Sabtu, 11 Desember 2010

5 Penyebab Mengapa Accu Genset Meledak

Accu meledak

Pernakah Anda menjumpai kasus accu genset meledak saat genset start? Jika belum pernah, Anda perlu waspada karena kejadian accu genset meledak itu seringkali terjadi. Setidaknya, saya sendiri pernah menjumpai tiga kali kejadian ada accu genset meledak di tempat kerja saya. Dan kejadian ini tentu cukup mengejutkan karena efek ledakannya sungguh hebat. Tabung accu bisa sampai hancur berkeping-keping, air accu bisa sampai menyembur semburat kemana-mana.

Bagi Anda yang belum pernah mengalami kejadian accu genset meledak, di bawah ini saya paparkan kepada Anda beberapa tindakan preventive sekaligus penyebab mengapa accu genset bisa sampai meledak saat distart.

Beberapa penyebabnya kurang lebih adalah karena faktor atau beberapa kondisi sebagai berikut:

1. Connector

Connector cable pada accu kurang kencang atau longgar sehingga pada saat start, dinamo starter menarik arus yang sangat besar. Karena arus yang mengalir kelewat besar sehingga bisa menyebabkan ledakan. Awal ledakan terjadi dari atas connector kemudian merembet dan berefek ke bawah tangki/bak cairan accu. Tindakan pencegahannya, selalu periksa kekencangan sambungan pada connectornya. Kencangkan mur-bautnya bila sudah mengendor.

2. Dinamo

Dinamo starter genset ada masalah seperti terjadi short circuit di belitan stator atau rotornya yang sangat berat diputar sehingga menarik arus sangat besar dan berefek ke accu sampai meledak. Silahkan amati suara genset Anda saat distart. Jika ada suara seperti "Ngek-ngek" atau genset seperti susah atau tidak mau hidup, itu pertanda salah satu penyebabnya bisa karena dinamo sarter genset Anda ada masalah.

3. Maintenance

Accu tidak dimaintenance dengan baik dan rutin. Contoh, seperti air accunya kurang, sudah ada tanda-tanda bak air accunya membengkak karena sering tidak dikontrol airnya. Maka selalu lakukan kontrol terhadap permukaan air accu. Tambahi airnya dengan air accu (air suling, bukan air zuur) bila permukaannya mulai berkurang.

4. ACCU

Kualitas Accu yang jelek. Sel-sel accu yang jelek juga bisa mengakibatkan short circuit di dalam accu sehingga accu meledak saat genset distart. Maka gantilah accu setelah umurnya lebih dari 2 tahun

5. Charger

Over heating atau panas berlebih di sel-sel Accu akibat karena charger yang bermasalah juga bisa membuat Accu panas dan meledak. Maka matikan panel charger accu pada malam hari saat gedung tutup dan baru nyalakan esok pagi harinya, kecuali kalau gedung beroperasional selama 24 jam.

Kesimpulannya, bahwa ledakan itu terjadi karena panas yang terjadi tiba-tiba disebabkan aliran listrik yang sangat besar dari accu masuk belitan dinamo kemudian kembali ke accu lagi. Demikian info dari saya. Semoga tips ini bermanfaat.


Sumber Foto: Accu


Bookmark and Share

9 komentar:

  1. artikel menarik tapi sepi komentar, mungkin karna belum banyak yang menggunakan genset..

    BalasHapus
  2. primakencana:
    Benar. Artikel yang ramai dikomentari biasanya hanya topik seputar blogging dan social media aja. Artikel topik teknik seperti ini hanya menarik minat orang tertentu (teknik) saja seperti Anda dan saya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk artikel tentang penyebab accu genset meledak agar para pembaca lebih berhati hati, karena satu sisi bermanfaat juga

    BalasHapus
  4. "SUATU PENGETAHUAN YANG TIDAK TERNILAI" untuk saya. Trima kasih sudah berbagi info dan pengalamannya

    BalasHapus
  5. jadi karna itu da pengaru nya. saya mengerti tentang perawatan mobil termah kasi bayak atas info penting ini.

    BalasHapus
  6. terima kasih...saya baru kejadian semalem nehh pak.......

    BalasHapus
  7. terima kasih...saya baru kejadian semalem nehh pak.......

    BalasHapus
  8. Klu genset tdk bisa star dan tiba2 mati pada saat diberi beban....mohon dibantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau genset tidak bisa distar dan mati tiba2 adalah dua kejadian yang berbeda. Karena kalau tidak bisa start, ya otomatis genset tidak pernah hidup mesinnya. Penyebab genset tidak bisa hidup bisa dari saluran kabel aki atau akinya yang bermasalah. Atau bisa juga dari kabel kontrol AMF modul gensetnya yang bermasalah kalau sistem genset Anda sudah otomatis. Perlu Anda cek satu per satu. Dan kalau genset tiba2 mati setelah diberi beban ini perlu pengecekan lebih lanjut. Yang jelas berarti sistem kontrol gensetnya berjalan dengan baik kalau genset dishutdown oleh kontrolnya karena salah satu safety kontrolnya bekerja

      Hapus