Sabtu, 10 Oktober 2015

Tips Mencari Tiket Pesawat dan Voucher Hotel Murah


Tour dan Travel

Anda sering traveling keluar kota? Kalau boleh saya tahu dimanakah selama ini Anda kalau ingin memesan tiket pesawat dan hotel?

Mungkin bagi sebagian besar orang yang sudah terbiasa online pilihan terbanyak umumnya adalah langsung pesan tiket ke pihak maskapainya langsung. Kedua, pesan melalui agen ticketing online semacam Traveloka. Atau pilihan yang ketiga pesan secara offline ke agen tiket yang ada di kota Anda.

Lalu kalau saya tanya Anda, manakah diantara tiga pilihan tadi yang harga tiketnya paling murah? Ke maskapainya langsung, ke agen tiket online atau pesan offline langsung ke agen tiket?

Jawabnya, mungkin ada yang berpendapat ke maskapainya langsung, lha pasti harganya yang paling murah. Alasannya? Ya, karena tanpa melewati agen. Kalau lewat agen pasti harganya akan di-up, dinaikkan dari harga jual tiket yang resmi dari maskapai. Agen, kan pasti ingin mencari untung dari selisih harga tiket yang dijual.

Pertanyaan saya kepada Anda, benarkah demikian?

Sebelum saya jawab mungkin saya perlu berikan ilustrasi sedikit tentang model bisnis hotel yang skema bisnisnya hampir serupa dengan tiket pesawat. Yaitu bisnis penjualan voucher hotel.

Anda tahu setiap hotel, umunya hotel yang berbintang, rata-rata pasti mengenakan skema tiga jenis tarif. Tarif pertama adalah public rate. Ini adalah tarif menginap khusus buat orang umum. Kedua, tarif corporate rate. Ini tarif khusus buat pelanggan hotel dari tamu korporat atau perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan pihak hotel. Ketiga, tarif travel. Ini adalah tarif dengan harga khusus yang diberikan pihak hotel ke seluruh agen atau mitra tour dan travel yang sudah menjalin kerjasama dengan pihak hotel.

Dari ketiga skema tarif tadi manakah pihak hotel yang menjual harganya yang paling murah? Jawabnya, pasti harga lewat agen tour dan travel. Baru kemudian berturut-turut harga corporate rate dan terakhir public rate.

Sekarang pertanyaannya mengapa kalau kita beli voucher hotel atau pesan hotel lewat agen tour dan travel bisa dapat harga lebih murah?

Anda tahu tamu hotel yang terbanyak menginap di sebuah hotel umumnya adalah yang pesan hotel melalui agen tour dan travel. Hotel tanpa capek-capek promosi sudah dapat pelanggan rutin dari agen tour dan travel. Artinya, tanpa biaya marketing besar sebuah hotel sudah mendapatkan pemasukan pelanggan rutin dari agen tour dan travel. Pihak travel lah yang mempromosikan hotel.

Nah, ini alasanya mengapa hotel pasti memberikan harga khusus kepada agen tour dan travel. Karena terjadi simbiosis mutualisme bisnis yang saling menguntungkan antara pihak hotel dan agen tour dan travel.

Sekarang balik lagi ke ticketing pesawat. Bagaimana kalau di bisnis ticketing pesawat? Jawabnya hampir sama kayak skema bisnis hotel. Di maskapai sama juga. Maskapai juga memberikan harga khusus kepada mitra atau agen tour dan travel, yang tentunya lebih rendah dari harga tiket resmi di maskapainya yang dijual langsung supaya agen tetap bisa menjual dengan harga tiket bersaing dan seringkali malah lebih murah dari harga dari maskapai. Jadi prinsip seperti kalau kita beli barang jika langsung beli ke produsen atau distributor lebih murah tidak berlaku di ticketing pesawat. Beli langsung tidak menjamin pasti lebih murah. Justru sebaliknya malah seringkali lebih mahal .

Sampai disini rasanya cukup jelas, kan penjelasan saya? He2.

Sekedar sharing saja. Kalau saya sendiri bagaimana? Saya biasanya jika pesan tiket pesawat selalu lewat online ke maskapainya langsung. Hanya baru-baru ini banting setir pesan tiket lewat agen tour dan travel online setelah tahu tips rahasia ini. Dan kalau pesan hotel saya biasanya lewat Booking.com dan Agoda.com.

Tapi setelah saya pikir-pikir kemudian saya pun akhirnya banting setir lagi tidak lagi pesan tiket dan hotel lewat pihak tour dan travel pihak ketiga. Lalu lewat mana? Lewat agen tour dan travel milik sendiri Diptara Tour & Travel. Hem, kok bisa? Ya, saya akhirnya membeli franchise bisnis travel ke perusahaan tour dan travel. Sekali beli bisa dipakai buat selamanya dan hebatnya bisa diwariskan. Keutungan yang saya dapat, selain saya bisa dapat tiket murah semua maskapai, saya juga masih di-susuki (dapat kembalian) dari harga agen. Enak, kan?

Bandingkan, kalau saya pesan tiket lewat Traveloka atau pesan hotel lewat Booking.com dan Agoda.com. Saya memang bisa dapat harga murah tapi selisih keuntungan agen tetap mereka, toh yang menikmatinya sendiri. Saya tetap lah  jadi konsumen mereka. Nah, kalau saya buka agen sendiri. Selain saya dapat harga tiket pesawat dan hotel murah, juga masih dapat pembagian keuntungan pula. Mantap, kan? He2.

Demikian sharing tips pengalaman saya kali ini. Bilamana Anda yang berminat untuk menjadi agen tour dan travel, Anda bisa kontak saya untuk info lebih lanjut. Saya akan memberikan penawaran harga franchise khusus buat pembaca blog ini. Anda berminat? Silahkan hubungi saya melalui link Peluang Usaha di website Diptara Tour & Travel, terima kasih.


Bookmark and Share

2 komentar:

  1. rasanya lama banget saya tidak bw ke sini dan bertegur sapa dengan pak joko :)

    apa kabar pak

    BalasHapus