Selasa, 30 November 2010

Ingin Bisnis Online, Ngapain Capek-capek Bikin Blog?

Bisnis Lingerie

Kalau Anda termasuk yang terpancing setelah membaca judul ini, sebelumnya saya ingin katakan kepada Anda bahwa judul ini bukan flaming. Bukan pula hendak menjebak Anda. Samasekali tidak. Tak percaya? Silahkan Anda teruskan untuk membaca dan menyimak tulisan saya di bawah ini.

Kalau kita berbicara bisnis online hampir tidak bisa tidak tentu tak bisa lepas dari yang namanya mesin pencetak uang bernama blog. Karena selama ini blog masih diyakini cukup ampuh sebagai salah satu media penjaring uang paling ampuh di internet.

Mengapa berani saya bilang blog hanya sebagai salah satunya saja? Memang masih ada yang lain?

Saya jawab dengan sangat mantap Ya, masih banyak. Dan lewat opini ini saya ingin Anda mengerti, Anda keliru kalau meyakini fakta bahwa hanya dengan berbekal punya blog, keahlian komputer, sedikit keahlian tulis-menulis mengisi content blog, keahlian mengutak-atik kode HTML atau CSS blog, menerapkan teknik SEO sudah selesai semua perkaranya. Uang akan mengalir dengan sendirinya ke blog Anda.

Anda sudah salah besar kalau punya keyakinan seperti itu. Anda pikir hanya berbekal dengan kemampuan itu saja Anda akan sukses untuk berbisnis online?

Ironinya, banyak blogger yang justru membuat kesalahan besar seperti itu, tak terkecuali saya. Terlalu asyik dengan kutak-katik pernak-pernik blog, mengedat-edit template dan widget yang berisi kode-kode gila HTML tapi tak pernah fokus dan melupakan tujuan semula yang untuk Memonetasi Blog-nya. Untuk berbisnis online.

Memang, saya tak bisa memungkiri topik seputar blog adalah topik paling gurih dan renyah untuk dibaca, menarik untuk dikomentari dan didiskusikan dengan pengunjung yang mayoritas sesama blogger juga. Tapi apa dengan begitu terus Anda harus melupakan tujuan Anda semula?

Oke, mungkin Anda sudah tidak sabar untuk tahu lantas keahlian apa seharusnya yang harus dimiliki oleh seorang blogger selain keahlian-keahlian yang saya sebut di muka tadi? Jawabnya hanya satu keahlian, yaitu keahlian Marketing. Inilah poin terpenting yang seharusnya Anda kuasai dan bisa jadikan modal utama berbisnis online. Bukan keahlian-keahlian komputer dan ngeblog seperti saya ulas di muka tadi. Karena keahlian itu bukan yang terpenting tapi itu sebetulnya hanya keahlian pendukung saja.

Nah, paradigmanya akan saya balik sekarang. Hanya berbekal dengan keahlian marketing, tanpa blog pun saya berani menjamin Anda akan bisa sukses jualan dan menghasilkan duit dari internet.

Menjamin? Saya ingin memberi contoh kongkritnya saja agar Anda bisa percaya. Saya punya teman yang sangat sukses jualan di facebook. Anda tahu, hanya berbekal dengan network atau teman-teman yang banyak, yang sudah mencapai ribuan di facebook dia sudah berhasil menjual barang apa pun lewat internet. Bahkan terakhir dia cerita ke saya berhasil menjual, maaf kondom dengan sangat laris manis lewat forum Kaskus.

Teman saya ini memang cukup ulet dan punya insting bisnis yang sangat tajam. Tahu membidik market kalau umumnya pria banyak yang malu membeli kondom secara offline. Ini sama kasusnya dengan pria yang malu-malu membelikan lingerie untuk pacarnya. Atau sama seperti gadis-gadis yang tersipu malu karena kepergok teman prianya membeli barang jeroannya (underwear) di mall sehingga trendnya sekarang terjadi pergeseran, banyak orang justru suka beli underwear secara online. Silahkan Anda baca kolom Paman Tyo di detikinet di sini, yang pernah mengulas tentang hal ini.

Fakta tentang teman saya di atas itu sebagai contoh kecil saja bahwa kalau Anda ingin sukses bisnis online tanpa bikin blog pun sebetulnya kita sudah bisa mencetak uang lewat internet, asal Anda jeli membidik peluang dan mau jualan. Dan contoh teman saya ini, sekali lagi sudah menegaskan fakta tentang berbisnis online bahwa kalau ingin bisnis online, ya harus jualan, bukan hanya sekedar main adsense saja.

Dan lagi-lagi, faktanya selama ini memang justru kebalik-balik, banyak blogger newbie yang baru berbisnis online kebanyakan lebih suka bermain PPC (Paid Per Click) karena lebih mudah, ketimbang mengasah kemampuan marketingnya dengan mencetak uang lewat bisnis PPS (Pay Per Sale) yang notabene sebetulnya duitnya lebih gede dan lebih menjanjikan daripada mengandalkan pendapatan dari adsense yang sebetulnya kurang bisa diandalkan karena penghasilannya tak pasti sebab naik turun.

