Jumat, 08 April 2011

Fakta-fakta Unik Tentang Negara Korea (2)

Winter Sonata
Sesuai janji saya, saya akan lanjutkan kembali kisah perjalanan saya ke Korea yang saya tulis kemarin. Bagi yang sudah membaca tulisan saya sebelumnya silahkan lanjut bacanya. Namun, bagi yang belum baca silahkan baca dulu "Fakta-fakta Unik Tentang Negara Korea (1)" sebelum Anda melanjutkan.

Selama 8 hari di Korea, beberapa tempat menarik yang saya kunjungi diantaranya adalah saya sempat mengunjungi pulau cantik Nami Island, Sorak National Park untuk naik cable cars dan melihat Kuil Shinheungsa dan The Great Bonze Statue. Terakhir yang paling menarik dan sangat mengesankan adalah bisa naik kereta cepat Korea bernama KTX (Korea Train eXpress). Sisanya, yang ini tak perlu saya ceritakan, mengunjungi dan study banding ke beberapa dept store di mal-mal yang ada di Korea.

Okey, saya akan ceritakan satu persatu, ya.

Pulau Cantik Nami Island

Di hari pertama kunjungan saya ke Korea, saya mengunjungi sebuah pulau cantik bernama Nami Island. Sebuah pulau indah tempat setting film Winter Sonata yang dulu pernah populer di tahun 2002. Yaitu sebuah film drama percintaan Korea yang dibintangi oleh aktor ganteng dan aktris cantik Korea seperti Bae Yong Jun, Choi Ji Woo, Park Yong Ha dan Park Sol Mi.

Anda sudah pernah nonton film drama itu? Jika belum pernah nonton Winter Sonata, Anda bisa melihat soundtrack filmnya di bawah ini. Dalam video klip lagu soundtrack filmnya ini, salah satunya mengambil setting lokasi di pulau Nami Island.



Gimana indah, bukan pulaunya terlihat di video itu?

Di pulau Nami Island saya sempat berfoto-foto. Hanya sayang, karena saya kesana Korea lagi awal musim semi sehingga tak seindah seperti saat shouting film Winter Sonata tersebut yang diambil pas musim winter (dingin) sehingga banyak bertaburan salju.

Nami Island

Tapi saya tidak bisa bayangin kalau pas musim dingin ada disana, berapa suhunya. Mungkin bisa minus derajat Celcius. Karena waktu kemarin saya kesana saja suhunya masih lumayan dingin untuk ukuran saya, orang yang hidup di daerah tropis. Yaitu suhunya kemarin mencapai -1 0C saat di malam dan pagi hari dan 5 0C saat siang hari.

Pengalaman naik cable car

Masih di hari pertama, setelah dari Nami Island perjalanan lanjut ke Sorak National Park untuk naik cable cars dan melihat Kuil Shinheungsa dan The Great Bonze Statue. Ketiga obyek wisata ini berada di satu lokasi. Dan inilah kali pertama saya bisa melihat gunung bersalju dan saya bisa melintas di atasnya menggunakan cable car. Indah sekali pemandangannya dilihat dari cable car. Gunungnya berselimut salju keputihan terlihat sangat indah saat saya lihat amat dekat dari atas cable car.

Pemandangan gunung dari cable car

Habis naik cable car saya kemudian melihat Kuil Shinheungsa dan The Great Bonze Statue yang ada di kaki gunung tersebut.

Kuil Shinheungsa

The Great Bonze Statue

Pengalaman tak terlupakan naik kereta cepat KTX

Pada hari ke-4 setelah sebelumnya di hari ke-2 dan ke-3 study banding ke beberapa mal di kota Daegu dan Busan akhirnya tiba waktunya untuk balik lagi menuju kota Seoul. Dan perjalanan dari kota Busan menuju kota Seoul yang berjarak sekitar 300-an KM saya naik kereta cepat KTX (Korea Train eXpress) yang punya kecepatan maksimal sampai 350 KM/jam. Namun prakteknya karena alasan keamanan KTX dibatasi kecepatannya maksimal hanya 300 KM/jam.

