Jumat, 13 Maret 2009

Tips Design Pencahayaan Lighting Ruang

pencahayaan lighting


Apakah anda tahu bahwa hakekat design pencahayaan lighting sebuah ruang sebenarnya menganut kaidah siang dan malam?

Okey, mungkin anda masih bingung tapi beberapa contoh design ruang yang saya paparkan berikut ini mungkin bisa sedikit menjelaskan.

Jika anda sering traveling ke banyak tempat dan sering menginap di hotel-hotel berbintang, coba amati pencahayaan lighting di room hotelnya! Pencahayaan lighting roomnya akan cenderung soft, remang-remang dan kuning warna lampunya. Pencahayaan lighting yang dibuat hotel seperti ini sebenarnya bukan tanpa alasan tapi dengan maksud agar para tamunya jadi betah dan merasa nyaman untuk beristirahat di hotel.

Berbeda dengan hotel, contoh ruangan kantor, bank, rumah sakit dan sekolah-sekolah, mengapa tempat-tempat ini design pencahayaan lighting ruangannya cenderung terang dan putih warna lampunya?

Inilah yang disebut hakekat siang dan malam. Waktu siang adalah waktu untuk melakukan segala aktifitas yang membutuhkan tenaga dan pikiran untuk berpikir. Waktu siang indentik dengan sinar Matahari yang cahayanya terang dan putih.

Sementara waktu malam adalah waktu untuk beristirahat, bersantai setelah seharian kita menguras tenaga dan pikiran untuk bekerja. Warna malam identik dengan cahaya remang-remang dan cahaya kuning seperti sinar bulan.

Sekarang anda baru nyadar kan kenapa konsep pencahayaan lighting kedua tempat yang saya sebutkan tadi berbeda design pencahayaan lightingnya? Semua tak lain dilakukan oleh design interiornya untuk memberikan efek psikologis yang berbeda ke penghuninya.
Jadi tidak ada dalam kamus design interior kalau design ruangan kantor cahaya lightingnya dibuat kuning dan remang-remang cahayanya kalau nggak ingin semua karyawannya tertidur pulas. He....He....

Berikut Tips memilih jenis lampu:

Colour Rendering
Dalam katalog jenis lampu, satuan yang dipakai untuk membedakan warna cahaya lighting atau biasa disebut Colour Rendering adalah Kelvin atau sering disingkat K. Semakin tinggi angka satuan Kelvinnya, biasanya satuannya dalam ribuan, maka akan semakin putih warna cahaya lightingnya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah angka Kelvinnya maka akan semakin kuning warna cahaya lampunya.
Contoh pada lampu Philips jenis esential type warm white (kuning) satuan Kelvinnya dalam 2700 K. Dan kalau type cool daylight (putih) satuan kelvinnya sebesar 6500 K.

Lumen
Satuan yang membedakan kekuatan cahaya bohlam lampu adalah Lumen. Semakin tinggi satuan Lumen sebuah lampu maka semakin terang atau tinggi pula Lux cahaya yang dipancarkan. Lampu yang baik idealnya adalah ratio lumennya tinggi diatas 50 lm/W. Yaitu hasil dari kekuatan lumen lampu bila dibagi satuan watt lampunya hasilnya mendekati atau diatas 50-an lumen.
Contoh lampu yang ratio lumennya tinggi adalah lampu-lampu hemat energi seperti TL, PLC, Metal halide,dll. Sedangkan lampu yang ratio lumennya jelek adalah lampu pijar.

Demikian Tips dari saya. Semoga sharing Tips ini bermanfaat. Bila ada yang bermaksud mengomentari atau menambahkan saya persilahkan.


Bookmark and Share

1 komentar:

  1. wahh hebat nich bekerja di bidang entertaint yach,

    BalasHapus