Kamis, 04 Agustus 2011

Tips Bertransaksi Paypal Gratis Tanpa Fee

Paypal
Ini adalah pengalaman saya menggunakan Paypal selama tiga tahun sejak tahun 2008. Saya menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran e-commerce di internet. Saya tidak tahu apakah ada yang salah dengan Paypal sehingga saya mengalami kejadian aneh ini. Aneh? Ya, bagaimana tidak, selama tiga tahun lebih saya tak pernah dicharge fee oleh Paypal, baik setiap kali melakukan transaksi transfer Paypal balance maupun Pembayaran e-commerce.

Khusus yang transaksi e-commerce, umumnya, selama posisi kita sebagai buyer maka kita tidak dikenakan charge fee oleh Paypal. Karena fee yang nanggung dari pihak merchant atau sellernya. Tapi kalau untuk transfer balance Paypal umumnya pasti dikenakan fee.

Coba silahkan Anda lihat bukti capture print screen ini. Saya benar-benar tidak terkena charge dari Paypal waktu mentransfer Paypal balance sebesar 100 USD.

Rincian Transaksi Paypal

Saya juga sudah sering menggunakan Paypal buat belanja-belanja di eBay, beli aplikasi berbayar di BlackBerry Aplication World, perpanjangan domain dan sewa hosting. Dan memang free tanpa bayar fee kalau buat berbelanja karena kita sebagai buyer. Awalnya, saya beranggapan hanya transaksi withdraw atau narik uang saja yang dikenakan biaya. Eh, ternyata untuk kirim uang atau transfer balance pun juga harus membayar fee.

Lalu apa rahasia saya bisa tidak terkena charge biaya di Paypal?

Sebentar, akan saya jelaskan setelah ini. Sebelum saya menulis artikel ini saya sempat googling di internet bagaimana trik menggunakan Paypal agar tidak dikenakan fee. Dan triknya: Pertama, melakukan pembayaran dengan pilihan pakai Pembayaran Pribadi, bukan pakai pilihan Pembelian Online. Tapi pilihan ini katanya mengandung resiko. Yaitu account bisa dibanned oleh Paypal kalau keseringan. Terlebih misalnya account Paypal Anda belum genap setahun. Teman saya pernah lima kali transaksi pakai Pembayaran Pribadi langsung dibanned Paypal.

Kedua ― kebetulan cara kedua ini ada sahabat saya yang memberitahu saya karena sudah pernah mempraktekan pakai cara ini ― Yaitu transaksi Paypal via aplikasi Paypal di BlackBerry. Cara ini juga tidak kena charge transfer fee katanya. Silahkan kalau Anda tertarik bisa baca reviewnya disini “Keuntungan Paypal For Blackberry”.

Nah, sekarang rahasia saya. Mengapa saya tidak pernah dikenakan charge fee oleh Paypal? Rahasianya apa? Yang saya lakukan adalah tiga hal ini:

  1. Saya menyambungkan account Paypal terverifikasi ke kartu kredit Citibank VISA Gold saya.
  2. Setiap bertransaksi saldo di Paypal lebih kecil dari nilai transaksi pembayaran atau transfer yang saya lakukan.
  3. Setiap transaksi saya menggunakan pilihan Pembelian Online.

Yang nomor 3 kebalik, kan dengan kedua tips yang pertama di atas? Justru kalau pakai pilihan Pembayaran Pribadi Paypal malah mengenakan biaya transfer. Aneh, kan? Silahkan lihat bukti screnshootnya di bawah ini.

Transaksi Pembayaran Pribadi Paypal-1

Transaksi Pembayaran Pribadi Paypal-2

Contoh pertama diatas saya menggunakan pilihan Pembayaran Pribadi saat akan transfer balance Paypal sebesar 100 USD. Dan dikenakan fee sebesar 3.70 USD.

Transaksi Pembelian Online Paypal-1

Transaksi Pembelian Online Paypal-2

Contoh kedua saya menggunakan pilihan Pembelian Online saat akan transfer balance Paypal sebesar 200 USD. Dan ternyata malah gratis tidak dikenakan biaya fee samasekali.

Itulah trik sederhana saya selama ini menggunakan Paypal yang saya lakukan selama tiga tahun ini sehingga sepeser pun saya tak pernah membayar fee ke Paypal.

Anda mau mencoba tips ini? Silahkan mencoba. Mudah-mudahan Anda pun bisa gratis terus sama seperti saya. :D

Oh ya, lewat posting ini sekalian saya ingin menawarkan bantuan kepada siapa saja yang mungkin membutuhkan Paypal balance. Saya menawarkan kepada Anda saldo Paypal dengan rate penukaran terhadap rupiah dengan kurs bersaing. Minimum pertukaran saya tidak membatasi. 1 USD pun saya layani. Dan maksimumnya saya bisa menyediakan dana Paypal sampai 2000 USD. Jika ada yang berminat silahkan hubungi saya melalui link Contact blog ini, terima kasih.


Bookmark and Share

23 komentar:

  1. Saat ini saya lebih senang memilih Paypal For Blackberry, dengan beberapa alasan :
    a. Paypal menganggap sbgai Personal Transaksi secara otomatis fee nya kecil / free fee.

    b. Aman bagi pemilik account Paypal dengan kemungkinan kecil di banned karena Mobile IP melalui applikasi Paypal for Blackberry sudah barang tentu paypal mengetahui transaksi dilakukan melalui blackberry.

    Terimakasih Mas Postingnya, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. saya belum punya paypal, pak. Tapi gpp ini buat pelajaran saya.. semoga saya segera bikin paypal :D aminn

    BalasHapus
  3. saya punya paypal pak, sudah lama sekali juga nggak pernah dipakai, 1.95 USD mulu... :D

    BalasHapus
  4. Yang saya sayangkan dari dulu, kartu credit diblack list dan paypal pun macet. Sekarang ngga pernah pakai paypal. Lagian belum ada rencana beli barang bule. :)

    BalasHapus
  5. Lintang Hamidjoyo:
    Sama-sama, Mas Lintang. Posting ini juga lahir dari diskusi kita kemarin lewat BBM. Alasan yang B itu sangat masuk akal karena Paypal akan tahu kalau transaksinya dari BB meski IP addressnya berubah-ubah. Nah, saya yang poin A itu justru tak berlaku waktu saya coba di web. Pakai personal malah transfer balance dikenakan charge tapi bisa saya coba kalau lewat BB. Semoga tetap free.

    sibair:
    Kalau mau berbisnis online, Paypal itu seperti syarat wajib. Karena pembayaran online kebanyakan pakai Paypal. Disamping itu lebih save dibanding pakai kartu kredit secara langsung, Mas.

    Sriyono Semarang:
    Itu Paypal balancenya, Mas? Sama, punya saya sering malah nol. Setiap transaksi Paypal kebanyakan, ya debet ke kartu kredit saya.

    Kaget:
    Gimana ceritanya, kok bisa sampai diblacklist kartu kreditnya, Mas? Biasanya kalau sudah diblacklist sangat susah untuk mengurus kartu kredit atau kredit apapun ke bank. Tapi ya perlu disyukuri jadi dijauhkan dengan namanya hutang. :)

    BalasHapus
  6. wah, sampai saat ini saya belum punya paypal, pengin bikin juga,tapi ...

    BalasHapus
  7. rate nya berapa nih pak? wahh saya berarti bs beli nih hehehe

    BalasHapus
  8. jarwadi:
    Tapi apa, Mas? Belum merasa membutuhkannya, ya? Atau belum ada kartu kredit? He2...

    tomi:
    Ratenya untuk sementara saya buka harga menyesuaikan dengan rate pertukaran dolar terhadap rupiah saat ini aja, Mas Tomi.