Kereta KTX

Anda bisa bayangkan, seumur-umur saya belum pernah merasakan naik kendaraan darat melaju dengan kecepatan secepat itu. Saya tak merasa kalau sedang melaju di darat, tapi serasa naik pesawat saja. Bayangkan, kota Busan ke Seoul itu jaraknya sekitar 300-an KM bisa ditempuh dalam waktu 2 jam lebih. Ini sungguh luar biasa!

Berbeda dengan naik kereta eksekutif di sini, naik kereta KTX hampir tak merasakan ada guncangan (jeglek-jeglek) seperti kalau kita naik kereta di Indonesia. Rasanya rel seperti rata sekali dan nyaris seperti tak menjejak rel saja roda keretanya karena saking mulus dan cepat jalannya.

KTX Station

Sedikit cerita tentang kereta cepat KTX. KTX memang belum sebagai kereta tercepat di dunia. Masih ada dua lagi kereta tercepat lainnya di dunia ini. Yaitu Shinkansen-nya Jepang dan TGV-nya Perancis. Nah, kereta KTX sendiri sebenarnya secara teknologi mengadopsi teknologinya TGV-nya Perancis. Awal-awal pembuatannya pada tahun 1992 sempat dibuat disana (Perancis) meskipun akhirnya bisa dibuat dan diproduksi di negara Korea sendiri.

Itulah kisah seputar perjalanan saya kemarin ke negara Korea. Mudah-mudahan membaca kisah saya ini Anda yang belum pernah ke Korea ada sedikit gambaran. Dan siapa tahu mudah-mudahan suatu saat Anda bisa berkunjung juga ke Korea dan yang terpenting gratis seperti saya. Semoga. :D


Bookmark and Share

37 komentar:

  1. Coba kalau di Indonesia ada kereta seperti itu dari Sumetera sampai ke Jawa :).

    BalasHapus
  2. Cahya:
    Seandainya ada, yang jelas akan lebih efisien daripada menggunakan pesawat terbang, Mas Cahya. Mudah-mudahan kita segera punya kereta cepat seperti KTX tersebut.

    BalasHapus
  3. amiin mudah2an suatu hari bisa ke korea dan tempat2 lainnya. gunung yang berselimut salju itu kelihatan indah sekali...--"


    cable car itu sama dengan gondola ga mas??
    #maafkatrok

    BalasHapus
  4. wuahhhh.. kemaren baca yg part 1 udah kepengen, sekarang liat part 2 tambah kepengen pak.. tugas kantor kah pak kok sampe korea? saya dapat oleh2 ga ini pak :D

    BalasHapus
  5. Huda Tula:
    Benar, sejenis itulah, Mas Huda. Kereta gantung yang jalannya menggantung dibawah kawat baja yang membentang diantara lembah dan gunung.

    tomi:
    Ya, tepatnya tugas kantor, Mas Tomi. Kalau berangkat sendiri mana punya duit saya sampai bisa pergi kesana. Oleh2nya? HeHeHe

    BalasHapus
  6. wah, asyiknya jalan2, jadi pengen...

    BalasHapus
  7. Coba ada kereta seperti ini dari Aceh sampai Banyuwangi, saya jadi ngga kerja kerja. Keasyikan travelling melulu, hehehe

    btw nice posting, saya hanya kenal korea dari tv series saja sebelumnya

    BalasHapus
  8. Kok bisa jalan-jalan gratis, Pak..
    Mauu... :(

    BalasHapus
  9. kamaropini:
    Saya doakan, Mas semoga bisa jalan-jalan juga nanti :)

    jarwadi:
    Kalau saja ada. Sama, pasti saya pun ingin travelling dari ujung utara Sumatera sampai ke pulau Jawa. Tapi kapan kira-kira? HeHe

    giewahyudi:
    Hadiah gratis dari kantor, Mas. Sebetulnya tak murni jalan-jalan, sih tapi study banding sambil juga jalan-jalan.

