Minggu, 29 Juli 2012

Pengalaman Melakukan Telegraphic Transfer (TT) Ke Luar Negeri

Telegraphic Transfer
Dari sekian banyak metode kirim uang ke luar negeri, Wire Transfer atau Telegraphic Transfer (TT) yang paling jarang saya gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri. Selama ini saya lebih prefer dan sering menggunakan PayPal atau kartu kredit yang murah tanpa biaya dan aman untuk mentransfer uang ke luar negeri.

Mengapa Telegraphic Transfer jarang saya lakukan? Selain karena ribet harus datang ke bank, tidak bisa melalui internet banking, juga charge biaya transfernya yang lumayan mahal sehingga sebisa mungkin saya tidak menggunakan opsi pembayaran ini buat mengirim uang ke luar negeri.

Berapa biaya transfer yang dikenakan bank lokal untuk mengirim uang ke luar negeri melalui TT? Di bawah ini adalah bukti slip setoran saya melalui bank Mandiri waktu mengirim uang pembayaran order buku Jasa Pembelian Online saya ke Selandia Baru kemarin. Bisa baca di artikel ini “Pengalaman Menarik Transaksi Dengan Situs E-Commerce Selandia Baru”.



Slip Setoran TT Bank Mandiri
Mutasi Rekening Mandiri

Untuk transfer uang sebesar 263.8 USD ke bank ANZ Selandia Baru saya terkena charge biaya lumayan gede. Yaitu transfer fee sebesar Rp 35.000 ditambah full amount fee 25 USD. Atau kalau dikurs ke IDR total charge biayanya ketemu sekitar Rp 272.500. Sehingga pembayaran sebesar 263.8 USD kalau dikurskan ke IDR totalnya ketemu Rp 2.784.953.

Lumayan besar bukan untuk transaksi senilai itu? Ya, ini memang lumayan besar, tapi info dari kawan saya yang sering transfer ke luar negeri, Bank Mandiri katanya paling murah charge biayanya dibandingkan dengan bank lain. Contoh kalau saya bandingkan dengan BCA transfer feenya Rp 50.000 dan rate pertukaran kurs dolar Mandiri termasuk rendah kalau saya bandingkan dengan BCA.

Bagaimana cara melakukan transaksi Telegraphic Transfer? Cara-caranya sama seperti transfer biasa ke bank lokal. Yaitu mengisi slip setoran bank kemudian antri ke teller. Yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan transfer adalah Anda harus meyiapkan beberapa dokumen yang nanti dibutuhkan oleh pihak bank.

Apa saja data yang dibutuhkan? Yaitu data-data lengkap nama dan nomor pemilik rekening bank, nama bank, alamat bank dan nomor telpon pemilik rekening bank tujuan. Yang ini sama saja seperti kalau mau transfer ke bank lokal. Cuma kalau TT ditambah dengan beberapa data lagi seperti Swift Code bank tujuan, yang ini bisa ditanyakan ke pemilik rekening tujuan kalau Anda tidak tahu. Dan kedua, bukti invoice pembayaran transaksinya. Bank biasanya akan meminta ini sebagai dokumen pendukung transaksinya. 

Demikian sharing pengalaman saya kali ini. Anda juga punya pengalaman terkait Telegraphic Transfer? Silahkan Anda boleh sharing dengan saya, terima kasih.


Bookmark and Share

33 komentar:

  1. Belum pernah nyoba transfer duit ke luar negeri lewat apapun :-D Moneygram, Western Union, apalagi yg ini. Lha paypal aja sekedar punya (Ga ada credit card)

    Kapan ya bisa lakukan bisnis sampe ke luar negeri?

    Oya kalo terima duit dari liar negeri pernah :-D

    BalasHapus
  2. kalo ngitu patut tidak kita coba..ribet bgt..mungkin lebih aman transfer lewat tt

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik,,terima kasih untuk infonya,,

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk informasinya

    BalasHapus
  5. artikel yang menarik,,terima kasih informasinya,,

    BalasHapus
  6. info yang menarik,,terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  7. simple view, i like your blog design

    BalasHapus
  8. kalo saya dulu pernah kirim uang dari Maldives biayanya cuma US$6 untuk uang yg di kirim kurang ari US$1000 trus bank penerimanya disini bank BCA lalu ada potongan 40ribu di BCA tapi kalo ga mau dipotong bisa juga langsung dibayar waktu saya kirim uangnya sebesar US$4.. trus kalau lewat WU dari Maldive kesini kirim uang kurang dari US$100 biayanya US$15..

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah melakukan pembayaran via TT
    Pengalamannya sangat berharga untuk dishare
    terima kasih..

    BalasHapus
  10. Woow, mahal juga ye,., mending pake paypal aja kalo gitu,.,

    BalasHapus
  11. ada yang tau ga? saya kan transfer uang kemandiri dari muamalat tapi sudah 3 hari ini uangnya blm sampai ke mandiri. saya transfer secara manual. tolong infonya ya?

    BalasHapus
  12. Betul sekali mas. Pengalaman saya kemarin untuk bayar uang pendaftaran kuliah (jerman) aja ribetnya setengah mati, krn tidak semua bank mandiri bisa melakukannya. akhirnya saya ke mandiri bapindo yang lumayan gede itu katanya. Lalu di sana transfer tt dan kena charge lumayan gede. sekedar info aja, uang pendaftaran kuliah itu 30 euro. tapi biaya ttnya 30 usd. Tolong share mas, kl bayar lewat paypal atau kartu kredit gimana caranya.misalnya ke bank Ostsachsische Sparkasse Dresden Deutschland. Maturunuwun...

