twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pengalaman Menarik Alami Lost Package di Amazon

Ini adalah pengalaman saya yang untuk pertama kalinya mengalami masalah saat transaksi Pembelian Online di situs Amazon. Saya mengalami dua masalah yang hampir beruntun setelah sekian lama transaksi di Amazon tidak pernah terjadi masalah.

Amazon Fulfillment

Apa masalahnya? Masalah pertama, saya mengalami barang orderan saya hilang tidak diterima oleh klien saya. Dan masalah kedua, barang retur dan harus kirim ulang karena ditolak oleh penerimanya di German.

ingin tahu apa tanggapan Amazon waktu saya mengajukan klaim saat orderan saya mengalami lost package? Tanpa bertanya dan meminta syarat macam-macam Amazon langsung menerima komplin saya dan langsung menyetujui untuk refund uang saya.

Berikut ini adalah kutipan email dari Amazon waktu saya komplin:

Message From Customer Service

Hello,

I'm sorry this package never arrived and you had to contact us.

I've requested a refund of $24.92 for the full amount of this shipment, including shipping, if any. You'll see the refund to your Visa card in the next 2-3 business days.

You can check on your refund by viewing the order in Your Account here:

https://www.amazon.com/gp/css/summary/edit.html?orderID=002-6034087-3109052

If the order does show up--and since the cost of return shipping is prohibitively expensive in this case--please keep the order with our compliments.

One of our aims at Amazon.com is to provide a convenient and efficient service; in this case, we haven't met that standard. I'm truly sorry, and I hope you'll give us another chance in the future.

I hope this solution works for you. We look forward to seeing you again soon. Thank you for your inquiry. Did I solve your problem?

If yes, please click here: http://www.amazon.com/gp/help/survey?p=A2LF3RZAIBK0O3&k=hy

If no, please click here:

http://www.amazon.com/gp/help/survey?p=A2LF3RZAIBK0O3&k=hn

Your feedback is helping us build Earth's Most Customer-Centric Company.

Maharajan A.

We hope to see you again soon!

Amazon.com

Setelah saya terima email tersebut, sesuai hari yang sudah dijanjikan 2-3 business days dana sudah dikreditkan kembali ke kartu kredit saya.

Hem, saya coba bandingkan dengan layanan toko online atau asuransi lokal, mungkin kalau terjadi lost package atau klaim tidak akan semudah itu langsung diganti. Pasti ada sederet pertanyaan dan banyak syarat macam-macam harus diberikan baru klaim bisa dicairkan.

Saya tidak memungkiri di negara maju seperti Amerika sangat menjunjung tinggi sportifitas. Orang-orangnya lebih sportif dan mementingkan pelayanan ketimbang harus ngeyel demi uang dan kerugian yang menurut mereka tak seberapa dibanding terjaganya reputasi mereka agar tetap baik di mata pelanggan.

Sebagai penutup di bawah saya cuplik video dari Amazon yang menurut saya cukup menarik bagaimana cara mereka (Amazon) handling paket dan mengelola toko onlinenya.




Bookmark and Share

12 komentar:

  1. pelayanan yang sangat memuaskan, membunuh berbagai rumor jual beli online gak aman

    BalasHapus
  2. Jangankan layanan toko online lokal, birokrasi di Indonesia jaja sangat berbelit-belit.

    BalasHapus
  3. wah hebat ya amazon, sama seperti yg saya alami waktu belanja di ebay, dan barang di retur, seller tidak ngaku sudah menerima padahal sudah jelas status pengiriman sudah diterima, 2 hari kemudian uang saya sudah di kembalikan lewat paypal masuk cc saya,

    BalasHapus
  4. Apa yang dilakukan oleh Amazon harus bisa dicontoh oleh kita2, jangan sampai kerugian yang kecil bisa membesar akibat ingin mempertahankan keuntungan

    BalasHapus
  5. saya juga pernah mengalami hal yang sama, udh komplain trus uang direfund, nggak taunya dua hari setelah itu barangnya nyampe ke rumah, mungkin kelamaan nyangkut di bea cukai. klo gn namanya dpt barang gratis..

    BalasHapus
  6. i like this post, thank's for sharing

    BalasHapus
  7. HEeeemmmm
    Jangankan layanan toko online lokal, birokrasi di Indonesia jaja sangat berbelit-belit.
    Sepatu Nike Running

    BalasHapus