Senin, 04 Juli 2011

Bukti Hasil Pengujian simPATI Gratis Internet Berjam-jam

Masih terkait artikel saya kemarin tentang complain saya kepada Telkomsel mengenai gangguan koneksi pada Paket simPATI Gratis Internet Berjam-jam, baca “Telkomsel Diam-diam Curang Merubah Paket Promo simPATI Gratis Internet Berjam-jam”, kali ini saya akan sharing bukti-bukti pengujian saya yang telah saya lakukan pada hari ini, Senin 4 Juli 2011 pagi tadi sekitar pukul 09:00 WIB.

Hasil pengujian saya tetap pada kesimpulan bahwa ternyata sampai dengan hari ini paket simPATI Gratis Internet Berjam-jam terbukti masih tetap bermasalah. Telkomsel masih tetap mencekik bandwidth koneksi internetnya setiap pelanggan selesai melakukan transfer data 5 MB.

Test pengujian saya kali ini berada di lokasi kantor saya di jalan Malioboro Yogyakarta. Saya menggunakan nomor simPATI freedom dengan nomor 082134190199. Modem Huawei E1550. Tool pengukur kecepatan serta counter pencatat transfer datanya saya menggunakan software open source Bitmeter. Pengujian menggunakan notebook OS Windows XP. Browser Firefox sambil multitasking streaming radio online menggunakan aplikasi Winamp.

Berikut adalah data-data hasil pengujian saya.

Pada hasil test yang pertama counter hasil transfer data (download) Bitmeter saya mulai (start) dari angka 5 MB. Kondisi koneksi masih berjalan normal hingga counter Bitmeter mencatat download data sebesar 10.52 MB. Ini bisa Anda lihat dari grafik Bitmeter pojok kanan bawah monitor berwarna merah yang konstan di kisaran speed 80-an kbps. Bisa Anda lihat seperti dalam Gambar 1 di bawah.

Gambar 1 Pengujian simPATI Gratis Internet Berjam-jam
Gambar 1

Tetapi pada saat download mencapai angka 10.78 MB, lihat Gambar 2 di bawah, bandwidth langsung dicekik. Tapi anehnya sambungan masih terkoneksi, tidak putus. Anda bisa lihat grafik merah Bitmeter yang langsung turun menghilang dan angka kecepatan transfer downloadnya juga langsung turun drastis menjadi 0 kbps. Dan posisi streaming radio di Winamp juga berhenti (buffer) karena tercekik mencari bandwith jaringan internetnya.

Gambar 2 Pengujian simPATI Gratis Internet Berjam-jam
Gambar 2

Setelah itu saya lalu disconnect modemnya. Selang dua menit kemudian saya coba connect kembali. Dan hasilnya seperti Anda lihat di Gambar 3 di bawah. Grafik merah penunjukan Bitmeter langsung muncul. Angka kecepatan saat mendownload berada di kisaran angka 133 kbps. Proses buffer radio kembali lancar dan suara radio kembali terdengar karena sudah lancar streamingnya.

Gambar 3 Pengujian simPATI Gratis Internet Berjam-jam
Gambar 3

Di Gambar 3 angka counter Bitmeter berada di angka 11.43 MB. Setelah berjalan sekitar tujuh menit penunjukkan counter Bitmeter mencapai angka 16.06 MB bandwidth kembali dicekik. Koneksi yang awalnya lancar menjadi terhenti tapi tetap tidak terputus. Bisa dilihat di Gambar 4 di bawah, grafik merah Bitmeter langsung turun. Kecepatan internet langsung drop menjadi 0 kbps. Terus streaming radio kembali mengalami buffer karena mencari bandwidth jaringan internetnya.

Gambar 4 Pengujian simPATI Gratis Internet Berjam-jam
Gambar 4

Kesimpulan dari pengujian saya ini adalah Telkomsel prakteknya berbuat curang dengan memberlakukan Terminate Session per 5 MB sekali. Terbukti setiap kelipatan 5 MB, internet yang dalam promonya dijanjikan gratis sampai berjam-jam pada prakteknya bohong belaka. Bagaimana tidak? Karena bandwidthnya sengaja dikecilkan sampai nol. Itu artinya tak gratis sebab tak bisa dipakai lagi. Kecuali kalau kita mau capek connect dan disconnect berkali-kali baru bisa gratis sampai berjam-jam.