Terakhir, satu pesan saya kepada Anda. Tulisan ini tak bermaksud untuk menyurutkan niat Anda blogging. Samasekali tidak. Hanya mengingatkan Anda saja. Jika Anda memang serius ingin berbisnis online, sekali lagi fokuskan kepada tujuan itu. Jangan keasyikan ngeblog terus akhirnya Anda melalaikan tujuan semula. Hem, terkecuali kalau dari awal Anda ngeblog memang tak berharap untuk mencari uang, ya itu lain soal.

Pertanyaan dejavu saya: Apa iya jaman sekarang masih ada blogger yang tak doyan duit? Jangan-jangan Anda termasuk salah satunya? :D


Sumber Foto: Lingerie


Bookmark and Share

52 komentar:

  1. Hmm... saya termasuk blogger yang doyan duit pak. Tapi mengingat duit hasil kerja offline jauh lebih besar, maka saya putuskan ngeblog hanya utk kesenangan saja, bukan utk cari duit. :D

    BalasHapus
  2. Saat ini bayaran saya nulis tutorial di situs lain sudah cukup besar. Jauh lebih besar daripada masang iklan yang cuma ratusan rupiah per klik. Itu sebabnya belum ada minat untuk pasang iklan.

    BalasHapus
  3. #rismaka ..idem sob,saya juga doyan duit banget,tapi saya lebih suka mencari duit lewat offline saja,belum terpikir unutk mencari lewat online...
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    kenapa blogger newbie lebih terorientasi dengan PPC/PTC,ya karena niat awal mereka adalah mencari,bukan mengembangkan,lain soal jika niat awal adalah mengembangkan bisnis online,buat blog,pajang product,itu baru bisinis online...
    kalau cuman mengandalkan adsnese,PPC,PTC,lha kayak njagakne ndog blurik,bodoh...bukan bisnis online namanya,tapi gendeng di dunia online..
    bisnis itu ada modal,bakat,insting,market,,,kalau cuman klik nggak perlu pake modal dan bakat,anak saya yg TK juga bisa...

    BalasHapus
  4. Mas Rismaka, Mas Jepri & Mas Widodo,
    Kenapa semua pada menjawab kompak, sih? Saya juga boleh ikutan bilang bahwa penghasilan offline saya juga sama, jauh lebih gede dari hasil Bisnis Online. :D

    Tapi kalau yang bicara itu teman saya yang saya ceritakan tersebut pasti dia akan bilang gini mengejek ke saya: "Ngapain, lho jadi pegawai ikut orang? Memang enak disuruh-suruh?" Ha....Ha...Ha....

    BalasHapus
  5. Meskipun saya memiliki Offline Job, tetapi saya tertarik untuk belajar Bisnis Online salah satunya belajar Marketing karena saya pikir akan bisa meningkatkan usaha Offline saya, dan sampai sekarang saya termasuk orang yang "Butuh Duit" lho :)

    BalasHapus
  6. Bisnis pay per sale kadang mengalami kontra fersi seperti ebook formulabisnis ada yang bilang tidak etis karena menjual janji cepat kaya.

    Tapi ada juga contoh pay per sale UKM seperti kirarashop menjual ebook yang sulit di download di blognya berisi sekitar 300 prodak dan income sekitar 36 juta per bulan.

    Begitu juga teman saya jeks77music yang sukses berjualan gitar via kaskus. Hanya dengan traffic antara 20 sampai 70 visitor per hari sudah banyak menghasilkan order. Padahal kalau di gunakan bisnis per click bakal menghasilkan 1 click per hari.

    Keistimewaan bisnis Pay Per Click adalah Pasif income yang terus menerus. Penghasilan pay per klik saya dengan pageview 1.500 per hari traffic 300 visitor menghasilkan sekitar 10-20 kliki per hari. Penghasilan rata-rata per hari Rp 3.000.-mungkin kalau di tambah nol satu bisa lebih menarik.

    BalasHapus
  7. Nice Post mas, i like it, Mas Joko cocok untuk jadi provokator, pendapat saya sih kalau ingin penghasilan besar sih jangan jadi blogger, kalau penghasilannya sudah besar baru jadi blogger di jamin cepat terkenal mas... heheheh :p pis pis

    BalasHapus
  8. Bisnis online memang menggiurkan. Apa itu karena bombatisnya pemberitaan kesuksesan banyak blogger? :D

    Proses ngeblog yang saya jalani hingga hari ini juga belum menyentuh ke arah sana. Tapi kini saya mulai menyadari, ada ketertarikan tuk mulai berkecimpung. Yah, tak ada salahnya dicoba? Toh, seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air hehe

    Untuk pendapat bisnis online tanpa blog, saya kira itu relatif tuk tiap orang. Tergantung suka-sukanya saja gimana :)

    Ada yang menambahkan?

    BalasHapus
  9. kalau misalnya mau jual produk, saya benar2 bingung mau jual apa, karena tidak punya bakat di bidang seperti itu. disiplin ilmu yang saya tekuni teknik elektro (arus kuat).

    BalasHapus
  10. Kayaknya seseorang yang dibahas di artikel ini ikutan ngasih komentar. Salam.

    BalasHapus
  11. Iya mas Yudha, sepertinya Mas Yudha sedang menjadi topik tulisan Mas Joko sang Provokator, heheheh, Pis pis pis

    BalasHapus
  12. kacamata saya bukan melihat mas Yuda sebagai tersangkanya...ada someone yg dengan pedenya mendewakan PPC...
    kasihan sekali,wahh..parah..para senior malah di ajarin soal PPC...

