Jumat, 28 Januari 2011

Inilah Peluang Bisnis Paling Menggiurkan di Facebook

Jual Facebook
Apakah Anda masih menganggap Facebook itu sebagai situs social media khusus buat pertemanan? Anda masih suka mengobral sesuatu yang sangat pribadi di status maupun data di profile facebook Anda? Atau, barangkali Anda juga masih sangat selektif dalam menerima pertemanan dari orang lain yang belum begitu Anda kenal di facebook?

Jika ketiga pertanyaan saya di atas semuanya Anda jawab "Ya" atau "Masih", Anda mungkin perlu membaca ulasan saya berikut ini. Siapa tahu Anda belum sadar sepenuhnya bahwa selama ini telah memandang facebook dalam prespektif yang terlalu sempit atau memandang facebook hanya sebagai situs social media biasa, seperti umumnya sebuah situs pertemanan. Padahal, sebetulnya banyak peluang potensial yang bisa Anda manfaatkan dari situs social media semacam facebook ini lebih dari hanya sekedar sebuah situs pertemanan.

Contoh, kalau berbicara marketing hampir bisa saya pastikan tidak ada satu pun korporasi besar yang tidak memanfaatkan facebook ini untuk mendukung bisnis korporasinya. Kalaupun ada mungkin bisa saya sebut itu perusahaan yang masih katrok (ndeso) sehingga belum memanfaatkan dahsyatnya marketing lewat internet.

Sama seperti keberadaan micoblogging Twitter dan blog yang bisa mendukung situs sebuah korporasi di internet, facebook pun juga iya. Karena, banyak perusahaan tersadar potensi internet sangat luarbiasa. Luarbiasa? Ya, kalau berbicara orang kita yang sudah melek internet hampir bisa saya pastikan (maaf, saya tak punya data) semuanya tidak ada yang tidak punya akun di facebook. Benar? Jadi kalau ingin lebih dekat dengan pelanggannya, mau tidak mau mereka (korporasi) akan buat akun di social media, selain buat situs untuk korporasinya untuk mendekatkan diri dan menyapa pelanggannya.

Facebook sebagai network, bisnis, dan asset

Namun, entah Anda sudah menyadarinya atau tidak, kalau saya cara pandang (perspektif) dalam melihat facebook sudah berubah sekarang, tidak seperti waktu awal-awal dulu mengenal facebook. Mengapa? Karena fungsi facebook saat ini sudah semakin meluas. Tidak hanya sekedar buat situs pertemanan tapi sudah mengarah ke "Network", untuk "Bisnis". Banyak kawan-kawan saya yang berjualan di facebook. Memanfaatkan banyaknya teman di facebook sebagai sebuah "Asset" untuk network bisnis. Tidak hanya sekedar buat berteman saja.

Kalau Anda punya teman sampai ribuan di facebook bergembiralah. Tapi jika Anda masih punya beberapa ratus teman dan sangat selektif dalam menerima pertemanan, bersedihlah. Pertanyaan saya kepada Anda, tidak kah Anda merasa tergoda memanfaatkan asset banyaknya teman di facebook untuk memperluas network Anda? Terlepas ada motif bisnis apa tidak.

Tapi saya, kan tidak mau berteman dengan orang yang samasekali tidak saya kenal? Dan lagi, data-data personal saya bagaimana nanti kalau dibaca orang yang berniat jahat dan menyamar jadi teman saya di facebook. Gimana? Mungkin itu pikir Anda.

Mengapa harus sampai segitunya? Sadar atau tidak rana internet adalah rimba. Tidak semua orang yang kita kenal adalah orang baik, termasuk itu teman-teman Anda sendiri yang sudah Anda kenal dengan baik di dunia nyata. Jadi alasan itu masih kurang tepat untuk dijadikan alasan. Yang lebih tepat seharusnya, ya data pribadi Anda yang jangan diumbar terlalu banyak buat orang lain, bukan malah sebaliknya membatasi orang yang mau mengenal dan jadi teman Anda. Di internet teman bisa menjadi lawan, lho. Dan pencurian data-data pribadi bisa saja dilakukan oleh teman baik Anda sendiri.

