Sabtu, 14 Januari 2012

Gratisan Itu Tidak Tahan Lama dan Rawan Masalah

Template
Hari Kamis 12 Januari 2012 malam kemarin saya akhirnya memutuskan untuk mengganti template blog ini. Setelah sekian lama hampir tiga tahun lamanya sejak bulan Agustus 2009 blog ini belum pernah sekalipun ganti template. Uh, lama sekali, ya? Kenapa tiba-tiba ganti template? Gara-garanya, template saya yang lama mengalami error. Maklum template gratisan yang beberapa image ada yang embed dari layanan gratis Photobucket jadi begitu layanan gratisan dari Photubucketnya ditutup (limited) akhirnya template jadi error. Beberapa image berupa icon dan background yang seharusnya tampil jadi gagal muncul.

Gratisan Itu Tidak Tahan Lama dan Rawan Masalah. Betul? Sepertinya rumus itu banyak berlaku di semua layanan, tak terkecuali layanan di internet. Namanya juga barang/layanan gratis jadi sepenuhnya bergantung belas kasihan yang memberi. Jika yang memberi sudah mulai itung-itungan dan menyatakan tidak mendapat sharing benefit apa-apa, alhasil ditutup lah layanan gratis mereka. Jadi sebagai pengguna barang gratisan kita mesti tahu diri juga dengan membayar, jangan cari yang gratisan melulu. :D

Terkait masalah layanan gratisan saya ada contoh. Contoh yang sebaiknya dihindari, dalam berbisnis sebaiknya menghindari layanan gratis. Karena, sekali lagi yang gratisan itu tidak tahan lama dan rawan masalah, dan juga dicurangi. Saya akan cerita pengalaman buruk saya menggunakan layanan gratis. Yaitu layanan Forwarding Pembelian Online. Hanya karena ingin menghemat biaya membership fee alamat forwarding di USA, saya akhirnya malah orot-orot biaya. Kena cekik pajak bea masuk tinggi di DHL, dan juga masih ditambah barang order klien Jasa Pembelian Online saya hilang dicuri oleh, entah oknum dari DHL, Shipper, atau Pabean (Custom). Next saya akan ceritakan pengalaman buruk saya menggunakan jasa kurir luar negeri dari DHL.

Balik lagi ke masalah template. Karena saya tak punya keahlian ngutak-ngatik template dan coding web apalagi keahlian webmaster. Hanya mengerti sedikit dasar-dasar pemrograman HTML, dengan modal nekat karena waktu yang sangat mendesak, hanya semalam. Setelah ubek-ubek sana-sini lewat Google untuk mencari-cari template mana yang cocok, akhirnya pilihan saya jatuhkan pada template dua kolom buatan dari Desi Templates. Saya menjatuhkan pilihan pada template yang bernama Blogsony Blogger Template karena menurut saya yang paling pas sebab simple, tidak terlalu banyak kolom sehingga lebar area posting maupun sidebar jadi terasa lega. Tidak seperti template yang kemarin terlihat sangat sumpek area postingnya karena terlalu mepet dan dipadatkan.

Lumayan melelahkan juga ternyata proses ganti templatenya. Saya sampai bergadang hingga pukul 3:00 pagi untuk melakukan proses perpindahan ini. Saya merestore satu per satu beberapa setting script templatenya dari backup template yang lama, lalu mencopinya ke template yang baru. Beberapa widget yang lama banyak yang saya buang dan saya putuskan tidak pasang lagi. Seperti widget-widget statistik dan bookmark blog directory saya buang semuanya.

Hem, saya tidak tahu apakah ini sebuah kebetulan belaka. Kenapa Photobucket melimited layanannya secara tiba-tiba di tahun ini. Kok bisa bareng dengan pergantian tahun? Tapi, ya saya harus bersyukur mumpung ini momentnya juga masih di pertengahan bulan Januari, pas baru saja pergantian tahun dari 2011 menjadi tahun 2012. Jadi, tentunya harapan saya semoga perubahan ini bisa membawa suasana baru, semangat baru, dan rejeki baru dalam ngeblog. Dan satu lagi tidak terus ketiban sial lagi. Amin. He..He…


Bookmark and Share

32 komentar:

  1. bener gan yang namanya gratisan suka ada -ada ajja masalahnya

    BalasHapus
  2. Blogspot udah bikin komentar dengan thread... selamat dengan template baru. ngomong-ngomong soal template, beberapa kali nyoba template gratisan kok susah amat, gak sesuai harapan. ujung-ujungnya narsis (emang kalo pasang foto narsis?).

