twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 29 April 2011

Paket simPATI Gratis Internetan Berjam-jam Ternyata Berlaku Buat Internet Lewat Komputer

simPATI gratis internetan berjam-jam
Berangkat dari rasa penasaran saya dan pertanyaan salah satu pengomentar di artikel saya yang mengulas tentang simPATI freedom kemarin, baca Tawaran Menarik Dari simPATI freedom, Mau? saya jadi tertarik untuk menulis ini. Tertarik ingin membuktikan sendiri paket internet gratis berjam-jam Telkomsel apakah ini juga berlaku kalau saya gunakan untuk berinternet lewat komputer. Yaitu menggunakan nomor Telkomsel simPATI freedomnya sebagai modem.

Di artikel itu kemarin saya sempat menjawab pertanyaan sahabat blogger saya Mas Hoeda Manis, nama pengomentar itu, kalau paket gratis internet berjam-jam simPATI ini hanya berlaku buat akses internet dari ponsel, tidak berlaku kalau lewat komputer. Dan saya tak salah kalau memberi informasi seperti itu karena sesuai penjelasan resmi dari pihak Telkomsel ketentuannya memang seperti itu. Tidak ada kata-kata yang menyebutkan, baik di website Telkomsel maupun saat saya tanyakan langsung ke CS Telkomsel bahwa gratis internetnya ini juga berlaku buat akses internet lewat komputer.

Nah, ternyata faktanya terbukti tidak benar. Justru keduanya, baik internetan lewat ponsel maupun komputer ternyata sama-sama berlaku. Sama-sama bisa gratis berjam-jam!

Awalnya, saya sempat membandingkan situasi itu dengan paket berlangganan BIS (Blackberry Internet Service) pada Blackberry. Kalau pada paket berlangganan BIS di Blackberry ketentuannya memang berlaku seperti itu. Yaitu gratis internet unlimitednya tidak berlaku kalau mengakses internetnya lewat handset selain BB, maupun lewat komputer dengan memperlakukan handset BB-nya sebagai modem. Lebih jelasnya, Anda bisa bisa baca artikel saya “Antara Opera Mini, BlackBerry dan Kecerdikan Operator” yang mengulas detil masalah ini.

Mengapa bisa berbeda kalau pada Blackberry? Karena APN (acces point number) yang digunakan berbeda. Jika akses internet lewat perangkat (handset) BB APN yang digunakan adalah APN Blackberry, sementara kalau lewat handset lain atau lewat modem APN yang digunakan adalah pakai APN dari operator. Jadi beda perlakuannya. Operator tetap mengenakan charge biaya GPRS internet untuk akses datanya kalau menggunakan diluar akses lewat handset Blackberrynya langsung.

Dan pada kasus simPATI freedom gratis internet berjam-jam ini berbeda dengan kasus paket BIS-nya Blackberry. Mau akses internet lewat ponsel, atau lewat komputer, kedua-duanya sama-sama menggunakan APN milik operator. Menggunakan APN internet atau telkomsel dari Telkomsel. Jadi, tak ada bedanya secara teknis sehingga perlakuannya akan diberlakukan sama.

Kalau Anda teman Twitter saya yang kemarin sempat mengikuti tweet saya di Twitter sekitar pukul 08:30 WIB hari Kamis 28 April 2011 informasi ini sudah saya sampaikan lewat Twitter. Dan sekarang, lewat tulisan ini saya akan berikan bukti-bukti pendukungnya apakah pernyataan saya kemarin itu benar.

Berikut screnshoot pemakaian pulsa simPATI saya kemarin saat saya gunakan untuk berinternet dari laptop saya:

Pemakaian GPRS

Untuk akses internet selama 3 jam dan penggunaan data sebesar hampir 500 MB saya dikenakan pulsa hanya Rp 2000 saja. Artinya, Paket simPATI Gratis Internetan Berjam-jam faktanya ternyata terbukti bisa gratis dan berlaku juga buat akses internet lewat komputer.


Dan bagaimana dengan kecepatannya sendiri? Anda bisa lihat kecepatannya yang ditunjukkan oleh Bitmeter saat saya gunakan untuk streaming video Youtube high resolution di bawah ini:


Speed Internet simPATI berjam-jam

Gimana, sudah cukup lumayan, bukan speednya? Bisa nembus angka 522 kbps saat meload videonya.

Saran saya kepada Anda: Jika Anda tertarik menggunakan paket simPATI freedom gratis internet berjam-jam, saya menyarankan pilihlah untuk menghindari peak time atau waktu puncaknya saat mengakses internet agar lebih murah. Yaitu mengakses internet waktu dini hari pukul 00:00 s/d 06:00 dan pukul 06:00 s/d 11:00. Karena pada waktu itu biaya akses internetnya hanya Rp 1000 dan Rp 2000. Selengkapnya Anda bisa lihat tabel tarifnya di bawah ini:

Tabel simPATI gratis internetan berjam-jam

Demikian review dari saya. Semoga info ini bermanfaat, terima kasih.