Kalau Anda ingin aman mengapa harus ngeshare semua data-data pribadi Anda di internet? Beri aja data-data pribadi seperlunya saja. Seperti nama, pekerjaan atau pendidikan, asal kota, saya rasa itu sudah lebih dari cukup. Anda tak harus sampai memajang alamat rumah Anda di mana. Alamat kantor, nomor telpon rumah, HP dan telpon kantor segala macam yang berpeluang untuk menjadi sasaran tembak spam atau penipuan.

Karena mindset, boleh saya sebut begini, facebook sudah Anda anggap sebagai network dan bukan situs pertemanan murni lagi maka jika data Anda yang terlalu pribadi sudah Anda hide (sembunyikan) tidak ada salahnya, kan untuk selanjutnya menambah network dengan sebanyak-banyaknya mencari teman? Menerima pertemanan dari banyak orang dari internet. Terlepas teman itu hanya teman dari teman Anda misalnya, yang belum begitu Anda kenal.

Perlakukan Facebook seperti Twitter

Mungkin analogi yang paling tepat memperlakukan pertemanan di facebook anggap saja seperti pertemanan di Twitter. Tak peduli siapa saja yang menjadi buntut (follower) Anda. Yang terpenting jumlahnya banyak. Mengapa harus banyak? Karena jumlah teman yang banyak itu sangat penting. Ya, kembali ke masalah pentingnya sebuah network tadi. Semakin luas network Anda, sekali lagi itu adalah asset yang tak ternilai harganya.

Selain "Network" apalagi peluang potensial yang bisa Anda dapat dengan punya banyak teman di facebook? Ssst, Anda jangan bilang-bilang ke siapa-siapa, ya! Sebuah akun di facebook kalau jumlah temannya sudah sangat banyak, contoh yang sudah mencapai 2000 (dua ribu) ke atas itu "Bisa dijual", lho. Ada pasar (orang) yang berminat untuk membelinya. Serius! Bahkan, sahabat saya sudah ada yang jualan akun facebook ini di internet.

Jangan ditanya berapa nilai per satu akunnya. Yang jelas nilainya sangat menggiurkan untuk per satu akunnya. Satu akun facebook dengan kelipatan 1000 friend bisa dihargai sangat mahal. Angkanya bukan dalam harga beberapa ratus ribu rupiah lagi tapi sudah lebih besar dari itu. Menggiurkan sekali, bukan? :D

Terakhir, jika Anda barangkali mulai bosan bermain dengan facebook daripada akun Anda mubazir terus didelete, atau Anda biarkan mangkrak tak pernah diupdate statusnya, kenapa tidak Anda jual saja akunnya? Saya siap menampung akun Anda. Tapi tentu saja kalau cocok harganya dan akun Anda jumlah teman dan kondisinya bisa memenuhi syarat-syarat atau kriteria yang kami tentukan maka akan kami beli.

Sebaliknya, jika salah satu pembaca barangkali ada yang berminat ingin beli akun facebook untuk jualan atau untuk fanpage buat korporasi bisnis, silahkan hubungi langsung kami melalui link di sini. Atau kalau Anda masih ragu-ragu bisa lewat contact saya di blog ini juga tidak apa-apa, nanti akan saya bantu proses jual belinya sampai dengan proses pemindahan akunnya.


Bookmark and Share

41 komentar:

  1. ahahahahah...

    masa sampe ada yang mau beli sih? wah kayaknya boleh nih dijadikan bahan penjualan yang baru... hahahhaa

    BalasHapus
  2. Makasih infonya mas, Ijin berguru sama master Joko, semakin hari semakin betah berkunjung di blog ini :D

    BalasHapus
  3. Rohani Syawaliah:
    Kalau Hani mau jual akun FB-nya yang friendnya sudah hampir 5000 itu boleh, sini saya yang beli. Tinggal sebutkan saja berapa harganya. Bisa nego, kok. :D

    didikkusdiyanto Dot Com:
    Matur nuwun, Mas Didik. Kok meguru ke saya? Justru saya yang pingin meguru ke Semarang belajar gimana caranya jual batik Harleynya, kok sampai bisa laris manis gitu. :D

    BalasHapus
  4. kemaren di tawarin 150 pertwit jika follower > 500 ini ada lagi. ampun dah. cuma sayangnya facebook, twitter, sama blog ane ga dijual soalnya buat asset anak cucu wkwk :D

    tapi siapa tahu ada yang jual nanti komisinya berapa nih mas joko buat saya :D

    BalasHapus
  5. Waduh, saya baru tau kalau akun FB bisa dijual. Kalo tau gitu, dari dulu mungkin saya nggak akan selektif lagi milih teman yang mau diajak. Makasih PAk. Abis ini saya mau gencar nyari teman sebanyak-banyaknya (ngacir dulu ah).