    Narsis itu kalo foto-fotoan berlebihan gaya lebay menurutku, hehehe...

    smoga tahun baru ini banyak keberuntungan ya...

    BalasHapus
  3. Gak semuanya juga pak, blogspot walaupun gratis tapi belum ada masalah kan?

    Dan saya suka yang gratisan, lebih tepatnya yang opensource

    BalasHapus
  4. Saya juga ganti template pak hahaha
    gara2 loadingnya lambat, ,
    btw,kalo pake wordpress,pak joko bakal lebh cocok lagi . . blom coba kan ?

    BalasHapus
  5. obat insomnia:
    Namanya juga gratisan, Gan. Jadi harap maklum. He2...

    Ratnawati Utami:
    Ya, kemarin saya sempat lihat model komentarnya di blog Hani. Ehm, keren juga jadi mirip kayak WP. Cari template yang cocok memang gampang-gampang susah. Kayak nyari suami/istri aja. :D

    Amin. Semoga demikian di tahun yang baru rejekinya juga baru, Mbak Ami. :)

    farizalfa:
    Belum bukan berarti tidak ada nanti. He2... Ya, sama saya pun berharap juga begitu. Jangan ada masalah karena blog ini pun masih numpang hosting gratis di blogspot punya Google.

    ada-akbar.com:
    Kalau Mas Akbar, sih Mbahnya template, wong web developer jadi sudah familiar dan pengalaman sekali gonta-ganti template. Sementara saya? He2... Kalau WP sudah pernah coba, Mas. Tapi blognya sudah saya tinggalkan. :D

    BalasHapus
  6. Ya, saya juga kadang mengalami hal itu, tapi tidak untuk template sih, kalau blogspot saya pakai yang bawaan Google, sudah lumayan bagus. Kalau WordPress kan sudah ternanam di domain sendiri, jadinya bisa dibilang aman.

    BalasHapus
  7. hoho.. akhirnya ganti baju juga mas :D
    tapi bagus koq yang baru juga..
    jujur saya masih suka yang gratisan mas..karena untuk beli yang premium saya belum bs hehehe
    tapi saya sebisa mungkin nyari gratisan yang bagus :D
    semoga tambah mantap mas..

    BalasHapus
  8. Saya juga agak kaget pas tahu template blog ini ganti pak :) Ya, saya sudah menyadarinya sewaktu ngeblog di blogspot dulu. Kalau ngga salah pake layanan imageshack. Pertamanya memang asyik, terus lama-kelamaan kok sering error.

    Yah, namanya juga penyedia pihak ketiga. Begitu pun dengan shoutmix (katanya sekarang ga gratis lagi ya?) dan lainnya yang gratis.

    Saya masih membayangkan gimana ya kalo blog diptara ini migrasi ke WP, tentu lebih nyaman pak me-manage file2nya hehe.

    Ya, semoga dgn template baru ini bisa membawa berkah di tahun baru ini ya pak, amiin :)

    BalasHapus
  9. kalau saya boleh saran, coba ke kolom-tutorial.com atau o-om.com setahu saya untuk dunia blogspot disana tempatnya yg pas. banyak tutorial atau theme menarik.

    BalasHapus
  10. dengan bergantinya template diptara.com, saya lebih senang pak, karena link saya di sidebar terlihat lebih besar dan mencolok. hehehehe...

    Semoga dengan bergantinya theme diptara, semakin menambah visitor di situs yang bagus ini.

    Salam..

    BalasHapus
  11. theme ini saya rasa lebih enteng loadingnya, hehe. mengenai photobucket, saya belum pernah menggunakan, tetapi ketika saya blogwalking sering melihat ada kotak kosong berlogo photobucket dengan tulisan bandwidth limit exceeded. untuk photo hosting saya tetep suka dengan picasaweb.

    BalasHapus
  12. lha ini hostingnya diptara.com sudah yang versi bayar juga belum pak? :D
    klo space belum habis 1 GB khan belum waktunya bayar...
    kliatannya yang gratis dan paling ikhlas cuman google,
    bahkan klo wordpress dot com kita upload gambar porno langsung dan ketauan langsung ilang tu blog...
    sementara klo di blogspot atau blog dot com dengan engine blogger otomatis hostingnya punya google, klo ketauan cuman ilang gambarnya doang, bukan blognya... :D

    BalasHapus
  13. Lha aku dari tadi mboco halamn2 dsini baru sadar kalau udah ganti baju. Dan terus terang kalau dengan baju ini terasa lebih enteng di browser :)

    BalasHapus
  14. Kenapa tidak disimpan di dropbox aja pak gambarnya?
    http://db.tt/ve4llfB (ada referrralnya)

    Dulu saya nyimpen gambar latar, logo, dan berbagai gambar asesoris file di dropbox. Jadi, jika ingin diedit, misalnya ganti latar kita cukup ngedit file yang di komputer kita. Jika ada sambungan internet, otomatis file akan diupload. Tidak ada batasan bandwidth, space gratisnya 2 GB.

    BalasHapus
  15. Koreksi:

    ... berbagai gambar asesoris situs di dropbox.

    BalasHapus
  16. Cahya:
    Kemarin itu karena embed, Mas ke Photobucket jadinya harus mindah dulu imagenya baru bisa betulkan templatenya. Tapi itu pekerjaan ribet juga. Jadinya mending ganti aja sekalian. Khusus yang template sekarang semua image yang dipakai latar dll embed dari Picasa punya Google. Jadi mudah2an aman.

    crazyhusband:
    Saya juga, Mas. Masih sering tergoda untuk selalu pakai yang gratisan. Konpensasinya, ya sewaktu-waktu harus kelabakan kalau dihentikan kayak kasus ini. Terima kasih doanya, Mas.

    Darin:
    Kalau yang Shoutmix iya sudah lama itu, Mas. Akhirnya saya ganti yang satunya. Saya lupa apa kemarin namanya. Tapi di template ini semua sudah saya buang karena hanya bikin lemot dan kurang berguna. Hanya buat sarang nyepam aja.

    Saya dari dulu punya rencana bikin blog satu lagi yang selfhosting pakai WP. Tapi belum kesampaian juga, Mas. Terima kasih doanya, Mas Darin. Amin...

    hanif:
    Iya, Mas kalau yang tempat O-OM saya dulu sering ke sana waktu awal-awal ngeblog. Sekarang sudah jarang karena hobi ngoprek template masanya sudah lewat sekarang, Mas. He2...

    om onny:
    Gitu, ya Mas Onny? Ya, semoga ini bisa jadi simbiosis saling menguntungkan. Tapi yang penting pertemanannya Mas. Mas Onny termasuk sahabat di Blagroll saya yang sudah cukup lama. Sejak tahun awal saya ngeblog. Terima kasih doanya, Mas Onny.

    Jarwadi:
    Lebih enteng, ya Mas. Mungkin pengaruh template dan widgetnya yang banyak saya buang kali, Mas.

    Kemarin juga ada tulisan seperti itu. Messagenya karena sudah limited jadi disuruh upgrade menjadi berbayar.

    Sriyono Semarang:
    Hosting masih numpang di Google, Mas. Hanya domainnya saja yang mbayar ke Google. :)

    Iya, Mas kalau sesama numpangnya antara blogspot dan WP dot com lebih leluasa yang di blogspot. WP sangat ketat aturannya.

    Kaget:
    Gitu, ya Mas. Sama seperti komentar dari Mas Jarwadi di atas. Bagus lah kalau lebih ringan. Artinya saya tak memberatkan pengunjung yang koneksinya lambat bandwidthnya.