Bookmark and Share

97 komentar:

  1. Sudah terbukti ya pak?
    Kalau gitu saya ikutan nyoba aja ah.
    Mumpung kuota 3 saya baru aja habis.he..
    Salam kenal pak joko.

    BalasHapus
  2. saya sudah pake Flash UL mas, lebih cepet dari 3 di daerah Kasongan
    Kalo yang ini malah belum nyoba

    BalasHapus
  3. Hmm..., sepertinya lumayan, ayo semua beralih ke simpati (biar MOBI saya lebih kenceng lagi) :D.

    BalasHapus
  4. asik dong pak, kalau juga berlaku buat komputer, gimana cepet mana sama flash, hehe

    BalasHapus
  5. Mau nyoba meski masih ragu...
    Bukan ragu gratisnya tapi ragu kecepatannya...

    BalasHapus
  6. Speed-nya gimana pak? Untuk browsing + twitter/facebook lancar ga?

    Modem itu kan bentuknya HP juga kan. Ini bisa menggunakan HP merk apa saja? Pertanyaan saya sederhana, soalnya saya bukan pemakai gadget.

    BalasHapus
  7. Adi Wibowo:
    Ya, sudah kujajal kemarin dan hari ini, Mas. Silahkan mencobanya. Lumayan buat download2 karena unlimited.

    mas-tony:
    Saya juga pakai Flash unlimited Kartu Halo, ambil yang paket Advance, Mas. Silahkan dicoba, Mas nanti kalau kuota Flashnya mau habis. Rumah Mas Tony di daerah Kasongan, toh?

    Cahya:
    Wah, saya kok ndak kepikir gitu, ya. Kalau semua beralih ke Telkomsel maka koneksi Flash saya bisa lemot karena overload dan pengguna MOBI jadi diuntungkan. He He... Bisa aja, Mas Cahya. :)

    jarwadi:
    Kalau soal kecepatan masih cepat Flash, Mas. Tapi menurut saya sudah lumayan cepet,kok meski masih dikisaran satuan kbps. Kalau flash, kan sudah bertengger di satuan Mbps kecepatannya.
    .
    marsudiyanto:
    Kemarin waktu saya test, sih sudah lumayan cepat Pak Mars. Buat buka streaming video Youtube sudah tidak tersendat lagi. Penunjukan speednya di Bitmeter saya sudah menunjukan angka antara 500 s/d 700-an kbps.

    Jeprie:
    Sudah lumayan, Mas Jeprie. Oke, karena semua pada nanya speednya nanti saya coba update lagi hasil capture kecepatannya. Ditunggu. :)

    Bebas Mas Jeprie. Bisa menggunakan HP-nya langsung sebagai modem atau pakai modem USB. Saya kemarin testnya pakai yang modem USB. Kalau pakai HP bisa pakai merk apa saja, Mas yang penting saran saya usahakan yang sudah 3G/HSDPA agar maksimal speednya.

    BalasHapus
  8. Asyik dong yang pake simpati freedom?

    BalasHapus
  9. artikel seperti ini hanya bisa bikin iri..ha..ha....

    bagi mas Joko yg tinggal di daerah kota & ter-cover 3G/HSDPA tentu akan sangat menikmati dan bisa ber-eksplorasi jika menggunakan paket gratis unlimit seperti ini,...sudah gratis speednya kenceng lagi,top markotop...

    bagi pengguna di daerah yg bts belum terdapat jaringan 3G/HSDPA,sebenarnya paket seperti juga cukup membantu,karena jika biasanya paket data dari operator GSM di hitung time base atau volume base,skrg nggak perlu lagi berhitung biaya di karenakan lemotnya jaringan..

    tapi sayangnya saya masih belum mau rujuk dengan layanan GSM jika harus menggunakan layanan data,saya lebih suka selingkuh dengan CDMA,sama-sama unlimit tapi speed CDMA lebih ampuh,dan yg paling saya benci dari layanan data GSM adalah penerapan sistem kuota di setiap BTS,jadi walaupun gratisan ternyata GSM tetap ada batasan,jika kuota per BTS adalah 50 & kemudian saya adalah orang ke 51,maka saya hanya bisa gigit jari dan harus belajar ilmu sabar..ha..ha..ha...

    dan sepertinya paket ini hanya cocok jika di gunakan di hp,kalau di pake di modem dan terbiasa dengan main speed pasti akan kecewa,kalau di gunakan di hp sepertinya sudah lebih dari cukup..

    tapi kalau toh ada yang mengeluhkan lemot/speed kurang,yo wajar tow,wong gratisan,....jadi kayaknya saya masih suka selingkuh sama CDMA saja mas...

    BalasHapus
  10. Saya jadi bingung nih mau pakai paket mana. Sekarang saya sudah menggunakan Paket Flash Unlimited. Tapi ada paket baru yang cukup menarik, yaitu paket FUN (khusus untuk malam hari, dengan speed download maksimal 2 MBps). Eh, sekarang malah ada paket gratis berjam-jam :)

    Mungkin harus pakai 2 kartu ya Pak agar bisa menikmati semua paket tersebut?

    BalasHapus
  11. kalao nomor telkomsel lama ada gratisnya juga atau tidak ya pak?