    BalasHapus
  10. begitulah kl banyak duit,kesana kemari pun no problem.hehe

    BalasHapus
  11. Enaknya kerja kantoran. Bisa studi banding sambil jalan-jalan. Berhubung tidak menggunakan uang rakyat, tidak akan jadi kontroversi.

    Saya tunggu kiriman oleh-olehnya pak.

    BalasHapus
  12. Huaalah mantap ya mas ke Korea :D
    Jadi iri saya :p

    BalasHapus
  13. situsonline:
    Bukan, Bro. Ini gratis semua biayanya jadi gak butuh banyak duit. :)

    Jeprie:
    Mas Jeprie kalau mau juga, kan tinggal berangkat aja. Kenalan bule banyak jadi bisa pilih salah satu mana yang akan dikunjungi. :D

    Wah, oleh-olehnya da habis dibagi-bagi, Mas waktu baru pulang kemarin. Hi Hi

    iam:
    Nggak usah iri, Mas. Saya doain Mas Iam suatu saat bisa kesana juga. :)

    BalasHapus
  14. Korea emang keren, mantep bener tu negara.
    Negara di asia yang pengen saya kunjungi selain Jepang ya Korea :D
    Ah..yang paling saya ngiler dari Korea itu adalah akses internetnya.
    Tercepat di dunia meeeeen :D

    BalasHapus
  15. Zippy:
    Iya, internetnya cepet banget, Mas dan stabil. Karena saking cepetnya maka nyedot pulsanya cepet juga. Tahu-tahu sudah sejuta lebih tagihan saya. HeHeHe.

    Oh ya, disana jaringan 2G sudah ditinggalkan jadi hanya handset 3G yang bisa dipakai di Korea, mirip dengan Jepang.

    BalasHapus
  16. Kapan ya saya bisa ke korea, bisa-bisa jadi artis di sana. :)

    BalasHapus
  17. ke Korea ya... seru ya Pak...

    BalasHapus
  18. Mantaf pak Joko.. Pikniknya ke korea nih..
    Ternyata blogger sejati juga ya.. karna disana ( Korea ) masih sempet berinternet ria sampai meledak pulsanya..hehehe
    Tapi sayang saya ndak sempet pesen oleh-oleh.. Doain saya bisa juga ke Korea, nanti Pak Joko yang tak kasih oleh-oleh sesuai pesanan..wkwkwk

    BalasHapus
  19. harusnya indonesia beli kereta seperti itu biar tidak macet, sayangnya pak joko cm uplad foto aj ngga upload video, sambil joget india kyk briptu norman. hehe,, tp ada jg pernah ngeliat di youtube orang yg tiap jalan2 ke luar negeri upload video dirinya berjoged Where the Hell is Matt? (2008)

    http://www.youtube.com/watch?v=zlfKdbWwruY

    BalasHapus
  20. ngomong2 jalan2 gratisan dari perusahaan enak juga nich kyk temen ku widi keswianto tiap taun dapet jalan2 keluar negeri gratis dari perusahaan

    http://www.facebook.com/widi.keswianto?sk=wall

    tapi harus di bayar dengan mencapai target OMZET penjualan, sangking seringnya sampe buat video autobiografi kesuksesan, video slide foto jalan2 keluar negeri, dari masa muda waktu dia miskin sampai menjadi sukses dan jalan2 keluar negeri.

    BalasHapus
  21. Wew...seharusnya saya kesana bulan ini. Tapi terancam gagal. PErsyaratan urus visanya agak susah ya...

    BalasHapus
  22. giewahyudi:
    Nanti akan tiba waktunya, Mas. Rejeki datang sering tak disangka-sangka, lho. Tapi kalau kesana jadi artis VISA-nya jangan pakai VISA turis. Entar bisa ditangkep, lho. :D

    Ami:
    Ya, lumayan seru, Mbak karena gratis. HeHe...

    tonykoes:
    Ya, Mas tony meledak gara-gara sering pakai internet disana.
    Saya kemarin ndak kasih oleh-oleh jadi nanti saya tak akan minta oleh-oleh juga kalau Mas tonykoes dari luar negeri. :)

    hendra comunity:
    Mungkin lain kali akan saya video, Mas. Siapa tahu bisa jadi terkenal seperti Norman. HaHaHa.

    Yang namanya gratis pasti enak apalagi ke luar negeri begini. Ini sebetulnya juga reward atau apresiasi dari perusahaan karena sudah achieve target, Mas Hendra. Jadi kalau mau tiap tahun ke luar negeri, ya intinya sama juga seperti Widi Keswianto itu harus sukses mencapai targetnya.

    bukan detikcom:
    Ya, Mas Gardino. Persyaratan VISA-nya cukup berat, banyak yang harus dilengkapi. Salah satunya melampirkan bukti bank account, terus copy dokumen bukti setoran PPH Pasal 21. Saya pernah menulisnya di artikel ini Orang Miskin dan Bukan Wajib Pajak Taat Dilarang Keluar Negeri

    BalasHapus
  23. saya cuma mau ngingetin mas, kalo jalan2 lagi kesana, laporan dulu sama telkomsel, daripada ntar dicurigai lagi, hahahahahahah

    BalasHapus
  24. Didik Kusdiyanto:
    Kalau sampai harus laporan apalagi berani memblokir lagi itu namanya mengingkari janji sendiri. Karena kemarin pihak Telkomsel sudah resmi meminta maaf dan berjanji bahwa hal tersebut tidak akan diulang lagi. :)

    BalasHapus
  25. wehh. kerenn.
    udah pernah ksitu >.<
    cwenya cantik2 kan dsana :))

    BalasHapus
  26. Mbok ya ngajak-ngajak Mas, kalo jalan-jalan ke Korea.

    Saya suka keretanya, jika ada kereta begituan dari Bintan ke Padang, saya akan pulang kampung sekali sebulan :)

    BalasHapus
  27. Maswid:
    Cantik-cantik, Mas. Sayang tak bisa dibawa kesini. :D

    DewiFatma:
    Lain kali akan saya ajak, Mbak kalau mau kesana. Tapi kapan, ya kira2 bisa kesana lagi? He He

    Sama, kalau ada kereta seperti KTX di Jawa saya juga mau sering-sering mudik juga ke Surabaya. :)

    BalasHapus
  28. Wow... keren dan mengasyikan sekali.

    BalasHapus
  29. om ceritakan tentang mal2 di korea itu dooong :)

    BalasHapus
  30. mutiarariffien.go.blogspot.com:
    Kalau yang Mal-malnya itu untuk laporan buat kantor. Tapi, mal-malnya tidak beda jauh sama tempat kita, kok. Hanya bedanya kalau di Korea jam operasional mal lebih pendek dari tempat kita. Buka pukul 10:30 dan tutupnya pukul 20:00.

    BalasHapus
  31. Duuuh jangan bandingkan dengan kereta api di sini... :( :(
    Menyedihkan!

    BalasHapus
  32. Asop:
    Menyedihkan, ya Mas? He He

    BalasHapus
  33. Pasti jadi orang paling ganteng karena beda sendiri...

    dapat pacar cewek korea gak?

    BalasHapus
  34. Rohani Syawaliah:
    Ganteng?! Kalau kulit coklat seperti orang Indonesia, katanya kalau di Korea memang sangat digandrungi orang2 sana.

    Sayang sekali kemarin ndak dapat pacar cewek Korea. :D

    BalasHapus
  35. mas Joko mau tanya....kalu bulan September besok di Korsel apa lagi musim dingin?

    BalasHapus
  36. Yanus:
    Saya waktu kesana bulan Maret dan lagi awal musim Semi. Kalau bulan September di Korea lagi musim Gugur, Mas. Musim Dingin baru di bulan November.

    BalasHapus
  37. wuih keren abizz,,
    korea untuk tempat2 wisata indah2
    bisa kesana ga ea??
    apalagi ketempat2 yang sering dpake waktu syuting film korea,,
    waktu musim salju,,asikk

    BalasHapus