Jumat, 20 Mei 2011

Fitur SMS 2.0 Terbaru Untuk Ponsel Symbian Dari Telkomsel, Keren

SMS 2.0Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada bulan Juli 2010 lalu saya sempat mereview salah satu aplikasi untuk SMS bernama SMS 2.0 di blog ini. Baca artikel saya “SMS 2.0, Fitur SMS Terbaru Dari Telkomsel Yang Patut Anda Coba”. Apa itu aplikasi SMS 2.0? Yaitu semacam fitur pada ponsel yang membuat SMS menjadi lebih menarik dan atraktif karena adanya tambahan fasilitas seperti emoticon (smileys), text colur dan background colour, serta fasilitas RSS yang memungkinkan melihat update berita-berita terbaru dari situs-situs berita.

Setelah aplikasi SMS 2.0 mengalami kesuksesan, Telkomsel berkerjasama dengan Affle, perusahaan mobile media dari Singapura melakukan upgrade pada aplikasi SMS 2.0 ini. Release version terbaru aplikasinya saat review ini saya tulis sudah version 3.0.43. Telkomsel memperbarui dengan beberapa penambahan fitur baru sehingga secara tampilan dan fasilitas di dalam aplikasinya sedikit berbeda dengan tampilan SMS 2.0 yang awal dulu pertama kali dilaunching.

Karena saya sebelumnya sudah menjajal Fitur SMS 2.0 ini di ponsel Nokia E63 saya, maka saya jadi tahu beberapa inovasi yang ditambahkan dalam fitur ini. Berikut diantaranya beberapa penambahan fitur yang menjadi kelebihan SMS 2.0 terbaru:

Tab Icon Baru

Penambahan beberapa menu tab icon baru di bawah pesan SMS berupa menu-menu seperti: Reply, Forward, Delete, My Facebook, My Twitter, Move To Folder, Font Size, Recommend SMS2.0, dan About.

Tab Icon SMS 2.0

Menu Option Baru

Ada penambahan menu lebih banyak dalam setting optionnya yang sebelumnya belum ada. Seperti menu: Add Social Contact, What’s Hot, Facebook/Twitter, Search ke Google dan Wikipedia maupun directory, Windows Live Messenger dan Hotmail.

Menu Option SMS 2.0

Send Message Later

Fitur yang memungkinkan Anda kirim SMS secara otomatis dan terjadwal sesuai setting tanggal dan jam yang Anda tentukan. Dan hebatnya bisa dijadwal berkala. Contoh, untuk mengirimkan ucapkan selamat ulang tahun terjadwal setiap tahun ke teman/relasi Anda.

Send Message Later SMS 2.0

Dengan adanya tambahan menu-menu itu, terutama yang ke social media lewat aplikasi SMS 2.0 maka secara otomatis Anda akan dimudahkan dan sewaktu-waktu bisa terhubung ke social media seperti Facebook dan Twitter lewat aplikasi ini.

Keren, bukan tampilannya? Tertarik? Jika Anda pengguna ponsel Nokia atau ponsel berplatforms Symbian Series 60 2nd & 3rd Edition dan Java 2 bisa mencoba Layanan SMS 2.0 ini gratis. Anda hanya dikenakan biaya SMS normal (kartu HALO Rp 125, simPATI Rp 100 dan Kartu As Rp 88), dan tentunya biaya GPRS sewaktu mendownload aplikasi ini.

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan fitur ini? Cara mendapatkannya masih tetap sama seperti yang dulu. Yaitu Anda tinggal melakukan download client SMS 2.0 melalui SMS dengan mengetikkan pesan SMS berisi pesan SMS2 lalu kirim ke 9089.

Setelah SMS Anda berhasil terkirim, Anda akan mendapat reply SMS dari Telkomsel yang berisi link untuk mendownloadnya. Contoh format linknya seperti ini:

http://202.150.217.75/couffable/php/downloadtophone.php?ph=628121709044

Yang nomor pada barisan paling terakhir dalam linknya nanti akan berubah menyesuaikan sesuai nomor ponsel Anda. Selanjutnya, klik linknya dan ikuti intruksi wizardnya. Setelah proses instalnya berhasil, silahkan restart ponsel Anda. Dan cek tampilan inbox SMS di ponsel Anda, maka akan tampak perubahannya, tampilan SMS di ponsel Anda akan menjadi beda dan menarik. Okey, selamat mencoba!

Catatan:
Tulisan ini bukan Advertorial dan saya tidak mendapatkan bayaran apa-apa dari Telkomsel dengan menulis review ini. Tulisan ini murni hanya sekedar sharing dari seorang pengguna saja.


Bookmark and Share

26 komentar:

  1. SMS 2.0? Saya belum pernah mencoba pak. Tapi entah Nexian seri yang saya punya ini mendukung ngga untuk fitur di SMS 2.0.
    Yang jelas, Telkomsel memang ga pernah mati tuk terus berinovasi :)

    BalasHapus
  2. wah pertamax habis ya? udah keduluan mas darin...


    pengen coba jadinya

    dulu pernah coba tapi kurang suka...

    kalo udah ada yang baru seperti ini jadi ingin coba lagi...

    BalasHapus
  3. Darin:
    Benar, berinovasi untuk memberikan value added service buat pelanggannya, Mas. Tapi sebetulnya fitur ini juga buat menjaring para advertiser untuk melakukan kerjasama marketing lewat mobile marketing, Mas Darin.

    honeylizious:
    Kalau perbandingannya dengan SMS 2.0 yang pertama, memang dulu tak terlalu bagus, hanya RSS-nya saja yang menurutku menarik.

    BalasHapus
  4. Buat blackberry belum bisa ya pak?

