Sabtu, 27 Februari 2010

BlackBerry World Edition Dual Mode Murah

BlackBerry
Maraknya BlackBerry di negara kita membuat ponsel mirip BlackBerry dengan harga murah buatan China banyak membanjiri pasaran Indonesia menyasar konsumen low end di negara kita. Salah satu kelebihan atau feature yang menjadi daya pikat dari ponsel Berry buatan China adalah dibenamkannya feature Social Media seperti Facebook dan Twitter, serta email mirip dengan BlackBerry buatan perusahaan RIM Canada, selain itu juga adanya feature double simcard atau dual mode yang menjadi daya tarik ponsel Berry China.

Nah, bagamana dengan BlackBerry sendiri? Adakah seri BlackBerry yang bisa dual mode GSM dan CDMA, namun yang terpenting harga murah seperti halnya ponsel Berry buatan China? Jawabnya ada. Salah satu pilihannya adalah BlackBerry Curve 8830.

Seperti berita yang saya kutip dari detikInet, katanya Ponsel dual mode GSM+CDMA seri BlackBerry World Edition akan beredar secara resmi ke pasaran di Indonesia mulai Maret 2010 mendatang. Salah satunya adalah BlackBerry Tour 9630 dan BlackBerry Curve 8830.

BlackBerry ini akan dibundel Indosat untuk disuntik layanan fixed wireless access StarOne yang berbasis CDMA. "Perangkat untuk layanan ini baru akan tersedia Maret," kata Guntur Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, dalam keterangannya, Senin (22/2/2010).

Beberapa waktu lalu, Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya, mengungkap akan memasok 2000 unit BlackBerry World Edition seri BlackBerry Tour 9630 dan BlackBerry Curve 8830. Belum ada update terbaru apakah pasokan itu akan ditambah.

Sementara berbicara layanan BIS (Blackberry Internet Service) berbasis CDMA, Indosat sendiri bukan satu-satunya penyedia layanan BlackBerry dengan jaringan CDMA. Sebelumnya, layanan ini telah diselenggarakan oleh operator Smart Telecom melalui handset BlackBerry tipe 8330. Dan denger-denger Flexi juga nantinya akan menyusul ikut meramaikan layanan BIS pada jaringan berbasis CDMA.

Untuk yang BlackBerry Curve 8830, lewat posting ini saya akan memberikan sedikit sharing review karena kebetulan Blackberry seri ini saya sudah menjajal kemampuan featurenya. Saya beli BlackBerry Curve 8830 dengan harga cukup murah dari hasil memenangkan lelang di eBay sebulan yang lalu sehingga meskipun seri ini belum di-release atau keluar resmi di Indonesia saya sudah tahu feature-featurenya.

Berikut adalah spesifikasi teknis dari BlackBerry Curve 8830:

General
• Product Type BlackBerry
• Service Provider Sprint Nextel (unlocked)
• Width 2.6 in
• Depth 0.6 in
• Height 4.5 in
• Weight 4.6 oz

Cellular
• Technology CDMA2000 1X / GSM
• Band CDMA2000 1X 1900/800 / GSM 900/1800
• Phone Design Candy bar
• Vibrating Alert Yes
• Phone Navigation Buttons Trackball
• Voice Dialing Yes
• Caller ID Yes
• Wireless Interface Bluetooth
• Application Software Tasks , Calendar , Organizer , Calculator , Address Book
• Additional Features microSD memory card slot , GPS
 
Communicator Features
• Operating System BlackBerry Handheld Software

Messaging & Data Services
• Short Messaging Service (SMS) Yes
• Mobile Email Yes
• GPRS (General Packet Radio Service) Yes
• EDGE (Enhanced Data Rates For Global Evolution) Yes
• Internet Browser Yes
• EV-DO (Evolution-Data Optimized) Yes
• Messaging / Data Features Text messages
 
Multimedia Features
• Downloadable Content Music , Videos , Audio files , Pictures , Ring tones
GPS System
• GPS Navigation None

Display
• Type LCD display
• Technology TFT
• Display Resolution 240 x 320 pixels
• Color Depth 16-bit (65000 colors)
 
Digital Player (Recorder)
• Supported Digital Audio Standards MP3 , MIDI
 
Connections
• Connector Type 1 x Headset jack , 1 x USB

Miscellaneous
• Included Accessories USB cable
• Cables Included USB cable

Battery
• Technology - Lithium ion
• Capacity 1400 mAh
• Talk Time Up to 300 min
• Standby Time Up to 384 h

Kelebihan dari BlackBerry Curve 8830 seperti yang sudah saya sebut dimuka adalah selain harga murah —harga barunya $199.99 atau dalam kisaran dua jutaan— juga bisa dipakai untuk dua kartu sekaligus. Untuk yang CDMA-nya diinjek, sementara yang GSM menggunakan simcard. Dan kelebihan yang lain adalah meski untuk jaringan data pada GSM-nya masih mengandalkan teknologi GPRS tapi untuk CDMA-nya sudah mengusung teknologi 3G. Yaitu sudah mendukung teknologi Dual-band 800/1900 MHz CDMA2000 1X Ev-DO networks.

Dan yang menjadi kekurangan dari BlackBerry Curve 8830 adalah belum dibenamkannya feature kamera, GPS, Wifi di dalam handsetnya, dan bentuknya agak sedikit melebar jika dibandingkan dengan seri Curve lainnya, dan juga belum support untuk stereo Bluetooth headsets.

Kesimpulannya, saya rasa dengan harga dua jutaan dengan feature segitu, BlackBerry Curve 8830 sudah cukup lumayan. Jika Anda mungkin tertarik mari kita tunggu sama-sama setelah keluar seri ini di Indonesia, atau kalau tidak Anda juga bisa berburu barang second-nya lewat lelang di internet melalui eBay seperti saya.




Bookmark and Share

17 komentar:

  1. Pemakai Blackberry umumnya sok narsis dan sok eksis. Tidak adanya fasilitas kamera justru menjungkalkan gadget yang satu ini.

    Pak, saya tidak bisa menyimpulkan dari tulisan Bapak: 8830 ini ada messenger alert-nya nggak, Pak?

    BalasHapus
  2. Vicky Laurentina: He... He... Saya tidak termasuk yang suka Narsis itu, lho Mbak Vicky. Benar, rata-rata pengguna Blackberry banyak yang suka Narsis apalagi dengan memakai BB, kirim foto semudah menggerakkan jempol aja.
    Kalau Feature BBM sudah include, ada di semua BB, termasuk seri 8830 ini.

    BalasHapus
  3. ngapain siihhh ngebahas BB muluuuu...

    saya ndak sanggup beli meskipun harganya dah nggak setinggi dahulu..

    dan tulisan2 mas joko mbuat hati saya teririiissss....
    huaaa..... :((

    BalasHapus
  4. Lisha Boneth: Saran saya, sih kalau nggak butuh banget mending gak usah beli BB, Lis. Mahal dioperasionalnya juga. Saya akhirnya kepaksa beli karena semua teman kantor pada pakai semua.

    BalasHapus
  5. Kalo beli hape di ebay, gimana dengan bea pengirimannya Bang? ada yang bilang bea pengiriman mahal, bahkan lebih mahal dari barang dibeli, betul nggak sih Bang? ada tips untuk hal ini? (^_^)

    BalasHapus
  6. dianita: Saat beli BlackBerry 8830 ini di eBay saya dikenakan biaya Shipping dari USA kesini sebesar $ 34,95. Terus diluar itu di Pabean atau Bea Cukai Jogja dikenakan biaya pajak PPN 10% dan Pph 22 sebesar 7,5%. Jadi kalau dihitung-hitung ya lumayan juga biaya tambahannya. Tapi setelah ditotal semua masih tergolong murah, kok totalnya.