    BalasHapus
  12. saya pake wi fi sih di rumah. internetan pake hape jarang. tapi infonya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  13. itu maksudnya setiap kita pakai 2000 misalnya setelah itu gratis pak???

    BalasHapus
  14. wah keren telkomsel bisa dipakai internetan pakai komputer grtis brjam-jam. tapi bagaimana nih dengan kecepatan akses nya mas? cepet gak?

    BalasHapus
  15. oia belom kenalan,.. salam kenal ya. sudi kiranya berkunjung ke blog saya. lebih senang lagi jika bersedia meninggalkan komentar di blog saya terutama tentang sejarah pocari sweat. sukron.. jazakumullah khorion..

    BalasHapus
  16. Rohani Syawaliah:
    Ya, paling tidak tersedia banyak pilihan buat pengguna simPATI.

    Wid:
    Kebalikannya, Mas kalau di rumah saya jaringan CDMA (EVDO) malah gak nyaut. Smart timbul tenggelam di rumah saya jadi terpaksa pilihan jatuh kepada Telkomsel.

    Baru tahu saya, Mas kalau kemampuan BTS GSM hanya maksimal 50 pengguna. Pantes waktu liburan di Malioboro pernah begitu. Susah conectingnya. Ternyata bisa jadi itu overload karena kebanyakan yang akses.

    Secara kecepatan, sih memang kalah jauh sama yang reguler (Flash). Tapi untuk ukuran gratisan sudah lumayan kenceng menurut saya, Mas. Saya coba buat streaming Youtube juga lumayan lancar tanpa tersendat. Mungkin akan terasa bedanya waktu mendownload sebab sedikit dicekik.

    Iskandaria:
    Makin banyak pilihan maka tentu saja makin bingung jadinya, Mas Is. HeHe. Saya rasa itu wajar. Dan tinggal kitanya sendiri sekarang yang harus pinter-pinter memilih paket mana yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

    Sepertinya begitu. Tidak ada salahnya memelihara 2 nomor sekaligus. Buat jaga-jaga kalau yang satunya kuota habis.

    tunsa:
    Kalau khusus yang Paket Internet Gratis Berjam-jam ini nomor simPATI lama tidak berlaku. Ini khusus nomor baru yang aktif setelah tanggal 10 Maret 2011 saja.

    Ami:
    Asyik, Mbak Ami kalau di rumahnya sudah ada wifi. Kalau saya hampir berimbang antara HP dan lewat komputer internetannya. Mungkin malah lebih sering lewat HP sepertinya.

    Abdul Hakim:
    Iya betul begitu, Mas. Tapi tarifnya tidak flat segitu terus namun tergantung jam internetannya. Karena tiap periode jamnya beda-beda tarifnya. Kalau yang saya contohkan Rp 2000 itu kalau akses internetnya pukul 06:00 s/d 11:00.

    Sejarah Pocari Sweat Indonesia:
    Soal kecepatan sudah lumayan meskipun masih belum secepat yang Flash reguler.

    Oke, Insya Alloh saya sempatkan mampir. Salam kenal juga. Saya doakan semoga bisa menang kontesnya :)

    BalasHapus
  17. dulu aku pernah pake simpati freedom untuk unlimited di modem..tapi masih kalah cepet dengan xlku jadi saya pindah lagi ke xl..

    BalasHapus
  18. maspri:
    Boleh tahu paket XL yang Anda ambil itu paket apa? Apa paket sejenis juga, Mas? Unlimited dengan harga berapa?

    *Salah satu peserta SEO rupanya. Sukses, ya Mas! :)

    BalasHapus
  19. Keren .. tetapi berat sekali saya untuk meninggalkan kartu yang saya pake sekarang.

    BalasHapus
  20. ada-akbar.com:
    Sekarang Mas Akbar pakai provider apa, Mas?

    BalasHapus
  21. Trims untuk infonya, Pak. Sudah saya coba. Tadi siang saya beli kartu Simpati baru dan saya coba di modem seharian ini. Tapi hasilnya masih kalah dengan XL yang biasa saya pakai. XL sudah nembus HSDPA, sedang Simpati Freedom baru sampai di 3G (meski ini mungkin juga terpengaruh faktor tempat tinggal saya).

    Tapi ya namanya juga gratisan ya, masak mau kenceng-kencengan...? :)

    BalasHapus
  22. Oh ya, Pak Joko, saya kaget campur seneng melihat link blog saya muncul di blogroll sampeyan. Hatur nuhun!

    BalasHapus
  23. wow.... asyik ding,, bisa internetan sepuasnya...
    salam kenal, tolong kunjungi dan follow blogku ya.... ^^

    BalasHapus
  24. Hoeda Manis:
    Di rumah saya sudah tercover jaringan 3.5G (HSDPA) dan saya lihat speednya sepertinya memang dibatasi di kisaran 3G (400-500 kbps). Sudah tidak bisa naik lebih dari itu. Berbeda dengan Flash saya yang speednya akan selalu berubah terus menyesuaikan ketersediaan jaringan yang tersedia.

