peserta dari semua negara. Mengapa? Tentu saja ini untuk memperbesar peluang Anda menang karena otomatis para peserta lelang akan sedikit sebab tersortir hanya dibatasi orang USA saja yang bisa ikut. Jika Anda orang Indonesia, bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat Amerika supaya bisa ikut lelang? Baca artikel saya yang ini “Tips Cara Mudah Belanja Barang di Amazon dan eBay” jika ingin punya alamat di USA secara gratis.

4. Bidding di detik-detik terakhir

Biddinglah dengan harga minimal saat Anda ingin mengunci lelangnya untuk pertama kali. Tapi berikan bidding terbaik Anda saat 6 detik terakhir sebelum masa lelangnya habis. Mengapa harus di 6 detik terakhir? Angka ini berdasarkan pengalaman pengukuran saya mengikuti lelang di eBay. Karena waktu 6 -10 detik terakhir sebelum masa lelang berakhir adalah waktu seru-serunya perang bidding. Jadi berikan bidding Anda sekitar 6 detik sebelum lelang ditutup. Jika harga bidding Anda tertinggi maka lawan lelang Anda sudah tidak punya kesempatan lagi untuk melakukan bid ulang menyusul bidding Anda.

5. Buka eBay multitab di browser

Bukalah halaman penawaran barang yang Anda ikuti di eBay secara multitab, menjadi banyak jendela sekaligus. Satu tab untuk memantau history atau posisi bidding tertingginya berapa. Tab satunya lagi untuk menembak bidnya di detik-detik terakhir. Siapkan angka bidding di kolom isian bidding agar Anda hanya sekali klik waktu akan nembak di detik-detik terakhir.

6. Bidding lebih dari satu bid

Jika persaingan bidding sangat ramai dan ketat, Anda bisa terapkan strategi dengan membidding lebih dari satu bid langsung ke beberapa jendela (tab) sekaligus di browser Anda. Dan berikan harga bidding secara bertingkat. Contoh misalnya nilai bidding tertinggi saat lelang di angka $210. Maka buka beberapa tab sekaligus, misalnya dua tab. Tab pertama bidding di $218 dan bid kedua $220.05. Bidding secara berturut-turut yang rendah pada detik ke-10 sebelum berakhir dan bidding yang kedua sekitar 6 detik sebelum berakhir.

Anda tidak usah kuatir kemahalan jika bidding kedua Anda tadi masuk dan keluar sebagai pemenang. Bila bidding Anda secara berturut-turut menang dan berada di urutan nomor 1 dan 2 sebagai penawar tertinggi maka eBay akan memilih harga yang terendah ($218), bukan yang tertinggi.

Demikian tips dari saya. Selamat mengikuti lelang di eBay. Semoga Anda beruntung. Jika Anda ada tambahan dan pertanyaan, silahkan Anda tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Sumber Foto: eBay Christmas


Bookmark and Share

32 komentar:

  1. Gila..BlackBerry PlayBook 16 GB cman 2jetian .. waduh.. ane pengen pak. .
    ntar kalo ada duit. .di lelangin Macbook Air yah.. pls.. haha

    BalasHapus
  2. klo dah bosen dengan playbooknya kirim semarang ya pak... :D

    BalasHapus
  3. ada-akbar.com:
    Boleh, Mas Akbar. Macbook Air? Saya juga pingin tapi harganya.... :D

    Sriyono Semarang:
    Siap, Mas. Nanti saya kontak kalau da bosen. :D

    xbacktrack:
    Terima kasih kunjungannya. Avatarnya keren!

    BalasHapus
  4. Mas Joko,
    kalau kita sudah memenangkan lelang di e-bay seperti itu, biaya pengiriman barang dari USA ke Indonesia apa tetap dibebankan pada kita?