    BalasHapus
  13. Yuda:
    Kalau Mas Yuda, kan bisnis online PPS-nya dah jalan bahkan sudah banyak. Jadi ngeblog hanya jadi sambian.

    Tepat sekali, Mas Yuda. Orang yang saya ceritakan sukses berbisnis di facebook itu ada di sini, ikut meninggalkan komentar.

    hendra community:
    Sebetulnya bukan bisnis PPS-nya yang kontroversial tapi itu produknya, Mas Hendra.

    PPC memang berpeluang untuk menghasilkan pasive income tapi ya itu pemain bisnis online yang sudah kakap justru PPC dianggap hanya 2nd bisnisnya aja. Yang utama tetap berjualan lewat (PPS).

    Lintang Hamidjoyo:
    Wah-wah aku, kok dibilang provokator to, Mas Lintang. Gini-gini aku, kan mengikuti ajaran sampean, lho Mas.

    Jangan menuduh-nuduh Mas Yuda, Mas. Jangan pura-pura tak tahu, lho..... :D

    Darin:
    Opini ini sebetulnya saya tulis bukan untuk mengatakan blog samasekali tak penting, Mas Darin. Bukan. Hanya memberi kesadaran bahwa bukan keahlian bloggingnya yang menyebabkan kita bisa sukses untuk berbisnis online tapi keahlian Internet Marketing itu intinya yang harus diasah. Contoh, trendnya sekarang bisnis sudah merambah ponsel lewat blasting SMS, Chat YM dan BBM di Blackberry selain tentunya lewat blog, milis, forum dll. Jadi kesimpulan lewat keahlian IM, punya atau tidak punya blog bukan masalah lagi.

    imroee:
    Pertanyaan yang Mas Imroee ajukan itu sama seperti pertanyaan saya waktu awal belajar apa itu Ilmu Internet Marketing 3 tahun yll. Bahkan pertanyaan itu sampai sekarang belum kutemukan jawabannya. Mau jualan apa?

    Wah, kita satu korps rupanya, Mas. Sama2 tukang insinyur. Gimana kalau kita bisnis bikin kontraktor aja, Mas? :D

    Widodo:
    Mas Widodo, yang saya ceritakan sudah sukes berbisnis online (PPS lewat FB) di sini bukan Mas Yuda. Yang jelas ada orangnya di sini, ikut meninggalkan komentar di posting ini. Kalau penasaran silahkan PM ke saya.

    BalasHapus
  14. kalau saya melihat blog bayumukti, blog personal yang ramai traffic itu cocoknya di monetize dengan jual space iklan banner seperti space iklan premium yang ada di iklan baris iklan baris.

    Dan juga mengamati blog yudiono, di gunakan sebagai link sales, dan Pay to review...

    BalasHapus
  15. Mas Joko....sepanjang sepengetahuan saya,semoga saya benar...mas jeprie di bayar untuk menulis tutorial di sebuah web design grafis...
    pinginnya saya juga begitu..he..he...menulis tutorial dan di bayar atas jerihpayah otak kita...
    sayangnya saya bukan ahli grafis seperti mas jeprie...apalagi jika harus menulis tutorial dalam bahasa linggis...

    BalasHapus
  16. Saya jadi terprovokasi mas Joko? karena doyan duit istilahnya melek mata yang saya liat email ada ikan yang tersangkut nggak ya? di kolam program SMUO khan lumayan!
    Dan beginilah kalau para provokator sudah ngumpul pasti ramai, dan biasanya provokator itu khan imagenya negatif tetapi disini berbeda loh! provokator yang positif? bravo Mas postingnya renyah...

    BalasHapus
  17. hendra community:
    Saya melihat Mas Hendra kayaknya masih cukup bersemangat untuk main PPC. Coba bikin blog bahasa Inggris yang contentnya tentang Lingerie, Mas. Katanya blog Lingerie cukup renyah digunakan untuk main adsense. Tapi jangan pasangi dengan iklan PPC lokal karena uangnya terlalu receh. Termasuk jangan bikin contentnya dalam bahasa Indonesia karena klik lokal kalau di Google Adsense juga dihargai uang receh.

    widodo:
    Mas Widodo, betul sekali. Mas Jeprie adalah salah satu contoh orang yang telah sukses berbisnis online dengan menulis tutorial2 design ke situs-situs luar negeri, disamping juga sebagai seorang penulis buku. Namun contoh orang yang saya sebut di sini bukan Mas Jeprie. Nah, saya yakin pasti sudah bisa menebak sekarang siapa orangnya. Dia itu tipe orangnya provokator seperti yang disebut oleh Mas Agus. Provokator yang sering memprovokasi saya agar jualan (berbisnis). Jangan hanya jadi karyawan saja. He He He

    Agus:
    Provokator positif? Ha Ha Ha... Saya hanya mencontohkan kegagalan saya aja Mas Agus dalam berbisnis online agar blogger lain tak mengulang kesalahan yang sama, seperti yang pernah saya lakukan.