    Terima kasih, ya Mas atas pembeliannya siang tadi. Mas Tomi jadi first customer saya lewat penawaran di blog ini.

    BalasHapus
  9. Kalau saya cuma pasif saja pak. Nerima dollar, lalu diuangkan ke rekening bank.

    Saya rasa pemotongan itu masuk akal juga. Apalagi, jika memang transaksi kita biasa cukup besar. PayPal memiliki kredibilitas tinggi. Saya sendiri tidak begitu tertarik dengan trik menggratiskan fee. Lebih baik jujur saja, jika berurusan uang seharusnya kita lebih apik.

    BalasHapus
  10. jarang make paypal sekarang kalo ga bayar domain

    BalasHapus
  11. paypal sekarang banyak mem-fraud transaksi hingga banyak merchant memautuskan ga pake PP

    BalasHapus
  12. Jeprie:
    Saya sendiri juga bingung apakah langkah yang saya lakukan itu termasuk mencurangi Paypal, Mas Jeprie. Dari awal menggunakan Paypal karena posisi saya lebih banyak sebagai buyer jadi tak pernah terkena charge fee. Nah, khusus yang transfer Paypal balance ini yang aneh, justru seharusnya yang curang itu yang pakai personal transaksi, bukan yang pembayaran online tapi, kok khusus saya malah terkena fee. Padahal umumnya justru sebaliknya.

    Terlepas dari itu, sebetulnya Paypal sudah menuai untung banyak dari merchant. Karena mereka sudah dapat fee dari merchant setiap ada transaksi. Dan untuk kasus transfer balance selama itu sesama akun pengguna Paypal semestinya gratis sebagaimana umumnya jasa perbankan. Akan muncul biaya kalau kliring dan inkaso antar bank.

    Aryo Seno:
    Jarang belanja e-commerce atau memang sering langsung pakai kartu kredit, Mas?

    Gita Nurani:
    Oh, ya? Saya baru tahu dan dengar informasi itu dari Mbak Gita. Apakah Anda pelaku bisnis online juga?

    BalasHapus
  13. Kalau dihitung-hitung, saya juga kena potongan lumayan besar dari beberapa pembayaran tutorial. Bahkan ada kenalan, dari Amrik, yang ikut-ikutan ngeluh tentang ini.

    Kalau saya lebih melihat ke masalah kredibilitas. Posisi kita saat ini memang konsumen yang memang sangat terbatas. Dibanding yang lain, PayPal memang sangat dipercaya dan umum digunakan. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa bahkan hanya mau bayar via PayPal. Saya rasa memang ini resikonya jika ingin memanfaatkan kredibilitas Paypal.

    Selama belum ada pesaing kuat, kemungkinan besar PayPal akan tetap bertahan dengan cara ini, mengeruk sebanyak mungkin keuntungan.

    Saya pribadi, jika membandingkan persentase potongan dan keuntungan yang diperoleh (kecepatan dan kemudahan transaksi) tidak merasa dirugikan. Yang pernah saya baca, katanya potongan ini sangat terasa bagi transaksi kecil --di bawah $10 (termasuk donasi di situs seperti link "buy me cofee"). Fee PayPal bisa lebih besar dari nilai uang yang masuk.

    Sekian saja komentar saya pak. BTW, jika ada kelebihan saldo PayPal, silakan dikirim ke PayPal saya.

    BalasHapus
  14. Jeprie:
    Sepertinya ada yang perlu saya luruskan di artikel saya ini Mas Jeprie. Barusan saya transfer balance ke beberapa teman blogger saya. Dan faktanya Paypal tetap mengenakan fee. Cuma yang nanggung bukan saya tapi teman saya yang menerima uangnya. Saya tadi baca-baca juga ketentuannya di Paypal. Ketentuannya adalah transfer balance akan gratis kalau pakai pilihan personal dan yang transfer punya saldo ready di Paypal, bukan dari hasil tarik dana dari kartu kredit. Jadi Paypal tetap akan mengenakan fee baik personal maupun untuk pembelian online. Kecuali, kalau punya dana ready mengendap di rekening paypal baru transfer balance gratis.

