Senin, 01 Februari 2010

7 Cara Mencurangi Google

Black Hat SEO
Kalau Anda pernah membaca artikel saya sebelumnya, baca “Cara Extrem Daftar Google Adsense” maka kali ini saya akan berbagi dengan Anda cara-cara untuk mencurangi Google. Saya memposting tulisan ini bukan bermaksud untuk mengajari atau mengajak Anda untuk berbuat curang, tetapi sekedar menyampaikan bahwa di internet para internet marketer tidak sedikit yang tetap menerapkan cara-cara black hat SEO ini untuk berusaha mengelabuhi dan mencurangi search engine Google agar situsnya berhasil nangkring di halaman pertama pencarian Google.

Apa saja cara-cara curang tersebut? Berikut adalah ke-7 Cara Mencurangi Google yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online di internet:

  1. Mendaftar Google Adsense dengan memakai blog orang lain kita akui sebagai blog kita. Cara ini banyak dilakukan blogger newbie yang kesulitan karena ditolak oleh Google saat mendaftar Google Adsense. Salah satu pengomentar di blog saya yang tak mau menyebutkan namanya mengaku katanya pakai cara ini bisa berhasil. Tapi kalau boleh saya berpendapat, Google mungkin bisa aja dicurangi saat ini tapi para insinyur Google bukan orang-orang bodoh. Yang jelas pasti lebih pintar dari saya dan Anda. Suatu saat jika sampai ketahuan, resikonya adalah account Anda akan langsung di-banned dan earning yang sudah terkumpul akan hilang dengan sia-sia. Apakah Anda mau seperti itu?
  2. Memberikan “tag” pada gambar di blog tidak sesuai dengan gambar dan tema artikelnya. Pada pelajaran ilmu SEO (search engines optimization) diajarkan cara untuk mendiskripsikan sebuah image atau gambar di blog agar bisa dikenali oleh robot Google adalah dengan memberikan “tag” pada gambar tersebut. Bahkan menganjurkan di-tag sesuai dengan kata kunci yang kita bidik. Cara ini masih bisa dimaklumi kalau diskripsi tag-nya sama dan relevan dengan gambar dan isi artikelnya, tetapi kalau samasekali tidak nyambung, sama saja Anda sudah mencurangi Google.
  3. Menjejalkan Keyword secara berulang-ulang dalam postingan. Dulu katanya cara ini cukup manjur untuk mengoptimisasi blog agar blog bisa muncul di 10 Besar Hasil Pencarian Google sesuai dengan kata kunci yang kita bidik, tetapi saat ini cara curang ini sudah tidak ampuh lagi. Jadi bagi yang masih menerapkan cara ini, Anda mesti tahu kalau cara ini sudah tidak ampuh lagi, malah akan membuat blog Anda dianggap melakukan Spamming oleh Google.
  4. Menyamarkan Keyword. Cara ini hampir sama dengan cara nomor 3, Cuma bedanya dibuat secara invisible. Yaitu nembak kata kuncinya secara berulang-ulang ditaruh di akhir posting atau bottom halaman blog dengan menyamarkan warna teksnya sesuai dengan warna latar belakang dari halaman blognya. Cara ini juga cukup ampuh mengelabuhi Google, tapi itu dulu, sekarang sudah tidak manjur lagi.
  5. Melakukan Link Farm. Mencari banyak backlink dari blog lain dengan cara melakukan link farm juga termasuk cara curang. Dulu cara ini juga cukup ampuh untuk mendongkrak link popularity atau Page Rank blog kita. Tapi itu dulu, sekarang tidak lagi karena Google hanya memperhitungkan backlink yang datang dari blog yang memang ada relevansi topik atau tema sama dengan blog Anda, bukan dari blog yang samasekali tidak nyambung dengan tema blog Anda apalagi link yang datang dari blog tempat gudang jualan link. Dan satu lagi, terkait dengan jual beli link seperti bisnis Paid Review itu juga membuat marah Google karena dianggap mengacaukan algoritma perangkingan dan hasil pencarian Google.
  6. Membuat content kembar. Membuat atau mempublish ulang sebuah artikel postingan yang sama ke banyak blog Anda yang lain, termasuk membuat duplikat blog dengan isi yang sama ke beberapa hosting dan domain yang berbeda-beda. Cara ini juga termasuk cara curang. Dulu, metode ini merupakan salah satu metode SEO. Tujuannya adalah agar halaman-halaman blog dengan isi kembar dapat menjadi doorway pages, yang ditujukan untuk search engine berbeda yang disesuaikan dengan setiap kata kunci yang penting.
  7. Melakukan teknik Cloaking. Apa itu cloaking? Yaitu teknik yang mensiasati search engine agar mengindex halaman depan web Anda, padahal pengunjung melihat halaman web Anda yang lain. Gimana cara melakukan cloaking? Caranya adalah dengan mengkatalogkan alamat IP seluruh spider beberapa search engine sehingga pada saat situs pencari memanggil data web Anda yang ada dalam indeks database-nya, alamat IP-nya akan langsung dikenali dan ditampilkan di halaman pertama.