    Kalau provokator agar berbisnis yang saya maksud, Mas Agus juga sudah kenal, kan siapa orangnya? Dia sama-sama teman kita. He He

    BalasHapus
  18. berarti yg di maksud itu contoh dalam artikel ini adalah pak joko sendiri.

    Yang saya masih memakai adbrite karena adsense harus beli nama domain sendiri, klo saya amati blogger indonesia memang wajib bisa bahasa inggris ya pak? seperti saya masih belum bisa jadi terhambat, tidak bisa ikut pay review, dan posting artikel original untuk di submit ke web submit artikel. Padahal saya sudah di kasih temen online saya pelajaran asian brain. Niche SEO yang di kasih jadi tidak bisa di pakai kaena masih belum bisa berbahasa inggris. Saya juga sudah praktek SEO Wordpress cosa yang merubah scrip dan plugin...

    BalasHapus
  19. barusan saya posting artikel yang berhubungan judulnya menulis konten dengan to the poin

    BalasHapus
  20. Hemm.. pertama nyangkut kesini lewat blognya sobat kometral nganjuk, membaca di artikelnya ada menyebut blog ini kontennya sangat menearik sama seperti kontennya blogernas dulu,saya langsung tertarik di

    sini.

    makasih buat kometral, karena aku bisa dapat blog bagus ini untuk di baca-baca (sebenarnya mau komentar di blog kamu, tapi karena berat dan kolom komentarnya tidak muncul2 maka saya langsung klik link yang

    ada disana dan sampailah saya di sini), karena semenjak blogernas berubah haluan, setiap malam aku bingung mau baca apa lagi, kan dulu blogernas yang paling banyak menuhin feed di operaminiku.

    ---------------------------------------->
    Menangapi blog sebagai salah satu penghasil uang :
    Semenjak awal ngeblog,saya sama sekali tidak terpikir untuk di monetise, namun seiring kita ngeblog dan searching sana sini pasti lama kelamaan akan menemukan sebuah tutorial untuk memonitize blog ataupun

    blogger yang menceritakan kesuksesannya mendapatkan dollar pertama.

    Dollar pertama yang saya dapatkan memang sama sekali bukan lewat media blog, saya ingat dolar pertama yang mengisi paypal saya itu ialah lewat aplikasi paypal wishlist. waktu itu dapat 1 dollar dan menyesal

    juga kenapa tidak menginvite banyak orang waktu itu.. he

    Kalau untuk memonitize blog , baru ku jalani beberapa bulan yang lalu.
    penghasilan pertama saya DARI BLOG beberapa bulan waktu itu ialah waktu dapat job review, walaupun waktu itu bayarannya cuman 10.000 doang (waktu itu dibayar dengan pulsa),
    tapi senengnya luar biasa dan efeknya berhari hari he..

    penghasilan lewat blog memang kebanyakannya ialah lewat iklan dan review.

    untuk blog yang berbahasa inggris memang ada jalannya untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar . tapi untuk blog berbahasa Indonesia saya rasa cukup sulit untuk mendapatkan uang yang cukup untuk

    sebulan.

    he

    & untuk yang diatas yang katanya bisa dapet klik 10 persen dari blognya..

    karena saya mau belajar banyak nih,

    aku dapet klik cuman paling banyak 12 klik dari 1800 an Uv perhari blogku. (1 %)
    kamu luar biasa banget bisa dapat 10 persen dari 300 visitor.
    kalau aku bisa belajar dari kamu dan dapat 10 persen , berarti aku dapat sekitar 180 an ribu perhari dong, karena iklan yang aku pasang memberikan byaran Rp.1200 perhari.
    kalau dihitung biar mudah anggap Rp.1000 aja
    1000 X 180 X 30 = Rp.5.400.000
    he he he
    hanya andai andai.
    tapi kenyataan tidak manis seperti itu.

    mendapatkan klik sebesar yang kamu bilang sangat sulit menurutku, apalagi dengan konten iklan Indonesia yang kebanyakan mengada-ada
    okey, aku mau belajar sama kamu "MASTER HENDRA"

    BalasHapus
  21. ---------------------------------------------------------->

    dan Sekedar mau share neh kepada blogger lain, bukan bermaksud menyombongkan diri karena aku hanyalah seorang newbie, dan tentunya banyak master di sini yang penghasilannya dari blognya jauh lebih tinggi dari aku,

    bulan ini kalau payout aku akan mendapatkan rupiah yang lebih banyak dari gaji
    pekerjaan offlineku
    itu dari iklan PPC dan PPP


    dari iklan ppc bulan ini aku dapat sekitar 120 klik saja , dan kalau di rupiahkan sekitar Rp.150.000 an.
    bayangkan saja kalau master hendra yang ikut program ppc ini.
    penghasilannya tentu nyampe sejutaan perbulan karena perhari katanya bisa dapat 30 an klik perhari dari program ppc yang diikutinya.


    dan dari hasil PPP (Pay Per Post) kabarnya bayarannya 800.000 satu kali review.
    alhamdulillah aku dapat 1 job review dari sana (www.idblognetwork.com).
    kalau di totalin , mungkin bulan ini aku dapat sekitar Rp.950.000

    jadi , penghasilan lewat blog memang sangat-sangat mungkin asal tekun, dan memang punya jiwa seorang bloger,
    kalau ngeblog awalnya cuman pengen dapat uang aja, lebih baik cari pekerjaan lain deh,
    karena hakikatnya blog itu untuk share aja kebanyakanya (Kita menulis ,tulisan kita dibaca dan dapat komentar kita senang), dan dapat penghasilan itu cuma pemanis aja.

