Rabu, 22 Desember 2010

Penyesalan Itu Selalu Datangnya Terlambat

Penyesalan

Penyesalan memang selalu datangnya terlambat. Itu perkataan menyesal saya setelah tersadar karena membaca tanggapan komentar dari Mas Andi Sakab di artikel blognya. Baca artikelnya "Flashback awal ngeblog". Betapa tidak? Siapa sangka domain salah satu blog saya yang dulu pernah saya pakai dan hosting di Rumah Web, yang beberapa bulan lalu saya biarkan expired kini ternyata sudah diopeni atau dibeli oleh orang lain.

Coba bayangkan! Dulu harga domain itu seingat saya, saya beli dengan harga murah, tak lebih dari $10. Dan domain itu sempat saya pelihara buat nama domain blog saya selama dua tahun lamanya. Terakhir saya tinggalkan domain itu bareng dengan berakhirnya masa sewa hosting saya yang tidak saya perpanjang lagi. Yaitu saya tinggalkan dalam kondisi domainnya sudah berpagerank cukup lumayan. Sudah ber-PR 3.

Apa itu tidak lumayan?

Anda ingin tahu harga domain saya tersebut saat ini dilelang berapa di Sedo? Jangan terkejut. Sekarang dilelang sampai harga 290 Euro. Gila tidak? Coba Anda hitung berapa kali lipatnya itu dengan harga terakhir waktu dulu saya membelinya. Angka 290 Euro kalau dikurskan ke rupiah angkanya (sesuai kurs sekarang Rp 12.522) apa tidak mencapai Rp 3,63 juta? Artinya, nilai sebesar itu selisihnya sudah mencapai hampir 40 kali lipatnya dengan harga terakhir waktu saya memperpanjang domain itu terakhir kali di Pojok Web.

Hem, itu artinya niche domain saya itu mungkin masih cukup bagus sehingga masih dilirik orang untuk dibeli dan diperpanjang lagi. Saya dulu beli domain itu untuk main Adsense sesuai niche yang diberikan oleh Asian Brain, tempat saya kursus online Internet Marketing 3 tahun yang lalu. Dan ternyata nichenya masih tetap bertahan sampai sekarang.

Supaya Anda tidak penasaran dan saya tidak dianggap omong kosong, baiklah inilah nama domain saya waktu itu Myroadbike info. Silahkan Anda cek statusnya di perusahaan registar domain, nanti Anda akan mendapati kata-kata seperti ini: Maaf, domain yang Anda pilih telah diregistrasikan oleh orang lain atau merupakan reserved dari registry domain tersebut.

Kata-kata itu menunjukkan bukti bahwa domain itu memang sudah tidak available (tersedia) lagi. Dan sebagai buktinya lagi, silahkan lihat screenshotnya dilelang di situs Sedo di bawah ini:


Lelang Domain

Semoga Anda yang membaca tulisan ini tidak pernah mengulang kesalahan yang sama seperti yang pernah saya lakukan. Dan contoh ini sekaligus menguatkan bukti bahwa bisnis jual beli domain di internet, asal Anda cukup jeli membidik niche nama domainnya, saya rasa masih tetap Bisnis Online yang amat menggiurkan.

Pertanyaan saya kepada Anda yang pernah melakukan jual beli domain, apa pengalaman menarik yang pernah Anda alami terkait dengan bisnis ini?

Update 23 Desember 2010:
Domain Myroadbike info ini pertama kali saya beli melalui promo domain murah di Pojok Web pada tanggal 15 Juni 2008 dengan harga Rp 30 ribu/tahun. Pada tahun ke-2 renewal harganya naik menjadi Rp 95 ribu/tahun. Jadi kalau dihitung nilai kenaikan harganya dari waktu awal saya membelinya dengan harga lelangnya saat ini selisihnya mencapai 121 kali lipatnya.



Sumber Foto: Woman

Bookmark and Share


16 komentar:

  1. hani nggak ngerti masalah jual beli domain mas... jadi nggak punya pengalaman sama sekali.. hehehhehe

    :D

    BalasHapus
  2. sayang banget ya. padahal harganya mantap juga tuh :D

    coba kalo dulu di lelang, engga bakal terlalu sakit hati kali ya? ya,tapi mau gimana lagi wong udah lepas. hehe

    menunggu tanggapan master-master domain kasih komentar aja kali ya? :D

    pelajaran yang bisa di petik dari sini. memang domain yang sudah di tangan, apa lagi memang kita mengurus dari bayi sudah sepantasnya kita jaga.

    Anggaplah seperti investasi rumah, jika kita tidak ingin menempatinya lagi, ya jual berapapun harganya yang penting balik modal :p

    BalasHapus
  3. http://myroadbike.info/ kan pak?

    Saya cek di alexa, ga ada rangkingnya. PR-nya juga 0, dicek di prchecker.info.

    Kenapa bisa dijual mahal ya?

    Memang harus hati-hati jaga domain. Kalau hosting jelek, masih bisa pindah ke hosting lain. Pengunjung bahkan ga akan nyadar. Kalau pindah domain, urusannya besar.

