Sabtu, 25 Juli 2009

Meramal Komunikasi Masa Depan

meramal komunikasi masa depan

Saya punya angan-angan, saatnya nanti mungkin 5 tahun kedepan jika semua pengguna telepon seluler sudah membiasakan diri kirim pesan singkat dan MMS lewat messenger atau push email serta nelpon menggunakan VOIP gratis semacam FRING atau SKYPE dari ponselnya, sekarang baru populer pada pengguna Blackberry dan smartphone, apa jadinya nasib operator seluler?

Hanya ada 2 pilihan. Bangkrut? Atau core bisnisnya banting stir jadi perusahaan Internet Service Provider? Eit…. Tapi tunggu. Saya perlu tegaskan dulu, saya bukan seorang penemu dan futuris yang bisa disejajarkan dengan Arthur Charles Clarke yang bisa memprediksikan teknologi jauh kedepan. Kalau Arthur Charles Clarke memang benar-benar luar biasa. Bayangkan, pada tahun 1945 dia sudah berani berprediksi kalau kedepan akan ada satelit geostasioner untuk mendukung komunikasi global dan tahun 2005 diprediksi akan ada “perpustakaan global” yang kini benar-benar sudah terbukti dan dikenal orang dengan nama internet.

Kembali ke angan-angan saya, kalau kita berkaca pada pembelajaran masa lalu dimana pada masa tahun 90-an awal nasib perusahaan radio pager yang dulu juga sempat populer akhirnya bergeser ke telepon seluler. Apakah nantinya nasib telepon seluler juga akan ditinggalkan seperti nasib Pager? Atau mungkin bertransformasi fungsi ke yang lain seperti nasib kantor POS dan GIRO sekarang ini yang lebih berfungsi sebagai pengirim dokumen dan paket daripada fungsi surat-menyurat seperti dulu.

Terus terang, bagi saya pribadi sejak makin maraknya penggunaan messenger dan push email di kalangan pengguna telepon seluler gara-gara booming Blackberry, saya juga akhirnya ikutan mengaktifkan aplikasi messenger dan push email di ponsel saya. Dan efeknya tagihan telpon saya lumayan bisa turun cukup signifikan karena perilaku saya ikutan berubah, lebih senang kirim pesan lewat push email atau messenger daripada lewat SMS yang harus keluar pulsa lagi, kecuali kalau lawan bicara saya sana tidak mengaktifkan aplikasi messenger dan push email di ponselnya.

Dan lebih jauh, jika aplikasi VOIP di ponsel saya ini- saya sudah mengaktifkan FRING untuk messenger dan panggilan VOIP- sudah ada lawan bicaranya, saya bisa menjamin tagihan ponsel saya akan semakin turun lagi, dan saya cukup hanya membayar tagihan GPRS atau internet saja setiap bulan.

Nah, bagaimana dengan anda sendiri? Apakah masih tetap bertahan pada pola komunikasi lama saat ini atau sudah seperti saya yang sudah mulai berubah? Jawaban dari pertanyaan ini adalah kesimpulan dan penentu apakah prediksi saya ini nanti akan tepat, atau tidak. Mari kita buktikan bersama-sama 5 tahun kedepan di 2014!


Bookmark and Share

1 komentar: