Jumat, 22 Juli 2011

FeedReader3, Free RSS Reader Untuk Berlangganan Artikel Blog di Internet

Ada beberapa cara berlangganan blog di internet. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah berlangganan melalui email dan berlangganan melalui RSS. Khusus lewat RSS masih ada beberapa pilihan lagi. Bisa melalui ekstensi RSS yang ada di browser, melalui Google reader maupun software aplikasi RSS reader pihak ketiga. Nah, lewat tulisan saya kali ini saya akan sharing kepada Anda salah satu aplikasi RSS reader yang menurut saya cukup powerful dan simple untuk digunakan berlangganan artikel blog di internet.

Apa nama aplikasi itu? Aplikasi ini bernama FeedReader3. Sebuah aplikasi gratis yang dibuat dan dikembangkan oleh Feedreader / i-Systems Inc Valdeku 100, Tallinn, 11211, Estonia ― yang sampai tulisan ini saya tulis FeedReader3 release versionnya sudah mencapai 3.14.

Saya menggunakan aplikasi ini di notebook saya buat berlangganan blog-blog favorit saya. Selain saya juga berlangganan RSS via BlackBerry. Sehingga, saat online saya jadi tahu mana-mana blog-blog teman saya yang lagi update secara realtime. Juga, bila saya misalnya tak punya waktu buat berkunjung ke blognya saya masih bisa Mengintip RSS blognya, membaca artikelnya secara lokal, baik online maupun offline melalui aplikasi FeedReader3 tanpa perlu berkunjung.

Berikut tampilan FeedReader3 yang sudah saya install di komputer saya.

FeedReader


Apa yang menjadi kelebihan aplikasi FeedReader3 dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lainnya? Berikut diantaranya kelebihan dari aplikasi FeedReader3.

Kelebihan dari aplikasi FeedReader3:

  1. Antar mukanya (interface) sangat user friendly sehingga sangat easy to use, mudah digunakan. Dan installernya juga cukup ringan hanya butuh space 4 MB di komputer Anda.
  2. Aplikasinya bisa langsung mengupdate feed artikel sendiri secara otomatis secara berkala selama Anda online.
  3. Bisa dikecilkan ke tray Windows Anda dan setiap kali ada blog yang baru update akan muncul Pop-up pesannya.
  4. Meski aplikasi ini dibuat orang Estonia tapi sudah support dan bisa diinstall kedalam bahasa Indonesia.
  5. Feed artikel yang sudah ditarik dapat dibaca dan disimpan (diarchieve) secara offline di komputer kita.
  6. Bisa digunakan sebagai browser. Yaitu bisa digunakan untuk berkunjung ke blog dan meninggalkan komentar melalui aplikasi ini tanpa perlu repot buka jendela browser lagi.
  7. Feednya sudah dilengkapi share button untuk post ke Google Buzz dan email.

Selengkapnya mengenai kelebihan-kelebihan dari aplikasi FeedReader3 bisa Anda baca overviewnya di sini Feedreader overview. Dan bisa lihat screenshotnya lebih lengkap di sini Feedreader Screenshots.

Kekurangan dari aplikasi FeedReader3:

  1. Untuk blog yang feednya tidak dibuka secara penuh, FeedReader3 tidak bisa menarik artikelnya secara utuh. Jadi tetap harus kondisi online dulu baru bisa baca secara penuh feednya.
  2. Khusus feed blog yang mengandung image tidak bisa dibuka secara offline gambarnya. Harus kondisi online dulu baru imagenya bisa tampil di feednya.
  3. Hanya support untuk Operating System khusus Windows 2000 ke atas.

Kesimpulan: Untuk sebuah aplikasi gratisan, aplikasi FeedReader3 ini meski punya beberapa kekurangan tapi secara overall saya berpendapat masih cukup memuaskan karena antar mukanya yang sederhana dan beberapa fiturnya yang menarik, jadi tidak ada salahnya kalau Anda mencoba aplikasi feed reader ini.

Anda tertarik untuk mencoba? Silahkan download langsung aplikasinya melalui link Feedreader download.

Oh, ya bila diantara pembaca kebetulan ada yang punya aplikasi sejenis yang bagus dan gratis, silahkan Anda informasikan dengan menambahkan di kolom komentar, terima kasih.


