Sabtu, 04 Desember 2010

6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tak Memandang Sebelah Mata Pada Blog Blogspot

Platform Blog

Setelah membaca artikel Mas Iskandaria di artikel "Form Komentar Blogspot Kurang Ramah Pengguna? Mungkin Karena ini" dan terutama setelah membaca seluruh pengomentarnya disana, saya jadi tergelitik untuk menulis opini ini. Bukan semata-mata karena berusaha untuk mengcounter pernyataan para pengomentar yang banyak memandang rendah blog platform blogspot, tapi hanya sekedar sharing saja kepada Anda bagi yang memang belum tahu atau belum familiar benar dengan blogspot agar Anda menjadi sedikit lebih tahu. Sehingga, setelah membaca tulisan ini saya berharap tak ada lagi kata-kata yang mendeskreditkan blog-blog blogspot sebagai blog yang membuat Anda jadi ilfeel dan malas berkunjung apalagi meninggalkan komentar di blogspot.

Berikut saya sudah mengumpulkan setidaknya ada 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tak Memandang Sebelah Mata Pada Blog Blogspot. Silahkan Anda simak alasan-alasannya di bawah ini:

1. Blogspot Dimiliki Oleh Raksasa Internet Terbesar Bernama Google

Hampir semua layanan internet tidak ada yang bisa dipisahkan dari namanya raksasa internet bernama Google. Baik mulai dari layanan mesin pencari, email gratis bernama Gmail, chatting GTalk, Google Maps, alat pembayaran internet Google Checkout, layanan iklan bernama Google Adwords, layanan pengais dolar bernama Google Adsense, perangkingan pagerank situs, peyimpanan gambar Picasa, penyimpanan video sharing bernama Youtube sampai aplikasi browser Google pun juga menyediakan Chrome. Dengan memilih blog yang berhosting di blogspot setidaknya rasa aman dari akan ditutupnya sewaktu-waktu layanan blogspot karena bangkrutnya Google sedikit bisa diminimalisir. Karena sebuah raksasa tentu lebih sulit jatuh bangkrut ketimbang perusahaan biasa, bukan?

2. Blogspot Terintegrasi Dengan Semua Layanan Milik Google

Semua layanan Google terintegrasi dengan sangat baik. Hanya butuh satu akun saja Anda sudah bisa menikmati semua layanan gratis Google tanpa perlu ribet. Contoh, hanya dengan menginstall add-on Google Toolbar di browser Anda dan login ke akun Google melalui browser, Anda bisa langsung comment ke semua blog-blog blogspot tanpa perlu ribet dengan login memasukkan ID dan password lagi. Begitu pun semua layanan Google lainnya, Anda tinggal masuk saja tanpa diribetkan dengan harus login satu-satu dan memasukkan password untuk masuk kedalam semua layanan aplikasi Google.

3. Blogspot Lebih Aman Dari Serangan Peretas

Tanpa bermaksud untuk menjelek-jelekkan platform blog lain, blogspot sudah terbukti dan teruji lebih aman dari serangan para peretas internet yang mencoba menghack blog Anda. Karena sistem security platform blogspot sudah terbukti sangat baik. Sebaliknya, tidak sedikit cerita dari beberapa kawan blogger saya yang menceritakan kalau blognya pernah dihack. Dan rata-rata yang pernah cerita ke saya itu semua blognya bukan pakai blogspot tapi platform blog lain.


4. Komentar Dengan Profile Blogger Lebih Aman Dari Pemalsuan

Apakah Anda tahu kelemahan blog non platform blogspot yang sangat rawan terjadi Pemalsuan Identitas? Jika belum, baca dulu artikel saya yang ini, "3 Cara Menipu di Internet". Anda perlu tahu hanya dengan mengetahui alamat email seorang blogger yang didaftarkan di situs Gravatar, Anda bisa pura-pura jadi orang tersebut untuk meninggalkan komentar palsu di blog orang lain. Untuk mengetahui alamat email seorang blogger yang digunakan dalam profile Gravatarnya bukan sebuah perkara yang sulit. Mudah sekali. Bukankah tanpa Anda sadari setiap kali Anda berkomentar di blog yang non platform blogspot, Anda sudah mengobral dan meninggalkan jejak alamat email Anda di sana?

5. Anda Terbebas Dari Tuduhan Komentar Berpamrih Untuk Mencari Backlink

Pada blog blogspot jika Anda meninggalkan komentar di blog-blog sesama blogspot yang lain dan opsi dalam pilihan Comment As-nya Anda memilih dengan profile blogger Anda maka setidaknya Anda sudah terbebas dari tuduhan komentar berpamrih untuk nyari backlink karena URL yang tertinggal bukan URL blog Anda tapi diumpankan lebih dulu ke akun profile blogger Anda. Ini jelas sangat berbeda dengan semua platform blog lain yang secara default URL yang ditinggalkan adalah URL blog dari si pengomentar, yang tanpa bisa ditampik bisa diartikan sebagai mencari backlink juga.

6. Blogspot Tidak Melarang Monetasi Blog

Berbeda dengan beberapa platform blog lain yang sejenis, yang statusnya masih menumpang hosting ke penyedia layanan blog, yang rata-rata tidak membolehkan bloggernya untuk memonetasi blognya, pada blogspot berbeda, penyedia blogspot yaitu Google justru membebaskannya. Pemilik blog diberi kebebasan untuk memasang iklan komersial di blognya.

Demikian beberapa kelebihan dari platform blog blogspot sepanjang yang saya tahu. Dan sama seperti prolog saya di muka, saya perlu menegaskan sekali lagi, tulisan ini tidak ada maksud untuk meninggikan derajat blogspot dan merendahkan platform blog lain, sekali lagi tidak. Tapi hanya sekedar sharing saja barangkali Anda ada yang belum tahu akan sisi kelebihan blogspot diantara sisi kekurangannya yang selama ini banyak dipandang sebelah mata oleh pengguna platform blog lain. Karena, prakteknya tetap tidak ada mesin blog yang benar-benar sempurna, bukan? Semua pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Sumber Foto: Problogger.net


Bookmark and Share

23 komentar:

  1. Meskipun begitu, lebih banyak orang yang masih ngeblog di platform blog lain. Saya juga sempat tergoda dulu sih mau ngeblog di tempat lain karena kolom komentarnya lebih mudah digunakan dibandingkan di blogspot. Tapi, dipikir2 udah nyaman di blogspot dan malas juga kalau harus mengurus banyak blog. :D

    BalasHapus
  2. wakakakakakkk.....
    nah untuk kali ini saya menjadi orang netral saja,saya bosan jadi blogger,karena saya berubah menjadi netral,komentar saya akan seperti ini :

    "para pemakai wordpress sebenarnya juga munafik,buang muka dengan blogspot,padahal blogspot adalah anak kandung google,lihat saja para pengguna wordpress,search engine masih menggunakan google...
    bahkan ping artikel juga menggunakan google..
    jungkir balik mempelajari SEO juga agar blog mereka terindex BAN SERP google...
    repot update artikel juga demi mengejar pagerank google..lihat saja bagaimana keluh kesah para pemilik rangk tinggi google gara-gara kena junk..google lagi kan?
    jadi selain munafik para pengguna wordpress juga berperan sebagai ibu tiri yang jahat,mau bapaknya nggak mau anaknya..hanya mau memperalat bapaknya doang...sok buang muka padahal butuh bapaknya..munafik kan? "


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    tapi jika saya pribadi opini blog kurang friendly itu hanyalah opini orang yang kurang kerjaan,apapun engine yg di pakai,sepanjang enjoy,finish..
    sekali lagi ini semua hanya di karenakan kasta yang berlaku di sini,hanya mau bergaul sesama marga,marga WP hanya mau bergaul dengan marga WP dengan berbagai alasan pembenaran...blogspot juga hanya berteman dengan blogspot dengan alasan yang berputar-putar...
    apapun enginenya,jika memang artikel bagus,dan berniat sharing,menunggu loading paling yang hanya 5 menit pasti mau,tapi jika nggak ada niat ya pasti mencari alasan yang menguatkan penolakan mereka...

    BalasHapus
  3. karena katanya wordpress itu SEO jauh lebih cepat, dan ada yg pernah nyoba posting doble pengunjungnya banyakan di wordpress.wordpress seperti firefox banyak fasilitas plugin yang menarik.

    Kelemahan wordpress yang gratis tidak bisa di kasih script PPC, yang bayar kalau traffic banyak harus nambah bandwith klo blogspot kan tidak perlu nambah bandwith,

    BalasHapus
  4. Kimi:
    Betul, Mbak Kimi. Alasan sudah terlanjur nyaman itulah maka para pengguna platform blog tertentu tak mau pindah/migrasi ke platform blog lain.

    Widodo:
    Mas Widodo, lagi-lagi komentar sampean terlalu terus-terang dan blak-blakan tanpa basa-basi. Ha...Ha...Ha.... Mudah-mudahan tak ada pengguna WP yang kebakaran jenggotnya, tersinggung menerima kata-kata munafik itu.

    Sebenarnya semua itu kembali lagi ke masalah pilihan, sih. Dan antar pengguna platform blog seharusnya memang saling menghormati, tidak malah saling menjelekkan. Kalau sudah menjelek-jelekkan itu yang tak benar. Itu yang namanya ngajak konfrontasi.

    Kalau masalah friendly itu saya setuju lebih karena faktor kebiasaan saja. Jangan karena kitanya tak terbiasa, tak mau repot beradaptasi dengan mesin blog lain terus beropini komentar di blogspot ribet, lambat dsb.

    hendra community:
    Kalau opini tentang blog WP lebih SEO friendly ketimbang blogspot, sekali lagi itu hanya opini, Mas Hendra. Banyak faktor lain selain hanya mempermasalahkan platform blog sebagai alasannya. Buktinya, saya punya teman blognya justru dibangun dengan menggunakan Joomla tapi malah lebih SEO friendly. Dia sering dampat banjir order pemesanan tenda lewat Google.

    BalasHapus
  5. Tapi yang menang CMS award kan WordPress, he he... (begitu beritanya).

    Saya bukan tidak suka blogspot, tapi memang sistem komentarnya tidak sesederhana WordPress.

    Kesederhanaan berarti termasuk menghitung jumlah klik yang diperlukan untuk berkomentar jika seseorang tidak terhubung langsung dengan jejaring blog yang terkait.

    Kalau WordPress kan cukup sekali klik, sedangkan Blogspot perlu beberapa kali klik.

    Hmm..., siapa bilang WordPress tidak mengizinkan monetasi? Hayoo..., cek EULA lagi :) - tapi tentu saja bukan seperti monetasi ala Blogspot.

    Saya suka blogspot, saya suka wordpress, saya suka tumblr, tapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan saya tidak menganggap remeh, tapi saya memang lebih cenderung lebih suka sistem komentar WordPress :).

    BalasHapus
  6. Cahya:
    Mas Cahya, akhirnya Anda sudi juga berkunjung dan meninggalkan komentar ke blog saya setelah sudah sekian lama kita banyak berjumpa dalam komentar di blogosphere.

    Menanggapi komentar Anda satu saja pertanyaan saya: Memang tujuan orang ngeblog hanya untuk mencari komentar saja, ya? Tidak ada tujuan lain yang lebih utama dan mulia selain hanya ingin dapat komentar? Kalau memang itu poin terpenting yang menjadi tujuan Anda ngeblog, ya saya tidak bisa ngomong apa-apa lagi. Anda sangat benar. Blogspot terlalu buruk buat Anda.

    BalasHapus
  7. ha..ha..ha...ha...akhirnya uppercut kang Joko keluar juga..."Memang tujuan orang ngeblog hanya untuk mencari komentar saja, ya? "
    kalau cuman buat cari komentar ya ngak usah nge-blog,pergi saja ke warung kopi,di sana kita akan banyak mendapat komentar atas semua pernyataan gombal mukio kita...
    malah sistem komentar di warung kopi lebih bagus dari CMS manapun,tanpa perlu loading langsung sending ke kuping kita...

    bahkan programer terbaik di duniapun tak akan pernah bisa mengalahkan engine komentar di warung kopi...

    BalasHapus
  8. Widodo:
    Komentar dari Mas Cahya itu satu bukti dari kegagalan saya menulis di artikel ini, Mas Widodo. Karena meski di awal dan akhir tulisan saya sudah jelas-jelas saya tegaskan tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan platform blog lain, selain hanya mengulas sisi kelebihan blogspot saja diantara sisi kekurangannya yang banyak dikeluhkan para blogger. Tapi, kenyataannya toh tulisan saya tetap dianggap seperti menyerang pengguna blog non blogspot.

    Lain kali saya akan belajar menulis lebih baik lagi, Mas agar tulisan saya lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  9. Wah Pak Joko uptudate juga nih.. kagak mati ide..!!!

    Dulu saya Blogspot sekarang Warung Pojok(WP), problemnya sama yaitu susah membuat konten yang menarik dan berbobot. Bedanya dulu gratis sekarang harus sewa Hosting.. Apalah artinya sebuah merek platform hanyalah sebuah pilihan,yang penting adalah kebersamaan.. jangan saling antipati...peace.

    BalasHapus
  10. Saya akui dengan blogspot lebih simple tidak perlu lagi direpotkan sewa hosting tinggal beli nama domain sesuka kita lalu dicustom ke blogspot hanya satu langkah sudah jadi, beda dengan saudara mudanya (WePe) masih harus butuh sewa hosting dan tentunya setting CMS sana-sini bikin repot nggak tuh?
    Nambahin sedikit, kalau masalah comment form itu terlalu naif kalau diperdebatkan nggak ada yang lebih penting dari itu apa ya...?

    BalasHapus
  11. Enam alasan di atas sudah lebih dari cukup untuk memaparkan keunggulan blogspot. Saya sendiri tidak pernah meremehkan blogspot kok. Soalnya sampai sekarang saya juga masih menggunakannya, walaupun sudah jarang saya update.

    Kalaupun saya terkesan pernah meremehkan blogspot, mungkin pada blog yang jelas-jelas dimonetisasi, tapi belum juga menggunakan custom domain. Padahal, blogspot kan bisa dicustom domainnya dengan domain dot com misalnya (kayak blog Pak Joko ini).

    Soal berkomentar, saya tetap rajin kok komentar di blogspot, sepanjang topiknya menarik untuk saya komentari dan ada opsi Name/URL pada list-nya. Kalau mengharuskan login ke akun blogspot, saya biasanya tidak jadi komentar. Berhubung yang ingin saya promosikan sekarang adalah blog saya yang di Wordpress.org (kafegue.com)

    Toh, kalau saya tinggalkan link blogspot di opsi blogger profile, saya jadi malu karena blog tersebut sudah lama tidak saya update :)

    Soal keamanan, saya akui blogspot lebih aman dalam hal sistem security-nya (termasuk database). Kemungkinan untuk dihack sangat kecil. Nama besar google taruhannya.

    Satu lagi, kapasitas space hosting di blogspot kan tidak dibatasi setahu saya. Begitu pula bandwith-nya. Ini keunggulan lain blog yang dihosting di blogger.

    Nah, kalo blog wordpress.org yang menggunakan domain dan hosting sendiri, ada keterbatasan space hosting, bandwith, serta celah keamanan.

    Soal form komentar yang banyak dianggap ribet (karena harus pilih list) dan beberapa klik, bagi saya itu malah bagus untuk mengurangi potensi spam. Masalah ribet atau tidak, sebenarnya cuma pada pembiasaan saja. Kalau sudah biasa, saya rasa tidak akan terasa ribet kok.

    Toh saya juga masih menggunakan blogspot :)

    BalasHapus
  12. tonykoes:
    Sebagai pengguna blog bukan blogspot, komentar seperti Mas Tony ini sangat menyejukkan saya. Artinya, tulisan saya tidak diinterpretasikan oleh Mas Tony sebagai tulisan yang menjelek-jelekkan platform blog lain meski ditulisan ini saya sudah mengulas sisi dari kelebihan blogspot.

    Ya, benar sekali semua kembali ke sebuah pilihan.

    Agus BF:
    "Blogspot lebih simple tidak perlu lagi direpotkan sewa hosting."
    Itu yang jadi pertimbangan saya juga Mas Agus mengapa saya masih menggunakan blogspot.

    iskandaria:
    Terima kasih Mas Iskandaria. Sebagai pengguna blog platform blogspot dan WP sekaligus, Mas Is sudah memberikan sharing review yang jujur dan netral akan kelebihan dan kekurangan kedua platform blog tersebut. Dan komentar seperti ini yang sangat saya harapkan agar perdebatan mana yang lebih baik tak perlu diteruskan lagi dengan debat kusir yang tak pernah bisa selesai.

    Tentang masalah form komentar tersebut yang dianggap ribet, saya akan memberi analogi serupa. Mengapa semua orang masih menggunakan OS Windows padahal jelas-jelas masih ada OS lain yang tak kalah hebat dan powerful ketimbang windows? Contoh ada OS lain seperti Mac dan Linux yang tangguh dan lebih hebat dari windows. Kalau ditanya mengapa orang masih pakai windows, bukan Linux atau Mac? Pasti jawaban terbanyaknya adalah karena kebiasaan, sudah terbiasa memakai windows. Sementara Mac apalagi Linux jarang orang pakai sehingga itu sedikit menyulitkan usernya.

    BalasHapus
  13. Saya punya 4 situs dot com, pusing mikirin hostingnya. Kalo pake blogspot update suka2 sepuasnya gag mikir bandwitdh membengkak.he2..

    BalasHapus
  14. apapun mesinnya yang penting pembalapnya :D loh kok nyambung ke balapan :D

    6 alasan ini cukup memberikan pengaruh untuk serius memandang blogspot sebagai blog engine terdepan, secara blogspot adalah blog engine pertama dan pelopor sebelum yang lainnya :)

    bagi saya sendiri yang punya blog di setiap blog gratisan yang jumlahya engga kehitung. sebenarnya masing2 puya keunggulan kok. cuma di sini tinggal masalah selera dan kecocokan saja, kok.

    keep spirit, keep blogging

    BalasHapus
  15. Makasih kembali atas apresiasi Pak.

    Soal analogi OS tersebut, saya sangat setuju. Intinya cuma pada masalah pembiasaan saja. Ala bisa karena terbiasa. Pepatah tersebut masih sangat relevan :)

    BalasHapus
  16. Kampung Perawan:
    Mengelola 4 blog yang semua dan self hosting kalau tidak dihosting unlimited, resikonya Bandwidth Limit Exceeded akan selalu menghantui kita setiap akhir bulan. :D

    andi sakab:
    Mas Andi, terima kasih. Saya senang membaca komentar bijak dari Anda. Sebagai blogger pengguna WP, pernyataan Anda cukup menyejukkan hati saya. Persahabatan antar blogger tidak seharusnya terkotak hanya karena masalah platform blog yang beda. Bukan begitu, Mas?

    iskandaria:
    Sama-sama, Mas Iskandaria. Terima kasih juga sudah mampir kembali ke rumah saya. :D

    BalasHapus
  17. Dari semua keunggulan blogspot yang ditawarkan, entah kenapa saya masih berfikiran bahwa CMS itu 'lebih maju' :) Opini tentang hal ini tentunya ngga bakal tuntas, karena yah semua tergantung dari tujuan/motif ngeblog dari masing2 narablog.

    BalasHapus
  18. Darin:
    Mas Darin, semua kembali ke masalah pilihan. Dan mana platform yang terbaik, itu ya platform yang cocok dan bisa mengakomodir keinginan dan tujuan kita ngeblog. Berarti ada kemungkinan Mas Darin akan siap-siap migrasi dari blogspot, nih kelihatannya?

    CMS, setahu saya apa yang dimaksud CMS adalah platform blog yang sudah punya sistem database. Artinya, template dan database posting misah. Kalau Blogspot belum CMS, ya?

    BalasHapus
  19. alasan saya pindah ke blogspot cuma ini = "Pemilik blog diberi kebebasan untuk memasang iklan komersial di blognya."

    Wordpress seenaknya saja pajang google ads di blog gratis WP termasuk blog saya (imroee.wordpress.com)

    Selain itu, yang aku rasakan, wordpress jauh lebih menyenangkan di banding blogspot.

    oia, blog2 gratis di blogspot rata2 berat bukanya. ada yang nunggunya sampai borokokok baru blognya kebuka. Selain kotak komentarnya juga bikin menyebalkan!

    BalasHapus
  20. imroee:
    "Wordpress seenaknya saja pajang google ads di blog gratis WP termasuk blog saya (imroee.wordpress.com)"

    Hem, kalau itu saya baru tahu sekarang, Mas Imroee. Kalau blogspot berat, lambat bukanya dan komentarnya yang menyebalkan aku da terlalu sering mendengarnya. :)

    BalasHapus
  21. oh begitu ya?... makasih info nya

    BalasHapus
  22. blog ini kok terasa ringan ya? punya saya pa duuuh...

    bete saya tapi tadi udah saya ganti templatenya..mudah2an ringan seperti blog bapa ini, selamat malam.

    BalasHapus
  23. Rohani syawaliah:
    Sama-sama, Mbak Hani.

    adeTruna:
    Masak, Mas Ade? Padahal saya merasa blog ini masih berat loadingnya. Oke, saya coba tengokin blognya.

    BalasHapus