    BalasHapus
  6. Andi Sakab:
    Mas Andi, kita berdua sama-sama blogger, terlepas kita ada atau tidak ada niat untuk menjual akun facebook kita nantinya tapi kita sama-sama sepakat prespektif kita dalam melihat facebook sudah tidak sempit lagi. Kita melihat facebook, twitter dsb adalah sebuah asset untuk memperluas network (jaringan) kita. Benar? Dan kita sudah sama-sama merasakan efek dasyatnya marketing dari social media ini terhadap blog kita.

    Masalah komisi aturable ajalah. Yang penting sama-sama untung. Ha Ha Ha

    iskandaria:
    Saya juga termasuk orang yang awalnya menyia-nyiakan facebook, Mas Is. Sangat selektif mengaprove request pertemanan dari orang lain sehingga jumlah teman saya di facebook juga tidak banyak.

    BalasHapus
  7. Kalu facebook entahlah sudah jarang memainkannya, sekarang lebih ke twitter

    BalasHapus
  8. friend saya di kisaran angka 1600,laku nggak kalau di jual,tuh sekarang mangkrak...

    BalasHapus
  9. kalau teman jadi 5000 dalam sekejab sih gampang..
    caranya tinggal ikuti group2 game..
    kemudian disana ada mass add di dalam email.
    add dengan link mass add di email tersebut.
    jadi deh temen saya ribuan dalam beberapa hari.
    saya sudah sering bikin fb utk main game dan hasilnya temennya banyak bener :D

    BalasHapus
  10. blogger admin:
    Rata-rata blogger sekarang ini sudah banyak yang mulai meninggalkan facebook, Mas Hendro. Banyak yang lebih senang ngetweet. Oh, ya kita kayaknya belum conect di twitter, ya Mas?

    wid:
    Memang ada rencana dijual, Mas? Coba saya intip dulu jenis temannya Mas Widodo di FB memenuhi kriteria tidak. :D

    anonim:
    Saya punya teman di FB suka main Mavia Wars dan temannya sangat banyak. Baru tahu ternyata itu caranya nambah teman dengan cepat. Namun temannya kebanyakan bule-bule. Jadi agak susah menjadi target marketingnya.

    BalasHapus
  11. Mungkin saya melihat dgn perpektif berbeda mengenai Jual menjual account difacebook atau facebook onlineshop, saya ibaratkan seperti memancing ikan di laut. :p

    BalasHapus
  12. Lintang Hamidjoyo:
    Gitu, ya Mas? Setahu saya mancing di laut ikannya gede-gede dan banyak. Pantesan Mas Lintang betah mancing di sana, ya? :D

    Tapi kali ini kita mau mancing kakap di facebook. :)

    BalasHapus
  13. @Mas Joko, memancing di laut dsamping areanya yg luas yg terpenting tergantung umpannya, :p - Mosok mancing di Laut umpannya cacing ? :)

    BalasHapus
  14. Rohani Syawaliah:
    Kenapa tiba-tiba ketawa? Adakah yang lucu?
    *Bingung Mode On*

    Lintang Hamidjoyo:
    Kalau urusan cing... memancing, kan Anda yang masternya, Bos. Mohon ijin saya mau meguru. Hi Hi Hi

    BalasHapus
  15. numpang ketawa aja nggak boleh ya?

    :(

    BalasHapus
  16. @Joko Sutarto
    Iya mas joko, koneksi saya lagi lemot banget ntar malem baru mau buka twitter, dah lama juga ga buka.

    BalasHapus
  17. Rohani Syawaliah:
    Boyeh-boyeh, my Honey.... Cuma nanya aja, kok. Yok, ketawa lagi bareng-bareng dengan saya. HaHaHaHa..... :))

    blogger admin:
    Kasihan, toh Mas Hendro kalau tidak pernah ditengok akunnya. :D

    BalasHapus
  18. FB punya banyak temen cuma buat promosi aja.. :D

    BalasHapus
  19. Amri:
    Promosi itu salah satu tujuannya. Yang terpenting, ya network dan pertemannya, sih Mas. Betul? :)

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu saya kalau ternyata akun facebook bisa dijual.... Tapi untuk saat ini saya belum berniat menjual akun saya bro...
    memang pemikiran para pebisnis semua tempat bersosialisasi merupakan ceruk pasar, ia kan bro?

    BalasHapus
  21. bro eser:
    Ini hanya peluang saja, bro barangkali berniat jual akun karena saya lihat kecenderungan banyak blogger saat ini mulai jenuh dan ninggalin facebook. Jadi kenapa tak dijual saja. Kedua, ya itu tadi prespektif yang melihat FB sebagai situs pertemanan aja harus dirubah sebagai network. Karena kita, terutama di internet sangat butuh network luas untuk memperluas jaringan. Betul, ndak bro? :)

    BalasHapus
  22. Sudah sepekan lebih tidak mampir ke sini ternyata ada tercipta pasar baru dan variannya cukup fresh yaitu account facebook. Boleh pesan juga nih mas Joko, tapi buat jualan apa ya? aku bingung jualannya mending tanya ke master kreatif Lintang aja, yang memang nggak ada matinya!

    BalasHapus
  23. Jualan account FB sepertina ter inspirasi jualan Blog spt FLIPPA :p - ayooo sapa yg mau jualan blog juga. hihihih

    BalasHapus
  24. agus BF:
    Mas Agus sudah ada gitu, lho akun FB yang buat jualan. Mau jualan apa lagi? Nanti gak muat, lho rekeningnya. :D

    Tulisan ini juga idenya dari Mas Lintang, kok Mas Agus. Saya hanya menuliskannya aja. :)

    Lintang Hamidjoyo:
    Sudah ada yang masuk, Mas? Semoga cepat deal, ya harganya. Wah, blog, ya? Ada saja idenya, nih Mas Lintang. :D

    BalasHapus
  25. Mas Lintang: Kalau FLIPPA memang sekarang sedang marak saya sering ditawarin reseller e-booknya cara sukses jualan flippa tapi entah kok rasanya belum tertarik. Aku mau liat cipika-cipiki dulu pengin ngerasain?

    BalasHapus
  26. agus BF:
    Saya malah belum pernah baca ebooknya, Mas Agus, yang cara sukses jualan di flippa. :)

    BalasHapus
  27. Ada mau beli akun friendster saya? Hehehe...

    BalasHapus
  28. Agus Siswoyo:
    Wah, kalau saya diberi gratis aja gak mau apalagi suruh beli. Hehehe

    BalasHapus
  29. saya mo ikut bisnis
    yang klik trus dapat uang
    caranya gimana yah pak?

    BalasHapus
  30. Chudex's:
    Bisnis PTC maksudnya? Yaitu kita klik iklan terus dibayar? Kalau saran saya, sih jika ingin serius bisnis online jangan bisnis yang seperti itu. Terlalu kecil earningnya.

    BalasHapus
  31. Cari temen fb gampang, kita tinggal Add seribu orang,, kalo di approve dapat seribu orang.


    sedangkan di twitter mencari follower susah,



    kalo pake auto2an ,seh gampang cari follower.

    cuman followernya kebanyakan pengiklan jg,, he.


    o iya, mas,,
    kalo mau jual fb
    nego harga akun fbnya dimana??

    BalasHapus
  32. Tergaptek.com:
    Kalau Anda serius ingin jual silahkan PM ke saya lewat link contact dan beritahu link FBnya untuk saya lihat. Thanks

    BalasHapus
  33. Baru baca postingan ini, lumayan menarik mas untuk jual beli akun FB

    BalasHapus
  34. Teman saya malah cuma adik kaka istri hahaha, maklum pa saya jarang maen FB

    BalasHapus
  35. Ngomong2 sya follow ah di twitternya pa :)

    BalasHapus
  36. Gan saya punya 10 Account,masing-masing 5000 friend.
    Jika berminat silahkan contact saya : 087738667211

    BalasHapus
  37. Ayo Gabung Bisnis Lewat Facebook Tanpa Modal Dan Stok Barang, System dan dukungan website Disediakan Gratis http://www.facebook.com/pages/Inovasi-Bisnis-Fesbuk/233144246699183

    BalasHapus
  38. ternyata akun facebook sudah bisa dijual sekarang ya.

    BalasHapus
  39. Fakta : masih ada pro dan kontra tentang bisnis online kalau dilihat dari kaca mata agama ( Islam )

    BalasHapus