Bookmark and Share

20 komentar:

  1. Kalau saya masih senang berlangganan dari Google Reader, Pak. Memang bacanya jadi harus online sih. Tapi sudah terbiasa sih. Mau coba yang lain juga jadinya malas. Btw, blog saya dilanggan Pak Joko gak ya? Hihihihi... ;))

    BalasHapus
  2. Kimi:
    He2.. Blog Mbak Kimi, kan sudah saya follow jadi selalu muncul di Dashboard Blogspot saya kalau ada update jadi tidak saya masukkan di Feed Reader ini.

    BalasHapus
  3. Saya Pakai cara biasa saja Pak. Berlangganan via surel/email.. Kelemahanya ya harus online.. Sebenarnya banyak juga teman-teman blog yang saya "berlangganan" padanya.. cuma kadang-kadang untuk saat ini waktu yang selalu menghalangi untuk datang berkunjung.. :)

    BalasHapus
  4. wah, saya belum pernah memakai rss reader desktop, saya selama ini memakai google reader :) dengan segala kekurangannya

    BalasHapus
  5. tonykoes:
    Kalau lewat email idealnya, sih pakai pushmail atau BB, Mas jadi bisa dibaca offline lewat ponsel. Saya juga beberapa blog ada yang berlangganan lewat email selain lewat feed reader.

    jarwadi:
    Masih setia dengan Google Reader, ya Mas? Saya kebalikannya, malah sudah nggak pernah buka Google Reader lagi.

    BalasHapus
  6. Ane baru batin .
    pengen cari software buat baca rss temen2 .. wkwkwk .. ternyata ketemu langsung di diptara.com wkwk ..
    langgsung sedot trus ijin comot rss ya pak :D

    BalasHapus
  7. Saya lupa di Windows menggunakan apa, sepertinya FeedDaemon, kalau di Linux saya menggunakan LifeRea, dua-duanya bisa diintegrasikan dengan Google Reader :).

    BalasHapus
  8. Artikel anda sangat membantu saya mas. sangat informatif, kebetulan saya sedang butuh informasi ini.

    BalasHapus
  9. ada-akbar.com:
    Silahkan, Mas Akbar. Kalau sudah pakai RSS Reader enak, lho bisa baca-baca blog sambil offline.

    Cahya:
    Sudah kuduga Mas Cahya pasti pakai feed reader juga. He2... Karena seringkali jadi pengkomentar pertama setiap kali saya selesai publish artikel.
    Eh, saya baru dengar yang itu, Mas. Oke, thanks infonya. Nanti saya coba Googling.

    ismail:
    Terima kasih, Mas. Monggo kalau mau dicoba feednya.

    BalasHapus
  10. wahh mau coba pak.. saya tertarik nih..hihi jadi gak perlu repot buka-buka lagi ya pak..

    BalasHapus
  11. sibair:
    Ya, Mas Bair. Tinggal sedot update saja waktu online setelah itu bisa baca blognya secara offline. Tak perlu berkunjung. Simple, kan? Kayak tagline blognya Mas Bair. Hidup Itu Simple! :D

    BalasHapus
  12. saya tidak punya aplikasi atau tahu Pak.
    Biasanya berlangganan feed itu pakai google aja. Kalau gak, ya follow aja di twitter, kan biasanya feednya dipost di sana :D

    BalasHapus
  13. Kurnia Septa:
    Berarti sering pakai Google Reader, Mas? Ya, lewat itu juga bisa berlangganan blog. Hanya kelemahannya kudu online waktu bacanya.

    BalasHapus
  14. blognya keren banget...
    thak's for share

    BalasHapus
  15. wahh baru cari tetang ini eh nyasar di blog pak joko..
    manteb pak.. ijin unduh yaa :D
    saya ternyata bukan termasuk blog yg di rss feed sama pak joko kalau lihat di screnshot gambar hahaha..

    BalasHapus
  16. Tomi:
    Cari dari Google, ya Mas Tomi? Berarti putar-putar nyari kesana-kemari di internet ternyata nyantolnya di sini, ke blog teman sendiri. He2... Siap, Mas Tomi. Saya add blognya.

    BalasHapus
  17. aku berlangganan ya bang...
    thanx atas infonya

    BalasHapus
  18. RSS Feed memang sangat membantu untuk bisa terus up-to-date dengan blog-blog favorit.

    BalasHapus
  19. blog saya masih sedikit sekali reader nya pak
    ada tips ga untuk memperbanyak?

    BalasHapus
  20. Catatan Random:
    Yang terpenting perbanyak konten dulu. Nanti lama-lama reader akan datang dengan sendirinya.

    BalasHapus