    Untuk semua,

    salam Blogger ya,

    dan untuk mas Joko, salam kenal , salam hormat dari saya. o iya, gambarnya bahaya banget neh,, di kira orang aku buka apaan tadi,, he
    minta ijin sering2 mampir di blog ini karena.aku suka konten yang berisi opini !


    Menurutku mahasiswa yang sambil bekerja dan di pekerjaan aku bisa online terus, blog adalah salah satu yang terbaik sebagai tambahan penghasilan.!


    Untuk mengawali monetize blog..

    ada 2 langkah awalku
    yang pertama : join di adsense-id.com , job pertamaku dari sana, dan yang kedua : join di idblognetwork.com , bayaran tertinggi yang aku sebut di atas dari idblognetwork.


    (maaf krn kepanjangan, aku bagi jadi , he)

    BalasHapus
  22. Kang Farid >>>.jika sampean sudah nyampe di sini dengan selamat,saya ucapkan selamat,selamat mencuci otak dengan ramuan cairan doktrinasi ala "Mas Joko"..ha..ha..ha...

    BalasHapus
  23. @blognya anak gaptek :

    1. kuncinya pasang banner melayang. Emang mengganggu tapi PPC lokal mengizinkan.

    2. Pasang script PPC di bawah judul edit html biar praktis tidak mengedit satu persatu posting anda

    3. Pasang script di bawah read more, caranya di edit HTMLnya.

    Pay Per Post ok jg pernah saya di kasih tau teman cuma posting aja artikel yang buat mereka dan kita mendapatkan bayaran. Klo ngga salah melalui forum adsense-id.

    Goal saya PPC adalah menyamai gaji UMR teman kerja saya. Setelah itu beralih profesi menjadi FINANCIAL PLANNER (AGEN ASURANSI)

    nggak ada kritik buat anda. Yang ada WE SUPPORT YOU, YOU ARE NUMBER ONE...

    BalasHapus
  24. Kang Farid.. ada yg mengganjal dari komentar sampeyan __aku mau belajar sama kamu "MASTER HENDRA"__
    itu pernyataan memuji atau pernyataan menyindir?
    karena sangat kontradiktif dengan pernyataan di atasnya...

    BalasHapus
  25. tips
    4. pasang script ppc text banner memanjang di header

    5. tampilan layout 3 kolom kolom 1 tempat artikel kolom 2. (tengah) anda isi full script PPC banner text horizontal sampai kebawah kolom ke 3. baru anda isi semua menu.

    @widodo : tidak ada istilah pintar atau bodoh, tapi memang karena tau lebih dulu. Yang bisa mengajarlah yang belum bisa belajarlah itu pepatah dunia IT. Seperti para pelatih olah raga tennis yang menasihati anak didiknya. Mereka tidak mengatakan pukulan anda salah. Dia mengatakan pukulan anda saat ini sudah bagus tingkatkan lagi. Mereka tidak fokus pada kesalahan.

    Di dunia psikologi romansa itu dinamakan ego chalange. Saya biasanya sering melakukan teknik itu di dunia offline, dengan pura2 menentang, mengkritik tapi saya tujukan pada para wanita. Agar value pria bisa sepadan dengan value wanita yg berparas cantik.

    Tapi kenapa anda malah melakukan Teknik Ego chalange pada pria. Jadi curiga??

    BalasHapus
  26. @ hendra : aku sudah pasang banner melayang dan memang terbukti , klik yang paling banyak berasal dari situ,.

    kalo yang 2 dan 3 aku belum pernah coba.


    @ widodo : iya sob, berkatmu aku tersangkut di blog yang kontennya aku suka ini.
    jadi sekarang ada 2 blog favoritku yang feednya paling aku tunggu di operaminiku karena menurutku kontennta unik, bukan sekedar 'how to'.
    pertama Blog kometral, dan kedua blog kamu.
    trus,, masih menunggu juga blogernas kembali kejalurnya.. he

    ----->
    tidak bermaksud menyindir hendra, ku sebut master karena kuanggap jauh lebih hebat dibanding aku yang newbie dan baru ini di dunia ppc,
    dia bisa mendapatkan puluhan klik dari ratusan visitor, sedangkan aku jauh dari itu.

    BalasHapus
  27. 1800/300 = 6 kali dari blog saya. rata2 klik blog saya menghasilkan Rp 3000 per hari x 6 =18.000 per hari x 30 = 540.000 per bulan selamat anda sudah financial freedom.

    Sebagai perbandingan. Sales motor uang transportnya 10.000 per hari pagi absen, sore absen, dan baru dapet tambahan komisi jika terjadi penjualan. Anda mendapatkannya dengan otomatis.

    BalasHapus
  28. Setuju Mas, untuk bisnis online memang tidak harus mempunyai blog, kebetulan bisnis online yang saya tekuni adalah mengadakan presentasi online gabung dengan rekan-rekan di seluruh Indonesia dengan cara berpromosi di FB saja...he..he..he...

    Kalau duit siapa yang nggak doyan?wkwkwkwkkkk.

    BalasHapus
  29. hendra community:
    Mas Hendra, bukan saya yang saya ceritakan telah sukses berbisnis online itu. Yang jelas blogger itu termasuk salah satu aset dari bangsa Indonesia yang patut dibanggakan karena berhasil menyumbang devisa buat negara Republik tercinta ini.

    Silahkan dihower satu-satu link semua pengomentar yang ada di sini nanti akan tahu siapa blogger Republik yang saya maksud

    Blognya Anak Gaptek:
    Terima kasih, Mas Farid sudah ikutan sharing pengalamannya. Wah, sama, saya juga termasuk yang dulu menyesal telah mengabaikan waktu ada promosi Paypal wishlist tersebut, Mas.

    Tentang rasio klik yang kecil hanya 1%, ya itu termasuk kecil sekali, Mas. Tapi saya tetap kagum dengan page view unique visitor blog sampean, Mas yang sudah mencapai 180 ribu/hari. Itu termasuk tinggi untuk ukuran blog rata-rata, Mas. Blog ini aja belum sampai setinggi itu. Mungkin bisa dieksperimen atau diotak-atik lagi, Mas posisi penempatan iklan PPC-nya agar lebih maksimal rasio kliknya.

    Dan salam kenal juga, Mas Farid terima kasih sekali lagi sudah mampir. Semoga kita bisa menjadi teman juga.

    Widodo:
    Saya jadi tukang pencuci otak? Wah-wah...! He...He...

    Rudy Azhar:
    Saya pikir Mas Rudy termasuk blogger yang kelihatannya gak butuh duit itu, Mas. Gak tahunya sama aja, toh dengan saya. :D

    BalasHapus
  30. ok pak joko saya coba kunjungi siapa tau bisa menginspirasi saya sukses blogging, Pahlawan devisa ok juga. sama seperti misi Anne Ahira Asian Brain, menciptakan banyak affiliate marketing untuk mendatangkan devisa ke Indonesia. Seperti tmn saya charlie blogbisnis.cn meraih income 10 juta/bulan dari CPA. sama dengan income TKI ke Jepang.

    Blognya Anak Gaptek:
    180.000 pageview per hari. wow bagus sekali punya saya bulan ini pageview 51.000 per bulan. Rata 1.800 pv per hari

    180.000/1.800 = 100 kali traffic saya.

    Rp 3.000 x 100 = Rp 300.000 per hari x 30 = Rp 9.000.000 per bulan.

    mas harus cepat2 seting layout dan di tunggu sharingnya di blog ini...

    BalasHapus
  31. Saya sangat setuju dengan opini Pak Joko pada tulisan di atas. Intinya, bisnis online tidak harus memanfaatkan blog. Bahkan hanya dengan memanfaatkan situs iklan baris pun bisa. Beberapa keyword yang mengandung link affliasi saya cukup bagus posisinya di mesin pencari. Dan itu cuma memanfaatkan situs iklan baris.

    Kalau mau memanfaatkan blog sebagai sarana berbisnis online, kuantitas dan kualitas konten harus jadi perhatian. Setelah itu pada trafik dan pengaturan tampilan blog.

    Masalahnya, mental mau instan masih mendominasi sebagian blogger yang ingin memonetisasi blognya. Baru ngeblog beberapa bulan saja sudah menjejali blognya dengan banyak iklan. Padahal trafik harian masih kecil dan jumlah posting belum begitu banyak.

    Intinya, kalau mau menghasilkan uang dari blog itu butuh energi yang besar dan proses yang cukup menyita kesabaran.

    Itu juga membutuhkan kekuatan marketing. Bahkan proses personal branding lewat blog pun pada dasarnya merupakan suatu teknik marketing (menurut saya). Di situ, kita berusaha membentuk citra atau image bagi para calon pembeli potensial nantinya.

    BalasHapus
  32. aku nggak tahu soal ginian, salam mampir dan kenal aja sob

    BalasHapus
  33. hendra Dreamtheather:
    Kalau menghitung PPC secara matematika memang amat menarik. menggiurkan. Tinggal rasio kliknya berapa kemudian dikalikan jumlah pengunjung kali rupiah, ketemu angkanya berapa.

    Tapi pesan saya jangan lupa tetap mengembangkan saya bisnis online yang lain karena pendapatan adsense secara praktek tak seperti teorinya yang bisa dikalkulasi secara matematika.

    iskandaria:
    Tepat sekali, Mas Iskandaria. Personal Branding adalah modal untuk bisa sukses menjalankan bisnis online. Citra positif yang kita bangun di internet itu adalah marketing yang akan sangat mendukung bisnis kita di kemudian hari karena reputasi kita sudah dikenal atau diakui oleh banyak orang di internet.

    indam:
    Terima kasih da mampir. Salam kenal juga

    BalasHapus
  34. @ hendra : makasih banyak sharenya. ntar aku coba edit2 template.

    kamu sudah coba join di idblognetwork.com?

