Sabtu, 13 Februari 2010

Mengapa Perlu Buat Fan Page Blog?

facebook fan pageFan Page Blog, sebenarnya memang perlu apa hanya sekedar buat Narsis doang? Sebelum Anda meneruskan baca tulisan ini ada baiknya Anda baca dulu tulisan saya sebelumnya. Baca Group Kuburan. Karena membuat Fan Page Blog tak ubahnya membuat dan mengelola grup dalam komunitas seperti di Social Media. Kalau pertanyaannya perlu apa tidak, tentu jawabannya sangat relatif. Tergantung dari sudut pandang mana Anda melihatnya. Namun kalau boleh saya pilah-pilah setidaknya saya menemukan beberapa parameter yang bisa Anda jadikan alasan apakah Anda memang sudah perlu atau sudah waktunya membuat Fan Page buat blog Anda. Contoh misalnya Facebook Fan Page.
 
Nah, sebelum saya mengulas perlu apa tidak memasang Fan Page Blog, berikut ini saya paparkan beberapa tujuan mengapa para blogger membuat Fan Page Blog:

  1. Wadah komunitas pembaca Blog. Ada ungkapan tak kenal maka tak sayang. Dan ini juga berlaku di dunia blogging. Anda mesti berjuang dulu agar blog Anda dikenal banyak orang. Setelah dikenal, dikunjungi oleh banyak orang, maka Anda boleh untuk mulai mempertimbangkan pasang Fan Page Blog untuk mewadahi komunitas pembaca blog Anda.
  2. Memperlihatkan pengunjung Blog. Jika blog Anda semakin banyak mempunyai artikel pilar. Apa artikel pilar? Baca posting saya Pillar Article for Page Rank maka pengunjung blog biasanya secara diam-diam tanpa Anda minta dengan suka rela akan membookmark blog Anda. Dan agar mereka bisa terlihat di mata Anda maupun sesama pengunjung yang lain, maka Anda pun bisa mewadahi mereka dengan memunculkannya dalam Fan Page Blog Anda.
  3. Mengundang orang untuk menjadi pembaca blog. Kegiatan menulis secara umum tidak mudah dilakukan buat semua orang, meski hanya sekedar menulis artikel-artikel ringan, terlebih untuk menulis secara teratur dan berkesinambungan seperti dalam ngeblog. Karena budaya menulis tak sepopuler seperti budaya membaca. Banyak orang gemar membaca tapi tidak sedikit yang kurang suka menulis. Jika Anda termasuk yang sudah mudah untuk menulis maka artinya blog Anda telah secara teratur menampung ide-ide dari Anda, Anda sudah layak dan perlu mengundang orang untuk menjadi pembaca blog Anda. Salah satu pilihannya adalah dengan membuat Facebook Fan Page.
Itu adalah beberapa diantara tujuan para blogger membuat Fan Page Blog. Sekarang, kapan waktu yang tepat untuk membuat Fan Page Blog? Apa saja kira-kira parameter yang bisa dipakai sebagai ukuran kepantasan sebuah blog layak membuat Fan Page? Tidak ada kriteria yang baku, sih tapi paling tidak, jika blog Anda sudah memenuhi kriteria seperti berikut ini, sepertinya sudah cukup pantas untuk membuat Fan Page Blog.

Berikut adalah kriteria-kriterianya:

  1. Artikel Blog ramai dikomentari pengunjung. Jika artikel posting Anda setiap terbit selalu ramai dikomentari pengunjung, itu artinya blog Anda sudah mempunyai Fan yang selalu menanti terbitnya setiap posting artikel terbaru di blog Anda. Itu artinya blog Anda bisa dibilang mempunyai banyak penggemar. Nah, jika blog Anda sudah seperti ini maka itu saatnya Anda membuatkan Fan Page buat mereka.
  2. Blog sudah punya pengunjung setia. Pengunjung setia memang tidak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar di blog Anda karena kebiasaan berkunjung dan meninggalkan komentar sebagian besar hanya dilakukan oleh para blogger, bukan para pencari informasi atau pengunjung umum. Kecuali kalau artikelnya memang sangat memancing atau menarik untuk dikomentari. Jika data statistik blog Anda mencatat sudah semakin banyak pengunjung yang masuk secara direct URL, itu artinya Anda sudah punya pengunjung setia yang sudah membookmark URL blog Anda. Itu artinya Anda pun bisa mulai membuatkan Fan Page buat mereka.
  3. Mampu memberikan E-zine atau Newsletter secara rutin. Kalau dalam internet marketing fungsi E-zine atau Newsletter adalah untuk menjaga hubungan Anda dengan member atau calon member (prospek) bisnis Anda. Fungsinya, dengan sering memberikan E-zine berupa artikel atau tips-tips yang menarik dan bermanfaat harapannya kedepan prospek akan membeli produk Anda. Lalu apa hubungannya E-zine dengan Fan Page Blog? Ada. Karena salah satu syarat orang betah menjadi Fan pada sebuah Blog atau komunitas grup adalah adanya E-zine atau Newsletter seperti ini. Ingat artikel saya sebelumnya. Group Kuburan. Nah, sekarang saya balik, jika Anda sudah mampu menyajikan E-zine atau Newsletter buat orang lain mengapa tidak Anda lakukan dengan membuat Fan Page Blog Anda?
  4. Sudah menjadi public figure di dunia maya. Sama seperti public figure di dunia nyata, public figure blog atau blogger seleb adalah seorang tokoh sentral. Artinya siap menjadi trendsetter, panutan dan bisa menginspirasi blogger lain. Jika Anda merasa sudah bisa menginspirasi banyak orang atau minimal para blogger lain, tidak ada salahnya membuat Fan Page Blog sebagai bentuk penghargaan Anda buat para pengagum Anda.
  5. Mempunyai banyak Follower di Twitter. Twitter memang bisa menjadi tolok ukur seberapa penting dan eksis diri Anda di dunia maya. Jika anda di Twitter punya banyak follower yang memang dengan suka rela follow Anda karena tertarik mengikuti Anda, bukan karena alasan saling mem-follow maka Anda patut berbangga karena eksistensi Anda di dunia maya ternyata diakui banyak orang. Dan Fan Page Blog juga perlu Anda pertimbangkan untuk Anda buat buat mewadahi para follower Anda.
Jika Anda tertarik ingin membuat Facebook Fan Page, silahkan create lewat link di sini. Kalau ingin baca-baca dulu tutorialnya silahkan baca di sini.

Demikian, semoga dengan membaca ulasan saya ini Anda bisa sedikit menjadi lebih tahu apa tujuan dan perlunya membuat Fan Page Blog. Dan satu lagi yang terpenting, tidak menganggap widget Fan Page yang biasanya mejeng di sidebar hanya untuk keperluan Narsis bloggernya semata.




Bookmark and Share

7 komentar:

  1. KAlo buat saya yang jualan sih...fan page berfungsi juga untuk naikin status. Karena dengan banyaknya member, secara otomatis reputasi kita sebagai pedagang terpercaya juga bisa naik. :D

    BalasHapus
  2. bukan detikcom: Terima kasih, Mas Gardino untuk satu lagi point tambahannya. Betul sekali, justru itu tujuan implisitnya. Menaikkan reputasi kita dan kepercayaan pengunjung kepada kita.

    BalasHapus
  3. terima kasih mas, nice info
    btw, blognya bermanfaat banget

    BalasHapus
  4. wah boleh juga sarannya bro.. ta coba ah siapa tau nambah traffic

    BalasHapus
  5. memilki fans page wajib di milkii oleh yang punya blog,hal itu di maksudkan untuk meningkatkan trafiic dan PR blog.

    BalasHapus