    Kenceng-kencengan? HeHe... Saya hanya memberi pilihan. Jika sudah terpuaskan dengan XL kenapa harus pindah ke Telkomsel. :)

    Sama-sama, Mas Hoeda. Saya juga diuntungkan, kok. Jadi bisa mengintip dari sidebar blog saya kalau ada update artikel terbaru di blog Mas Hoeda.

    Magic Paper:
    Iya. Salam kenal kembali.

    BalasHapus
  25. Saya sudah coba simpati freedom di jam 00-06 biaya tetap terpotong lebih. Gratis internet berjam-jamnya tidak berlaku. Apakah setting apn saya salah? Apn saya internet. Atau harus daftar terlebih dulu untuk pilihan bonus internet berjam-jamnya?

    BalasHapus
  26. Anonim:
    Ya, harus daftar dulu kecuali kalau nomor perdanyanya sudah ada sticker bertuliskan gratis berjam-jam.

    Boleh tahu nomor simPATI freedom belinya kapan? Jika nomornya diaktifkan setelah 10 Maret 2011 dan sudah ada sticker gratis berjam-jamnya di starterpak perdananya harusnya langsung aktif fitur internet berjam-jamnya.

    Jika belum ada stickernya harus registrasi dulu dengan mendaftar lewat tekan *999*51# dulu baru bisa menikmati fitur ini.

    Secara default APN settingnya akan menggunakan "Telkomsel" atau "Internet". Jadi kemungkinan bukan dari APN-nya.

    BalasHapus
  27. selamat malam mas joko,
    mau tanya neh, semisal kita maketin pukul 00.00 - 06.00 kan dgn biaya 1000 , setelah pukul 06.00 terkena biaya paketan selanujtnya atau tidak yah?

    BalasHapus
  28. dwi:
    Malem juga. Ya, akan terkena paket berikutnya. Artinya, setelah lewat dari jam 06:00 maka akan dikenakan biaya selanjutnya sebesar Rp 2000 dan ini berlaku sampai dengan pukul 11:00. Selanjutnya, setelah lewat dari jam 11:00 akan dikenakan kembali biaya selanjutnya lagi sebesar Rp 3000. Demikian seterusnya.

    BalasHapus
  29. Saatnya ngalong mas, pakai paket murah meriah. Seandainya semua operator begini,....

    BalasHapus
  30. Kaget:
    Mari, Mas ngalong sampai pagi. Eh, tapi sekarang sudah pagi. Ketiduran saya.

    Mudah-mudahan semua operator nanti memberi tarif internet murah, Mas. :)

    BalasHapus
  31. untuk PC saya masih pake AHA tetapi untuk opera mini sudah mantep pke Simpati :)

    BalasHapus
  32. Andi Sakab:
    Saya pernah menjajal AHA di komputer teman saya untuk live video streaming pakai Skype. Ya, mantab juga speednya, Mas Andi.

    BalasHapus
  33. saya harus nyoba ne... soale kartuku yang sekarang tuh lemot banget

    BalasHapus
  34. choirul:
    Silahkan dicoba dulu, Mas. Semoga bisa jadi koneksi alternatif

    BalasHapus
  35. kalo pake modem bisa gak mas Joko!

    kalo kecepatannya yg mas katakan di atas 522kbps itu berarti di bagi 8 sama dengan 65KB/s yea mas dapetnya!

    BalasHapus
  36. EnjoY:
    Bisa, Mas. Test yang saya lakukan di review ini saya menggunakan modem. Modem jenis USB.

    Ya, betul itu setara dengan 65 kB/s. :)

    BalasHapus
  37. hihii keren reviewnya pak... Penjelasannya mantap..

    BalasHapus
  38. sibair:
    Gitu, ya Mas? Terima kasih.

    BalasHapus
  39. numpang nanya mazz..saya pake telkom flash, tapi speed nya parah bener dari pertama beli sudah begitu..pa wilayah saya yang belum di cover flash

    BalasHapus
  40. mistyfan:
    Lha daerahnya gimana, Mas? Sudah tercover jaringan 3G atau HSDPA, belum? Jika belum tercover ya agak susah untuk mendapatkan speed kencang. Tapi kalau sudah tercover masih juga lelet berarti pengguna di wilayah Anda terlalu padat mungkin

    BalasHapus
  41. Ko sy ga bs ya mas?,sy pke krt freedom yg diaktifkan sktar akhir april & dicover perdananya ada tulisan gratis 6 jam nelpon!,tp bgtu sy coba jm 1 mlm ko plsa mlh amblas rp 10rb?

    BalasHapus
  42. Sy udh cba jg lwt *999*51# tp sy dpt blsn dri 8999 yg isinya ky gini Maaf, Anda sudah berada di paket simPATI GRATIS NELPON BERJAM-JAM. Bingung saya

    BalasHapus
  43. Bob:
    Saya boleh tahu apakah setting APN-nya sudah dipastikan benar, Mas? Pakai APN "Telkomsel" atau "Internet". Jika sudah benar dan sudah dipastikan terdaftar dalam paket simPATI gratis berjam-jam ini memang aneh, kok masih kepotong Rp 10 ribu.

    Oke, saya akan coba test besok pagi lewat modem saya apakah masih bisa dipakai lewat komputer paket internet berjam-jamnya. Untuk memastikan saja karena saya kuatir sudah ditutup sama Telkomsel. Karena memang paket berjam-jam ini ketentuan resminya hanya buat internet lewat ponsel. Bukan lewat komputer dengan menjadikan nomornya sebagai modem.

    BalasHapus
  44. apn telkomsel & internet udh sy cba, tp hsilnya gatot!,justru sy nyobanya lwt hp. mksud akang perdana yg ada stiker gratis internet berjam-jam atau gratis 6 jam nelpon? sy pnya yg ada stiker gratis 6 jam nelpon.

    BalasHapus
  45. Bob:
    Malah lewat HP? Aneh ini, Mas? Padahal sudah jelas terdaftar dalam paket internet berjam-jam. Saran saya komplin saja ke Grapari, Mas. Dan juga coba browsingnya pakai Opera Mini yang resmi dari Telkomsel, ada logo Telkomselnya. Karena kadang Telkomsel suka kacau. Jika browsing lewat browser lain suka kena charge.

    BalasHapus
  46. mas,klau kartu baru paketnya mau di ubah gak?

    BalasHapus
  47. romi:
    Kalau kartu simPATI baru bisa, Mas. Yang tidak bisa diubah atau tidak bisa menggunakan paket berjam-jam ini nomor simPATI lama.

    BalasHapus
  48. msh bs ga sih kang?, ane dri prtama bli prdana freedom kepalak mulu!,ane udh nyoba *999*51# dpt blsan klo sy sdh brada dipket nlpon berjam2!,tp jam 1 mlm ane cba browsing plsa mlh amblas!,akhirnya iseng2 ane cba *999*50# eh mlah ane jd pndah kepaket laen jdinya (freedom call). ane cba blikin lg ke *999*51# mlah ga bs trus,ada jwban bhwa saya udh mndftarkan prpindahan trif hri ini,silahkan coba esok hri!,stiap hri dicoba jwabannya ky gtu!. msa hrus bli prdana lg. :(

    BalasHapus
  49. Bob:
    Saat saya balas komentar Anda ini saya menggunakan simPATI gratis internet berjam-jam, Mas. Saya hanya dipotong pulsa seribu rupiah saja. Kalau saya menyarankan complain saja ke Grapari, Mas. Siapa tahu ada solusi dan syukur pulsanya bisa dibalikin.

    BalasHapus
  50. teu bisa eun hahhahaha
    pke tante geura

    BalasHapus
  51. wah saya kira di komputer bisa gratisan pakai simpati ternyata hanya di HP saja.

    BalasHapus
  52. harga blackberry:
    Lho gimana, toh? Yang saya ceritakan di artikel ini justru di komputer. :)

    BalasHapus
  53. sekarang terminate session simpati mulai di berlakukan ya, setiap abis download 5mb dc trus.

    BalasHapus
  54. Anonim:
    Gitu, ya? Kalau saya beda lagi kasusnya. Setiap online beberapa menit koneksinya jadi melambat, load datanya berhenti sehingga saya disconnect dan connect lagi baru normal. Begitu berulang-ulang

    BalasHapus
  55. Sekarang masih berlaku ngga ya? :D

    BalasHapus
  56. @bangsaid:
    Saya belum mencobanya lagi, Mas. Tapi terakhir 2 hari kemarin paket simPATI gratis internet berjam-jamnya tak bisa. Masih trouble. Saya sudah kontak ke teman saya yang di Grapari belum ada jawaban.

    BalasHapus
  57. internet gratis berjam-jam tp setiap habis quota 5mb g bsa connect,harus disconnect dulu bru bisa digunakan lg,begitu seterusnya,jd iternet gratis bejam-jam dengan disconnect berkali kali,untuk yg gemar download pakai saja paket midnight telkomsel,speed download bisa nyampai 100 s/d 200 KBps

    BalasHapus
  58. nurdin:
    Terima kasih infonya, Mas. Berarti masih trouble, ya? Iya, yang paket midnight kata beberapa teman saya yang pernah coba katanya cepat sekali speednya.

    BalasHapus
  59. iyaa neh kaya'x telkomsel udah ngerubah sistem nya..!
    setiap 5mb gak jalan lagi datanya!
    jadi kecewa lg deh...!!!
    pelit baget telkomsel tambah tahun....!!
    neh saya masih make DC terus tiap 5mb!

    BalasHapus
  60. EnjoY:
    Terima kasih infonya, Mas dan sudah mampir kembali. Ya, nih sepertinya Telkomsel merubah sistemnya. Saya akan complain ke Grapari. Gimana wong promosinya masih jalan tapi programnya tahu-tahu dirubah (gak jalan). Payah, nih Telkomsel :(

    BalasHapus
  61. Iya neh,ni aq akhirnya kembali ke flash unlimited,50rb dapat quota 300mb,setelah melampaui 300mb,speed diturunkan jd 64kbps,uhuk..........uhuk :(

    BalasHapus
  62. Nurdin:
    Terima kasih, Mas Nurdin sudah mau mampir kembali. Saya sudah melakukan complain, kok ke pihak Telkomsel. Tinggal nunggu tanggapannya.

