Senin, 10 Mei 2010

Tips Memenangkan Lelang di eBay

Tips Memenangkan Lelang di eBaySaat pertama kali saya ikut lelang di eBay. Saya sempat heran dengan penawaran barang yang ditawarkan di eBay karena harga yang ditawarkan sangat murah-murah. Juga saya heran karena yang nge-bid (nawar) kok kelihatan malu-malu atau seperti banyak yang tak berminat. Padahal, harga barang lelangnya kalau saya compair ke Amazon atau lewat Google Product Search masih jauh dari harga pasaran.

Ada apa? Mengapa orang tak banyak yang tertarik? Itu pertanyaan saya dalam hati. Dan saya sempat jadi curiga jangan-jangan ini ada yang tak beres. Pikir saya bertambah penasaran.

Diantara rasa bimbang dan penasaran saya, kemudian iseng-iseng saya nge-bid, nawar harga diatas harga minimun lelangnya. Dan betul, langsung penawaran saya muncul sebagai penawar tertinggi kala itu.

Saya tunggu sampai beberapa saat posisi saya tetap tak berubah. Unggul jadi penawar tertinggi. Sampai akhirnya beberapa jam kemudian saya baru ngeh setelah dapat alert email dari eBay yang memberitahu saya kalau ada penawar tertinggi diatas saya. Saya kemudian nawar kembali, jadi penawar tertinggi beberapa saat kemudian kalah lagi karena ada yang berani nawar lebih tinggi dari saya. Begitu terus berulang-ulang sampai beberapa kali.

Finalnya, pertarungan itu semakin seru saja waktu menjelang menit-menit akhir penutupan lelangnya. Para penawar begitu agresif saling susul menyusul nge-bid dengan harga terbaiknya. Dan saya akhirnya kalah.

Dari pengalaman itu saya bisa belajar, perlu strategi untuk memenangkan lelang barang di eBay. Dan strategi untuk memenangkan lelangnya sangat ditentukan pada menit-menit akhir lelang akan ditutup. Itu strategi yang pertama. Tips strategi yang kedua, karena situs eBay berada di USA maka pilih waktu penutupan lelangnya pada malam hari waktu Amerika atau pagi hari waktu Indonesia sehingga tak banyak para penawarnya yang nge-bid. Tips ketiga, perlu koneksi internet yang cepat dan tidak mudah putus agar Anda bisa memenangkan lelang. Sebab jika tidak, Anda akan kalah cepat sewaktu submit harga lelangnya dengan peserta lain.

Demikian sekedar sharing pengalaman dari saya. Dan kini, saya jadi ingin membandingkan pengalaman saya lelang di eBay itu dengan penawaran lelang Voucher Google Adwors milik saya. Sampai hari ke-2, kok baru satu orang saja yang berminat dan meninggalkan komentarnya. Yang lainnya apa tak berminat, ya?

Pertanyaan saya: Apakah memang tak ada yang berminat, atau memang menunggu detik-detik akhir penawaran tersebut ditutup seperti halnya lelang barang di eBay?

Saya tidak tahu. Mungkin ada yang bisa menjawab mengapa banyak yang tak berminat dengan Voucher tersebut? Padahal, bagi yang merasa kesulitan daftar Google Adsense, bukankah salah satu triknya agar cepat di-approve adalah dengan pasang iklan Google Adwords dulu di Google?

Masih juga Anda tak berminat?




Bookmark and Share

9 komentar:

  1. Pak Joko, saya memang nggak ikut lelangnya Pak Joko, soalnya saya memang nggak melihat apa gunanya Adwords buat kesejahteraan saya.

    BalasHapus
  2. nanti saya pikirkan lagi..hehe

    BalasHapus
  3. Vicky Laurentina: Nggak ngikut gak pa2, Mbak Vicky. Ini penawaran buat yang minat saja.

    TUKANG NYOLONG: Boleh dipikirkan tapi nggak usah lama nanti keburu telat. He2

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasinya...ntar pengen juga ikutan lelang kalau ada barang bagus deh.

    BalasHapus
  5. Jual Kupon Adwords Murah,
    Yang serius hub. jogja_onair@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Komputertips.com: Kalau ada barang yang bagus di eBay bilang-bilang, ya Mas. Saya tak ikutan. He2.

    Jual Kupon Adwords Murah: Walah, kok malah nawarin ke saya. Saya aja mau tak berikan ke orang. Gratis malah!

    BalasHapus
  7. jadi pengen nyoba nih...
    sapa tau murah
    nice inpoh

    BalasHapus
  8. Jasa Order Barang dari eBay, Amazon, dan OL store lainnya. Fee Flat Rate Rp. 15.000 Saja

    BalasHapus