Kamis, 29 Desember 2011

Mitos dan Fakta Seputar Bisnis Online

Bisnis Online
Awal dulu saya ngeblog tahun 2008 awal dan belajar apa itu internet marketing, saat itu doktrin yang saya terima adalah bisnis online itu katanya punya potensi penghasilan luar biasa besar. Hanya perlu modal minim, tanpa perlu kerja keras, hanya kerja dengan ongkang-ongkang kaki beberapa jam sehari, bisa kerja darimana saja dan kapan saja, tapi hasilnya bisa melimpah karena uang bisa didapat dengan mudah bak air mengalir deras dari internet.

Kini, setelah empat tahun terjun dalam bisnis online pertanyaannya, benarkah? Jawab saya benar meskipun tak seluruhnya benar. Yang benar memang potensi internet luar biasa besar dalam memberikan penghasilan. Lewat blog jelek ini (diptara.com) saya tak menampik sudah lumayan besar, untuk ukuran saya, penghasilan yang saya dapatkan. Maaf, saya tak bisa sebutkan berapa nominal penghasilan saya sebulan. Tapi yang jelas, Alhamdulillah sudah bisa untuk menopang penghasilan utama saya di pekerjaan offline. Sudah lebih dari cukup buat bayar tagihan internet flash Telkomsel paket Advance, paket internet saya, dan buat beli susu anak saya selama sebulan. Dan juga buat nyicil angsuran bulanan KPR rumah tipe 45, rumah saya saat ini, di Jogja. He2…

Lalu apa doktrin yang tak benar? Yang tidak benar adalah katanya kerja online hanya butuh modal sedikit, tak perlu kerja keras dan bisa ongkang-ongkang kaki kerja beberapa jam sehari tapi hasilnya uang melimpah. Sederhananya, kerja dengan input kecil/rendah tapi impact atau outputnya besar. Hem, jawab saya “No”. Itu hanya omong kosong. Yang namanya bisnis ya tetap bisnis. Prinsipnya tetap berlaku. Butuh kerja keras. Dan kalau Anda ingin mancing ikan besar di lautan lepas tentu tetap butuh sampan, kail bagus dan umpan yang besar pula. Kecuali kalau hanya mengais receh di internet memang tak butuh modal samasekali selain hanya butuh komputer dan sambungan internet saja.

Kedua, siapa bilang kerja online itu tanpa kerja keras dan hanya ongkang-ongkang kaki tapi duit sudah mengalir sendiri. Memelihara tuyul kali yang bisa seperti itu, ya? :D Memang, kerja online Anda tidak dituntut seperti kerja kantoran yang butuh kerja 8 jam sehari atau 40 jam seminggu. Tapi justru karena flexsibilitas kerja online yang tak berbatas waktu dan tempat, asal ada internet justru telah membuat hidup saya tak boleh jauh-jauh dari namanya internet kemanapun saya pergi. Saya ulang kemanapun saya pergi. Saya seperti dibelenggu. Itu fakta yang saya alami akibat menekuni bisnis online. Dan kerja online ini cukup menyita waktu saya sepanjang hari selama 24 jam. Karena selalu saja ada interupsi sewaktu-waktu dari prospek atau klien yang mau beli barang jualan saya maupun minta bantuan Jasa Online saya. Dan satu lagi, email yang butuh saya jawab atau follow up dikirim dari mitra kerja dari Amerika yang seringnya masuk justru saat tengah malam dan dini hari.

Seperti yang sudah saya ceritakan di artikel ini, baca “6 Tips Memenangkan Lelang di eBay” perbedaan waktu di sini dan USA yang selisih 12 jam membuat tengah malam saatnya saya asyik terlelap tidur sering interupsi panggilan kerja itu selalu datang siap untuk saya eksekusi. Jadi, kerja di internet tak mengenal waktu dan geografis. Tidak juga ada istilah ngambil cuti sementara seperti kerja offline. Atau saat pulang kantor dan hari libur bisa bersantai di rumah tidak memikirkan beban perkerjaan dari kantor.

Apakah semua bisnis online itu kondisinya sama seperti yang saya alami? Saya kurang tahu persis apakah sama. Namun, setidaknya pengalaman saya ini sebagai bukti bahwa yang namanya bisnis, apapun itu metode bisnisnya, baik jualan barang dan jasa, mau offline maupun online saya rasa prinsipnya tetap sama. Tetap butuh kerja keras dan modal. Betul?

Bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah Anda terjun dalam bisnis online? Jika sudah apakah benar kerja online Anda bisa benar-benar bisa seperti yang diiklankan dalam kampanye internet marketing tersebut? Kerja hanya ongkang-ongkang kaki tanpa modal, tanpa kerja keras namun bisa dapat penghasilan melimpah. Silahkan Anda boleh berbagi pengalaman Anda dengan saya, terima kasih.

Sumber Foto: Internet Marketing


Bookmark and Share

18 komentar:

  1. k e r e n pak joko, semoga makin sukses dengan bisnis online nya :)

    BalasHapus
  2. Saya memonetisasi blog saya. Itu termasuk bisnis online gak, Pak? Tapi yaaaa duitnya masih dikit banget sih. Masih recehan. Ya mungkin karena saya juga belum terlalu serius nyari duit di sana. Hehehehehe...

    BalasHapus
  3. Wah masi banyakan punya pak Joko nih revenuenya... masi mainan recehan nih saya...
    Oke deh,
    Tunggu tahun depan,
    Primbon saya menghasilkan lebih banyak deh... Hhh...

    BalasHapus
  4. penasaran, model bisnisnya seperti apa seh?