    BalasHapus
  63. mungkin bisa di katakan kalo telkomsel adalah ISP termahal di dunia, saya yakin itu

    BalasHapus
  64. aku mau nanya gan apa itu semua tampa harus membeli paket dulu apa langsung aja....?

    BalasHapus
  65. zarnadi:
    Promo ini sudah dirubah kebijakannya, Mas. Telkomsel mengenakan terminate session per 5 MB putus jadi saya menyarankan jangan menggunakan paket ini lagi tapi pakai flash yang reguler aja.

    BalasHapus
  66. saya jg pngguna freedom ini, mmng skrng setiap 5mb dc tapi setelah 2-3 menit conect lagi dgn sendirinya, jadi kalo donlod di pc pake idm bisa selesai walaupun dc & conect,bahkan sekarang setiap isi pls dan pemakaian pd jam 17.00 s/d 24.00 dapat free 100 mb gila2an dari pkl 00.01 s/d 06.00

    BalasHapus
  67. Pada tgl 13 September 2011, saya isi pulsa 100 ribu untuk internetan di BB tapi pulsa langsung habis dan BB ga bisa untuk internetan. lalu saya bawa ke graha telkom mpe nunggu 4 jam-an dah hasilnya nihil suruh format ulang semuanya. tapi pulsa 100 ribu tetep aja hilang. lalu saya isi pulsa lagi pada hari yang sama, lalu saya pu melenggang menikmati internet via BB. Terus tanggal 9 Oktober 2011 saya isi pulsa lagi 100 ribu, tapi ternyata BB kembali seperti sebulan yang lalu yaitu ga bisa buat internetan. terus tanggal 14 Oktober saya coba menghubungi service center di jakarta, lalu diminta tunggu mpe 3 x 24 jam. ternyata setelah ditunggu tetep aja hasilnya pulsa saya hilang ga jelas rimbanya. lalu pada hari ini saya coba menghubungi service center ternyata katanya dari tanggal 14 oktober s/d 20 oktober 2011 lagi ada optimalisasi di telkomsel. Jadi diminta lagi menunggu 3 x 24 jam. Saya sangat kecewa!!!!! jadi saran ane, pikir 1000 kali pake simpati!!! ini nomor hp BB yang saya laporkan ke service center 0812----6629. Saya mau lihat apakah tiga hari kedepan ada tanggapan yang memuaskan (yang berpihak pada pelanggan atau tidak dari telkomsel).Kalau tidak ada feedback yang memuaskan dari telkomsel, pastinya akan saya lanjutkan ke PUSAT LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN INDONESIA. Semoga jadi pelajaran bagi kita semua. Salam.

    BalasHapus
  68. obat tradisonal darah tinggi:
    Speed kalau normal sebelum dicekik sekitar 400-500 kbps. Tapi gak tahu lagi sekarang karena Telkomsel rubah-rubah terus ketentuan gratisnya.

    Anonim:
    DC maksudnya disconnect, ya? Kalau masih perlu DC ya berarti masih tetap itu. Tapi kalau meski dicekik per 5 MB tapi kemudian masih nyambung normal lagi tanpa di-dc, ini yang saya baru tahu. Terima kasih infonya.

    leo aja deh:
    Turut bersimpati atas musibah hilang pulsanya Mas Leo. Perlu ditelusuri lebih lanjut hilangnya pulsa Anda kemana. Karena setahu saya kalau kita berlangganan BIS paket unlimited itu sudah free internet aksesnya. Di term of servicenya Telkomsel pelanggan akan dikenakan charge tambahan GPRS kalau BB dipakai di luar negeri, buat streaming video dan menggunakan browser selain bawaan dari BB. Jika term of service itu tidak Anda langgar maka patut dipertanyakan dan bila perlu tuntut ke Telkomsel agar mereka mau mengembalikan pulsa Anda.

    BalasHapus
  69. di cekik terusss banwith gw gannn setiap 5mb

    BalasHapus
  70. @bayuprabowoo 23thn.
    ass.langsung aja ya jadi intinya gimana om? Besok saya berencana ganti telkomsel karna indosat makin merugikan.5ribu/hari cuma 30MB dan kadang cuma cukup untuk facebookan dan twitteran,sering disconnect bahkan menjadi kewajiban kayaknya HARUS DC! saya rajin download,apa telkomsel solusinya?info om bagus banget,tapi pas saya baca sampe habis mulai ada keluhan dan perubahan atas 'gratis berjam-jam' itu,jadi intinya tarif pasti untuk 02-11-2011 dst itu berapa om? Mohon infonya ya .oh iya baru saja saya terima update'an bahwa dengan isi ulang bisa dapat 100MB 100menit 100sms ,nah bagaimana nih om? :)

    BalasHapus
  71. @bayuprabowo:
    Sayang sekali promo ini sudah dirubah ketentuannya oleh Telkomsel. Awalnya memang gratis bisa berjam-jam tanpa DC dan tanpa pencekikan bandwidth per 5 MB. Sekarang sudah berubah ketentuannya. Tapi tentang tarifnya masih tetap tak ada perubahan. Kalau tentang bonus 100 MB tiap isi ulang simPATI itu saya juga sering dapat. Iya itu bisa digunakan paket internet gratisnya. Cek saja via *889# untuk mengetahuinya.

