Sabtu, 09 Juni 2012

Pengalaman Nelpon PayPal Ke Luar Negeri Pakai VOIP SLI 01017

Kemarin pada hari Jumat saya baru saja nelpon ke luar negeri. Tepatnya nelpon kantor cabang PayPal di Singapura. Dan Anda tahu ini adalah pengalaman pertama saya menelpon ke luar negeri. Pertama kali? He2... Iya, yang sering malah dari luar negeri nelpon keluarga di Indonesia. Kalau sebaliknya malah belum pernah saya.
VOIP

Kenapa tak pernah nelpon ke luar negeri? Apa tidak ada yang ditelpon? Tidak juga. Justru sebetulnya banyak sekali yang kadang butuh saya telpon ke luar negeri. Karena seringkali saya butuh koordinasi dan negoisasi dengan klien atau mitra saya di luar negeri terkait bisnis Jasa Forwarding Import Barang Luar Negeri saya, Namun karena ada kendala kefasihan saya dalam berbahasa asing (Inggris), jadinya saya kurang Pede kalau mau nelpon ke luar negeri. Maklum, saya tidak malu mengakui, Inggris saya cukup belepotan kalau disuruh ngomong dalam bahasa Inggris. Selama ini saya hanya memaksimalkan komunikasi via email saja.

Waktu kemarin nelpon ke PayPal Singapura sebetulnya juga terpaksa karena tidak ada cara lain selain menelpon kalau ingin masalah saya cepat clear. Kenapa? Akun PayPal saya ada sedikit masalah karena diblok oleh salah satu seller di eBay. Tepatnya seller memblok transaksi payment dari akun PayPal non USA yang awalnya saya pikir PayPal saya kena masalah seperti terkena limitasi. Saya baru tahu setelah nelpon dan dijelaskan customer service PayPal bernama Ibu Rini yang kebetulan fasih berbahasa Indonesia. Jadi lumayan lah Inggris saya tertolong, tidak perlu pakai ngomong bahasa Inggris lagi.

Balik lagi ke rencana awal nelpon ke luar negeri. Karena belum berpengalaman melakukan panggilan telpon ke luar negeri awalnya sempat ingin menggunakan Skype yang murah. Berhubung kredit Skype saya sudah expired karena sudah lebih setahun lamanya sejak pulang dari Korea setahun yang lalu tidak saya isi lagi maka saya akhirnya mencoba cari alternatif.

Dan hasilnya, setelah Googling sana-sini cari VOIP (Voice Over Internet Protocol) yang murah akhirnya pilihan saya jatuhkan kepada VOIP SLI 01017 punya Telkomsel. Kebetulan karena saya pengguna Telkomsel jadi langsung saya praktekkan dari nomor Kartu Halo saya.
SLI 01017

Saya langsung men-dial nomor PayPal Singapura dengan diawali nomor 01017 terus tekan 65-6510-4584. Dan hanya dalam hitungan beberapa detik langsung sambung ke PayPal.

Selesai menelpon, sungguh mengejutkan dan di luar expektasi saya. Bayangkan nelpon ke Singapura selama 21:03 menit saya hanya kena pulsa sangat murah, hanya habis Rp 6900. Murah, bukan? Bahkan ini jauh lebih murah dari biaya nelpon antar ponsel GSM ke GSM lintas operator panggilan lokal.

Kalau Anda ingin tahu lebih detil tentang telpon VOIP 01017 silahkan buka langsung ke website Telkomsel di link ini. Saya lihat ternyata cukup banyak jangkauan negara yang tercover VOIP 01017 ini. Promonya saya baca ada sampai ke 17 negara, salah satunya ke Singapura.

Terakhir, bagi Anda yang punya akun PayPal dan kebetulan punya masalah dengan PayPal, misal kena limit kalau ingin cepat selesai dan tertangani masalahnya, tidak ada salahnya sekali-kali coba nelpon ke PayPal Singapura. Karena kalau hanya Contact Us lewat email kurang cepat respondnya dan kadang kurang diperhatikan oleh PayPal.

Note: Artikel ini adalah murni sharing pengalaman penulis. Bukan merupakan artikel pesanan atau Advertorial (Iklan) yang dibayar oleh Telkomsel.

Bookmark and Share

7 komentar:

  1. Pertamax hehehe....
    kok bisa lebih murah dari panggilan domestik ??? weeew

    BalasHapus
  2. lebih murah dari panggilan lokal dengan kartuHALO ke semua operator lokal :D

    BalasHapus
  3. Tapi mungkin itu yang dihubungi karna customer Paypal yang mungkin bebas pulsa, jadi hanya dikenakan biaya roaming saja barangkali. Tapi bagaimana jika Panjenengan mencoba untuk menelpon lagi ke nomer lain kira-kira mahal gak ya Pak, and btw Ibu Rini suarane merdu gak pak..hehehe.. Salam..

    BalasHapus
  4. Batik Harley:
    Karena pakai VOIP yang memanfaatkan jaringan internet sehingga bisa murah Mas Didik.

    Jarwadi:
    Iya, Mas. Manggil pakai Halo ke operator GSM lokal lain bisa puluhan ribu kalau selama itu.

    tonykoes:
    Saya pastikan bukan telpon toll free, Mas nomor PayPal. Kalau telpon ke luar negeri apa ada yang bebas pulsa, Mas? Sepanjang yang saya tahu itu hanya berlaku buat domestik saja yang bisa bebas pulsa. Lha di luar negeri terima telpon aja mesti bayar, masak nelpon bisa bebas pulsa. Betul? :D

    BalasHapus
  5. wah murah juga ya mas.. saya kira selama ini nelpon ke luar negeri itu mahal, belum kena roamingnya hehe..
    maklum sih soalnya sama saya juga selain g punya urusan ke luar negeri plus bahasa inggrisnya tambah-tambah blepotan :D
    mungkin kalau g mau bayar bs via phone mesengger aja kali ya mas

    BalasHapus
  6. gan dimana tuh download voipnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang didownload, Mas? Kalau mau pakai Voip tinggal nelpon saja lewat HP dan pakai kode voipnya waktu mendial nomor tujuannya.

      Hapus