    Lagian dipikir-pikir, pengguna BlackBerry tidak perlu fitur ini, karena semuanya sudah terintegrasi di BlackBerry. Kalau pun belum ada, kan ada aplikasi pihak ketiganya.

    BalasHapus
  5. Menurut saya, perkembangan teknologi yang buruk. Saya lebih suka teks biasa (plain text) yang simpel dan tidak rumit.

    Jika ingin lengkap, saya pikir email masih tetap lebih baik. Bisa cross platform, murah. Saya ragu dengan perkembangannya.

    BalasHapus
  6. rismaka:
    Untuk Blackberry, iPhone dan Android belum support, Mas.

    Ya, terlalu serakah kalau BB juga ikutan pakai aplikasi ini. Lha, fiturnya BB sudah berjibun dan keren-keren. HeHe... Dan lagi kalau pegang BB, SMS sudah nggak laku lagi. Betul? :D

    Jeprie:
    Kalau untuk ukuran aplikasi gratis saya pikir cukup keren, Mas Jeprie karena merubah tampilan SMS jadi lebih menarik, antraktif dan ada fasilitas RSS berita dibenamkan ke dalamnya. Juga social media. Namun akan menjadi tak berguna dan tak berarti apa-apa kalau itu buat orang yang tak membutuhkannya. Contoh salah satunya Mas Jeprie. :)

    BalasHapus
  7. Saya bukan pengguna Nokia nih....
    Tapi mengingat SMS sekarang seperti mulai ditinggalkan dengan social media (Tweet contohnya) yang bisa mengantar pesan lebih cepat di banding SMS antar operator yang sering ngadat, oleh karna itu vedor berusaha membantu oprator biar tarif tetap jalan.

    Itu menurut saya lho, mas ^_^

    BalasHapus
  8. Nambah pengetahuan tentang ponsel nih, meskipun saya belum menggunakan fitur SMS ver. 2....

    BalasHapus
  9. Kaget:
    Kalau saya mengamati iya. Sejujurnys SMS mulai ditinggalkan penggunanya. Terutama di level yang sudah melek teknologi. Contoh, sejak menggunakan BB porsi komunikasi lewat SMS saya pun makin turun karena tergantikan oleh push email dan chatting.

    ilmu komputer pemula:
    Gitu, ya? Terima kasih jika review ini bisa nambah pengetahuan Anda

    BalasHapus
  10. wah telkomsel memang bagus fasilitasnya tapi ya itu sesuai juga dengan tarifnya...salam kenal ya untuk adminnya

    BalasHapus
  11. fitur menarik sehingga tidak bosan saat menggunakannya

    BalasHapus
  12. saya malah baru tahu kalau ada fitur sms 2.0 di telkomsel, sayang di rumah tidak punya ponsel symbian, jadi ngga bisa nyobain

    BalasHapus
  13. Sudah gerah dengan sms, banyak spam-nya, pokoknya nanti mau ganti ke telepon rumah saja.

    BalasHapus
  14. lintasberita:
    Salam kenal juga. :)

    HALAMAN PUTIH:
    Menarik dan tidak membosankan karena tampilannya tak hanya barisan teks polos saja

    jarwadi:
    Padahal SMS 2.0 ini sudah setahun sejak pertama kali launchingnya, Mas.

    Cahya:
    Telpon rumah juga belum tentu aman, Mas. Sudah banyak telemarketing, nyepam nawari macam-macam lewat telpon, lho. :)

    BalasHapus
  15. Oh ya, kalau begitu, ganti pakai surat pos saja, buat kotak surat di depan :D.

    BalasHapus
  16. Cahya:
    Nah, kalau itu dijamin pasti aman dari para penyepam. Tapi, masih ada tapinya lagi, belum aman dari surat kaleng dan sejenisnya. HeHeHe...

    BalasHapus
  17. Cahya,
    Ah, sekarang kan banyak surat kaleng mas :D
    Mending beralih ke daun lontar aja, dijamin ga akan ada spam, ga akan ada telemarketing, ga akan ada surat kaleng juga. Kalau pun ada ya lontar kaleng, tapi kurang kerjaan banget orang yang pake daun lontar buat ngerjain orang :LOL:

    Pak Joko,
    Tulis tentang aplikasi liveprofile jg donk pak. Kayaknya bagus tuh

    BalasHapus
  18. Kalo untuk versi hp java ada nggak??

    BalasHapus
  19. el-fachry17:
    Aplikasi lain saya kurang tahu, Mas. Aplikasi ini khusus HP Symbian aja.

    BalasHapus
  20. Saran saya sebaiknya tidak usah pakai SMS 2.0. Pengalaman saya setelah HP E63 diganti Simcardnya ke Mentari, HP jadi tidak bisa kirim SMS. Cek di google ada user yg dapat masalah yang sama. Ada saran untuk mengatasi masalah ini tanpa HP harus di flash dulu?

    BalasHapus
  21. Anonim:
    Seharusnya kalau sudah ganti kartu pakai operator lain aplikasinya tak bisa berjalan karena SMS 2.0 hanya support Telkomsel saja. Saran saya diremove saja aplikasinya via aplication manager

    BalasHapus
  22. aku uda beberapa kali kirim SMS2 ke 9089 tpi kok gak ada balasan link nya nya, padahal HP q sibyan juga (nokia e63)

    BalasHapus
  23. Coba tanya saja ke 116. Seharusnya bisa karena sampai sekarang aplikasi ini masih tetap aktif, kok di ponsel saya.

    BalasHapus
  24. BB n Androin out!just symbian that can do everything.Really,the other OS is fool,and just symbian which give everything we need.Brave for symbian,and never die!

    BalasHapus
  25. ka psanku gg d.bls" niih :(

    BalasHapus
  26. sasmiftaB:
    Pesan yang mana, Mbak?

    BalasHapus