Minggu, 20 Januari 2013

Nelpon Gratis Pakai Layanan BBM Voice Dari BlackBerry

BBM Voice
Kalau Anda adalah pengguna BlackBerry, Anda harus coba layanan gratis yang satu ini. Yaitu layanan telpon gratis yang disediakan oleh RIM, vendor BlackBerry, untuk melakukan panggilan telpon berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol) gratis ke sesama pengguna BlackBerry.

BBM Voice, itu nama fiturnya yang sekarang oleh RIM sudah dibenamkan kedalam OS BlackBerry-nya yang terbaru.

Kalau Anda tertarik ingin mencoba fitur BBM Voice dari BlackBerry ini sebelumnya ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dan harus ada di BlackBerry Anda. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:


1. Operating System (OS) BlackBerry Anda harus sudah upgrade ke versi 6.0 ke atas.

Current Version 7.1.

2. Versi BlackBerry Messenger sudah v.7.0.0.126 ke atas.

    BBM Version 7.0.0.126

3. BlackBerry harus dalam kondisi terhubung dalam jaringan internet Wi-Fi. 


BB Conect W-Fi


4. BlackBerry tujuan yang akan Anda hubungi juga sama memenuhi ketiga syarat di atas.
 
Sebelum melakukan panggilan BBM Voice, untuk mengetahui BlackBerry lawan bicara sudah aktif BBM Voice-nya apa tidak, pastikan simbol telpon warna hijau muncul di profile BBM lawan bicara Anda waktu Anda buka. Contohnya Anda bisa lihat seperti gambar di bawah ini.

BBM Voice Ready
BBM Voice Not Ready

Bagaimana cara menelpon menggunakan BBM Voice? Caranya buka BBM dan pilih lawan bicara yang akan Anda ajak bicara. Tekan/ klik simbol telpon warna hijau di BBM teman Anda. Selajutnya panggilan akan disambungkan ke lawan bicara Anda.

Kesimpulan: Saya sudah mencoba layanan gratis ini. Dan hasilnya, layanan ini tidak kalah dengan layanan voice serupa yang pernah saya lakukan melalui ponsel dan PC seperti Skype. Suaranya cukup jelas, jernih, tidak ada delay dan nyambung terus tanpa terputus.

Untuk masalah kejernihan dan kestabilan koneksi memang bergantung dari koneksi internet Wi-Fi Anda. Saat saya melakukan pengetesan ini saya menggunakan koneksi internet rumah saya Speedy dengan kecepatan 512 kbps, dan perangkat Wi-Fi yang saya gunakan pakai Modem ADSL ClearAccess yang pernah saya tulis di artikel ini, baca “Bikin Hotspot Biaya Murah Pakai Speedy”.

Demikian sharing saya kali ini. Anda ingin menjajal fitur gratis ini? Silahkan upgrade segera OS BlackBerry Anda dan bisa mengetestnya dengan menghubungi BlackBerry saya di PIN ini 295C5CBD. Selamat mencoba.

Bookmark and Share

15 komentar:

  1. Saya coba yang dari Wifi Speedy ndak bisa Pak (ndak tahu ya kalau wifi speedy lainnya), tapi dari Wifi sendiri yang pakai basis Smartfren malah bisa. Padahal sama-sama Wifi.

    Saya pikir untuk Wifi mungkin ada syarat tertentu.

    BalasHapus
  2. Sriyono Semarang:
    Tinggal beli aja toh, Mas. :D

    Cahya Legawa:
    Iya, Mas Cahya ada yang aneh. Justru kalau saya kebalikannya. Saat di rumah saya pakai WiFi Speedy bisa. Nah, saat tidak di rumah pakai modem mobile Wifi Flash malah gak bisa. Aneh, kan?

    BalasHapus
  3. membantu sekali artikelnya :)

    BalasHapus
  4. udah pernah coba, lumayan jga bisa gratisan hhi

    BalasHapus
  5. kayaknya tahun ini RIM melakukan perubahan besar - besaran, bagus sekali ya bila ada layanan gratis macam ini...

    BalasHapus
  6. yg gratis pakai telepati klu masih menggunakan speedy atau yg laen sama juga bayar om judulnya jangan pakai gratis"Nelpon Pakai Layanan BBM Voice Dari BlackBerry"

    BalasHapus
  7. evig tri rameyanto:
    Tanpa saya gunakan BBM voice langganan Speedy saya tetap selalu membayar tiap bulan, Mas. Karena saya langganan Speedy (WiFi) memang fungsinya buat internetan di rumah. Dan kalau saya sekarang gunakan buat nelpon tanpa membayar biaya tambahan lagi berarti namanya gratis, kan? Apa ada yang salah dengan kesimpulan ini?

    Atau kalau Anda mau yang benar-benar gratis bisa. Caranya, tinggal cari WiFi gratis dari rumah tetangga Anda, mal-mal, atau ke cafe yang ada free Hotspot. Tapi ya sekali lagi jangan bilang ke saya kalau kesananya kan butuh parkir, BBM dan bayar buat beli kopinya jadi tetap tidak gratis. :D

    Ada-ada saja ini sampean kalau komentar :)

    BalasHapus
  8. aduuh, enak jga yg pke HP BB bsa nlpon gratis :D

    BalasHapus
  9. trnyta BB gx mau klah pke ada nlpon gratisan :D

    BalasHapus
  10. patut dicoba ni, kan gratis
    terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  11. Dulu menulis artikel 10 alasan tidak suka BB dan pilih Nokia, sekarang malah promo BB. Terus gimana nasib Nokianya? Hati manusia emang mudah berubah. hehe

    BalasHapus
  12. wah,,,bisa gratisan nelpon,,untuk tarifnya lumayan ngga nih,,hehe
    thanks

    BalasHapus
  13. OS BB-ku masih dibawah 6. Ga bisa pake ini :-D
    Selama ini telponan pake Viber atau LINE di Android

    BalasHapus
  14. Nice infooo... mau cobaa..

    BalasHapus