Selasa, 14 Juli 2009

Printer gratis tanpa perlu kertas, mau?

PDF converter WinPDF

Printer gratis tanpa perlu kertas, apa ada? Apa ya bisa? Ada-ada aja ini. Mungkin demikian pertanyaan yang ada di benak anda saat membaca judul posting ini. He…. He… Bukan tanpa disengaja kalau saya buat judul demikian karena judul yang menarik adalah salah satu trik untuk memancing orang agar tertarik untuk membaca. Termasuk anda saat ini yang sedang membaca tulisan ini.

Oke, langsung aja agar anda tidak makin penasaran. Setiap printer normalnya pasti butuh media kertas untuk mencetak dokumen menjadi sebuah hardcopy. Dan disamping itu sebelum anda mempunyai sebuah printer, pastilah anda harus merogoh kocek beberapa ratus ribu untuk membelinya. Namun, tidak demikian halnya pada printer satu ini.

Printer ini benar-benar gratis dan sangat mendukung program Global Warming karena mengurangi penebangan kayu yang merupakan bahan dasar pembuatan sebuah kertas.
Printer yang saya maksud ini bernama WinPDF. Sebuah program aplikasi komputer berjenis freeware yang bebas anda unduh secara gratis di internet. WinPDF, sering disebut juga sebagai printer virtual karena kemampuannya sama persis seperti printer namun yang membedakannya adalah hasil cetakannya berwujud softcopy, tidak hardcopy seperti pada hasil cetak printer pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi serta beberapa kelebihan dari program WinPDF yang bisa anda gunakan untuk mendukung tugas anda sehari-hari:

Cetak layar dengan sempurna

Kalau anda terbiasa mengcapture layar windows anda dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard dan mempastenya ke program Paint maka aplikasi ini juga bisa melakukannya namun jauh lebih sempurna karena bisa melakukan capture all dokumen di windows komputer meskipun panjang dokumen melebihi panjang layar windows komputer anda.

Mencetak dokumen menjadi PDF

Sesuai namanya yang ada PDF di belakangnya, program WinPDF berfungsi juga untuk mengkonversi dokumen dari format apapun kedalam format PDF. Kita tahu sifat dokumen dengan format PDF mempunyai banyak kelebihan kalau dibandingkan dengan dokumen dalam format lain. Misalnya word, excel, powerpoint, dll karena sifat dokumen PDF yang read only serta besaran filenya yang terkompresi menjadi kecil sehingga sangat cocok bila dikirimkan sebagai attchment email karena tidak memberatkan performance router jaringan anda.

Membaca internet secara offline

Kalau anda sedang browsing di internet dan menemukan sebuah artikel atau image yang menarik tapi formatnya masih dalam bentuk dokumen halaman web berbentuk HTML maka cara lain untuk mengambil content tersebut selain copy paste dan save page adalah dengan mencetaknya menjadi dokumen PDF dengan bantuan WinPDF. Hasilnya, dokumen web akan tercopy kedalam format PDF dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan save page as dengan pilhan copy HTML complete, dan setelah itu anda bisa membacanya secara offline kapanpun anda mau dengan tampilan persis seperti tampilan asli di websitenya.

Sebagai program penghubung

Jika anda adalah seorang Art design atau orang teknik seperti saya yang terbiasa membaca dan mengolah dokumen gambar teknik berupa Asbuild Drawing dalam format AutoCAD atau gambar design art berupa CorelDraw misalnya, maka WinPDF bisa digunakan sebagai sarana penghubung antar komputer dengan divisi lain yang non divisi teknik yang tidak punya program AutoCAD atau CorelDraw yang tidak terinstall di komputer mereka. Caranya, cetak pakai WinPDF maka file aslinya akan tercopy menjadi PDF. Dan lewat program Acrobat reader atau Adobe reader mereka bisa membukanya karena bisa dibilang semua komputer kantoran pasti punya program tersebut di komputernya, beda sama program AutoCAD atau CorelDraw yang biasanya hanya dimiliki orang teknik dan design saja.

Pembuat arsip electronic

Pernah transaksi online lewat internet banking? Jika pernah atau bahkan sering, daripada mencetak bukti transaksi anda secara hardcopy akan lebih praktis dan hemat jika dicetak secara virtual dalam bentuk softcopy dan disimpan atau diarchive di komputer anda pakai program WinPDF ini.

Demikianlah beberapa kelebihan dan fungsi dari program aplikasi ini, kalau anda berminat dengan program ini silahkan berkunjung dan download langsung lewat website resminya di http://www.winpdf.com. Tutorial cara install dan cara menggunakannya juga dijelaskan cukup jelas disana. Sekali lagi, jika anda tertarik dan ingin download silahkan klik disini atau bisa juga lewat file sharing saya di Ziddu disini. Sekian sharing info dari saya kali ini, mudah-mudahan Tips ini bermanfaat dan bisa menghemat budget pembelian kertas dan tinta printer anda.


Bookmark and Share

3 komentar:

  1. wah keren banget nih printernya...

    komentar y di http://aisnulis.blogspot.com/2009/07/siais-said-nothing-is-lost.html

    BalasHapus
  2. Thanks, Mas untuk kunjungan dan komentarnya

    BalasHapus
  3. Wah...keren....keren nih Boz...Thanks :)

    BalasHapus