Rabu, 03 Februari 2010

Gak Nyambung atau Menipu?

jangan klik“Gak nyambung atau apa memang niat menipu?” Itu komentar saya saat blog walking, mengunjungi blog seorang kawan blogger sewaktu melihat widget statistiknya. Betapa tidak? Antara data statistik pengunjung dengan Alexa dan Page Rank-nya, kok sama sekali tidak nyambung, ya? Apakah ada yang salah atau memang sengaja menipu agar kelihatan lebih keren?

Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang hal yang tidak nyambung ini. Baca “Rahasia Ranking Alexa dan Google PR”. Kalau pada Alexa dan Google Page Rank memang adakalanya sering tidak nyambung atau sejalan dalam memberikan data statistik walau keduanya mempunyai satu tujuan yang sama. Yaitu sama-sama merangking blog/ website di internet berdasarkan tingkat kepopulerannya di dunia maya. Adakalanya saya menemui blog PR-nya tinggi tapi rangking Alexa-nya tidak seberapa bagus peringkatnya, dan adakalanya juga sebaliknya, PR-nya masih rendah tapi rangking Alexa-nya sudah melejit tinggi peringkatnya.

Balik lagi ke masalah statistik yang tidak nyambung tadi. Coba Anda lihat baik-baik pada gambar hasil print screen sebuah blog berikut ini:

widget menipuAnda bisa lihat, Page Rank-nya masih 0, Alexa-nya juga masih di angka 8 jutaan dan Links in Alexa-nya juga masih 0 (angka 430.891 itu punya domain blogspot com). Coba lihat dan bandingkan dengan data statistik pengunjung-nya. Wow, impresion-nya sudah mencapai angka 10.002.660 sementara jumlah pengunjungnya juga sudah mencapai 10.001.038.
 
Fantastik bukan? Saya coba bandingkan dengan blog ini: PR 3, Alexa Rangking 270 ribu dan angka statistik jumlah pengunjungnya masih dalam angka 10.988. Dengan jumlah pengunjung masih dalam kisaran 2.500 pengunjung per bulan, mungkin blog saya butuh waktu sekitar 300 tahun untuk bisa nembus pengunjung setinggi itu. He….. He…..

Terkait urusan tipu menipu dan berbuat curang —Baca artikel saya “7 Cara Mencurangi Google”— di internet memang masih sering dilakukan oleh sebagian blogger yang lagi getol-getolnya nyari duit di internet. Saking getolnya sampai-sampai segala cara akan diterapkan demi untuk menghasilkan uang dari internet. Termasuk ajakan secara terang-terangan seperti “Jangan Lupa Klik Iklan Saya” tak jarang saya lihat dan jumpai di atas iklan PPC (pay-per click) sebuah blog.

Bukan itu saja, ada juga yang sengaja memunculkan jendela Pop Up iklan PPC bergerak yang berusaha agar pengunjung mengklik karena ditampilkan sengaja untuk menutupi artikelnya. Kalau orangnya salah ngeklik close-nya maka yang ke-klik justru iklannya. Dan masih banyak lagi tipuan-tipuan lain yang membuat tidak nyaman pengunjung.

Saya menulis ini karena terus terang, sudah tidak bisa menutup mata lagi melihat sudah semakin banyaknya blogger yang menerapkan cara-cara, maaf tidak etis dalam berbisnis online. Saya hanya kasihan aja pada perusahaan advertisernya yang keluar duit percuma karena harus membayar klik sia-sia seperti itu.

Jika Anda termasuk yang menerapkan cara-cara yang saya sebutkan diatas, harap Anda ingat! Pengunjung datang karena ingin melihat content dari blog Anda, bukan datang semata-mata untuk menikmati iklan yang Anda pasang di halaman blog Anda. Jadi jika Anda berharap pengunjung nyaman di blog Anda dan berharap suatu saat akan kembali lagi berkunjung, jangan pernah menerapkan cara-cara tidak etis tersebut.

Akhirnya, satu harapan saya, saya berharap semoga Anda yang membaca posting ini bukan termasuk blogger yang menerapkan cara-cara tersebut dalam berbisnis online. Dan kalaupun kebetulan masih melakukan cara-cara tersebut, saya harap mulai saat ini agar Anda menghentikan kebiasaan kurang baik tersebut.




Bookmark and Share

4 komentar:

  1. wew...
    pada bingung cri duit tuh mas,hehe...

    BalasHapus
  2. Soal "Links In" di Alexa-nya: Mungkin karena blog tersebut masih "baru." Jadinya Alexa masih menganggap blog tersebut adalah Blogspot yang notabene banyak di-link pengguna internet.

    Lama-kelamaan saya yakin, Alexa nggak akan se-ngaco itu :)

    Soal Histats: Barangkali angka-angka-nya memang bisa diubah sesuka hati. Misalnya: Start Number: 10.000

    Semua yang saya tulis hanya berdasarkan: barangkali. Hahaha :D

    Gak usah terlalu dibahas lebih jauh deh Pak :)

    BalasHapus
  3. Phuad: Memang duit suka membuat bingung, Mas Fuad.

    Mardianto: Kalau yang Histats sepertinya sudah jelas. Bukan barangkali lagi, Mas. He2 Karena start-nya bisa diatur2 diangka berapa aja.

    BalasHapus
  4. Saya setuju bahwa blogger juga harus ada etika. Sudah cukup memuakkan ulah blogger yang "memperkosa" artikelnya dengan iklan-iklan tak bermutu.

    Mengapa saya sebut tak bermutu. Coba lihat iklan2 "bodoh" yang menawarkan penghasilan 5 juta/hari. Benar2 pembodohan. Dari dulu saya tak pernah mau pasang iklan seperti itu di blog saya.

    Kembali ke soal etika. Saya pesimis, etika bisa diterapkan dlm blog advertise. Sepertinya pengunjung sudah mulai paham, mana iklan mana artikel. Salam!

    BalasHapus