    Nah, khusus yang transfer balance menggunakan kartu kredit jika transfernya pakai pilihan personal ada pilihan siapa yang harus nanggung feenya. Bisa si pengirim dengan ada penambahan charge biaya, maupun penerimanya dengan jalan dipotong uangnya.

    Jadi cara-cara saya yang saya lakukan ini bukan sebuah kecurangan tapi cara legal karena samasekali tidak mengakali Paypal.

    Tadi waktu saya transfer balance $10 USD feenya terkena $0.64 USD. Dan waktu transfer $30 USD kena fee $1.32 USD. Keduanya pakai personal. Ya, lumayan besar juga. Benar kalau yang nilai di bawah $10 USD cukup besar feenya sampai 6.4%.

    Tapi kemarin saya transfer pakai pilihan pembelian online $10 USD gratis tanpa fee. Namun waktu transfer $50 USD pakai pilihan transaksi online teman saya bilang kena potongan fee $2 USD. Nah, ini yang membingungkan.

    Oke, nanti kalau ada kelebihan, Mas Jeprie. Siap nampung, ya? HeHe.....

    BalasHapus
  15. Nggak punya paypal, Mas.
    Kalo kartu kredit banyak... kreditan panci maksute.. :D

    BalasHapus
  16. DewiFatma:
    Kalau ibu-ibu itu yang suka kreditan panci. :D

    BalasHapus
  17. Untuk perrsonal payment saya rasa itu tidak aman bagi akun kita klo kita melakukan transaksi yang berlebihan. Untuk Paypal for BB saya masih belum bisa menikmatinya.

    BalasHapus
  18. Nurul Imam:
    Personal Payment kalau mengacu di TOS-nya Paypal hanya diperuntukan untuk perorangan, bukan untuk keperluan bisnis, misalnya membagi hadiah atau mengembalikan uang teman. Itu kalau saya baca di halaman ketentuan Paypal. Dan asal transfernya dari saldo yang ada atau mengendap di Paypal, bukan hasil tarik dari kartu kredit maka Paypal tidak akan charge fee.

    BalasHapus
  19. Terima kasih atas tutorialnya. Saya jadi tahu caranya..

    BalasHapus
  20. Sbnrnya saya pgn bgt pk paypal, tp sy ga punya kartu kredit atopun kartu debit krn sy msh pelajar & blm punya penghasilan sndr..
    Skrg sy bth paypal utk ikut lomba2 graphic design.. Kl mw bikin credit card takut chargenya gede..
    Gmn ya.. Ada yg punya saran?

    BalasHapus
  21. Vee:
    Bikin kartu kredit tambahan aja, nebeng ke ortu. Itu jalan termudahnya. Masalah charge gede tidak juga. Selama kita tidak hutang atau bayar dengan menyicil tidak kena bunga, kok. Kecuali iuran tahunan.

    BalasHapus
  22. Mas Joko,

    Saya masih kurang 'mudheng', sebelumnya dikatakan bahwa fee akan ditanggung oleh merchant (pihak penerima) jika menggunakan mode pembayaran online.
    Apakah cara ini, akan membebankan fee juga pada pihak penerima?

    BalasHapus
  23. Halo pak Joko, ulasan yg menginspirasi!
    Ada yg mau saya tanyakan.

    Bagaimana kalo kita yg jual barang, lalu si buyer-nya yg bayar ke kita? Apakah kita sebagai seller menerima bayaran dengan jumlah yg tetap, atau malah berkurang kepotong fee?

    Misal:
    Saya jual barang $10, lalu apakah si buyer transfer dengan jumlah yg sama atau jumlahnya ia tambahkan dengan fee-nya supaya kita nggak rugi?

    Makasih.

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    BalasHapus