Jumat, 11 Desember 2009

Era Baru Layanan Mobile Broadband

Mobile BroadbandPada Media Halo Telkomsel Edisi Desember 2009 bulan ini ada sebuah kabar yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan yang sangat menarik minat saya. Bagi yang bukan pelanggan Kartu Halo atau belum baca berita tersebut, inilah kabar atau news yang membuat saya senang dan appraised dengan inovasi teknologi yang telah dilakukan oleh Telkomsel. Rasanya tidak sia-sia kalau Telkomsel menyandang sebagai market leader perusahaan telekomunikasi seluler di negara kita. Berikut isi beritanya:

Era Baru Layanan Mobile Broadband Peluncuran Next Generation Flash

Seiring penambahan frekuensi 3G dan kesiapan network TELKOMSEL dalam memandu industri selular memasuki babakan baru era mobile broadband, pada tanggal 4 November 2009 lalu TELKOMSEL secara resmi meluncurkan proyek Next Generation Flash.

Next Generation Flash merupakan proyek peningkatan teknologi jaringan TELKOMSEL dari sebelumnya HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) 7,2 Mbps ke teknologi HSPA+ (High Speed Packet Access+), teknologi wireless broadband yang mampu menghadirkan kecepatan akses data hingga 21 Mbps.

Peluncuran proyek ini makin menguatkan komitmen TELKOMSEL dalam berinvestasi sekaligus memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di indonesia memasuki babak baru mobile broadband.

Seiring dimulainya babak baru ini, TELKOMSEL berkomitmen penuh untuk menyiapkan seluruh jaringan telekomunikasi dengan menghadirkan bandwith dengan kapasitas jaringan yang mampu melayani hingga 16 juta pelanggan data hingga akhir tahun, serta didukung jaringan 3G terluas dengan sekitar 4.000 Node B atau BTS 3G yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Tambahan frekuensi 3G ini ditandai dengan dikeluarkannya SK Menteri Komunikasi dan Informatika tanggal 1 September 2009, No: 268/KEP/M.KOMINFO/9/2009 tentang Penetapan Alokasi Tambahan Blok Frekuensi Pita Radio, Besaran Tarif dan Skema Pembayaran Biaya Hak Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio bagi Penyelenggara Jaringan Bergerak Selular IMT-2000 Pada Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz.

Lewat Next Generation Flash, pelanggan kartuHALO akan diprioritaskan untuk memperoleh akses data berupa kemudahan mendapat koneksi dan kecepatan akses yang lebih tinggi dibanding pelanggan prabayar.

Untuk tahap awal, teknologi HSPA+ tersedia bagi pelanggan di Jakarta. Selanjutnya hingga akhir tahun akan hadir di Yogyakarta, Semarang, Medan, dan Surabaya. Target selanjutnya, di tahun 2010 akan menjangkau 24 kota di seluruh Indonesia.

Kini jumlah pengguna TELKOMSELFlash meningkat 700 persen menjadi 1,4 juta dibanding jumlah di awal tahun 2009 yang hanya 200.000. Diperkirakan pada tahun 2010 jumlah ini akan menembus angka 150 juta dan pengguna internet 50 juta. Mobile selular dan internet akan berkonvergensi, di mana kehadiran mobile wireless internet broadband menjadi solusi para pengguna internet yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi dalam melakukan aktivitas kesehariannya. Potensi pengguna mobile broadband diperkirakan mencapai 5 – 6 juta di akhir 2010.


Demikian beritanya saya kutip dari Media Halo tanpa merubah sedikitpun isinya. Wow, luar biasa! Pada Next Generation Flash kecepatan teknologi HSPA+ (High Speed Packet Access+), teknologi wireless broadband-nya mampu menghadirkan kecepatan akses data hingga 21 Mbps. Saya tidak tahu apakah pelanggan di Jakarta sudah merasakan speed Flash ini, mohon sharingnya buat pelanggan Flash yang ada di Jakarta, karena walau Telkomsel sudah menyatakan akhir tahun 2009 ini akan hadir di Yogyakarta, tempat tinggal saya, tetapi sampai saat ini modem saya belum pernah menangkap speed secepat itu. Baca posting saya Modem Mubazir.

Sekedar ilustrasi saja tentang gambaran kecepatan jaringan HSPA kalau kita bandingkan dengan jaringan WCDMA atau 3G, berikut adalah tabel komparasi perbandingannya, saya kutip dari majalah Forsel Edisi Mei 2008 lalu:



Anda bisa bayangkan sendiri kecepatannya kalau kita bandingkan dengan kecepatan HSDPA existing yang sekarang 3.6 Mbps, selisihnya mencapai angka 6 kali lebih cepat. Dan tentu dengan kecepatan ini anda tidak perlu bertanya lagi apa benefit yang bisa anda dapat dalam hubungannya dengan akses internet, yang jelas kalau cuma mau nonton video Youtube dengan high resolution sudah tidak jadi masalah lagi, mau video call dengan SKYPE saya jamin tanpa ada delay lagi, mau download file besar dari internet tak ubahnya copy paste antar folder aja. Wow, sungguh menyenangkan sekali.

Namun saya ada sedikit ganjalan, benarkah ini semua akan kita rasakan dalam waktu dekat ini? Tanpa bermaksud apatis dengan inovasi yang sudah dilakukan oleh Telkomsel, betapa secara praktek dalam sejarah selama 6 bulan saya menikmati jaringan HSDPA Telkomsel, seumur-umur kecepatan tertinggi yang pernah saya dapat, berdasarkan laporan dari BitMeter, software open source yang saya pakai di notebook saya, kecepatan paling banter hanya menyentuh angka 1.8 Mbps, padahal Telkomsel sudah mengklaim kecepatan jaringannya sudah bertengger di angka 3.6 Mbps, dan di dalam Media Halo Desember ini malah sudah disebut kecepatan existingnya sudah 7.2 Mbps.

Hem, saya tidak ingin memperdebatkan ini dengan anda atau berusaha mencounter klaim yang sudah dirilis resmi oleh Telkomsel, tapi alangkah baiknya kita tunggu aja sama-sama. Saya rasa ini lebih bijaksana, terima kasih.



Bookmark and Share

3 komentar:

  1. kalo dari tarif ..
    indonesia termasuk mahal gak ?

    BalasHapus
  2. Kalau bicara mahal atau tidak relatif, Mas. Tapi kalau menurut pendapat saya, sih untuk yang internet jenis unlimited (contoh matrix, flash dan IM2 Brom) sudah cukup murah tarifnya. Yang masih mahal mungkin yang internet mobile broadband reguler, terutama yang dari GSM.

    BalasHapus
  3. ktnya sih speednya kencengg..
    tp pembuktiannya kan nggak selalu gituh..

    *BUKAN PENGGUNA TELKOMSEL FLASH*
    :P :P :P

    BalasHapus