Senin, 06 Juli 2009

NgeBlog, perlukah?

manfaat ngeblog

“NgeBlog, perlukah?” Pernah seorang kawan melontarkan pertanyaan itu kepadaku. Bahkan yang dengan nada mencemooh juga ada. “Halah…. ngeBlog itu hanya kerjaan orang nganggur dan buang-buang waktu aja”, begitu malah yang lain lebih sinis mengomentari kegiatan ngeBlog saya.

Saya tidak terkejut apalagi sakit hati mendengar pernyataan seperti itu. Mengapa? Karena pertanyaan itu sangat wajar. Betapa tidak, di jaman sekarang yang kencing saja harus bayar, ngapain capek-capek bikin Blog, apalagi Blog yang berbayar kalau tidak dapat hasil apa-apa, tidak ada orang yang membayar kita. Saya mengakui tidak salah kalau orang berpendapat demikian. Namun anda perlu tahu mengapa sebagian orang tetap eksis ngeBlog meski bagi kebanyakan orang kegiatan ngeBlog dianggap kerjaan orang nganggur dan buang-buang waktu saja.

Berikut ini adalah beberapa alasan secara umum mengapa orang Ngeblog:

Cari uang dari internet
Kalau anda berkunjung ke sebuah Blog dan menemukan banyak banner atau text iklan seperti Google Adsense, Kumpul Blogger, PTC seperti Klik Rupiah, Clixsense dll di halaman Blognya maka bisa disimpulkan dan sulit untuk bisa mengelak kalau salah satu alasan dari sekian alasan yang lain dari pemilik Blognya bikin Blog adalah ingin cari duit dari internet. Termasuk, saya tidak munafik, Blog yang sedang anda baca ini. He… He….

Personal Branding
Setiap orang punya kekhasan tersendiri. Baik dalam bersikap, bertutur, menulis maupun minat dan bakatnya terhadap hal atau bidang tertentu. Dengan ngeBlog orang akan tahu siapa kita meskipun tidak mengenal kita secara langsung. Contoh, tanpa bermaksud Narsis kalau orang baca Blog saya pasti dalam benaknya akan bisa menyimpulkan kalau minat dan kompetensi saya lebih tertarik pada komputer dan bidang teknik. Nah, inilah yang disebut Personal Branding.

Menyalurkan Hobi
Banyak cara untuk menyalurkan hobi, salah satunya bisa dengan lewat Blog. Dengan ngeBlog kita bisa menyalurkan hobi kita dengan menulis, mendokumentasikan hobi kita kedalam Blog kemudian berinteraksi dengan para Blogger lain atau pengunjung yang punya hobi yang sama dengan kita.

Berbagi kepada orang lain
Dengan ngeBlog kita bisa berbagi dan sharing apapun dengan orang lain. Bayangkan, kalau di Internet tidak ada kelompok orang yang ingin berbagi, dan yang ada hanya kelompok orang yang butuh informasi saja, mungkin Youtube, Flickr, PhotoBucket, 4shared, dll tidak akan pernah lahir. Dan kalaupun lahir contentnya tidak akan sebanyak sekarang ini karena mayoritas pengunjungnya ingin download semua tidak ada satupun yang upload ingin berbagi content dengan orang lain. Dengan ngeBlog kita bisa berbagi atau sharing apapun, bisa knowledge, content foto, video atau apapun kepada orang lain.

Demikian kurang lebih alasan beberapa orang di internet yang sering disebut juga para Blogger untuk ngeBlog. Dan diluar beberapa alasan tersebut diatas, bagi saya pribadi, jujur ngeBlog adalah seperti minum obat doping. Ya, doping yang menuntut saya agar senantiasa terus menerus belajar dan belajar tanpa henti sehingga bisa terus menulis dan ngeBlog berbagi tentang sedikit ilmu atau apapun yang saya ketahui kepada orang lain.

Kesimpulannya sekarang, apakah ngeBlog itu perlu? Jawabannya, mengutip dari bukunya Ndoro Kakung yang berjudul “NgeBlog dengan hati” Jika anda punya Passion setinggi gunung Merapi, menikmati proses menciptakan sesuatu dan berbagi pengetahuan dengan orang lain, menikmati dialog dan diskusi dengan sepenuh hati. Jika salah satu atau semua itu ada pada diri anda maka jawabannya adalah ngeBlog itu perlu. Namun jika ketiga-tiganya tidak satupun ada pada diri anda, lupakanlah, anda tidak cocok untuk ngeBlog. Dan bumi tentu tidak akan berhenti berputar hanya gara-gara anda tidak ngeBlog. He.....He.....

Note: Posting ini sekaligus menjawab pertanyaan “Alasan saya ngeBlog” dari teman saya Aremassacre atas award yang diberikan kepada Blog saya beberapa waktu yang lalu. Terima kasih sekali lagi, Kawan dan maaf PR awardnya baru bisa saya kerjakan sekarang.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar