Rabu, 30 September 2009

Seberapa Cepat Koneksi Internet Anda?

Speed
Ingin tahu seberapa cepat koneksi internet Anda? Apakah ISP (internet service provider) yang Anda pakai sekarang sudah cukup memuaskan Anda? Sudahkah Anda memanfaatkan tool freeware untuk mengukur kecepatan akses internet pada laptop atau PC desktop Anda?

Kini dengan makin banyaknya pilihan provider yang menyediakan jasa akses internet buat Anda tentunya anda ingin ISP yang anda pilih benar-benar bisa memuaskan Anda, baik dalam segi harganya yang murah, kecepatan aksesnya maupun luas coverage areanya (bagi yang sering mobile) ditambah handalnya jaringan dengan minimnya terjadi gangguan pada koneksi internet Anda. Karena terus terang sampai saat ini saya pun juga kesulitan untuk bisa mencari ISP mana yang bisa memenuhi keempat kriteria tersebut sekaligus. Baca posting saya Era Kemunduran 3G. Tapi sebagai pelanggan tentunya kita harus jeli memilih agar tidak kecewa terhadap pelayanan ISP yang akan kita pilih.

Nah, berikut ini adalah tool gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengukur speed atau kecepatan akses internet Anda. Yaitu software bernama Bitmeter, sebuah software jenis open source bandwidth meter yang multi platform karena bisa dipakai buat komputer Windows, Linux dan Mac OS dan yang kedua adalah software bernama Netmeter. Namun yang kedua ini trial version selama 30 hari. Kalau ingin beli yang full version pricenya $19.95. Jadi saya lebih merekomendasikan Bitmeter yang benar-benar gratis.

Kelebihan dari software Bitmeter ini adalah antara lain sebagai berikut:

  1. Bisa memberikan informasi kecepatan sebuah jaringan yang tersedia pada suatu network internet Anda. Anda akan diinformasikan oleh program ini berupa angka dalam satuan kbps atau KBps (tergantung setting yang Anda pilih).
  2. Memberikan informasi kecepatan saat download atau waktu meload sebuah halaman web dan juga kecepatan upload data yang sedang Anda lakukan seperti saat transfer data pada server FTP (file transfer protokol) dengan menampilkan angka dan baris grafik secara real time.
  3. Memberikan logs (counter) pencatatan terhadap jumlah kilobyte akses internet yang sudah Anda lakukan setiap Anda online sehingga sangat membantu jika sambungan internet Anda memakai sistem volume base dan ada pembatasan kuota.
  4. Bisa menampilkan timer durasi lama Anda online di internet persis seperti tampilan stopwatch. Cocok sekali untuk membantu mengingatkan Anda jika sambungan internet Anda memakai sistem Time Base dan ada pembatasan lama waktu online.
  5. Disamping memberikan speed monitoring, logs reporting, juga bisa memberikan notification alarm peringatan jika maksimal byte pada logs (counter) setting kuota akses internet Anda sudah tercapai limitnya.

Berikut tampilan dari Bitmeter di layar windows komputer saat memonitor speed internet. Dan sampai saat posting ini saya tulis Bitmeter sudah mencapai releasenya yang ke 3.5.8.

bitmeterGimana, Anda tertarik? Jika Anda tertarik untuk menggunakan program ini untuk melengkapi tool peripheral internet komputer Anda silahkan Anda download langsung. Untuk Bitmeter silahkan klik disini dan Netmeter klik disini. Atau Anda juga bisa Gooling dengan mengetikkan kata kunci free download bandwidth meter apabila ingin cari software alternatif lainnya.

Demikian sedikit sharing dari saya, mudah-mudahan info ini bermanfaat.

Sumber Foto: Speed


Bookmark and Share

1 komentar: