Selasa, 16 November 2010

Era Baru Layanan Mobile Broadband 3

HSPA+

Saat ini era internet mobile broadband kecepatan tinggi benar-benar sudah bisa kita rasakan di negara kita. Khususnya, bagi Anda pelanggan Flash Kartu Halo Telkomsel, sebagaimana klaim resminya di akhir tahun 2009 lalu. Baca "Era Baru Layanan Mobile Broadband". Kini bagi Anda yang tinggal di pusat-pusat kota berikut: Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Medan, dan Surabaya sudah bisa menikmati kecepatan internet mobile broadband berkecepatan tinggi dengan teknologi HSPA+ atau setara dengan teknologi hampir 4G.

Kemarin, hari Senin, 15 November 2010 pukul 08:00 WIB bertempat di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan jalan Malioboro saya telah melakukan test speed kecepatan internet saya. Saya melakukan test dengan bantuan SpeedTest.Net mencoba Ping server dari Yogyakarta ke Semarang.

Dan hasilnya, sungguh mengejutkan. Kecepatan internet saya sempat menyentuh level tertinggi di angka 5 Mbps. Jauh melesat tinggi melebihi kecepatan internet tertinggi yang pernah saya capai pada bulan Januari 2010 lalu, yang sempat nembus ke angka 3 Mbps. Baca "Era Baru Layanan Mobile Broadband 2"

Silahkan Anda lihat bukti capture print screennya di bawah ini:


Speed Mobile Broadband HSPA+

Bagi Anda yang punya mobilitas tinggi dan ingin mendambahkan kecepatan internet mobile broadband berkecepatan tinggi, saatnya kini Anda bisa beralih dan menjajal kemampuan Flash Kartu Halo dari Telkomsel. Kalau Anda ingin tahu detilnya silahkan bisa baca-baca dulu introduction-nya dari situs Telkomsel di sini


Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan lebih dulu sebelum Anda memutuskan untuk memilih sebuah layanan internet mobile broadband, apa pun itu ISP-nya. Yaitu: Kekuatan sinyal di lokasi Anda, seberapa banyak jumlah pengakses internet mobile broadband yang sama di lokasi Anda, lokasi server internet yang sering Anda akses atau tuju kemana, dan jenis paket internet yang akan Anda pilih apa, prabayar apa pasca bayar. Mengapa? Karena faktor-faktor inilah yang akan mempengaruhi kecepatan internet Anda. Dan yang terakhir, yang tak kalah penting adalah teknologi peripheral modem dan spesifikasi komputer Anda tentunya juga turut berpengaruh.


Catatan: Artikel ini bukan sebuah Advertorial. Hanya murni review dari seorang pemakai saja. Dan saya menulis review ini samasekali tidak dibayar oleh Telkomsel.


Sumber Foto: Maxmobile


Bookmark and Share

23 komentar:

  1. OOT: tgl 23 besok Habib Syech di rumah alm Kayi Najah. di ringroad utara karang nongko..siahkan hadir jika sempat mas dab....itu juga deket Basecamp Belantara Indoensia..hehehhe

    BalasHapus
  2. Saya pakai Speedy cuma dapet segini pak, http://www.speedtest.net/result/1033537083.png

    Untuk 300rb per bulan sepertinya kemahalan ya. Sayangnya, sepertinya di sini tidak ada pilihan lain. Saya pernah nyoba yang modemnya kecil dicolok ke USB, ternyata malah lebih jelek.

    BalasHapus
  3. Belantara Indonesia:
    Isya Alloh kalau tidak ada halangan nanti saya akan hadir. Thanks infonya, ya.

    TUKANG CoLoNG:
    Jangan mupeng disini, Mas. He He

    Jeprie:
    Kecepatan 590 Kbps saya rasa itu sudah lumayan cepat, Mas Jeprie kalau sekedar untuk browsing saja. Saya awalnya tertarik juga dengan Speedy karena alokasi bandwithnya jelas dan stabil, tidak naik turun seperti internet mobile broadband. Namun sayang rumah saya jaringan Telkom belum masuk. Satu-satunya jaringan HSDPA yang masuk ke rumah hanya sinyal Telkomsel.

    Kalau saya berlangganan Flash yang paket advance Rp 225 ribu/bulan (exc. PPN 10%), unlimited dengan batas kuota normal 2GB, speed mak 7.2 Mbps.

    BalasHapus
  4. untuk yang dipelosok2 seperti saya ini pak, layanan flash belum terlalu bersahabat sepertinya. Sinyalnya naik turun.. jadi kita2 msh prefer yg pake kabel.. :D
    yaaa.. contohnya speedy..

    meski ga terlalu cihuy juga, tp untuk saat ini dan di tmpt ini, amaaannnn laahhh... :)

    BalasHapus
  5. Lisha Boneth:
    Sejak kapan kamu manggil aku dengan "Pak", Lis? Bukannya selama ini kamu manggil aku dengan "Mas" biar kelihatan mesra gitu? HeHe *Cengar-cengir sambil garuk-garuk kepala

    Rumahku juga sebetulnya di pelosok, 15 KM dari pusat kota tapi karena dekat dengan pusat bisnis (bandara) maka dapet nangkep sinyal HSDPA. Tapi rumahmu masih untung, Lis karena jaringan kabel Telkom da masuk sehingga bisa pasang Speedy. Lha, perumahanku malah belum ada.

    BalasHapus
  6. wedewww...
    ternyataaa ohhh ternyata...
    jari2ku keplesetttt.. hahahaha
    aku sendiri ndak sadar manggil "pak"
    wakakakakakakaka..

    sungguh therlaluuu memang, bila otak dan hati udah kemana tauuu... wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Lisha Boneth:
    Ha Ha Ha.... Kepleset, ya Lis? Saya pikir hanya kaki aja yang bisa kepleset karena licin, ternyata jari-jemari juga. Kamu ini sekarang kayaknya terkena syndrom akan melahirkan. Jadi antara pikiran dan hati tak singkron. Semangat, Lis. Saya berdoa semoga proses persalinannya nanti lancar. Ibu dan bayinya selamat. Amin.

    BalasHapus
  8. Kirain tulisan ini dibuat karena ada kontes dari TElkomsel... ternyata tidak to..? hehehe

    BalasHapus
  9. Sampai sekarang aku masih setia pakai Speedy... :)

    BalasHapus
  10. catatan kecilku:
    Untung saya beri note di bawah artikel. Kalau ndak, berarti dikira iklan beneran. :D

    the others:
    Kalau Speedy sudah sangat memuaskan di tempat Mbak Reni, ya sebaiknya tidak pindah kelain hati, Mbak. HeHe

    BalasHapus
  11. saya pakai IM2 pak.kebetulan di tempat saya, hanya IM2 yg sinyalnya kuat. pengen juga sih coba flash untuk mobile..

    BalasHapus
  12. Fadly Muin:
    Saya belum pernah nyoba IM2, Pak. Kalau IM3 (Satelindo) sudah pernah nyoba. Kebetulan di rumah sinyalnya yang ketangkep baru sebatas 2G (EDGE) jadi tidak saya terusin lagi. Tapi, kalau di kantor saya di Malioboro hampir semua operator (GSM & CDMA) sinyalnya kenceng semua.

    BalasHapus
  13. eh.. ada yg keyboardnya berlumut sampai2 kepeleset. he..he..he..

    kalau aku pakai modem starone, and... lambatnya minta ampun, sungguh!

    BalasHapus
  14. Harusnya Pihak Telkomsel berani membayar Mas Joko :)

    BalasHapus
  15. ImRoee:
    Kalau modem CDMA yang teknologinya masih belum EVDO, orang banyak bilang: "Biar lambat asal selamat." HiHi

    Yuda:
    Seandainya saja begitu, Mas Yuda. :D

    BalasHapus
  16. beginilah seharusnya sebuah perusahaan, memberi kualitas bagus kepada pelanggan. Walhasil, seperti Mas Joko ikhlas mereview dan merekomendasikan tanpa dibayar karena kepuasan yang dirasakan. kebanyakan cuma nipu melalui iklan.

    Nice Mas Joko, thanks reviewnya! :)

    BalasHapus
  17. Ajir:
    Ya, Mas Ajir. Kalau sebelum-sebelumnya saya sempat pernah dikecewakan, kali ini saya benar-benar terpuaskan. Makanya, saya terus menulis ini. Jika kemudian Telkomsel diuntungkan akibat review ini, anggaplah itu sudah rejeki mereka. :D

    BalasHapus
  18. nambah pengetahuan nih...!!!

    BalasHapus
  19. ada yang lebih cepat lagi modem cdma venus vdo vt18, kemaren beli di murid bapak HOFED pake kartu smart reg harian 2.500,- cepat murah, kalau ingin setara google AHA tinggal reg 10.000,-lancar banget kemaren pake kartu tri modem gsm reg 25.000 per bulan loading lambat banget nguras waktu. Buat buka read tube tidak bisa...

    BalasHapus
  20. hendra community:
    Kalau SMART saya juga pernah coba tapi masih pakai modem yang dari HP, belum pakai modem yang EVDO. Kalau teknologi EVDO pada SMART dan AHA setahu sudah setara dengan teknologi HSDPA pada GSM. Kecepatannya bisa mencapai 3.6 Mbps. Okey, kapan-kapan saya tunggu reviewnya, Mas Hendra agar ada alternatif

    BalasHapus
  21. wah klo menembus 5Mbps berarti broad brand lebih cepat. Memang saya butuh kecepatan yang lebih agar tidak menyita waktu saat browsing. Sampai2 memiliki dua modem cdma sama gsm. untung modem gsm saya belum saya jual saya berpikiran buat jaga2 klo ada program terbaru yang lebih cepat. Kalau yang saya tahu AHA 3,6Mbps apakah broad band lebih cepat dari AHA?

    BalasHapus
  22. memang soal tarif beda pak klo evdo per bulan 45.000 klo broadband Rp 225.000,-tapi bagus jg buat reverensi jika saya beberapa bulan mendatang moneytize blog nya mulai maju dan butuh dimanjakan layanan kecepatan berinternet secara maksimal...

    BalasHapus