    Kalau internet buat PC, maksudnya simcard Telkomsel dipakai sebagai modem yang paling ekonomis ya pakai paket Flash Unlimited Kartu Halo. Yang termurah abonemen Rp 125 ribu/bulan dapat Kuota 2 GB/bulan. Speednya sudah 1 mbps kalau di daerah Anda sudah terjangkau sinyal HSDPA. Demikian semoga membantu.

    BalasHapus
  72. @bayuprabowoo: terima kasih atas info nya om :)

    Saya dicinere,sejauh ini sudah menjangkau 3G kalo untuk HSDPA nya nggak fix om tiap menit berubah ubah. 5hari terakhir cuma EDGE malah.makin kesel download 4.5MB aja ngga jalan om. jadi,tarif 1000/2000/3000 tetap berlaku tanpa si 'gratis berjam-jam' itu ya? berapa kuota yang saya dapat per/paket nya,semisalnya paket siang(2000) ? Saya menggunakan HP om lebih mudah dibawa bawa hehe.

    kalo untuk soal sms/telfon gimana om gratisannya? Maaf menyimpang dari topic

    BalasHapus
  73. @bayuprabowo:
    Itu berarti jaringan HSDPA-nya belum stabil, Mas. Coba aja setting networknya dilock di 3G aja jangan di dual mode supaya tidak pindah2 jaringannya.

    Tarifnya masih tetap sesuai tabel yang di atas. Gratis berjam-jamnya juga sama berlaku tidak berubah, tetap unlimited kuota sampai batas waktu sesuai tabelnya. Yang dirubah adalah sering dicekik transfer datanya per 5 MB sekali. Tapi kalau pakai HP tak terlalu berpengaruh karena koneksi di HP modelnya tidak kontinue seperti via komputer.

    Kalau telpon gratis saya menggunakan paket TM dari simPATI. Kalau sms saya jarang pakai kecuali kalau mereply karena lebih sering pakai chat via BBM di BlackBerry, Mas.

    BalasHapus
  74. @bayuprabowoo:

    Jadi,setiap transfer data 5MB maka jaringan data putus alias DC om?? wah,ngga bisa buat download dong :(

    Harus pakai operamini om? kebetulan saya pensiun menggunakan BB hehe,mau ngga mau ya SMS /telfonan.

    Saya bingung mau ganti operator yang sms dan internetnya murah tapi bukan murahan om, setiap isi ulang berapa ya baru dapat 100mb itu,om?

    BalasHapus
  75. @bayuprabowo:
    Saya kemarin waktu isi pulsa simPATI Rp 50 ribu sudah dapat bonus data 100 MB, Mas.

    BalasHapus
  76. Ternyata tarif simpati freedom gratis nelpon berjam-jam lebih murah dari tarif simpati pede. Saya jadi pengen setia pake simpati. Biar pun masih SMA, saya jadi gak khawatir karena dugaan saya yang selama ini menganggap bahwa simpati freedom adalah operator dengan tarif termahal, ternyata tarifnya lebih murah dari operator lain, terutama untuk nelpon. Bagi pengguna simpati freedon dengan paket yang lain, bisa pindah ke paket gratis nelpon berjam-jam dengan mengetik *999*51#. Karena paket ini adalah paket dg tarif nelpon termurah dari paket yang lainnya. Syarat dan ketentuan berlaku.

    BalasHapus
  77. boz, numpang tanya ya.. td gw isi pulsa simpati freedom 10rb, trs dapet sms: Selamat anda mendapatkan bonus 100 menit ke sesama Tsel + 100 MB data. Berlaku pukul 00:00-06:00 esok hari. ni 100 mb data nya bisa dipake? kok pas cek *889# dibilng: Anda tidak memiliki account gratis..

    thx,
    Edhanz

    BalasHapus
  78. saran bwt simpati user: mending pake perdana simpati khusus bwt modem (bukan simpati yg dipake sehari2/nomer pribadi), krn telkomsel sering bgt ngaconya. jd klo ada sesuatu hal yg merugikan, lgsg buang aja tu simcard nya. dan jgn lupa, jgn isi plsa banyak2! menghubungi CS bwt komplain adlh hal yg sia2 krn mnrt saya CS telkomsel itu adalah kumpulan org2 yg ga dilatih, yg penting tahan makian! yg ditanya apa, ngasi solusi apa..ga nyambung!

    BalasHapus
  79. Edhanz:
    Tentang bonus itu benar saya sering juga dapat setiap kali isi ulang simPATI saya. Cuma karena saya sudah pakai modem Flash TSel jadi tak pernah gunakan yang paket datanya. Itu berlaku esok harinya, Mas. Cuma sayang jamnya gak niat banget Telkomsel kalau mau beri bonusnya karena pukul 00:00-06:00.

    Anonim:
    Terima kasih sarannya. Iya paket ini, simPATI gratis internet berjam-jam, sudah tidak seperti dulu lagi waktu awal launching. Sekarang bandwidth dicekik per 5 MB sekali.

