Kamis, 19 Maret 2009

Antara Bebas Fiskal dan Wajib Pajak Nakal

bebas fiskal

Apakah Anda termasuk wajib pajak yang taat?

Jika jawabannya "Ya" maka berita tentang pembebasan biaya fiskal keluar negeri bagi orang atau wajib pajak yang sudah ber-NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah sungguh berita yang patut kita sambut dengan gembira, terutama bagi Anda yang sering Travelling keluar negeri. Betapa tidak, apalagi biaya fiskal di tahun 2009 ini sudah naik 150% menjadi Rp 2,5 juta (untuk yang lewat pesawat udara).

Eit...Tapi tunggu dulu jangan keburu senang dulu, tidak demikian halnya kalau Anda termasuk tipe wajib pajak yang tidak taat atau nakal karena suka memanipulasi laporan pajak Anda. Kenapa sebab? Menurut sumber dari orang dirjen Pajak, ada tujuan lain yang mendasar mengapa keputusan ini perlu dibuat.

Alasan implisitnya, boleh saya simpulkan hampir sama tujuannya seperti mengapa pengajuan kredit ke Bank jika kreditnya diatas Rp 50 juta Anda diwajibkan harus punya NPWP.

Nah, ini penjelasannya. Orang yang biasa pergi keluar negeri atau yang punya pinjaman di bank sampai diatas Rp 50 juta logikanya tidak mungkin orang biasa dengan penghasilan pas-pasan. Betul, nggak? Dan untuk mencrosscek valid tidaknya laporan pajak Anda maka audit dirjen pajak akan meminta data atau ngelink ke Imigrasi dan BI (Bank Indonesia) tentang aktifitas finansial Anda. Jadi jangan coba-coba, jika Anda sengaja curang atau berbohong pasti akan ketahuan.

Masih belum jelas? Nih, saya tambahkan lagi. Kasarnya begini, tidak masuk dilogika, kan bila Anda misalnya seorang pengusaha atau profesional dengan penghasilan tinggi tapi laporan pajak penghasilan Anda rendah atau bahkan nihil terus tiap tahun tapi kenyataannya tiap bulan atau bahkan bisa tiap minggu plesir keluar negeri? He..He...

Demikian, semoga sharing info ini bermanfaat dan segera menyadarkan Anda yang kebetulan belum taat pajak.


Bookmark and Share

2 komentar:

  1. PERTAMAXXX !!!

    Informasinya berguna sekali bro. Biar gak pernah keluar negeri, tapi yang aku ternyata mudah bikin kredit Bank,alias ngutang...hahaha

    BalasHapus
  2. Rata2 orang kita kebanyakan suka dengan hal yang berbau gratis tapi tanpa berpikir lebih jauh ada apa dibalik pemberian gratis itu.
    "Mau fasilitasnya tapi kok tidak mau bayar pajaknya." He he.. Padahal dengan sudah punya NPWP jejak kita direcord imigrasi dan link juga ke Dirjen Pajak

    BalasHapus