    Harus hati-hati juga kalau update domain pak. Tahun lalu, domain desaindigital.com sempat tidak terupdate oleh provider saya, dapurhosting.com. Padahal sudah dibayar beberapa bulan lalu, tapi entah kenapa sistemnya gagal daftar ulang. Untung saja belum ada yang ngambil.

    BalasHapus
  4. Rohani syawaliah:
    Nggak pa2 Mbak Hani. Mungkin info ini berguna suatu saat buat Mbak Hani kalau suatu saat tertarik untuk bisnis jual beli domain

    andi sakab:
    Penyesalan yang datang kemudian memang tiada guna lagi, Mas Andi. Mudah-mudahan kesalahan ini tidak terulang lagi di masa akan datang. Kalau dipikir-pikir, betul saya sudah merawatnya semenjak bayi, begitu umur 2 tahun sudah bisa jalan kenapa sampai saya telantarkan.

    Jeprie:
    Saat ini mungkin sudah update lagi PRnya, Mas Jeprie karena Google sudah update pagerank beberapa kali. Domain itu saya tinggal dan tidak saya perpanjang lagi sejak tanggal 15 Juni 2010 lalu jadi mungkin saja balik lagi menjadi nol.

    Yang membuat mengapa domain itu dilelang mahal sampai segitu mungkin karena nichenya masih bagus, Mas Jeprie. Itu dugaan saya.

    BalasHapus
  5. Kalau boleh aku menebak dari niche domain itu mas Joko rupanya hobby bersepeda ya?
    dan sempat iseng cek masih ada jejaknya di kickandy.com, comment's Joko S : http://www.myroadbike.info
    "Orang-orang yang luar biasa dan patut dijadikan RULE MODEL"
    wah...boleh di jadikan the next posting title nih?
    dan ada untung juga mas Joko sharing pengalaman jadinya saya ingat domain saya yang nggak keurus inovasibiz.com umurnya tinggal sebulan lagi, jadi harus segera di perpanjang kontraknya nanti takutnya menyesal juga?

    BalasHapus
  6. Masih kurang paham sih soal jual beli domain. Tapi dari artikel ini agak-agak sedikit 'terbuka' tirai kebodohan dikepalaku..hahahaha..ternyata begitu, toh!

    BalasHapus
  7. Ijin majang link nya, Mas.
    thanks.

    BalasHapus
  8. Agus BF:
    Mas Agus sempat-sempatnya ngecek backlink domain itu. Saya yang pernah comment malah sudah lupa kalau dulu pernah comment seperti itu di situs KickAndy. :D

    Awas, ndang2 diperpanjang, lho Mas Agus nanti jangan sampai kelupaan dan menyesal kayak saya.

    DewiFatma:
    #Itu ndak bodoh, Mbak tapi cuma kebetulan belum tahu aja. Yang penting sekarang, kan sudah tahu :)

    #Thanks, Mbak Dewi sudah tertarik ngelink ke sini. Saya akan link balik.

    BalasHapus
  9. Wah wah, sayang sekali pak :D
    Bisa jadi warning buat kita2 yang punya domain bagus. Jangan sampe diembat orang deh :)

    BalasHapus
  10. Darin:
    Ya, betul sekali, Mas Darin. Sayangilah domain kita seperti halnya kita menyayangi anak kita yang sudah kita pelihara sejak bayi. Bagi para pebisnis online, domain yang niche adalah investasi yang tak ternilai harganya di masa depan.

    BalasHapus
  11. khusus domain yg dibeli dengan promo, maka tahun berikutnya akan kembali normal.
    sy tidak pernah beli domain tld dengn cara promo ..

    BalasHapus
  12. DikMa:
    Kalau perspektif saya membeli domain selain tertarik dengan harga promonya adalah nama domainnya sendiri apakah masih available (tersedia). Urusan TLDnya pakai apa: com, net, info, org dll itu urusan paling belakang, sih.

    Namanya juga promo, Mas ya tidak mungkin lah harga miring selamanya. Tapi yang jelas kenaikan renewalnya kemudian masih dalam range wajar harga TLD domain lainnya, kok. Matur nuwun, Mas sudah mampir.

    BalasHapus
  13. Domain blog saya (kafegue.com) kayaknya bagus dan cukup komersil juga Pak. Siapa tau nanti ada yang tertarik membelinya, terutama jika domain tersebut mau diisi dengan konten seputar entertaiment atau mau dibuat situs portal layaknya kafegaul.

    Tapi sampai saat ini domain tersebut saya peroleh secara gratis sebagai hadiah juara kedua kontes menulis beberapa bulan silam. Masa gratisnya setahun sih. Setelah itu, saya harus memperpanjang menggunakan biaya sendiri. Expirednya sekitar akhir Januari 2011.

    BalasHapus
  14. iskandaria:
    Domain kafegue menilik namanya sepertinya memang cocok buat portal seputar hiburan atau bisa juga buat portal social bookmarking seperti infogue.

    Hem, memang ada niat untuk dijual kalau nanti ada yang berminat beli, Mas Iskandaria? Bagaimana kalau saya saja yang beli? :)

    BalasHapus
  15. sob ajarin cara bisnis ol ya........

    BalasHapus
  16. MENONE:
    Anda salah alamat kalau minta ajarin saya, Mas. Saya bukan pebisnis online. :)

    BalasHapus