    BalasHapus
  80. boz, Edhanz lg ni..
    skrg gw dah masuk periode bonus 100 mb data itu. td sblmnya, jam 23:59 gw brenti nge-net, trs pas jam 00:02 cek *889# dan ada info: Anda memiliki: 6000 dtk Gila2an. 102400 kB Gila2an. Bonus berbatas waktu, cek scr berkala

    trus gw cek pulsa ada 7750. trus gw konek inet lg tnpa beli paket apapun (biasanya jam 12an gw beli fun midnight 1000). gw test brosing smpe 2 mb, trus disconnect. trus cek pulsa tau2 sisa 4750, dan bonus nya ga kpake sama skali alias Anda memiliki: 6000 dtk Gila2an. 102400 kB Gila2an. Bonus berbatas waktu, cek scr berkala

    nah ni gmn ya boz? jd apa mksdnya 102400 kB Gila2an itu? gw jd makin was was aja sm simpati, untung pulsa gw ga bnyk dan gw test dl 2 mb..

    thx,
    Edhanz

    BalasHapus
  81. nah skrg aneh lg ni boz..
    gw cek *889# dan dibilang: Anda tidak memiliki account gratis. Trus gw coba connect internet tanpa paket apapun. Stlh 5 mb gw disconnect tapi pulsa ga bkurang. Gw connect lg dan stlh 10 mb, disconnect lg, tapi pulsa jg ga bkurang. Percobaan trakhir, connect lg dan stlh 20 mb, disconnect, tapi pulsa tetep utuh. Darimana kebaikan ini dtgnya?

    Tapi, gw dah sjk lama ga percaya sama system billing telkomsel. Makanya gw ga mau lanjut connect walopun gratis, krn pulsa gw soale lg ada 53rb. mending gw beli paket fun midnight 1000 aja bwt nge-net drpd beresiko tau2 pulsa gw amblas..

    Kapan ya konsumen tu bisa tenang, ga was was. Gw milih fun midnight 1000 jg krn faktor preventif. Skali pake selesai. Bsk kalo mau nge-net lg tinggl beli lg. Emnk sih jatohnya lbh mahal, tapi gw ga mau kecolongan lg gara2 system billing yg parah..

    BalasHapus
  82. bah lupa nayntumin nama..
    yg diatas tu gw boz..

    Edhanz

    BalasHapus
  83. Edhanz:
    Wah, kasusnya kok bisa ngaco gitu, ya Mas. Kalau sudah seperti itu patut dipertanyakan dengan datang ke Grapari, Mas. Baru bisa jelas. Terima kasih, ya Mas sharing pengalamannya yang cukup bermanfaat. Semoga komentar Mas dibaca oleh orang Telkomsel. Mudah-mudahan, karena beberapa kali pihak management Telkomsel ada yang mampir dan menanggapi tulisan saya ke blog ini.

    BalasHapus
  84. nice blog. Thanks for sharing,"blogwalking here with smile :) enjoy your day"

    BalasHapus
  85. Pak sya pakek modem prolink tpi kenapa saat conect itu gak bisa? Tpi kalau lewat hp itu langsing bisa!

    BalasHapus
  86. Paket simPATI Gratis Internetan Berjam-jam sekarang ini oleh Telkomsel telah diubah ketentuannya. Yaitu hanya berlaku buat internetan di ponsel, tidak berlaku lagi buat modem di komputer.

    BalasHapus
  87. mau numpang tanya nih mas..saya selama ini pake simpati biasa di hp dgn langganan flash unlimited 50rb/14 hari.klo simcard ini saya pake di modem utk koneksi internet laptop apakah paket flash itu masih tetap berlaku seperti di hp saya? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tetap berlaku, Mas. Silahkan pakai saja nomor simPATI-nya untuk modem ke komputer. Baik via modem USB maupun lewat ponsel sebagai modemnya secara langsung.

      Hapus
  88. Mantap artikelnya. thanks for share

    BalasHapus
  89. Saya pake baru nyoba paketnya, bisa connect tapi ngk bisa browsing munculnya problem loading page. Ada masukan ngk mas? thanks

    BalasHapus
  90. Hotel Murah:
    Paket simPATI yang ini sudah tidak bisa lagi digunakan via komputer. Hanya melalui ponsel saja karena ada pemberlakuan terminate session per 5 MB.

    BalasHapus
  91. Itu tulisan anda yang baik2 nya saja, bagaimana dengan pulsa yang sering hilang, coba anda tulis juga.

    BalasHapus
  92. Pilih simpati freedom apa simpati puas2..apa alasanya?mhn partisipasinya memilih dan menjawab

    BalasHapus
  93. sayamah tinggal gigit jari....

    daerah saya no 3g, no HSDPA, no EVDO....

    untuk semua operattor

    BalasHapus
  94. GSM indosat cuman dapet 5kbps
    yang mendingan FLEXY doang dapet 15kbps..

    BalasHapus
  95. mas ada yang tau g merubah simpati pede menjadi simpati active....?

    BalasHapus