Senin, 14 Desember 2009

Pillar Article for Page Rank

Page RankMeski saya sudah cukup lama mendalami dan belajar apa itu ilmu SEO (search engine optimization), tapi sampai dengan hari terkadang saya masih tetap belum mengerti betul apa yang menjadi algoritma Google dalam menentukan Page Rank sebuah blog atau website. Mengapa? Karena kriteria Google dalam menentukan sebuah Page Rank terkadang sering bertentangan antara sudut pandang kita sebagai manusia dengan cara pandang robot spider Google. Bahkan dengan Alexa saja yang sama- sama punya tujuan yang sama, yaitu sama- sama merangking sebuah website berdasarkan kepopulerannya di dunia maya, keduanya sering saya lihat tidak nyambung. Baca artikel saya Rahasia Rangking Alexa dan Google PR.

Masih terkait dengan Page Rank ini, saya akan berbagi pengalaman saya. Pertama, salah satu cara diantara sekian cara untuk mendongkrak Page Rank blog adalah dengan membuat beberapa sub domain pada blog atau website utama kita. Cara ini katanya cukup jitu untuk mendongkrak Page Rank blog yang menjadi domain utama kita dimata Google. Tapi syaratnya, sub domainnya juga harus di-optimasasi agar berPage Rank juga sehingga bisa mendongkrak domain utamanya. Contoh, karena saking banyaknya blog yang mengekor menjadi sub domain blogspot com dan wordpress com maka kedua website ini punya Page Rank yang cukup tinggi. Blogspot com saat saya posting artikel ini ber-Page Rank 6 dan Wordpress com ber-Page Rank 9.

Pengalaman kedua, kalau berbicara kepopuleran, yang dalam kaitannya buat meningkatkan traffic pengunjung yang datang ke blog, ada sebuah cara agar blog kita menjadi populer, banyak traffic, dan ber-Page Rank tinggi, yaitu dengan memposting sebanyak-banyaknya artikel pilar atau artikel- artikel yang berkualitas yang bisa menopang kepopuleran blog sehingga mendatangkan banyak banjir pengunjung ke blog kita.

Dari kedua pengalaman saya tersebut akhirnya saya bisa simpulkan demikian, mungkin inilah salah satu diantara sekian penyebab yang menyebabkan blog ini akhirnya bisa ber-Page Rank dan Alexa Rangkingnya terus dan terus naik peringkatnya hampir tiap hari, yaitu karena ada beberapa artikel saya yang menjadi pilar blog ini. Karena mungkin artikel saya ini dianggap punya kualitas kepopuleran di mata Google. Apa saja artikel tersebut? Berikut daftar 6 artikel posting saya yang ber-Page Rank dan menjadi pilar utama penopang Page Rank Diptara blog:


  1. PLN Mengalami Krisis Daya Pelanggan Dikondisikan Agar Naik Daya.

  2. PLN Mengalami Krisis Daya Pelanggan Dikondisikan Agar Naik Daya II.

  3. About Me.

  4. 9 Jangan Yang Harus Dihindari Di Dunia Blogging.

  5. Tukar Link.

  6. Bagaimana Jika Kehilangan Ide Menulis.



Silahkan anda cek dengan klik linknya satu persatu, dan buktikan sendiri Page Ranknya dari ke-6 artikel tersebut. Beberapa artikel, yaitu artikel nomor 4, 5, dan 6 saat saya posting ini malah sudah ber-Page Rank 2, bisa menyamai Page Rank homepagenya sendiri.

Nah, sebelum saya akhiri posting ini saya ada sebuah pertanyaan yang menggelitik saya. Pertanyaan yang menguatkan opini saya bahwa algoritma Google tidak semudah itu bisa ditebak dan dapat dipahami oleh kita, manusia. Contoh, saya punya beberapa artikel populer, diluar yang saya sebutkan diatas. Salah satunya artikel yang sangat populer dan menjadi Popular Post blog ini adalah artikel 10 Fakta Tentang PLN Yang Perlu Anda Tahu. Artikel ini sudah mencapai impression dan dibaca sebanyak total 1.200 pengunjung hanya dalam waktu cuma 3 minggu. Dan karena cukup populer, setidaknya sudah saya temukan 7 blogger secara diam-diam sudah men-Copas artikel tersebut, dan juga ada salah satu anggota forum, yaitu di forum detik, baca disini sudah ngeshare artikel tersebut. Baca juga artikel saya Getah Kepopuleran untuk mengetahui siapa-siapa saja yang sudah men-Copasnya.

Pertanyaan saya: Mengapa artikel itu tidak ber-Page Rank dan tetap dianggap tidak populer di mata Google? Padahal kriterianya dari sudut pandang manusia sudah sangat memenuhi syarat kalau dianggap sebagai posting berkualitas pilar. Ada yang tahu kira-kira jawabannya apa? Monggo saling sharing saja, terima kasih.




Bookmark and Share

8 komentar:

  1. Nice posting sobat, keep blgging!!!

    BalasHapus
  2. ah lagi-lagi soal rengking... bosen!!!

    hehehe

    klo saya dah bosen di rengking mulu.. maknya skrg nggak mau musingin rengking.. *even to get money* kyk mas Joko..

    sindrom terbangun dari tidur panjang.. ngomong rada pedes asem gini deh hehe

    BalasHapus
  3. Apanya yang betul, Mas Wildan?

    Benar, Lis kalau orang baru bangun dari tidur panjang ya begini ini komentarnya. Pedas Asem! Memang permen Nano Nano

    BalasHapus
  4. apakah itu yang disebut sebagai duplikat content
    yang mana banyak yang mengcopynya dan hal itu yang dapat membingungkan google. apakah pernyataan saya betul mohon pencerahannya.
    saya tidak bertanggung jawab bila pernyataan saya salah lho
    coba anda taya kepada yang lwbih paham
    apa mungkin juga yang dapat membingungkan algoritma google dalam menentukan kepopuleran blog

    anggaplah saya hanya menebak pertanyaan yang diajukan oleh penulis artikel
    permisi

    BalasHapus
  5. kalau ada pernyataan saya yang salah atau menyesatkan.tolong dihapus saja .daripada menyesatkan pembaca

    BalasHapus
  6. adi: Betul. Duplikat content atau content kembar yang dipublish di banyak blog adalah sesuatu yang tidak disukai atau membuat marah Google sehingga sangat tidak sarankan dilakukan oleh blogger. Kecuali kalau artikel di-copas diam-diam itu sudah diluar kuasa kita. Yang penting jangan kita yang melakukan sendiri karena ini termasuk kategori Black Hat SEO. Dan resikonya, blog kita bisa ditendang dari database-nya Google

    BalasHapus