Pertanyaan saya di akhir tulisan ini: Memang ada orang yang mau repot begitu hanya demi memburu gratis? :D

Update 6 Juli 2011:
Jika Anda ingin membaca tanggapan resmi Telkomsel terkait posting ini silahkan baca artikel "Tanggapan Telkomsel Terkait Complain simPATI Gratis Internetan Berjam-jam".


Bookmark and Share

35 komentar:

  1. He he..., saya ndak ah :D. Sepertinya Pak Joko benar-benar dibuat kesal.

    BalasHapus
  2. semakin lama menunggu tanggapan maka semakin berlarut-larut. wah ngeri dendam ala bloggernya mas joko terulang nih. :D

    gelar tiker lagi

    BalasHapus
  3. hasil keyword "simPATI Gratis Internet Berjam-jam" ternyata artikel kemarin masuk halaman page pertama.

    apa jadinya jika ada di urutan NO 1 ya? :p

    BalasHapus
  4. Cahya:
    Kesal? He2... Sedikit, Mas. Karena siapa yang tak kesal kalau diacuhkan.

    Andi Sakab:
    Semakin lama menunggu dan tidak segera ditanggapi yang jelas semakin berlarut-larut masalahnya, Mas Andi. Hi2....

    Saya jadi ikut tergoda untuk ngecek ke Google. Benar muncul di halaman pertama urutan no 7 dengan keyword "simPATI Gratis Internet Berjam-jam". Semoga dengan dioptimasi pakai artikel ini jadi terdorong lagi ke urutan no 1, Mas. :D

    BalasHapus
  5. Mas Joko
    Optimasi? Hemm masih tak paham juga...

    Masih belum dijawab telkomsel juga. Kayaknya mereka membiarkan api menyala dalam sekam...

    Siap-siap menunggu kabar selanjutnya...

    BalasHapus
  6. honeylizious:
    Dengan memberikan internal link ke arah artikelnya dan kembali mengulasnya di posting terbaru itu termasuk cara-cara optimasi untuk mendongkrak artikelnya.

    Belum, kemarin janji pagi ini katanya saya mau dihubungi. Saya tunggu aja apa penjelasannya

    BalasHapus
  7. coba pak, posting ini anda taruh di detikforum, cari sub forum telkomsel, di sana moderatornya juga orang telkomsel :)

    BalasHapus
  8. jarwadi:
    Kemarin sebetulnya sudah sempat dishare banyak pengunjung ke forum Kaskus dan Indowebster, serta ke Facebook dan beberapa kali di-RT di Twitter, Mas. Mungkin itu opsi selanjutnya kalau mereka tetap tak mau memberi jawaban. Terima kasih sarannya.

    BalasHapus
  9. Hihihi ulah telkomsel ini akal-akalan ya.. operator paling Indonesia :D

    BalasHapus
  10. haha, akunjuga pernah dibuat kesal begini. tapi sekarang sudah pindah jalur aku.walaupun agak mahalan dikit yang penting enjoy gak bikin emosi.

    BalasHapus
  11. Saya sekarang sedang menimbang-nimbang untuk beli modem gsm dan kartunya. Tadinya telkomsel masuk dalam daftar. Tapi setelah baca postingan Pak Joko, Telkomsel langsung saya coret dari daftar. Hehehe...

    BalasHapus
  12. Benar2..
    gratis dalam mimpi wkwkwkwkw

    BalasHapus
  13. Sekarang saya lagi nyobain 3 unlimited. Tp belum melakukan tes bandwidth, sesuai dgn yg dijanjikan atau tidak.

    BalasHapus
  14. Sepertinya bukan cuma paket gratis berjam-jam yang ada terminate session-nya, tapi juga paket MIDNIGHT atau FUN NIGHT. Belakangan ini, saat menggunakan paket tersebut untuk mengunduh pada waktu dini hari, entah kenapa hampir selalu PUTUS di tengah jalan. Kadang memang ada jeda waktu tertentu saat putus. Padahal ketika masih pertama kali menggunakan, lancar-lancar saja. Dan setelah dikonekkan kembali, ternyata bisa lancar kembali koneksinya. Mirip dengan pengalaman Pak Joko di atas.

    Bedanya, paket malam yang saya gunakan tidak gratis (saya bayar per kuota 4 GB dengan masa aktif 30 hari dan speed maksimal 2 MBps).

    Dengan pengalaman saya tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa yang berbayar saja begitu. Apalagi yang gratisan :)

    Kesannya, Telkomsel masih kurang ikhlas memberikan bandwidth lebih kepada pelangganya, walaupun pelanggan sudah membayar lebih. Maksud saya, alangkah baiknya tidak ada terminate session jika pelanggan menggunakan paket istimewa berbayar seperti FUN NIGHT.

    BalasHapus
  15. Mas Joko
    oh begitu... optimasi=pendongkrakan artikel ya?

    BalasHapus
  16. Post ini sudah tak bisa dibantah lagi. Bukan sekadar presentasi atau argumentasi, post di atas telah dengan jelas menunjukkan bukti kuat bahwa Telkomsel memang telah dengan sengaja mencurangi pelanggannya. Umpama berkas tuntutan hukum di pengadilan, pemaparan di atas sudah cukup memadai bagi Hakim untuk menjatuhkan vonis, "Bersalah!"

    Sebenarnya, kerugian yang dialami pelanggan SimPATI Telkomsel atas kecurangan ini tidak hanya materi, tetapi juga rugi waktu dan rugi emosi. Berkali-kali melakukan connect-disconnect itu, demi Tuhan, SANGAT MENGESALKAN, MEMBOSANKAN, SEKALIGUS MENJENGKELKAN, dan MERAMPAS WAKTU PRODUKTIF PEMAKAINYA.

    @Mas Iskandaria, saya juga mengalami apa yang Anda alami. Saya juga pemakai paket FUN, dan meski sudah dibayar mahal pun ternyata SimPATI masih tega melakukan hal semacam itu. Proses download yang saya lakukan berkali-kali terputus di tengah jalan, padahal paket itu sudah saya beli, dan saya sudah rela begadang demi untuk memanfaatkan paket itu.

    Jadi, hei SimPATI, sampai kapan kau akan begini...???

    BalasHapus
  17. waduuh... ternyata Simpati mengecewakan ya

    BalasHapus
  18. nemenin mas Andi gelar tikar aahhh..

    BalasHapus
  19. Hmm... menarik sekali masalah serta ulasannya, dan lebih menarik lagi membaca komentar-komentarnya.

    Saya sampai saat ini memang belum pernah menggunakan simpati utk layanan internet, karena masih disokong sama kantor. Selebihnya, saya menggunakan IM2.

    Kalau mau membandingkan, IM2 memang banyak masalah, tapi tidak sampai simpati (kalau memang benar yang diujikan pak joko) yang bermain curang. Itu sungguh-sungguh merupakan penipuan publik pak..

    Saya berharap ada lembaga yang dapat menolong konsumen dengan menggugat praktik-praktik curang semacam itu. Kira-kira ada ga ya pak?

    BTW selamat, posisi di google.co.id sudah menjadi urutan ke-4. Maju terus pak, semoga jadi peringkat teratas :D

    BalasHapus
  20. saya jg mengalamai kejadian seperti pak joko. malah saya sudah telpon cs telkomsel dan memberikan saran supaya promo internet gratis berjam jam di tiadakan saja. sungguh telkomsel telah melakukan pembohongan publik. promo kok tanggung" pake di batasi segala. piye toh telkomsel

    BalasHapus
  21. sibair:
    Awalnya sempat saya duga begitu, Mas. Akhirnya Telkomsel memberi jawabannya.

    ajurNA:
    Pindah jalur ke paket apa, Mas? Saya sebetulnya juga pakai Flash. Yang ini paket simPATI ini sebagai cadangan saja

    Kimi:
    Kalau yang paket simPATI ini betul sudah tidak menarik lagi. Tapi kalau yang Flash Halo masih menarik, Mbak. Tinggal sinyalnya saja di daerah Mabk Kimi yang bagus pakai apa disana.

    ada-akbar.com:
    Ha...Ha...Ha... Bisa aja, Mas Akbar

    Tongkonanku:
    Saya tunggu reviewnya nanti Mas Feri. Saya dulu sudah pernah coba sinyalnya kurang bagus di rumah saya. Masih EDGE dan sering ngilang2 terus.

    iskandaria:
    Terima kasih sharing pengalamannya Mas Is. Mudah-mudahan komentar Mas Is dibaca dan ditanggapi oleh orang Telkomsel. Mumpung artikel ini lagi banyak dikunjungi dan dibaca oleh orang-orang Telkomsel.

    honeylizious:
    Ya, betul tujuannya agar semakin bagus posisinya di SERPs Google.

    BalasHapus
  22. Hoeda Manis:
    Mas Hoeda sebagai yang paling dirugikan kayaknya berhak kecewa ternyata paket ini sejatinya bukan buat dipakai di komputer tapi buat ponsel aja. Saya sudah publish tanggapan Telkomsel, Mas di artikel terbaru saya. Monggo kalau mau dibaca.

    Terkait paket FUN, sama seperti tanggapan saya kepada Mas Iskandaria, mudah-mudahan ini jadi perhatian buat orang Telkomsel. Mumpung mereka lagi memantau artikel ini.

    Ami:
    Ya, Mbak karena ternyata paket ini bukan buat internetan di komputer.

    widodo:
    Gelar tikar sambil ngopi, ya Mas. Sudah, tuh Mas dijawab kemarin oleh Telkomsel. Saya sudah publish tanggapan dari Telkomsel.

    rismaka:
    Komentar-komentarnya terbawa oleh susana protesnya, Mas. Ha2.... Kalau kasus penipuan produk ya munggkin YLKI, Mas biasanya.

    Berarti naik lagi. Awalnya peringkat 7 kemudian 5 dan sekarang jadi 4 ya di SERPs Google.

    Anonim:
    Kayaknya ada kemungkinan ditiadakan karena Telkomsel kini melounching paket internetan yang baru lagi. Namanya simPATI Internet Mania.

    BalasHapus
  23. kayaknya ini juga harus di beri keterangan update ke link terbaru,mas. :)

    BalasHapus
  24. Andi Sakab:
    Iya, tinggal artikel ini yang kelewat belum saya update, Mas. Terima kasih Mas Andi, saya sudah diingatkan. Langsung saya update di bawahnya barusan.

    BalasHapus
  25. Saya baru tahu akan hal ini bro... Sudah pernah di tanyakan ke pihak telkomsel belum? Ada baiknya artikel ini bisa di konfirmasi oleh pihak Telkomsel, apalagi kalau memang ternyata promonya menyesatkan pembaca

    BalasHapus
  26. iya mas joko, barusan saya cek ke situs telkosmel. gratis berjam jam sudah di tiadakan. skrg lg promo simpati internet mania. tp apa daya, kuota cuman 15MB. apalah arti 15MB --a

    BalasHapus
  27. Oya, Pak Joko. Saran saja untuk tampilan screenshot buktinya. Menurut saya lebih baik bagian pinggir kotak Bitmeter-nya dipotong, sehingga gambarnya bisa lebih jelas. Jadi, cukup ditampilkan kotak Bitmeter-nya saja (tanpa tampilan latar dari dekstop-nya.

    Pak Joko bisa gunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager. Di situ ada menu untuk memotong gambar hasil screenshot.

    BalasHapus
  28. bro eser:
    Bro eser sepertinya belum baca update di bawah postingan ini, ya? Sudah, kok. Saya malah sudah dapat tanggapan resmi dari marketing PT Telkomsel. Silahkan baca di artikel ini Tanggapan Telkomsel Terkait Complain simPATI Gratis Internetan Berjam-jam

    Anonim:
    Saya jadi ikutan ngecek barusan. Iya sudah tidak ada sekarang. Kemarin waktu saya cek masih ada. Bisa jadi memang sudah dihentikan masa promonya.

    Hem, jangan-jangan karena kritik saya ini dan karena banyak yang protes complain sehingga ditutup promonya.

    iskandaria:
    Kemarin memang tergesa-gesa, Mas Is jadi langsung saya capture layarnya secara penuh apa adanya. Saya hanya edit dengan memberikan lingkaran merah dibagian-bagian yang perlu dilihat sebagai bukti otentiknya.

    Sebetulnya ada 3 bagian yang ingin saya tunjukan dari screnshotnya. Pertama tampilan pengukuran Bitmeter. Kedua, tampilan buffer radio di Winamp dan ketiga pembuktian kalau koneksinya tak terputus (disconnect) dengan menampilkan tampilan modemnya sehingga kenapa saya mesti capture satu desktop.

    Karena kasus ini saya anggap sudah selesai dan pihak Telkomsel juga tak membantah bukti ini maka biarlah ini saya biarkan apa adanya. Tapi saya sangat berterima kasih sekali kepada Mas Is atas masukannya. Saya akui saya lemah di sisi ini (olah gambar). Next saya akan coba lebih informatif lagi kalau mau mengcapture gambar di postingan.

    BalasHapus
  29. Anonim:
    Ralat! Sebetulnya belum ditiadakan promonya. Barusan saya dapat info dari orang Telkomsel via Twitter, link tempat promo simPATI Berjam-jam di situs Telkomsel dipindah. Bisa dibuka linknya yang baru disini http://www.telkomsel.com/product/simpati/616-Promo-simPATI.html

    BalasHapus
  30. iya mas, saya yakin banyak pelanggan lain yg protes. oya mas, sblm kuota nya di batasi, dalam artian true unlimited. dalam sehari saya mampu download file sampai 5GB tanpa diskonek dan speed nya kenceng bgt, stabil di 280 kbps. berarti dalam i jam bisa download file 1GB. tp sayang skrg uda ga bisa lg. skrg saya pake tri mas. lumayan stabil di 25 kbps aja :-) tri sangat murah, kuota 5GB "hanya" 100 ribu. jauh banget di bandingkan telkomsel yg mana kuota 100 MB harganya 100 ribu. berarti 1MB seribu rupiah. benar" cerdik telkomsel mencekik leher masyarakat indonesia

    BalasHapus
  31. Saya juga punya pengalaman menjengkelkan

    saya mahasiswa fakultas ilmu komputer, jadi otomatis saya, harus, mesti, dan wajib, terkoneksi dengan internet. . Dan saya dengan iklas setiap bulan selalu membeli paket internet 35mb.

    Tapi semenjak 2 hari yang lalu, koneksi internet telkomsel benar benar seperti siput.
    Dan membuat saya hampir tidak bisa mengirimkan tugas kuliah yang hanya berukuran "304kb".

    Saya mencoba mengirimkan email yg brkuran 304kb via handphone, dan memakai signal 3G bahkan signal nya penuh. Tapi baru sampai 5%, koneksinya "istirahat sendiri" lalu setiap 20menit naik 5% dan saat mencapai 50%, tiba2 saja koneksi putus. Kejadian itu terjadi 5 kali, tadi malam (28/9/2011 19.00 s/d 24.00 WIB).

    Dan subuh ini (4.00 WIB) saya coba lagi dan ternyata sama saja.
    Lalu saya mencoba dengan kartu x*, saya SENGAJA mencoba pakai signal gsm untuk mengirim email tadi, dan hasilnya, "TAK SAMPAI 1 MENIT EMAILPUN TERKIRIM DALAM PERCOBAAN PERTAMA"

    signal 3G pun kalah dengan signal GPRS --"Saya juga punya pengalaman menjengkelkan

    saya mahasiswa fakultas ilmu komputer, jadi otomatis saya, harus, mesti, dan wajib, terkoneksi dengan internet. . Dan saya dengan iklas setiap bulan selalu membeli paket internet 35mb.

    Tapi semenjak 2 hari yang lalu, koneksi internet telkomsel benar benar seperti siput.
    Dan membuat saya hampir tidak bisa mengirimkan tugas kuliah yang hanya berukuran "304kb".

    Saya mencoba mengirimkan email yg brkuran 304kb via handphone, dan memakai signal 3G bahkan signal nya penuh. Tapi baru sampai 5%, koneksinya "istirahat sendiri" lalu setiap 20menit naik 5% dan saat mencapai 50%, tiba2 saja koneksi putus. Kejadian itu terjadi 5 kali, tadi malam (28/9/2011 19.00 s/d 24.00 WIB).

    Dan subuh ini (4.00 WIB) saya coba lagi dan ternyata sama saja.
    Lalu saya mencoba dengan kartu x*, saya SENGAJA mencoba pakai signal gsm untuk mengirim email tadi, dan hasilnya, "TAK SAMPAI 1 MENIT EMAILPUN TERKIRIM DALAM PERCOBAAN PERTAMA"

    signal 3G pun kalah dengan signal GPRS --"

    BalasHapus
  32. nice article gan baru terbukti

    BalasHapus
  33. bener banget simpati memang melakukan kecurangan. saya setiap download kalau sudah mendekati KAPASITAS yg akan didownload langsung terputus. anehnya saya harus download setiap file minimal 4 kali baru bisa download. yg lebih menjengkelkan coba bayangkan kalau saya mendownload 30 MB. pas sampai 27 MB selalu terputus... kebetulan saya pakai simpati flash unlimitted. kalao kecepatan saya sudah o tambah ngeselin.

    BalasHapus
  34. Licik curang penipu telkomsel.saya beli 65rb3GB trus saya pasang aplikasi apk di android.untuk tahu pemakaian kuota internet sehari2.1mingguan ada sms.Pelanggan Yth sisa kuota Flash3G anda 499MB. Nikmati terus paket flash anda, untuk beli paket lain di*363#, info www.telkomsel.com/internet..telkomsel penipu.padahal di aplikasi .pemakaian kuota1,50gb trus yg stengh nya kemana..

    BalasHapus