Itulah ke-7 Cara Mencurangi Google yang masih banyak dilakukan oleh para pebisinis online? Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah salah satu diantaranya juga pernah Anda lakukan? Semoga saja tidak. Kalaupun kebetulan diantara Anda ada yang melakukan, mudah-mudahan hanya karena faktor ketidaktahuan aja kalau sebenarnya cara-cara itu adalah termasuk cara curang yang bisa membuat marah search engine Google.

Dan hukuman bagi orang yang sudah mencurangi Google, sungguh tidak main-main, situs Anda akan didepak dari database indeks-nya Google. Apakah Anda mau blog/ website Anda dibegituin oleh Google? Tentu tidak, bukan? Makanya saya berharap lewat postingan ini agar tidak ada lagi yang menerapkan cara-cara curang tersebut.




Bookmark and Share

14 komentar:

  1. daripada rejekinya ndak berkah.. mending tetep setia dengan TOS yang ada :D salam kenal yaa..

    BalasHapus
  2. wah2.. tips yang mantap banget tuh. patut banget untuk dicoba.... secara mbah ggoogle terlalu ketat banget persaingannya. apalagi SEO.. ahahha

    BalasHapus
  3. iya ih
    saya daptar kagak diterima-terima
    payah dah!

    BalasHapus
  4. Ifa: Terima kasih sudah mampir dan memberi comment. Salam kenal juga, Mbak Ifa. Berkah! Akur, Mbak. Harus, kita harus mencari rejeki yang berkah dengan tidak bermain curang.

    Arfi: Lho, Mas Arfi, kok malah mau dicoba? Hati-hati resikonya berat, lho bisa ditendang dari Google.

    deady rizky: Coba fokus ke update postingan dulu, Mas. Setelah contentnya banyak dan pengunjung juga makin bertambah, silahkan daftar lagi. Mudah2an cepat diapprove oleh Google

    BalasHapus
  5. lebih baik jadi seorang ksatria sejati daripada seorang pengecut yg curang

    BalasHapus
  6. mas minta petunjuk khusus no 1 , koq tiap kali saya daftar edsense di google jawabannya selalu ditolak ya,apa kira2 kelirunya, padahal dah saya ikuti petunjuk ngedaftarnya .
    sampe sekarang masih belum bisa ...

    BalasHapus
  7. makasih mas telah sudi mampir kerumah saya yang masih acak-acakan..wah ini info yang patut dicoba..memang harusnya kita nggak asal main copas aja..tapi kadang2 saya nglakuin hal itu..maklum masih pemula..besuk buat astikel yang orisinil ah hehehehe

    BalasHapus
  8. pake yg halal ja deh.. hahah takut juga klo di banned..
    mas"/mba" mampir kerumah baruku dong yang baru seumur jagung..
    kritik dan saranya aku tunggu...^^

    BalasHapus
  9. sudah waktunya google harus ada pesaingnya biar tambah rame...

    BalasHapus
  10. Nice Info!!!

    biar jadi pelajaran buat blogger!!!

    BalasHapus
  11. kalau tags gimana gan?
    apa itu juga curang?

    BalasHapus
  12. Emulator PS2:
    Kalau maksudnya tags itu label dalam postingan tak masalah, Mas.

    BalasHapus
  13. jadi sedih dan takut bacanya Gan... cz saya pake cara bgituan biar cepet naik di google :(
    di http://www.ramasingkawang.web.id

    makasih Gan......itu membantu

    BalasHapus