    @ mas joko : mas, terimakasih banyak sudah berkenan juga hadir ke blog sederhanaku, jadi malu neh, karena kontennya masih acak2an, cara menulisku masih 0 besar.
    he


    o iya mas, tolong ganti donk gambarnya di postingan ini, (foto lingeri)karena aku sering refresh2 halaman ini dan bukanya di tempat kerja, jadi dikira orang waktu buka postingan ini aku dikira buka yang macam2, tadi saja waktu aku buka ini dan lupa mengkecilkan tampilan, waduuuh...!

    kalo buka di rumah ato box warnet seh saya malah seneng,, wkwkwk.





    o iya page viewku cuman 1800 an aja kok...

    BalasHapus
  35. Salam Pak Joko S. :

    Hanya sekedar mampir..membaca dan menyimak komentar, yang semuanya berkelas, Kontan saja otakku langsung Jamz, ternyata aku hanya seekor semut diantara gajah yang tinggal di belantara Blogger..hehehe.. Sebenarnya aku juga ingin seperti semua Blogger yang ada disini but Where do i begin..? Nyari guru untuk bisnis online ya..susah.. Namanya guru, pasti gak akan ngasih "semua" ilmunya, takut muridnya kurang ajar..wkwkwk, tapi setidaknya saya temukan pencerahan disini..tks.

    BalasHapus
  36. Blognya Anak Gaptek:
    Kalau lagi kerja saran saya, sih sebaiknya tak buka-buka blog, Mas Farid. He...He...

    Karena yang saya ulas di artikel ini sedikit menyinggung tentang underwear atau lingerie maka agak susah saya nyari gambarnya yang tak sexy, Mas. Tapi terima kasih buat usulnya.

    tonykoes:
    Jangan terlalu merendah begitu, Mas Tonykoes. Kita semua yang di sini juga sama, masih tahap belajar, terutama saya.

    Kalau guru yang seperti itu biasanya guru silat itu, Mas. :D

    BalasHapus
  37. He,, kerjaannya sambil Online, makanya sambil baca2 nunggu ada pembeli..



    Mas ,,,, hari ini
    di blogku

    http://ayead.blogspot.com/2010/12/buka-bukaan-penghasilan-bloggger-gaptek.html

    aku malah ada nulis kebalikannya dari post ini yaitu penghasilan dari blog..

    lagi seneng-senengnya neh karena seperti yan aku tulis di atas, Uang hasil dari Idblognetwork sudah masuk rekeningku dan baru aku ambil pagi tadi..

    luar biasa .. dapet Rp.950.000 bersih.. penghasilan terbesarku dari ngeblog nih bulan ini.

    makasih

    BalasHapus
  38. Blognya Anak Gaptek:
    Selamat, deh Mas Farid atas penghasilan onlinenya. Ditunggu traktirannya. He He He.

    *) Blogspot lagi error kayaknya, Mas sehingga yang model form commentnya di bawah posting seperti blog sampean tidak bisa dikomen.

    BalasHapus
  39. ke banjarmasin dulu mas,, baru aku traktir. he

    iya mas , saking senangnya aku sampe posting di blog aku.. he..
    karena itu pertama kalinya aku dibayar sebesar itu untuk sebuah pekerjaan di blog (Review dan PPc).



    o iya mas emang sering gitu, jadi per,, sekalian mau tanya neh, caranya untuk menaruh form komentar tambahan (POp up) seperti di blog ini bagaimana ya?
    mohon tutorialnya ya mas..

    terimakasih banyak

    BalasHapus
  40. Blognya Anak Gaptek:
    Ke Banjarmasin naik pesawat dulu, ya Mas Farid? Ha...Ha...Ha....

    Kalau tutorial untuk membuat Form Comment Pop-Up, Saya dulu mendapatkan tutorialnya di blognya Kang eNeS di sini, Mas: http://ruangsc.blogspot.com/2010/05/membuat-link-untuk-form-komentar-popup.html

    BalasHapus
  41. MAntaaappp... aku ucapkan beribu ribu terimakasih mas untuk sharenya... sudah ku coba dan berhasil mas...

    seneng bgt bisa terdampar di sini dan banyak dapat ilmu baru!

    BalasHapus
  42. Hidup pedagang!

    Heheheheheheeh

    Saya setuju dengan artikel ini...

    Cara menghasilkan uang ya pastinya dengan berdagang itu sendiri...

    Dagang kondom, lingeri, dan pakaian dalam ya?

    *pedang dagu*

    Kayaknya boleh nih...

    Menarik juga, karena selama ini saya menjual sesuatu yang sebenarnya bisa juga di dapatkan secara offline.

    Dagang online kan lebih aman ya untuk produk yang agak memalukan...

    Bagus juga...

    BalasHapus
  43. pegang dagu maksudnya, yo olohh maaf salah ketik...

    BalasHapus
  44. Blognya Anak Gaptek:
    Sama-sama, Mas Farid.

    Rohani Syawaliah:
    Faktanya memang begitu, Mbak Hani. Kalau di toko saya pas saya lewat di counter underwear, ada aja cewek yang tersipu malu saat tahu ada pria lewat memergokinya milih-milih daleman.

    Kalau yang malu membeli kondom itu pengalaman saya sendiri. :D

    BalasHapus
  45. hehehe bener bnget mas saya aja cpe klao maenan SEO atau apalh yng banyak disarankan di artikel2 wkwkw kalau mau bisnis ya jualan..jualan pasti ya barang alah y susah2 cuma pasar dan media aja yang bedain hahaha

    BalasHapus
  46. kang ian dot com:
    Lha, semua bisnis, kan memang intinya jualan. HeHeHe. Ada yang jualan barang, dan ada yang jualan jasa. Betul, kan Kang Ian? Terima kasih, ya sudah mampir.

