Senin, 26 Oktober 2009

Rahasia Rangking Alexa dan Google PR

Alexa RangkingKalau anda adalah seorang pelaku bisnis online, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Rangking Alexa dan Google PageRank, selanjutnya saya sebut PR, yang biasa kita pakai sebagai parameter atau ukuran yang menunjukkan tingkat keberhasilan sebuah blog atau website kita di internet. Semakin populer sebuah blog atau website di internet maka akan semakin tinggi pula apresiasi yang didapatkan dari Alexa dan Google. Untuk Alexa, angka tertingginya dimulai dari angka 1 s/d angka tak terbatas, biasanya dalam puluhan juta. Semakin tinggi peringkat yang didapat, berarti blog atau website kita cukup populer di dunia maya dibandingkan dengan milyaran blog atau website lain yang ada di internet di seluruh dunia.

Dan yang kedua, PR. Sama seperti Alexa, Google juga mengeluarkan peringkat berdasarkan parameter kepopuleran blog atau website di internet. Sebuah blog atau website bisa dikatakan berhasil atau populer di mata Google bilamana sudah berPR. Angka PR di Google dimulai dari angka 1 s/d 10. Bedanya kalau Alexa menganggap angka 1 sebagai peringkat tertinggi, untuk PR Google angka 10 adalah angka yang tertinggi.

Saya tidak akan membahas bagaimana cara menaikkan Rangking Alexa maupun Google PR dalam posting saya kali ini, karena saya bukan seorang pakar dalam Internet Marketing, maupun seorang yang ahli dalam hal teknik SEO (search engine optimization). Karena saya yakin di blog lain lebih banyak yang bisa menjelaskan dengan lebih baik dari saya.

Kali ini saya akan sharing pengalaman saja berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya dalam mengelola beberapa blog saya di internet serta mengamati beberapa blog kawan saya yang secara rutin saya kunjungi setiap harinya. Nah, berikut yang bisa saya ceritakan kepada anda tentang Rahasia Rangking Alexa dan Google PR. Silahkan disimak.

Saya mengamati antara Alexa dan Google meskipun berdiri dalam satu tujuan yang sama, yaitu sama-sama merangking website berdasarkan kepopulerannya di internet, tapi saya menemukan keduanya, ada kalanya tidak sejalan dalam hal menentukan rangking tersebut. Ada kalanya malah bertolak belakang. Contoh blog saya. Saya punya blog yang sudah berumur dua tahun, content dalam bahasa Inggris, jarang sekali saya update. Sama Google dihadiahi PR 1 tapi Alexanya dihadiahi 0 alias no rangking . Dan yang kedua blog ini. Umur baru satu tahun, content dalam bahasa Indonesia, rajin sekali saya update, setidaknya 3 bulan terakhir ini, tapi sampai sekarang PR-nya masih tetap 0 tapi Alexanya sudah melejit di kisaran 1 juta saat saya posting ini.

Rangking Alexa, kalau menurut pengalaman saya blog walking ke blog-blog lain, jika sebuah blog atau website sudah mencapai angka kurang dari atau sekitar 1 juta, itu sudah termasuk bagus karena biasanya hanya blog atau website yang contentnya bagus dan banyak visitornya baru bisa nembus angka setinggi itu.

Contoh lain lagi, saya bandingkan blog ini dengan salah satu blog kawan saya. Pada blog kawan saya tersebut umurnya sudah jauh melebihi umur blog ini, Makanya, PR-nya sudah dihadiahi Google angka 3, tapi anehnya, alexanya masih di kisaran 4 jutaan, masih kalah jauh dengan blog saya yang sudah nembus di angka 1 jutaan. Akhirnya saya berkesimpulan seperti ini: Meski keduanya, antara Alexa dan Google PR, punya tujuan yang sama tapi tetap mempunyai algoritma perhitungannya sendiri dalam hal menentukan rangking sebuah blog atau website.

Sekarang boleh, kan saya berkesimpulan demikian? Ternyata masih lebih mudah untuk mengejar Rangking Alexa ketimbang Google PR yang kebanyakan harus nunggu bertahun-tahun dulu baru bisa blognya ber-PR. Dan salah satu cara cepat untuk menaikkan Rangking Alexa, selain kita harus rajin update blog dengan content artikel yang berkualitas, pasang widget Alexa di sidebar blog, pasang plugin add-ons Alexa toolbar di browser kita, terakhir adalah dengan membuat postingan seperti ini yang mengulas tentang Alexa. Anda boleh tersenyum sekarang, toh akhirnya sama saja isi postingan ini dengan blog-blog yang saya Googling dengan kata kunci “Cara Menaikkan Alexa Rangking” He… He…. Ternyata jual jamu Alexa juga, ya?! Maksudnya jamu untuk bikin sehat Alexanya agar naik. Silahkan lanjutkan tersenyumnya bareng-bareng dengan saya sekarang. Hi…. Hi….



Bookmark and Share

15 komentar:

  1. dasaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrr....
    jualan jamu jg toh???

    :)) :))

    saya teteup ndak ngeti PR dan alexa ituh apa dan fungsinya apa.. cara tau kita dapet ranking gmn? *apa ada rapotnya keik anak sekolahan ituh? :D

    byt enw, smoga ranking alexa diptarablog ini meningkat dan melejit tinggi :D :D

    BalasHapus
  2. Makanya belajar Internet Marketing, biar ngerti. He...He...He....
    Kalau PR semakin naik tinggi dan Alexa semakin tinggi juga peringkatnya. Artinya, kalau kamu berniat Make Money Online, blog kamu sudah siap dipakai cari duit.

    Atau kalau tidak ya minimal jika mau ngajak tukar link dengan blog orang lain, blog kamu tidak malu-maluin, Lis. Hi....Hi...

    BalasHapus
  3. jd mangsut lo, blog eke masih malu-maluin buat tukeran link gituuuuuhhhh???

    :)) :)) hahahahahaha

    tnpa dimalu-maluin jg, saya emang masih malu untuk tukerin link :P

    sampai saatnya tiba :)) :))

    BalasHapus
  4. Oke. Saya jalankan tipsnya. Alexaku masih 2 jutaan. Tq.

    BalasHapus
  5. Nice info,
    yang mau nambah2 trafic, tinggalin komen aja..
    nanti saya kunjungi balik...
    makasih... :)
    http://bolakbalik.com

    BalasHapus
  6. Thanks infonya,
    visit my blog yaa,www.unik2x.blogspot.com

    BalasHapus
  7. sip kunjumengunjung nih tapi tips seo u masikurang jitu

    BalasHapus
  8. sy sangat setuju sama kesimpulannya.. alexa gampang bgt tuh nuruninnya

    BalasHapus
  9. sama..saya juga gak ngerti apa itu Pagerank dan apa itu Alexa Rank..ikut2tan aja ma yang kain saya hehehehe maklum Gan saya pemula..

    BalasHapus
  10. aku punya award buat kamu yang beragama islam



    klick



    http://www.tingking.tk/2010/07/islam-blogger-award-2010.html

    BalasHapus
  11. Join-Affiliasi-Frezbiz-Solusi-Wirausaha-Jutawan-Bisnis-Online-Internet-Marketing
    trim pencerahannya dan ni ada backlink gratis klik di http://www.frezbiz.com/

    BalasHapus
  12. jadi bikin tulisan dengan tema alexa, makanya nanti rangking alexa kita akan naik gitu ya. alexa lebay dan manja kalo gitu ya. harus dipuji-puji dulu :D

    BalasHapus