Senin, 13 Desember 2010

Inilah 5 Tips Membuat Pengunjung Agar Tergila-gila Berkunjung Ke Blog Anda

Writing Tips

Jika Anda bukan pengunjung gila (waras) saya harap Anda tidak usah membaca artikel ini. Tapi jika Anda termasuk pengunjung yang gila. Maaf, gila dalam tanda kutip, gila berharap akan banjir trafik pengunjung ke blog Anda, mungkin Anda perlu membaca pengalaman saya di bawah ini.

Kemarin, hari Jumat, 10 Desember 2010 saya sempat menulis artikel, baca "Inilah 7 Contoh Pengemis Nggilani Yang Banyak Bergentayangan di Facebook dan Internet" dan hasilnya siapa sangka akhirnya artikel itu benar-benar membuat pengunjung menjadi tergila-gila ingin membaca artikel tersebut. Ha...Ha...Ha....

Hari minggu kemarin saya iseng-iseng coba share artikel tersebut ke Lintas Berita. Feeling saya artikel jenis seperti ini sangat cocok dengan model-model pengunjung Lintas Berita. Dan ternyata feeling saya benar, sampai detik ini saat saya menulis artikel ini, banjir pengunjung dari Lintas Berita masih cukup deras mengalir dari Lintas Berita ke blog saya.

Tak percaya? Silahkan intip lewat Feedjit yang ada di sidebar blog ini. Coba lihat juga statistik blog ini sekarang! Jarang-jarang, lho masih pagi jam 11-an begini pengunjung blog ini sudah nembus angka 400 pengunjung.

Nah, sekarang saya ingin sharing kepada Anda tipsnya agar artikel blog Anda bisa menarik pengunjung, salah satunya menarik pengunjung yang lewat directory blog Lintas Berita. Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Pakailah judul yang menonjok untuk menarik minat baca pengunjung

Judul yang menonjok, contoh pada artikel saya di atas terbukti sangat efektif untuk menarik rasa keingintahuan pengunjung. Dan itu sudah saya buktikan di beberapa artikel pada blog ini. Kekuatan judul itu sama seperti efek marketing sales letter yang tidak bisa ditolak.

2. Angkat tema seputar social media, salah satunya tentang facebook

Saat ini tema-tema seputar social media masih menjadi tema menarik untuk dibaca oleh pengunjung. Beberapa kali saya menulis di blog ini artikel tentang facebook dan twitter, dan hasilnya lumayan untuk mendatangkan trafik pengunjung ke blog ini. Contoh, artikel 9 Kriteria Teman Yang Pantas Diremove Dari Facebook cukup sukses mendulang trafik pengunjung, baik dari social media seperti facebook, Lintas berita, maupun pengunjung umum yang datang dari Google.

3. Artikel Anda harus unik atau original dan merupakan fakta yang jarang diangkat oleh blog lain

Jangan hanya menulis tema-tema seputar blogging. Sesekali tentu tak ada salahnya mengangkat tema-tema perawan (blue ocean) untuk mendatangkan trafik pengunjung buat blog Anda.

4. Temanya kalau bisa kontroversial dengan fakta yang umum

Saat terjadi euforia tentang gadget Blackberry setahun yang lalu, saya sempat menulis artikel yang kontroversial dengan mengatakan saya tidak suka dengan Blackberry. Dan hasilnya, artikel kontroversial prakteknya masih cukup ampuh untuk menarik minat pengunjung. Buktinya? Coba baca artikel saya 10 Alasan Mengapa Saya Tidak Suka BlackBerry tetap bertahan menjadi salah satu Popular Posts blog ini. Ramai dibaca dan dikomentari, baik yang pro maupun kontra meski sudah setahun lamanya dipublish.


5. Artikelnya tentang sebuah rahasia yang belum diketahui banyak orang

Saya pernah punya pengalaman menulis artikel tentang sisi lain PLN yang jarang diketahui oleh orang awan. Saya menulis, baca "10 Fakta Tentang PLN Yang Perlu Anda Tahu". Dan hasilnya gara-gara menulis artikel tersebut kasusnya mirip dengan sekarang ini. Saya mendapatkan ribuan banjir pengunjung dari Lintas Berita. Artikel saya itu sempat nangkring di TOP 10 Lintas Berita, dan juga sempat dithread di forum-forum mayor Kaskus dan detik.com.


Itulah kelima tips membuat pengunjung agar benar-benar tergila-gila berkunjung ke blog Anda. Ingin membuktikan tips saya? Selamat mencoba.


Sumber Foto: Articles


Bookmark and Share

19 komentar:

  1. selain lintasberita biasanya saya submit di infogue tapi masih belum pernah rating 10 besar.

    BalasHapus
  2. tanpa basi-basi langsung praktekan ah tips dari mas joko. terima kasih mas.