    BalasHapus
  47. hore.. makin banyak toko online, makin seru cuci mata di dunia maya *hobi cuci mata* :D

    BalasHapus
  48. mpokb:
    Mari sama-sama cuci mata, mpokb. :D

    BalasHapus
  49. Senang membaca posting Mas Joko ini.

    Kalau saya boleh menambahkan, blog bukanlah media untuk cari uang, melainkan untuk membangun branding.

    Bisnis yang sebenarnya terjadi ketika kita memiliki produk yang bisa dijual dan diapresiasi oleh seluruh follower/pembaca/subscriber kita.

    Ini jalur yang saya tempuh dalam bisnis online sehingga sejak awal memang tidak pernah otak-atik PPC dan sejenisnya.

    Saya berusaha fokus untuk membuat produk yang dibutuhkan pembaca saya, dapat dinikmati ketika membuat produknya, dan Insya Allah membawa manfaat buat orang banyak.

    Butuh setahun setengah untuk menghasilkan produk. Tapi setelah jadi, kita bisa menjualnya berulang-ulang dan akan menghasilkan momentum bola salju untuk terus membesar.

    Selamat buat Mas Joko atas posting menarik ini.

    BalasHapus
  50. Muhammad Noer:
    Terima kasih, Pak Noer untuk apresiasinya dan poin tambahannya buat artikel saya. :)

    Saya senang bisa berdiskusi dengan bapak kembali. Pengalaman Pak Noer setidaknya bisa sebagai contoh dan sekaligus menegaskan fakta kalau ingin sukses bisnis online, ya harus jualan. Bukan hanya sekedar main PPC saja. Kita sama-sama sepakat akan hal ini.

    BalasHapus
  51. Saya punya sedikit pendapat yang agak berbeda,, (memang itu yang slalu saya cari)

    Gini,, gini,, nge-blog/ngelola situs,, dan jualan itu dua profesi yang bebeda,, beda jauh,, kalau ada orang yang jualan di situs sendiri berarti dia udah mengerjakan dua profesi yang berbeda secara bersamaan,, (wajar kalau banyak yang gagal karena memaksakan diri)

    Tidak selamanya blogger itu jago jualan,, juga tidak selamanya pedagang jago ngeblog,,

    Saya melihat di artikel ini gak ada sekat yang jelas antara dua profesi ini,,, (kalau koment saya slalu cari kontra nya,,, biar seru hehehehee)

    Contoh,, pembuat situs facebook,, bukankah dia tidak berjualan?? sama pembuat situs-situs lain juga (yang besar) jarang banget yang pemiliknya jualan,,

    PEdagang apapun medianya ya tetap aja berdagang,, mau lewat twitter mau lewat facebook tetap berdagang namanya,,

    Jadi kita harus jelas,, dulu nih,, niat kita mau ngeblog apa mau jualan?? kalau kita merasa mampu,, silahkan gabung keduanya,, tapi kalau saya pribadi pilih blog,, (saya berhenti bekerja di salah satu perusahaan tambang batu bara di kaltim,, pilih ngeblog,,,)

    kalau mau tahu blogger-blogger indonesia yang sukses punya penghasilan ribuan dolar perbulan, entah itu lewat pajang situs di flipa (jual blog), pasang PPC, jalan jalan ke forum adsense-id.com, pengelola forum itu katanya sukses di jepang,, saya aja gak kenal,, tapi menurut cerita sih gitu,,belakangan ini memang forum itu banyak di susupi penjual-penjual,, jadi ya gitu,, saban hari ada aja orang jualan,, yang jualan plugin lah , ya jual akun adsense lah,, rame kayak di pasar,, Angka yang mereka dapat dari Adsense itu fantastis,, Sampai 4000 dollar,,

    BalasHapus
  52. haryanto blog:
    Berbeda pendapat itu asyik, kok Mas. HeHeHe. Apalagi cara Masnya menyampaikan sangat elegan. Ya, yang kusentil di sini sebetulnya, ya blogger-blogger yang terlalu memaksakan diri itu. Belum jago jualan (IM), juga belum jago ngeblog dan nulis tapi sudah menaruh harapan kelewat tinggi lewat blognya, jadinya suka ngayal. Dan faktanya, banyak blogger yang terjebak dalam situasi yang seperti ini.

    Apa dia pikir hanya berbekal blog dengan keahlian pas-pasan blogging seperti itu uang sudah ngalir sendiri. Tidak. Justru kalau paradigmanya dibalik tanpa blog pun kalau kita sudah pinter Internet Marketing (IM) media apapun di internet bisa dipakai jualan untuk menghasilkan duit. Benar, ndak Mas? Nah, itu sebetulnya pesan yang berusaha saya sampaikan dalam artikel saya ini, Mas. :)

    Matur nuwun, Mas untuk sharing pengalamannya. Sukses, ya untuk bisnis onlinenya. Saya bisa belajar, nih dengan Anda untuk memperdalam ilmu internet marketing saya. :)

    BalasHapus