    BalasHapus
  13. makasih gan... infonya
    ane lebih suka pakai paypal kalau gitu
    win win solution meski dalam hati mikir juga..
    wah paypal enak juga ya?

    BalasHapus
  14. Saya sering kirim uang via telegraphic transfer via GMC. Biaya nya gak mahal kok, kalau di bawah 1000 USD 100rb an kalo ga salah. Kalo di atas 1000 USD ga kena biaya kalau ga salah. Nyampenya juga lmyn cepet kok.. Tapi ke GMC (Golden Money Changer) yah... Bukan via bank, kalau bank kan kurs nya jelek, sama biaya nya mahal.. Kalau GMC ini sih kurs oke, biaya jg gak mahal..
    Aq di Bandung, jadi kalo yg di Bandung sih enakan pake ini, ke GMC aja.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya pake GMC? harus ada account juga?

      Hapus
  15. Balasan
    1. Saya belum pernah transfer pakai Moneygram tapi seharusnya secara teknis harusnya sama saja. Anda tinggal cari dan datang ke bank yang support untuk transfer via Moneygram. Thanks

      Hapus
    2. Untuk pengiriman T/T value today, apakah ada kemungkinan uangny ga sampai tujuan penerima pada hari itu juga?

      Soalny saya melakukan transaksu untuk T/T value today, tetapi dari pihak sana mengakui belum menerima uangnya.

      Hapus
    3. Tergantung, Mas. Tujuan transfernya ke negara mana dan Anda transfernya jam berapa. Kalau pengalaman saya transfer ke rekening bank di USA. Jika saya transfernya pagi sebelum jam 11 nanti dini hari waktu malamnya sudah langsung masuk rekening tujuan

      Hapus
    4. Saya transfer jam 10 pagi tadi, dan dikabarin jam 8 malam belum masuk jg..

      Berarti kemungkinan besok pagi baru masuk ya.

      Terima kasih

      Hapus
    5. Baik mas, terima kasih informasinya..

      Hapus
  16. Uang yg mas setor itu apakah cash US Dollar atau didebet dari tabungan Dollar atau dari tabungan Rupiah,mas? Soalnya saya bingung sore tadi hendak wire transfer,saya debet dari tabungan Mandiri dan saya tulis di slip setoran dlm Rupiah.Dan bingung jg menginstruksikan transfer full amount atau bukan.Dan tellernya juga belum pernah menangani wire transfer.Akhirnya si teller memutuskan dlm bentuk full amount.Dgn biaya total Rp.385.000.Cukup besar tuk kiriman Rp.2.9 jt.
    Tapi transfer batal krn lewat batas waktu jam 3 sore.Selanjutnya saya tanyakan pd CS bakal penerima,diusulkan supaya bentuk bukan full amount dimana biaya dibebankan oleh bank koresponden.Mungkin mas bisa menjelaskan step2 sesuai pertanyaan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transfer TT bisa dari debet tabungan IDR atau dari rekening dolar. Dari setoran manual pun juga bisa. Kalau masalah kurs dari IDR ke dolar nanti pihak bank yang mengkurskan sendiri sesuai kurs jual pada saat transaksi. Full Amount itu artinya kita sebagai pengirim uang yang menanggung biaya transfernya. Si penerima akan terima dana utuh sesuai nilai transfer yang diinginkan. Kalau tidak full amount maka sebaliknya nanti saat uang tersebut sampai ke rekening penerima, terimanya tidak utuh tapi akan dipotong biaya transfer.

      Hapus
  17. saya berencana mengirimkan uang dari indonesia tepatnya ( Medan ) ke Malaysia dlm jumlah yg lumayan untuk menampung kos operate saudara.
    dimana saya boleh mengirimkan uang dengan cara yang selamat dan terjamin serta kos yang murah..sebab melaui WU biaya yg dikenakan hampir mencecah 4 jutaan
    mau langsung membawa tunai ke Malaysia pula saya rasa tak selamat

    BalasHapus
  18. saya berencana mengirimkan uang dari indonesia tepatnya ( Medan ) ke Malaysia dlm jumlah yg lumayan untuk menampung kos operate saudara.
    dimana saya boleh mengirimkan uang dengan cara yang selamat dan terjamin serta kos yang murah..sebab melaui WU biaya yg dikenakan hampir mencecah 4 jutaan
    mau langsung membawa tunai ke Malaysia pula saya rasa tak selamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mencoba menggunakan metode transfer lewat TT atau Wire Transfer. Untuk nilai besar lebih hemat pakai jalur ini dibanding WU karena biaya transfernya flat, tidak pakai prosentase terhadap nilainya. Biaya tranfer TT rata2 bank mengenakan charge 20-25 USD + Rp 35.000 - 50.000 per sekali transfer.

      Hapus
  19. permisi kalau boleh tau jumlah minimal transfer ke luar negeri melalui wire transfer atau TT dalam euro bank mandiri berapa ya?

    makasih

    BalasHapus
  20. diskusi dan info yg menarik

    BalasHapus