    BalasHapus
  5. Jarwadi:
    Amin. Terima kasih doanya, Mas Jarwadi. :)

    Kimi:
    Ya, termasuk, Mbak Kimi. Berarti tinggal fokus dan diseriusin pasti nanti hasilnya juga akan serius. :)

    Sriyono Semarang:
    Sama, Mas. Saya sebetulnya juga masih ngumpulin profit recehan, Mas. Hanya duit beberapa ratus ribu saja perhari. Yuk, Mas tahun depan harus lebih banyak lagi. Semoga sukses bisnis onlinenya. :)

    Kurnia Septa:
    Penasaran? He2... Ada, kok Mas kalau mau cari bisnis saya ada di blog ini.

    BalasHapus
  6. Namun tetap saja, yang namanya bisnis daring perlu kerja keras :).

    BalasHapus
  7. masih sebatas curhat dan crita-crita saya sih ngeblog... yang jelas catatan saya tentang perjalanan hidup, perjalanan spiritual, dan catatan tulisan kopas untuk renungan

    BalasHapus
  8. Kalau di bisnis online saya baru mengecap hasil yang lumayan lewat GA... Tapi sayang, akhir-akhir ini udah dua kali secara beruntun akun saya kena banned...
    Mudah-mudahan tahun depan bisa dapat ladang baru, soalnya GA sekarang mulai banyak bertingkah

    BalasHapus
  9. Bisnis Online lebih menyiksa tubuh, ya nasibnya memang begitu. Toh yang benar2 pelanggan justru di luar sana, mau tak mau harus rela ngalong :)

    BalasHapus
  10. hehehe bener-bener mas..
    gak ada cara yang bener2 instan untuk sukses di bisnis online, semuanya juga pasti membutuhkan modal, usaha dan kerja keras :D
    tapi kalau mas joko punya tips dan trik hebat dalam bisnis online..saya mau dong sharingnya wkwkw

    BalasHapus
  11. Cahya
    Kerja keras itu pasti, Mas. Ini berlaku di semua bisnis. Betul.

    Ami
    Proses awalnya ngeblog kebanyakan gitu, Mbak Ami. Dari sharing-sharing lama-lama peluang bisnis itu akan datang sendiri dan kita tinggal menseriusinya.

    bro eser
    Tentang GA itu saya sempat membacanya di blog Bro Eser. Iya, Google rupanya semakin ketat sekarang dalam TOS-nya. Sedikit-sedikit banned. Oh, ya, Bro apa tidak tertarik juga dengan mengembangkan bisnis yang lain selain main Adsense? Atau sudah ada bisnis online yang lain?

    Kaget
    Tentang ngalong itu benar sekali. Saya sekarang jadi ketularan virus ngalongnya Mas Anto. Lha gimana, kebanyakan email masuk seringnya tengah malam sampai dini hari.

    crazyhusband
    Trik hebat? He2...Saya belum pakarnya soal ini, Mas. Selama ini saya hanya belajar dari praktek dan bertanya kepada yang ahlinya saja terus mempraktekkannya. Sebagian besar sudah saya tulis semuanya di blog ini, kok Mas.

    BalasHapus
  12. lumayan tuh Pak sudah bisa membayar kebutuhan sehari-hari dengan berbisnis online.dan kalau dipikir-pikir memang benar prinsip kesuksessan tidak akan pernah berubah yaitu kerja keras dan do'a.salam kenal....

    BalasHapus
  13. Ego Dafma Dasa:
    Iya, Alhamdulillah, Mas penghasilan online saya bisa buat nambah penghasilan yang utama. Terima kasih sudah mampir. Salam kenal kembali. :)

    BalasHapus
  14. kayanya saya harus ngubek2 blog ini deh mas..makanya saya izin masang link blog mas joko di blog saya biar saya gampang nyari ilmu di blog mas joko hehe makasih..

    BalasHapus
  15. Yang pasti, bisnis online bukan bisnis instan. Seperti halnya bisnis luring, bisnis daring juga perlu proses. Membangun website atau membuat blog, melakukan optimasi, dll membutuhkan waktu. Memang, ada yang cepat dan ada yang lambat. Belum lagi kalau yang penghasilan utamanya dari ppc dan kena banned, harus daftar ppc lagi, dll. Akan tetapi, potensi pendapatan dari bisnis daring itu memang luar biasa. Kita bis berbisnis dengan seluruh manusia yang ada di atas bola dunia ini. Luar biasa!

    BalasHapus
  16. crazyhusband:
    Nyuri ilmu apa, Mas? Saya tak punya ilmu apa-apa yang pantas untuk diambil di blog ini. :)
    Terima kasih sudah pasang link blog jelek saya ini, Mas.

    Kombor:
    Kalau seperti Mas Kombor yang sudah lama ngeblog pasti sudah sangat paham bahwa tidak ada yang instant dalam bisnis online. Semua perlu usaha dan kerja keras.

    Ya, dengan internet kita bisa berbisnis dengan semua orang dari belahan dunia manapun, baik dari barat maupun timur tanpa terhalang geografi. Jadi potensi dan marketnya luar biasa luas dan besar kalau digali.

    BalasHapus
  17. Mas Joko,saya mengawali blog2 gratisan http://website-download.blogspot.com atau http://yusufzulkarnain.blogspot.com sejak Okt. 2010 dengan niatan sharing - masalah uang nanti akan datang juga. Tapi kini terasa seperti hampir kehabisan nafas, mau break. Alhamdulillah, artikel ini menginspirasi untuk tetap maju. Terimakasih Mas, salam kenal, saya asli belakang pasar Demangan Yogya yang boro ke Jakarta. Saya akan pasang link blog ini.

    BalasHapus
  18. Izin ngintip Mas. Diskusi yang menarik.

    BalasHapus