    *sambil mencoba membuat credit card*

    BalasHapus
  5. arief maulana:
    Iya, Mas otomatis kita yang nanggung biaya forwardingnya kesini. Tapi kalau dihitung2 biayanya sering malah lebih murah kalau sistem forwarding dibanding shipping dari seller eBay ke Indonesia langsung. Karena barang bisa dikumpulin dulu di USA, misal kita beli banyak, terus paket dipacking jadi satu paket baru kirim kesini.

    BalasHapus
  6. wah tipsnya mantab mas, tapi saya masih lebih suka belanja di toko langsung aja, selain lebih pasti juga lebih cepet dapat barangnya :d

    BalasHapus
  7. Aku dah ga lolos di syarat satu. sering jadi fakir bandwith ne :)

    BalasHapus
  8. Aku mau hape dong... Muahahaha... Kesian bget g ganti2 hape krn mahal hargany di Indonesia...

    BalasHapus
  9. drg.nella:
    Pilihan bijak, Mbak. Selama di pasaran lokal atau offline ada, ya memang lebih baik beli lokal saja.

    kotakpermen:
    Fakir bandwidth dipelihara oleh negara, lho Mbak. :D

    Honeylizious:
    Lha, kalau nyarinya HP yang branded pasti mahal. Cari yang low end pasti murah-murah. Atau cari yang harga lelang di eBay pasti murah-murah. :)

    BalasHapus
  10. Oh,... intinya di Bid tho, Mas. Soalnya saya belum pernah nyobain lelang. Kalau hitungan harga lelangnya murah, aku pengen nyobain :)

    BalasHapus
  11. Kaget:
    Ya, Mas. setidaknya itu yang saya alami sesuai pengalaman saya selama ini mengikuti lelang di eBay. Kalau yang jenis lelang, bukan yang model Buy Now tak jarang harganya sangat murah.

    BalasHapus
  12. saya pernah nyoba daftar ke wbbay tapi ga di setujui karena mesti pake kartu kredit... ada cara lain ga mas? selain menggunakan kartu kredit

    BalasHapus
  13. arkhananta:
    Cara lain? Kalau di eBay tidak hanya kartu kredit saja yang dibutuhkan tapi akun PayPal juga. Kalau transaksi e-commerce ke luar negeri justru tanpa kartu kredit lebih ribet dan mahal biayanya. Contoh bayar lewat Western Union atau wire transfer biaya transfernya bisa Rp 200 ribu sendiri.

    BalasHapus
  14. tr pas biding terkhr itu jam brp om klo disini?kan tuh jam 9mlm wktu sana??krn itungan saya disini jam 12siang y om???

    BalasHapus
  15. Arif:
    Selisih perbedaan waktu antara Amerika dengan di sini +/- 12 Jam. Jadi bisa kira-kira sendiri. Kalau di sini jam 12 siang maka di Amerika jam 12 malam. Begitupun sebaliknya. Jadi kalau mau cari waktu bidding yang tepat cari yang di Amerika lagi malam hari sama dini hari di sana atau waktu siang hari kalau di Indonesia.

    BalasHapus
  16. Mas, lelangin playbook di ebay,dong? Aku mau cuman sampai sekarang aku masih belum punya paypal krn belum ngurus kredit card....bisa,nggak?

    BalasHapus
  17. Mas, lelangin playbook di ebay,dong? Aku mau cuman sampai sekarang aku masih belum punya paypal krn belum ngurus kredit card....bisa,nggak?

    BalasHapus
  18. mas, mau tanya, kalo kita bid pertama $1 terus ada user lain yang bid juga harga $2, tapi di last minute sudah di $5, kita ngebid $6 dan kita memenangkan lelang tersebut, yang harus kita bayar ke sellernya yang $1 atau yang $6?

    makasih jawabannya

    BalasHapus
  19. Yang dibayar, ya nilai yang terakhir $6 USD. Karena nilai $1 sudah gugur biddingnya

    BalasHapus
  20. Kalo barang kirim k indonesia kena charge lagi g waktu ambil, semisal cukai??kalo iya berapa n gmn urus'nya,atau lagsng kirim k rumah kita tanpa biaya lg?? Mohon penerangannya

    Terimaksh.

    BalasHapus
  21. D_blueaq:
    Kalau nilai barang sudah di atas 50 USD kena pajak. Pajak berbeda-beda prosentasenya tergantung barangnya apa. Tidak usah mengurus tapi nanti ditagih sendiri sama kurir atau Pos ke rumah seluruh tagihannya

    BalasHapus
  22. Pak, mengapa semua barang yangs aya beli yang harganya gak lebih dari 5 dollar per item dikenakan biaya Rp 7000 . Inis angat memberatkan karena saya beli pernak-pernik dari 50 toko berbeda di e-Bay..alhasil saya harus bayar total Rp 350.000 untuk biaya ynag ditagih tukang pos..emang ga bayar sekaligus karena barang datangnya berbeda-beda..tapi ini memberatkan..apah memang semua barang harus dibuka dulu baru dikirim ke alamat penerima?trims

    BalasHapus
  23. Sumua paket dari luar negeri prosedurnya pasti dibuka untuk diperiksa oleh Bea Cukai. Yang tidak dibuka itu hanya surat, dokumen dan paket kecil yang mirip dokumen. Biaya Rp 3000 - Rp 7000 itu akan dikenakan sebagai bea kiriman dan bungkus ulang yang telah dilakukan Pos Indonesia. Dan akan dihitung per paket. Kalau ingin murah ya jangan dikirim sendiri-sendiri tapi kumpulin jadi satu di USA dulu (Saya ada warehouse di USA), baru kemudian kirim ke Indonesia. Begitu caranya.

    BalasHapus
  24. Pagi Pak Joko, kebetulan saya juga berdomisili di Jogja..
    Mau nanya dikit soal kiriman playbooknya...

    Playbooknya kan murah nih, nah saya pernah mbaca kalo Bea Cukai bisa menentukan sendiri harga sesuai versi mereka jika ada kecurigaan tentang harga yg dideclare (harga lebih murah dari harga pasar)...

    Nah, apakah Pak Joko melampirkan Invoice dari ebay di paketnya atau cukup mendeclare harganya saja?

    Terima kasih pak...

    BalasHapus
  25. Henry:
    Bea Cukai punya kewenangan menaksir dan menentukan pajak berdasarkan nilai harga barang yang tertera di dokumen custom declaration. Jika harga di dokuem custom menurut Bea Cukai tidak wajar maka Bea Cukai berhak untuk mengabaikan dan menghitung ulang sesuai harga di pasaran kalau barang tersebut di Indonesia sudah ada.

    Sebaliknya, sebagai wajib pajak kita juga punya hak dan bisa mengajukan keberatan pajak jika nilai taksiran pajak Bea Cukai lebih tinggi dari invoicenya. Silahkan ajukan keberatan ke kantor Bea Cukai dengan membawa bukti-bukti invoicenya.

    Oh, ya kalau di Jogja bisa diajukan di Bea Cukai jalan Solo seberang Bandara sebelah timur Gudek Bu Tjitro.

    Khusus PlayBook saya kemarin tidak ada masalah, Mas. Pajak dihitung sesuai dengan custom declarationnya.

    BalasHapus
  26. yang pake alamat USA td harus dengan jasa Anda ya pak

    BalasHapus
  27. Erdonny:
    Iya, benar Mas. Silahkan kontak saya kalau butuh bantuan saya.

    BalasHapus
  28. info yang sangat berharga, mudah mudahan saya belum ketinggalan nih, salam kenal mas

    BalasHapus
  29. Mas Joko saya mau tanya, kalo saya memenangkan bid di ebay dengan harga yang cukup ekonomis contoh : Winner Bid 32$, apakah saya fixed bayar sgitu apa ada lebih membayar dari USA ke INDONESIA JAKARTA, mohon bimbinganya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya itu belum temasuk ongkos kirim, Mas.

      Hapus
  30. informasi bermanfaat nih, ntar saya coba. trimakasih ya pak

    BalasHapus