    *meluncur ke lintas berita dan mulai membuat draft

    BalasHapus
  3. hendra comunity:
    Iya, betul infogue juga sejenis dengan Lintas Berita.

    andi sakab:
    Sama-sama, Mas Andi. Semoga sukses. :D

    BalasHapus
  4. 10 hal yang tidak saya suka dari Android, lha saya kan tidak punya androids :).

    Kadang membuat kontroversi mesti siap dengan debat panjang :D.

    BalasHapus
  5. Cahya:
    Betul, Mas Cahya. Siap-siap juga kita jadi panas dingin karena banyak serangan. Juga, yang komentar Lempar Batu Sembunyi Tangan.

    BalasHapus
  6. kok saya susah ya daftar di lintas berita?

    BalasHapus
  7. andi sakab:
    Kayaknya Lintas Berita memang rada lemot servernya, Mas. Saya akses dari sini juga luama loadingnya

    BalasHapus
  8. emang sih... yang bertemakan sosial media paling digemari. tapi menemukan sudut pandang yang "fresh" untuk membahas soal FB dkk, cukup susah juga (bagi pemula seperti saya si). tapi yah....harus sering dilatih aja kali ya??

    BalasHapus
  9. heheheheheheh

    makin mantep nih blognya

    updatenye makin sering


    saya tunggu edisi esok hari

    BalasHapus
  10. Huda Tula:
    Itu seninya memang ada di situ, Mas Huda. Bagaimana membidik sesuatu yang sebetulnya biasa-biasa saja menjadi tak biasa. Saya yakin setiap orang pasti punya sisi kreatifnya masing-masing. Betul, yang penting terus diasah.

    Rohani Syawaliah:
    Kebetulan karena lagi banjir ide aja. Dan salah satu pemicu idenya gara-gara baca artikelnya, Mbak Hani itu. :)

    BalasHapus
  11. OOT,
    Walaupun belum gila, saya baca dulu artikelnya, gak tanggung-tanggung, kudu ngulang dulu bacanya.

    Kelima tips diatas, harus ditunjang dengan pengetahuan yang cukup luas, karena salah satu dari tips tersebut memancing pembaca untuk bertanya lebih jauh.

    Salah satu yang berat buat saya yang nomor lima, jujur saja saja, membuat artikel yang memenuhi unsur nomor lima, karena tidak mudah mecari sebuah rahasia yang belum banyak diketahui banyak orang, lagi pula informasinya harus benar-benar up to date.

    BalasHapus
  12. aldy~PF:
    Kalau yang ditanya pembaca adalah rahasia untuk cepat kaya dari internet, saya pun juga nyerah untuk nulis dan menjawabnya kalau ada yang tanya itu, Mas Aldy. Lha, saya sendiri sampai saat ini belum bisa kaya dari internet. :D

    Yang saya maksud rahasia di sini artinya bukan benar-benar sesuatu yang sangat secreet, Mas Aldy. Tidak, tapi bisa topik seputar profesi atau pengalaman kita yang orang lain jarang tahu, itu sudah lebih dari cukup.

    BalasHapus
  13. Mantap Pak. Untuk disubmite ke situs sosial bookmarking, topiknya sebaiknya memang bukan tentang blogging. Topik blogging menurut saya memang kurang komersil untuk disubmite ke (misalnya) Lintas Berita.

    Saya sendiri sudah jarang memanfaatkan Lintas Berita. Kapan-kapan mau saya coba lagi.

    Mengenai kekuatan judul, itu memang tidak bisa saya tampik. Dari beberapa sharing rekan blogger, banyak yang sukses di Lintas Berita berkat mampu mengemas judul yang sangat memikat.

    Sayangnya, saya sendiri masih kurang mengeksplorasi masalah pengemasan judul.

    BalasHapus
  14. aldy~PF:
    Satu lagi tambahan, Mas Aldy. Tulisan yang mengandung kata-kata sakti seperti "Rahasia" dan "Gratis" kata para pakar Internet Marketing cukup ampuh untuk menarik rasa keingintahuan pembaca.

    Iskandaria:
    Sebetulnya saya juga sudah amat jarang memsubmitt artikel ke social bookmarking, Mas Iskandaria. Bukan apa-apa karena artikel saya tidak ada yang cocok dan menarik untuk disubmit.

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu situs Lintas Berita. Selama ini semua posting blog saya tidak pernah dimasukkan ke situs-situs semacam itu.

    BalasHapus
  16. Jeprie:
    Wah, Mas Jeprie termasuk ketinggalan kalau belum kenal samasekali dengan situs sejenis social bookmarking blog lokal seperti Lintas Berita.

    Saya dulu awalnya juga ndak tahu, Mas Jeprie. Gara-garanya ada pengunjung yang mensubmitt artikel saya ke sana dan menyebabkan banjir pengunjung ke blog saya akhirnya saya jadi tahu.

    BalasHapus
  17. Thank Bro.. Mampir ya Di sini

    BalasHapus