    Jeprie:
    Saya belum coba yang di dropbox, Mas Jeprie. Masih ngandalkan layanan web album Picasa. Boleh nanti saya coba simpan sebagian gambar saya ke sana kalau nanti space di Picasa mulai habis. Terima kasih sudah mampir kemabli. :)

    BalasHapus
  17. hahaha ya itu mah resiko mas :D
    wong kita yang milih gratisan..
    tapi untuk semacam platform blog saya emang udah mulai pake yang bayar dari setahun yang lalu..karena professional dan customisasinya yang lengkap.. kalau untuk yang gratisan sih yang sifatnya belum terlalu urgent aja :D

    BalasHapus
  18. gratis, high risk non quality.
    bayar, high risk good quality.

    BalasHapus
  19. crazyhusband:
    Ya, Mas. Kalau self hosting memang paling leluasa customisasinya. Nah, khusus blog ini sudah terlanjur di sini jadi saya nunggu aja kalau layanan blogspot misalnya tiba-tiba ditutup Google, baru domainnya saya pindah dan hosting sendiri. Tapi semoga saja itu tidak terjadi. :)

    Lilih Prilian Ari Pranowo:
    Benar, Mas kalau bayar ada harga yang dibayar sehingga lebih berkualitas. Kalau gratis mesti pintar-pintar milih mana yang bagus terus dicustomisasi sendiri biar kelihatan lebih bagus lagi kayak berbayar.

    BalasHapus
  20. Salam kenal untuk semua. Saat ini saya masih pake blogspot untuk blog ini. Alhamdulillah masih baik2 saja, semoga sih tidak terjadi masalah suatu saat. Terima kasih.

    BalasHapus
  21. pake yang bawaan blogger aja mas... nggak bakalan ada cerita error gambarnya :D

    BalasHapus
  22. Toko Sepatu Futsal:
    Salam kenal kembali, Mas. Blog ini pun engine dan hostingnya masih menggunakan layanan grtis blogspot. Semoga demikian harapannya, Mas.

    Honeylizious:
    Ini gambarnya sekarang sudah pakai punya Google, kok. Embed dari Picasa.

    BalasHapus
  23. Betul mas.... memang bener..... karena gratis itu jadinya sering ada troubel.... mungkin sebentar lagi blogger akan berpindah dari yang ke premium mas... hehehehe kita tunggu saja....

    BalasHapus
  24. Zonapedia:
    Kalau pindah ke premium bayar dan layanannya meningkat gak pa2, Mas. Daripada dipertahankan gratis terus tiba-tiba ditutup ini yang bahaya. Betul? :-)

    BalasHapus
  25. Kalau saya lebih milih pakai gratisan tapi resmi dari cmsnya ( blogger / wordpress ) kalau pake premium agak ga kuat bayarnya..

    ^_^

    BalasHapus
  26. aLdyputRa:
    Premium yang selfhosting maksudnya, ya Mas? He2... Selain gak kuat bayarnya, kalau saya ribet ngurus hosting dan securitynya. Eh, tapi Mas Aldy, kan ahlinya kalau urusan begitu. :)

    BalasHapus
  27. Tapi yang ini lebih simple dan ringan diakses kok pak Joko :-)

    BalasHapus
  28. Said Rahman:
    Terima kasih, Mas. Iya banyak yang bilang begitu. Template yang lama terasa berat. Yang ini lebih ringan katanya. :)

    BalasHapus
  29. template 2 kolom memang ciamik, mas. boleh dibilang favorit saya hehe. tinggal di poles dikit langsung tambah mantep nih, mas.

    BalasHapus
  30. Andi Sakab:
    Iya, Mas. Kalau template dua kolom terasa lebar are posting dan sidebarnya. Ini yang saya suka.

    BalasHapus
  31. Mungkin kalo imagenya di upload di blogspot lebih baik walaupun gratis

    BalasHapus
  32. Mantab gan, kata teman saya dh murah mauny selamat, Kl menerut sy jg dari harga sudah mencerminkan kualitasnya :)

    BalasHapus