Rabu, 06 Oktober 2010

Cara Menebak Karakter Teman di Social Media Dari Foto Profilenya

Karakter TemanKalau Anda sering bermain dalam social media seperti di Facebook dan Twitter. Atau sering beinteraksi di dunia blogging, chatting dengan teman-teman Anda dalam komunitas online di internet, seringkali kita menjumpai banyak teman yang tak mau menunjukkan siapa jati diri dia sesungguhnya. Cirinya, dengan menyembunyikan latar belakang dirinya siapa, apa profesinya, umur dan tahun kelahirannya kapan, serta tak mau memasang foto profile atau avatar dengan foto dirinya.

Sebenarnya, mengapa banyak orang yang suka menyembunyikan identitasnya dalam pertemanan di dunia maya? Terlepas apa pun yang menjadi alasan mereka, saya ada cara untuk menebak karakter atau bahkan umur seseorang kalau melihat dari foto yang ada di dalam profile avatarnya.

Berikut adalah ketujuh macam tipe teman di social media dilihat dari cara dia memasang foto profilenya:

1. Memasang foto diri sendiri
Untuk orang yang memasang avatar foto dia sendiri dalam profilenya ini adalah ciri orang-orang yang punya sifat percaya diri, terbuka dan tidak suka pilih-pilih dalam berteman atau suka bersikap apa adanya dalam berteman. Tipe orang seperti ini adalah ciri secara umum orang-orang yang hobi dengan relationship atau pertemanan.

2. Memasang foto diri tapi sering bergonta-ganti foto
Orang-orang model begini mudah ditebak biasanya kurang mempunyai rasa percaya diri yang cukup, cenderung Narsis, punya pribadi yang rada labil, dan sifatnya sangat perfeksionis sehingga cenderung mengekspose kelebihannya dan berusaha menutup rapat-rapat apa yang menjadi kekurangannya.

3. Memasang foto berupa nama merk, karakter atau simbol tertentu
Pada jenis teman yang seperti ini biasanya adalah ciri seorang teman yang sedang membangun sebuah personal branding dengan berusaha memisahkan antara profile dia yang sesungguhnya dengan branding yang berusaha dia ciptakan, khususnya di dunia maya. Teman yang seperti ini biasanya menjadikan sebuah pertemanan di social media sebagai alat untuk marketing dan memperluas network bisnisnya.

4. Memasang foto orang lain
Kebalikan dari orang yang memasang foto diri sendiri, pada tipe orang ini justru sebaliknya, biasanya karena orangnya kurang percaya diri, introvert atau lebih tertutup dan lebih selektif serta sangat berhati-hati untuk menerima pertemanan dari orang-orang yang kurang begitu dikenalnya di dunia maya. Tipe orang semacam ini biasanya punya alasan tertentu yang sangat kuat sehingga tidak mau memasang foto dirinya.

5. Memasang foto diri dan pasangan
Pada tipe orang seperti ini bisa ditebak biasanya punya usia yang relatif masih sangat muda. Masih dalam taraf senang-senangnya berpacaran, atau jika orangnya kebetulan sudah menikah biasanya usia perkawinannya masih tergolong sangat muda dan belum dikaruniai seorang anak di dalam usia perkawinannya.

6. Memasang foto anak
Pada tipe orang yang suka memasang foto anaknya di dalam profilenya bisa ditebak biasanya adalah orang-orang yang masih cukup muda usianya, yaitu di usia dalam kisaran angka 30 tahunan dan baru senang-senangnya mempunyai anak pertama dalam usia perkawinannya.

7. Memasang foto diri dan keluarga
Tipe orang yang memasang foto diri dan keluarga umumnya adalah tipe orang yang sangat bersahaja, mempunyai usia sudah tergolong tidak muda lagi, dan yang jelas sudah tidak ingin coba-coba ngelaba cari pasangan baru lagi lewat dunia maya. He… He….

Gimana? Dari ketujuh tipe teman yang ada di atas adakah salah satu diantaranya yang cocok dengan ciri-ciri dari teman Anda? Okey, selamat menebak karakter teman Anda!

Sumber Foto: Character collection



Bookmark and Share

10 komentar:

  1. Kalo memasang foto binatang, berarti senang ama pet ya mas ? hehehe :) Pis Pis Pis

    BalasHapus
  2. Kalu saya memasang foto sendiri, terkadang saya tidak pasang alias tidak ada fotonya.

    BalasHapus
  3. Pinginnya ikut yang gonta-ganti / Narsis... hehehe tapi mengikat usia udah kepala 3 ya terpaksa cukup 1 foto aja.. hahahahhahah....
    Keren-keren postingnya mas Joko...
    Salam blogger.
    #Walaupun lagi hiatus, tapi saya tetap blogger lo... :))#

    BalasHapus
  4. Lintang Hamidjoyo:
    Boleh juga tambahannya, Mas Lintang. Asal jangan terus diplesetkan karakternya mirip dengan binatang kalau profile pakai binatang. :D

    blogger admin:
    Kalau kadang pasang dan kadang tidak ini termasuk wilayah abu-abu, Mas.

    MisterXWebz:
    Sama, Mister. Umur saya juga sudah kepala 3, sebentar lagi mau kepala 4. Mau Narsis2an sudah salah mongso. Sebaiknya tampil apa adanya aja. Bener, lho! Saya tunggu ngeblog lagi, Mister. Jangan lama2, ya!

    BalasHapus
  5. hahahaa....
    nomer 2 tuh mas, bnyk bgt org kyk gtu d fbku..
    klo ak pke poto avatar mas...
    bukan punya mmaksud apa2...
    takut d add'in ama ce2 mas, jdny kn mls confirmny...
    wkwkwkkw,,,bercanda mas :p

    BalasHapus
  6. Phuad:
    Sama, Mas Fuad. Di FB-ku juga banyak teman yang pada suka Narsis begitu. Gonta-ganti foto melulu mirip main ludruk saja. :D

    BalasHapus
  7. maen ludruk???
    wkwkwkwk....
    ijin jadiin status fbku mas....
    "Gonta-ganti foto melulu mirip main ludruk saja. :D"
    wkwkwk...

    BalasHapus
  8. kalau saya lagi branding, karena itu saya buat fanspage n saya gabung di blog pribadi siapa tau aja bisa raih rekor muri 1 juta fans page

    BalasHapus
  9. Gravatar saya sekarang diganti ke foto pribadi karena katanya memberi kesan personal. Ini berguna ketika memberi komentar di situs-situs.

    DI FB dan twitter, karena keduanya terkait professionalisme, saya masih mempertahankan logo.

    BalasHapus
  10. Phuad:
    Silahkan, Mas Fuad. He2

    hendac:
    Setahu saya kalau cari fanpage di FB saya rasa tak sesulit ngumpulin follower di twitter, Mas Hendra. Yang penting diimbangi dengan rajin-rajin ngeinvite saja. Semoga sukses brandingnya dan rekornya bisa tercapai.

    Jeprie:
    Kalau untuk membangun branding di FB dan twitter saya rasa logo yang paling pas sebagai avatar, Mas Jeprie.

    BalasHapus