    Untuk biaya shipping saat barang dipajang di eBay biasanya harga + biaya pengirimannya sudah dicantumkan disana pada detil harganya. Rata-rata kalau barang elektronik seperti HP biaya shippingnya antara 25 s/d 35 dolar per paket pengiriman.

    BalasHapus
  7. apa kedua nomor(CDMA dan GSM)bisa on diwaktu yang bersamaan? artinya saya bisa menerima telp di kedua nomor tersebut selama handphone on, atau hanya bisa aktif satu nomor saja?

    BalasHapus
  8. Anonim:
    Saya kebetulan hanya mengaktifkan nomor GSMnya saja jadi belum tahu persis apakah bisa Dual On, hidup dua-duanya. Tetapi, berdasar cerita pengalaman teman saya yang dari Surabaya, dua nomernya (GSM+CDMA) bisa dilakukan setting semacam call forwarding dari nomor primer GSMnya ke nomor CDMAnya. Jadi kedua nomornya tetap bisa dihubungi saat BBnya aktif.

    BalasHapus
  9. Kl di call forwarding gitu bukannya ntar jd ongkos telp org ke kita jd lebih mahal pak?

    BalasHapus
  10. Anonim:
    Kalau bagi si penelpon atau yang manggil tidak ada pengaruhnya secara biaya, tetap sama aja seperti nelpon biasa. Karena yang melakukan pengalihan dari handset kita. Nanti ada voice mail telpon sedang dialihkan

    BalasHapus
  11. Maaf untuk disurabaya dimana tempatnya agen dan untuk sekarang kena harga berapa yaaa....

    BalasHapus
  12. Hakim:
    Kalau di Surabaya saya kurang tahu. Tapi coba cari di WTC jalan Pemuda, Mas barangkali ada

    BalasHapus
  13. maaf saya mau tanya mksudnya bisa GSM - CDMA itu ,apakah BB 8830 itu bisa 2 nomor dimasukan??
    misal GSM (SIM CARD) disisipkan & CDMA diinject bersamaan.
    jadi di didalam BB 8830 itu ada 2 Nomor dan jika saya ingin melakukan panggilan,sms,etc saya tinggal switch aja (saya tahu BB ini bukan dual on).
    Jadi jika memang benar bisa sperti itu saya ingin menggunakannya sbg GSM khusus u/ telp n sms & CDMA khusus hanya sy gunakan sbgai BIS (Blackberry Internet Service).
    dan apakah itu juga berlakau pada BB9530 dan BB9650???
    mhon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  14. mustofa:
    Kalau BB 8830 kebetulan saya pernah pakai. Benar, yang CDMA diinjek sementara GSM-nya pakai Simcard. Cuma waktu itu saya yang CDMA-nya tidak saya pakai, hanya GSM-nya saja. Kata teman saya yang pernah aktifkan dua2nya, sih bisa On secara bergantian. Kalau yang seri BB 9530 dan BB 9650, mohon maaf kebetulan saya belum pernah pegang jadi saya kurang tahu, Mas.

    BalasHapus
  15. jadi, ga ada kamera dan bluetooth nya ya Om? kalo misal sy injek nomer SMART utk cdma nya dan indosat utk gsm nya, bisa? bisa download video ga dari internet? mohon pencerahannya,thx

    BalasHapus
  16. Anonim:
    Bluetooth ada tapi belum suport dengan stereo Bluetooth headsets. Bisa kalau mau diinjek pakai SMART dan GSMnya pakai simcard Indosat. Kalau Anda paket BB-nya ambil yang unlimited tentu bisa buat download.

    BalasHapus
  17. mas joko... kalo saya beli bb flip di eBay.. untuk mengetahui pin-nya di suspend or gx darimana ya? Thanks before




    "Rinaldy Tonik"

    BalasHapus